6 Jenis Tanaman Hias Tropis, Tanaman yang Kaya Akan Bahan Organik

mastagul.com - 6 Jenis tanaman hias tropis, tanaman yang kaya akan bahan organik. Tumbuhan tanaman tropis sendiri adalah tanaman yang tumbuh secara alami  diiklim tropis. Iklim tropis sendiri biasanya panas dan lembab, dengan suhu secara terus menerus diatas 18 derajat celcius.


Apakah tanaman tropis dapat hidup di iklim yang dingin? Secara komersial, tanaman tropis dapat tumbuh di iklim yang lebih dingin, akan tetapi harus ditanam di dalam greenhous atau rumah kaca atau lingkungan yang terkontrol dengan baik.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa tumbuh dengan subur. Rumah dan pekarangan akan terasa hidup apabila ditanami dengan tanaman hias. Tanaman hias akan menghibur mata dan menenangkan pikiran dan hati.
Ciri-Ciri Bunga Mawar dan Maknanya Berdasarkan Warna, yang Jarang Diketahui
Memiliki tanaman hias pun juga melatih anggota keluarga untuk belajar bertanggung jawab. Sebab tanaman hias sebab tanaman hias berbeda dengan tanaman hias biasa yang mudah dirawat apabila tidak maemilii banyak waktu. Tanaman hias membutuhkan perawatan danperhatian lebih.

Tanaman tropis melati

Bunga melati adalah salah satu tanaman yang tergolong kedalam perdu (kelompok pohon yang memiliki t inggi dibawah 6 meter).

Melati berasal dari daerah yang memiliki iklim tropis dan hangat dari Australasia, Eurasia dan Oseania. Melati sudah dibudidayakan secara luas sejak jaman dahulu, hingga menjadi bunga dengan aroma khas dari daerah tersebut.

Di indonesia, melati memiliki julukan sebagai puspa bangsa atau menjadi simbol nasional. Melati yang mendapat julukan ini adalah jenis melati putih atau jasminum sambac. Bunga melati putih ini dipercaya menjadi simbol kemurnian dan kesucian.

Melati, genus baik dalam tanam semak maupun tanaman merambat yang masuk dalam kekuarha zaitun (Oleaceae). Paling dikenal, selain jenis jasminum sambac yang dibudidayakan sejak tahun 1692 di inggris.

Pohon Palem Hias

Pohon palem jarang terlihat di pekarangan rumah dan lebih banyak dijumaindi pinggir jalan sebagai tanaman hias, pasalnya tanaman tropis ini tinggi pohonnya bisa mencapai 25-30 meter.

Pohon palem merupakan jenis tanaman hias paling populer dan disukai banyak orang, biasanya bentuk pohon palem menyerupai bentuk pohon kelapa dalam ukuran kecil, namun banyak pohon palem dengan jenis lain yang tak kalah cantik tampilannya dan akan memiliki estetika tinggi jika ditaman disekitar pekarangan rumah.
8 Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Dekorasi Hunian Rumah Minimali
Jenis pohon hias yang cantik untuk dijadikan tanaman hias antara lain pohon palem botol, pohon palem ekor tupai, pohon palem kipas, pohon palem putri, pohon palem kuning, pohon palem merah dan pohon palem raja. Nah sahabat!! Pohon palem yang tingginya bisa mencapai 25-30 itu pohon palem jenis raja atau pohon palem pinang.

Tanaman Tropis Geranium

Geranium adalah salah satu dari sekelompok sekitar 300 spesies tumbuhan abadi atau semak dalam keluarga Geraniaceae. Tumbuhan ini sebagian besar asli ke Afrika selatan. Warna bunga geranium terdiri dari warna putih, merah muda, merah dan unggu bahkan sekaligus dua warna. Sebagian besar spesies dari geranium yang dibudidayakan adalah hibrida.

Tanaman Tropis Agave

Agave merupakan sebuah tanaman yang umumnya berbentuk duri. Bentuk daun dan corak istimewa menjadi daya tarik bagi para kolektor agave. Sebab,sosok agve umumnya hampir seragam, daun tersusun roset, dentuk oval dengan ujung melancip, dan warna hijau.

Tanaman Tropis Tetabuya

tetabuya bukan merupakan tanaman endemik indonesia, berasal dari amerika latin. Pohon yang menjadipohon nasional El Salvador ini dikenal dengan sebutan “bunga terompet” (Rosy Trumpert Tree) oleh masyarakat amerika.

Penyebutan nama tatebuya berbeda-beda di setiap negara. Tanaman ini banyak tersebar di Meksiko Utara dan Selatan, Florida Selatan dan Argentina Utara, termasuk pulau-pulau karibia (Republik Dominika, Haiti) dan kuba. Tetabuya memiliki lebih 100 jenis spesies famili.
Berbeda dengan bunga sakura yang ada di Jepang, tetabuya cocok ditanam di daerah tropis.

Pohon Cemara Kipas

Cemara yang daunnya menyerupai kipas ini berasal dari kawasan asia. Tajuknya unik bentuk paramida (kerucut), dengan percabangan , dengan percabangan , dengan percabangan yang mulai rapat dengan tanah.
Tanaman Hias yang Cocok untuk Dipelihara saat Musim Hujan
Cemara ini termasuk tanaman hias yang populer, Cemara kipas termasuk golongan tanaman pendek. Tinggi maksimal pertumbuhannya hanya sekitar 7 meter sajabditempat terbuka dan mendapat sinar matahari langsung.

Cemara kipas perlu disiran tiap hari, kecuali di musim hujan. Penyiraman bisa dilakukan pagi atau sore hari. Sama seperti yang lain, cemara kipas membutuhkan pupuk yang tinggi kandungan. Dan saat dewasa masa pembuangan tanaman ini membutuhkan pupuk yang kandungannyafosfornya.

Sekarang saatnya untuk menentukan tanaman tropis yang akan kamu tanam di hunian! Dari semua tanaman di atas, apakah ada yang kamu tertarik untuk tanam dalam taman rumah?

Selain tanaman hias tropis, ternyata ada juga tanaman hias yang cocok jika ditanam pada musim hujan. Sebelum memulai menanam tanaman musin hujan alangkah baiknya baca dulu artikel ini.

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "6 Jenis Tanaman Hias Tropis, Tanaman yang Kaya Akan Bahan Organik"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel