Widget HTML #1

6 Jenis Tanaman Hias Tropis, Tanaman yang Kaya Akan Bahan Organik

Tanaman hias tropis
Tanaman hias tropis

Jenis tanaman hias tropis

Jenis tanaman hias tropis, tanaman yang kaya akan bahan organik. Tumbuhan tanaman tropis sendiri adalah tanaman yang tumbuh secara alami diklaim tropis. Iklim tropis sendiri biasanya panas dan lembab, dengan suhu secara terus menerus diatas 18 derajat celcius.

apakah tanaman tropis dapat hidup di iklim yang dingin? Secara komersial, tanaman tropis dapat tumbuh di iklim yang lebih dingin, akan tetapi harus ditanam di dalam greenhous atau rumah kaca atau lingkungan yang terkontrol dengan baik.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa tumbuh dengan subur. Rumah dan pekarangan akan terasa hidup apabila ditanami dengan tanaman hias. Tanaman hias akan menghibur mata dan menenangkan pikiran dan hati.

Memiliki tanaman hias pun juga melatih anggota keluarga untuk belajar bertanggung jawab. Sebab tanaman hias sebab tanaman hias berbeda dengan tanaman hias biasa yang mudah dirawat apabila tidak memiliki banyak waktu. Tanaman hias membutuhkan perawatan dan perhatian lebih.

Baca juga: Ciri-Ciri Bunga Mawar dan Maknanya

Tanaman hias tropis

Tanaman hias tropis
Tanaman hias tropis

1. Tanaman hias tropis melati

Bunga melati adalah salah satu tanaman yang tergolong ke dalam perdu (kelompok pohon yang memiliki tinggi dibawah 6 meter).

Melati berasal dari daerah yang memiliki iklim tropis dan hangat dari australasia, eurasia dan oseania. Melati sudah dibudidayakan secara luas sejak jaman dahulu, hingga menjadi bunga dengan aroma khas dari daerah tersebut.

Di indonesia, melati memiliki julukan sebagai puspa bangsa atau menjadi simbol Nasional. Melati yang mendapat julukan ini adalah jenis melati putih atau jasminum sambac. Bunga melati putih ini dipercaya menjadi simbol kemurnian dan kesucian.

Melati, genus baik dalam tanam semak maupun tanaman merambat yang masuk dalam keluarga zaitun (oleaceae). Paling dikenal, selain jenis jasminum sambac yang dibudidayakan sejak tahun 1692 di inggris.

2. Tanaman hias tropis pohon palem hias

Pohon palem jarang terlihat di pekarangan rumah dan lebih banyak dijumpai di pinggir jalan sebagai tanaman hias, pasalnya tanaman tropis ini tinggi pohonnya bisa mencapai 25-30 meter.

Pohon palem merupakan jenis tanaman hias paling populer dan disukai banyak orang, biasanya bentuk pohon palem menyerupai bentuk pohon kelapa dalam ukuran kecil, namun banyak pohon palem dengan jenis lain yang tak kalah cantik tampilan nya dan akan memiliki estetika tinggi jika di taman di sekitar pekarangan rumah.

Jenis pohon hias yang cantik untuk dijadikan tanaman hias antara lain pohon palem botol, pohon palem ekor tupai, pohon palem kipas, pohon palem putri, pohon palem kuning, pohon palem merah dan pohon palem raja. 

Nah sahabat!! Pohon palem yang tingginya bisa mencapai 25-30 itu pohon palem jenis raja atau pohon palem pinang.

Baca juga: Tanaman Hias yang Bisa Menghilangkan Racun

3. Tanaman hias tropis geranium

Geranium adalah salah satu dari sekelompok sekitar 300 spesies tumbuhan abadi atau semak dalam keluarga geraniaceae. Tumbuhan ini sebagian besar asli ke afrika selatan.

Warna bunga geranium terdiri dari warna putih, merah muda, merah dan ungu bahkan sekaligus dua warna. Sebagian besar spesies dari geranium yang dibudidayakan adalah hibrida.

4. Tanaman hias tropis agave

Agave merupakan sebuah tanaman yang umumnya berbentuk duri. Bentuk daun dan corak istimewa menjadi daya tarik bagi para kolektor agave.

Sebab, sosok agve umumnya hampir seragam, daun tersusun roset, bentuk oval dengan ujung melancip, dan warna hijau.

5. Tanaman hias tropis tabebuya

Tabebuya bukan merupakan tanaman endemik indonesia, berasal dari amerika latin. Pohon yang menjadi pohon nasional el salvador ini dikenal dengan sebutan “bunga terompet” (rosy trumpert tree) oleh masyarakat amerika.

Penyebutan nama tabebuya berbeda-beda di setiap negara. Tanaman ini banyak tersebar di meksiko utara dan selatan, florida selatan dan argentina utara, termasuk pulau-pulau Karibia (republik dominika, haiti) dan kuba.

Tabebuya memiliki lebih 100 jenis spesies famili. Berbeda dengan bunga sakura yang ada di jepang, tabebuya cocok ditanam di daerah tropis.

Baca juga: Ciri-Ciri Tanaman Hias Kaktus

6. Tanaman hias tropis pohon cemara kipas

Cemara yang daunnya menyerupai kipas ini berasal dari kawasan asia. Tajuknya unik bentuk piramida (kerucut), dengan percabangan , dengan percabangan , dengan percabangan yang mulai rapat dengan tanah.

Cemara ini termasuk tanaman hias yang populer, cemara kipas termasuk golongan tanaman pendek. Tinggi maksimal pertumbuhannya hanya sekitar 7 meter saja ditempat terbuka dan mendapat sinar matahari langsung.

Cemara kipas perlu disiram tiap hari, kecuali di musim hujan. Penyiraman bisa dilakukan pagi atau sore hari. Sama seperti yang lain, cemara kipas membutuhkan pupuk yang tinggi kandungan fosfor. Dan saat dewasa masa pembuangan tanaman ini membutuhkan pupuk yang memiliki kandungan fosfor.

Sekarang saatnya untuk menentukan tanaman tropis yang akan kamu tanam di hunian! Dari semua tanaman di atas, apakah ada yang kamu tertarik untuk tanam dalam taman rumah?

Selain tanaman hias tropis, ternyata ada juga tanaman hias yang cocok jika ditanam pada musim hujan. Sebelum memulai menanam tanaman musim hujan alangkah baiknya baca artikel tanaman hias musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Jenis Tanaman Hias Bunga Outdoor

Tertarik untuk Membuka Usaha Kue Basah? Begini Cara Memulainya

Kelemahan Usaha Mie Ayam dan Solusi Mengatasinya

Desain Gerobak Jualan Kopi Keliling

Peluang Bisnis