Widget HTML #1

Cara Membuat Backlink Di Blogger

Cara Membuat Backlink Di Blogger
Cara Membuat Backlink Di Blogger

Cara Membuat Backlink Di Blogger. Ketika menjadi seorang blogger cara membuat backlink memang sangat di butuhkan, apalagi bagi pemula yang baru belajar membuat blog. Cara membuat backlink di blogger yang benar memang tidak semudah seperti membuat blog pada umumnya.

Backlink merupakan strategi promosi digital di dalam dunia blog untuk memperkenalkan website kepada pengguna dunia maya dengan menggunakan metode SEO atau yang sering di sebut search engine optimization. Ketika cara membangun backlink di blogger sudah benar, besar kemungkinan blog akan cepat mendapat rank di mata search engine.

Supaya lebih jelas lagi di bawah akan mas tagul jelaskan mengenai Apa Itu Backlink?, Apa itu artikel backlink?, Apa itu backlink Authority?, Backlink seperti apa yang terbaik untuk SEO?, dan Cara Membangun Backlink yang benar dan berkualitas.

Apa Itu Backlink?

Sebelum membahas Apa itu artikel backlink?, mas tagul akan sedikit mengulas tentang apa itu backlink? Yang di magsud backlink adalah sebuah tautan atau link yang di sebar ke situs orang lain dan ketika tautan atau link tersebut di klik akan mengarah ke blog milikmu. Ketika sobat memasang backlink di situs terkenal yang memiliki banyak pengunjung kemunkinan backlink sobat di klik akan sangat tinggi.

Jika terjadi hal itu maka blog sobat akan mendapat banyak pengunjung, hal itu akan berpengaru bagus terhadap blog milikmu karena rangk blog milikmu bisa terangkat. Jadi tidak perlu ragu untuk memasang backlink di situs yang memiliki banyak pengunjung.

Baca juga: Selamatkan Blogmu, Membongkar Dampak Buruk Copy Paste Artikel dari Website Orang Lain yang Jarang Disadari

Apa itu artikel backlink?

Backlink artikel adalah sebuah link atau tautan yang di pasang di dalam sebuah artikel milik blog sobat sendiri atau blog orang lain.

Ternyata backlink tidak hanya bisa di pasang pada situs orang lain, di dalam blog sobat juga bisa di pasang backlink yang mengarah ke artikel lainnya dengan harapan pengunjung bisa melihat artikel lain yang ada di blog milik sobat.

Untuk membuat backlink artikel juga sangat mudah, ketika sobat akan upload artikel di blog sobat jangan lupa untuk menyisipkan link yang bisa mengarah ke artikel lain.

Tutorial Membuat Backlink Blogger

Tentu, dengan senang hati saya berbagi beberapa tips teknis yang dapat Anda pertimbangkan untuk menciptakan backlink dengan efektif di platform Blogger. Dalam proses membuat backlink blogger, beberapa panduan yang saya bagikan di bawah mungkin bisa membantu Anda mengelola backlink situs Anda sendiri atau melacak layanan profesional untuk bekerja sama.

Sebagai seorang yang berpengalaman dalam membuat backlink blogger, saya yakin informasi ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat. Semoga membantu dalam upaya Anda untuk meningkatkan kualitas backlink dan mengoptimalkan situs Anda.

1. HTML dan Javascript

Mengoptimalkan backlink di Blogger bisa dimulai dengan memanfaatkan tag HTML dan widget javascript. Keunikan dari pendekatan ini adalah kemampuannya untuk membuat backlinks muncul tidak hanya sebagai hyperlink biasa, tetapi juga sebagai gambar, form field, bahkan flash, dengan mengikuti beberapa langkah sederhana berikut:

  1. Buka tab Desain
  2. Tambahkan Gadget
  3. Pilih tanda plus (+) pada bagian HTML/Javascript
  4. Beri nama Widget
  5. Masukkan backlinks yang ingin dipasang

Berbagai metode membuat backlink di Blogger seperti yang disebutkan di atas dapat dijadikan panduan teknis yang mudah untuk diterapkan. Sebagai seseorang yang mahir dalam pembuatan backlink di Blogger, Anda dapat dengan mudah menjalankan langkah-langkah ini sendiri untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs Anda. Semoga tips ini bermanfaat dalam mengoptimalkan backlink blogger Anda.

2. Membuat Backlink di Blogger Menggunakan Link List

Jika ingin lebih praktis dalam meningkatkan backlink di Blogger, alternatif lain selain menggunakan HTML dan Javascript adalah dengan memanfaatkan Link List. Namun, perlu diingat bahwa tutorial ini hanya akan menghasilkan hyperlinks.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik tab Desain
  2. Tambahkan opsi Gadget
  3. Klik + pada Link List
  4. Masukkan widget sambil mengatur jumlah daftar yang ingin ditampilkan

Meskipun hanya mampu menampilkan hyperlink, namun peranannya tidak dapat diabaikan, terutama untuk meningkatkan traffic. Fitur ini juga memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kecepatan respons situs, yang tentu saja menjadi hal yang sangat dihargai oleh para pengguna internet. Sebagai seorang yang ahli dalam membuat backlink blogger, mengimplementasikan fitur ini dapat menjadi strategi yang cerdas untuk mendukung pertumbuhan situs Anda.

3. Menggunakan Fitur Blogwalking

Untuk langkah selanjutnya dalam menciptakan backlink di Blogger, kita akan menggunakan fitur Blogwalking yang telah menjadi praktik umum sejak dulu. Meskipun beberapa orang menganggapnya sedikit rumit, namun hingga kini, Blogwalking tetap menjadi pilihan yang relevan bagi sebagian orang.

Berikut beberapa tipsnya:

  1. Pastikan sumber backlinks sesuai dengan niche situs Anda.
  2. Pilih domain yang memiliki otoritas tinggi.
  3. Pastikan kolom komentar terbuka dan dapat dilihat oleh pengunjung lain.
  4. Jika memungkinkan, tinggalkan backlink dofollow.
  5. Komentar harus relevan dengan isi konten.
  6. Jejak backlink harus sejalan dengan kontennya.
  7. Lakukan dengan porsi yang wajar.

Terakhir, penting untuk melakukan tindakan sewajarnya pada tahap meninggalkan komentar agar tidak dicap sebagai spam oleh Google. Terutama, hindari ketikan yang tidak relevan, karena Google cenderung menyingkirkan link ke situs Anda jika terlalu sering terdeteksi sebagai spam. Sebagai ahli dalam membuat backlink blogger, menjalankan strategi ini dengan bijak dapat memberikan dampak positif pada pertumbuhan situs Anda.

Baca juga: Rahasia Jumlah Kata Ideal untuk Artikel SEO Blog, Panduan Membuat Artikel Website yang Tepat

Belajar dari Kompetitor supaya Performa Blogger Lebih Baik

Bagi mereka yang baru memasuki dunia digital, mempertimbangkan jasa Digital Marketing Agency mungkin merupakan pilihan yang masuk akal, namun tak ada salahnya juga untuk mempelajarinya sendiri dengan seksama. Dalam usaha memajukan situs ke halaman pertama Google, salah satu strategi yang patut dicontoh adalah dengan mengamati para pesaing.

Persaingan yang ketat di ranah digital membuat situs dengan cepat dapat tergeser ke posisi yang lebih rendah dalam hitungan detik. Jika kita tidak dapat mengidentifikasi kelemahan yang ada, sulit untuk mengembalikan situs ke peringkat teratas.

Saat melihat situs pesaing yang tetap stabil di halaman pertama, ini bisa menjadi peluang emas. Kunjungi situs mereka, perhatikan bagaimana mereka menjaga posisi di puncak halaman pertama Google.

Tidak hanya meriset kompetitor untuk peringkat pertama, namun pertimbangkan juga posisi kedua dan ketiga. Meskipun Jasa SEO Jakarta dapat menjadi opsi, memahami konsep dasarnya adalah hal yang dianjurkan.

Dengan memahami dengan baik cara kerja kompetitor, Anda dapat meningkatkan kinerja situs Anda dengan lebih efektif. Belajar dari kompetitor seringkali dapat membuka wawasan untuk menyadari aspek-aspek mana yang perlu diperbaiki pada situs yang Anda kelola. Sebagai seseorang yang mahir dalam membuat backlink blogger, ini dapat menjadi langkah cerdas untuk meningkatkan daya saing situs Anda.

Meningkatkan Peringkat Situs dengan Menggunakan Blogger Influencer

Sesuatu yang menarik dan unik terkait strategi meningkatkan peringkat situs adalah melibatkan blogger influencer. Ternyata, di dunia blogger, ada istilah "influencer" yang dapat membantu situs Anda meraih posisi teratas di halaman pertama Google.

Dalam menerapkan strategi ini, perlu memperhatikan bahwa influencer yang diajak bekerja sama sesuai dengan tema konten situs Anda. Sebagai contoh, jika topiknya berkaitan dengan kecantikan, influencer yang dipilih sebaiknya memiliki pemahaman yang baik tentang make up.

Jika topiknya adalah kuliner, influencer yang bersangkutan harus memiliki keahlian dalam memasak atau setidaknya mampu memberikan deskripsi makanan secara akurat. Hal-hal seperti ini sangat penting untuk memastikan bahwa kerja sama dilakukan dengan tepat.

Jika kerja sama dengan satu influencer berhasil dan memberikan dampak positif pada lalu lintas situs, maka di waktu berikutnya dapat memanfaatkan layanan mereka kembali. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu lagi melakukan riset untuk mencari influencer baru karena Anda sudah memiliki kontak dengan influencer sebelumnya.

Sebagai seorang yang terampil dalam membuat backlink blogger, hal lain yang perlu diperhatikan adalah mempromosikan konten. Ini bertujuan agar pembaca semakin tertarik untuk membaca seluruh kontennya, bukan hanya karena merasa terpaksa membuka tautan tertentu.

Anda dapat menggunakan pengantar yang mengajak dengan cara yang menarik, namun penting untuk tidak mengungkapkan seluruh isi konten dalam kalimat ajakan tersebut. Ciptakan rasa penasaran sehingga pembaca merasa perlu membuka situs Anda untuk menemukan jawaban.

Perlu diingat bahwa baik aspek teknis maupun non-teknis harus diperhatikan dengan cermat untuk mendukung kenaikan situs ke halaman pertama. Berbagai metode membuat backlink di Blogger yang telah dijelaskan di atas dapat menjadi panduan bagi Anda agar situs terus menjadi pemenang dalam hasil pencarian.

Cara Membangun Backlink Berkualitas

Setelah membahas pengertian tentang backlink, sekarang saatnya membahas tentang bagaimana cara membangun bekclink berkualitan. Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas harus memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Backlink yang Relevan

Penjelasan singkat dari backlink relevan adalah menanam backlink di website orang dengan nice web yang sama dengan web kita. Artinya jika nice blog sobat membahas tentang masakan, sobat juga harus memasang backlink di situs yang membahas tentang masakan juga. Jangan sampai blog yang di miliki membahas masakan tapi memasang backlink di blog yang membahas otomotif, backlink seperti ini yang di sebut backlink tidak relevan.

2.Gunakan alat backlink

Untuk cara ini sebenarnya mas tagul belum pernah memakainya, karena belum punya modal untuk membeli toolnya. Tool pihak ketiga yang berbayar sebenarnya sangat membantu untuk mencari website yang memiliki rank tertinggi.

Bahkan tool ini juga bisa melihat berapa backlink yang di tanaman oleh website tetangga yang membahas topik artikel sama dengan blog yang sobat miliki. Jika sobat mempunyai dana lebih, bisa mencoba tool pihak ketiga untuk membangun backlink yang berkualitas.

3. Manfaatkan platform berbagi konten

Menurut mas tagul cara ini paling susah untuk di lakukan. Karena ketika sobat ingin menanam backlink di wajibkan untuk membuat artikel yang relevan untuk di upload ke situs penyedia platform berbagi konten.

Bagi sobat yang hobi menulis tentunya tidak ada masalah dalam hal ini. Keuntungan menanam backlink di platform berbagi konten biasanya webnya sudah memiliki DA, PA tinggi dan banyak pengunjung. Situs yang biasanya menyediakan tempat untuk upload konten seperti seperti Hipwee.com, Medium.com, Reddit.com, IDNTimes.com dll.

4. Melakukan Guest Blogging

Guest Blogging adalah sebuah strategi yang dilakukan untuk meningkatkan popularitas blog dengan cara menulis konten di blog orang lain yang memiliki domain authority tinggi. Di dalam artikel yang sobat tulis untuk orang lain nantinya disisipi link yang menuju blog sobat. Dalam hal ini kedua belah pihak masing-masing mendapat keuntungan.

Artikel yang sobat tulis harus memiliki kualitas yang bagus, dan memiliki informasi yang akurat dan mudah untuk di pahami oleh pembaca. Ketika artikel memiliki kualitas yang bagus tentunya akan membuat pemilik blog merasa puas dengan hasil karya yang sobat berikan.

5. Buat arsitektur situs yang kuat

Untuk menciptakan backlink yang efektif, salah satu strategi yang perlu diperhatikan adalah melakukan perbaikan pada struktur situs. Arsitektur situs ini berkaitan dengan cara distribusi link di situs, dan semakin baik struktur situsnya, semakin sedikit backlink yang dibutuhkan. Jika kamu menerapkan pendekatan SEO berbasis konten, reverse silo bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebuah reverse silo yang dirancang dengan baik akan menjadi cara yang sangat alami untuk membangun otoritas situs.

Jadi, nanti ketika kamu mengoptimalkan situs, pastikan arsitektur situsnya dirancang dengan baik, dan pertimbangkan untuk menggunakan pendekatan reverse silo. Ini merupakan langkah-langkah yang dapat membantu meningkatkan otoritas situs secara alami dan mengurangi kebutuhan backlink secara signifikan. Sebagai seseorang yang berkompeten dalam membuat backlink blogger, strategi ini bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan untuk meningkatkan kualitas situs Anda.

6. Hasilkan konten bermutu

Selanjutnya, perlu bagi Anda untuk menghasilkan konten-konten berkualitas sebagai langkah membangun backlink di situs Anda. Konten memiliki peran yang sangat vital dalam strategi SEO. Keberhasilan atau kegagalan kampanye SEO dapat ditentukan oleh sejauh mana strategi konten diimplementasikan dengan benar. Oleh karena itu, penting sekali untuk memberikan perhatian khusus pada konten di situs Anda. Pastikan konten yang Anda buat memberikan nilai tambah bagi pengunjung situs atau blog Anda. Sebab, kualitas konten akan menjadi penentu utama keberhasilan kampanye SEO Anda.

Sebagai seorang yang mahir dalam membuat backlink blogger, memastikan bahwa konten yang dihasilkan tidak hanya berkualitas tinggi tetapi juga relevan dengan kebutuhan pengunjung adalah kunci kesuksesan. Dengan demikian, melibatkan pengunjung dan memberikan informasi yang bermanfaat melalui konten dapat meningkatkan peluang untuk memperoleh backlink yang berkualitas dan mendukung kampanye SEO secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Mudah Memasang Script Streaming TV Online di Blog

7. Berteman dengan situs otoritas

Semakin kokoh struktur situsnya, semakin optimal hasil yang bisa kamu dapatkan. Meskipun Google tidak lagi memperbarui PageRank, namun sekarang kita perlu mengandalkan metrik dari sumber-sumber eksternal. Meskipun tidak ada alat yang sempurna, namun beberapa alat berikut masih dapat memberikan bantuan yang berarti. Disarankan untuk menganalisis peluang dengan memanfaatkan semua pilihan yang tersedia. Beberapa tools yang berguna untuk menganalisis link termasuk Ahrefs, Majestic, dan Open Site Explorer. Sebagai seorang yang berkompeten dalam membuat backlink blogger, pemanfaatan tools ini dapat menjadi kunci untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kualitas dan kuantitas link yang mengarah ke situs Anda.

8. Distribusi anchor text dengan cermat

Penting untuk memperhatikan dengan cermat cara Anda mendistribusikan anchor text pada backlink agar tidak mengakibatkan kerugian. Pertama, pembagian anchor text yang tidak tepat dapat menghambat peringkat situs Anda. Selain itu, penggunaan anchor text yang terlalu agresif dapat menyebabkan situs Anda mendapatkan sanksi. Sebaiknya, sebagian besar anchor text yang digunakan seharusnya berupa branded atau naked link anchor. Sebagai seseorang yang berpengalaman dalam membuat backlink blogger, mengelola distribusi anchor text dengan bijak dapat menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas backlink dan menghindari potensi dampak negatif pada peringkat situs Anda.

9. Pastikan mendapat backlink dari situs berkualitas

Mendapatkan backlink dari situs yang memiliki lalu lintas pengunjung yang nyata adalah langkah efektif untuk meningkatkan peringkat situs Anda. Penting untuk berfokus mendapatkan backlink dari situs yang memiliki standar kualitas tinggi. Meskipun mendapatkan jenis backlink ini mungkin lebih sulit, namun nilainya jauh lebih berharga.

Untuk memantau data trafik situs yang menjadi target Anda, alat seperti SEMRush dapat membantu. Segera telaah setiap situs yang berpotensi, dan periksa apakah outbound link mereka relevan dan mengarah ke situs yang dapat dipercaya. Sebagai seseorang yang mahir dalam membuat backlink blogger, mengejar backlink dari situs-situs berkualitas tinggi dapat menjadi strategi cerdas untuk meningkatkan kredibilitas dan peringkat situs Anda secara keseluruhan.

10. Perhatikan backlink yang dihindari pada website

Perlu diingat bahwa ada backlink tertentu yang sebaiknya tidak terhubung dengan situs Anda. Terkadang, seseorang mungkin tergoda untuk mencari backlink melalui forum SEO atau membelinya dari jaringan publik. Meskipun beberapa jaringan ini mengklaim sebagai "private blog networks," namun pada kenyataannya, keprivatan tersebut tidak dapat dipertahankan setelah jaringan tersebut diiklankan.

Menggunakan jenis backlink ini dapat meningkatkan risiko mendapatkan penalti dari Google. Ada beberapa faktor yang mudah terdeteksi oleh Google pada situs yang menggunakan backlink semacam ini, antara lain:

  • Terdapat jumlah outbound link yang berlebihan (biasanya 25-50) di halaman utama. Halaman utama pada situs yang autentik umumnya tidak akan memiliki jumlah link sebanyak ini.
  • Outbound link tidak saling terkait. Ada link yang mengarah ke situs judi, situs SEO, situs kebugaran, dan topik lain yang tidak memiliki keterkaitan yang masuk akal.
  • Konten untuk setiap postingan terlalu singkat (hanya sekitar 250 hingga 300 kata). Algoritma Google tidak menyukai konten dengan panjang yang minim seperti ini.
  • Beberapa jaringan bahkan berupaya memblokir pencarian oleh Ahrefs dan Majestic. Namun, jaringan yang tidak melakukan pemblokiran kemungkinan besar akan dilaporkan ke Google oleh kompetitor yang merasa tidak puas.

Sebagai seseorang yang berpengalaman dalam membuat backlink blogger, sebaiknya hindari menggunakan jenis backlink yang dapat merugikan situs Anda dan lebih baik fokus pada metode yang lebih aman dan sesuai dengan pedoman Google.

11. Perhatikan backlink pada sidebar dan footer

Menempatkan backlink di bagian sidebar dan footer mungkin memberikan manfaat, namun juga memiliki risiko yang perlu diperhatikan. Tautan tunggal seperti backlink berbayar, yang biasanya dijual oleh vendor kepada berbagai situs, dapat memberikan hasil yang bermanfaat tetapi juga menimbulkan risiko tertentu. Hal ini disebabkan oleh penjualan backlink tersebut kepada berbagai situs, yang seringkali tidak relevan dengan konten situs Anda. Tentu saja, kita tidak ingin situs kita terhubung dengan tautan yang tidak memiliki relevansi.

Sebagai seorang yang berpengalaman dalam membuat backlink blogger, disarankan untuk mempertimbangkan secara matang dan memilih tautan dengan bijak. Fokus pada backlink yang relevan dengan niche atau topik situs Anda dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan nilai situs Anda secara keseluruhan.

12. Membangun otoritas website

Semakin tinggi otoritas suatu situs, semakin besar peluangnya untuk menduduki peringkat tinggi di mesin pencarian. Untuk meningkatkan otoritas situs, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan:

1. Perbaiki link eksternal yang rusak

Setiap link eksternal yang ditempatkan di situs memiliki potensi untuk mengalirkan otoritas. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan audit situs dan mengidentifikasi link eksternal yang rusak. Ini berlaku baik untuk link eksternal dalam konten maupun di bagian komentar. Tools seperti Screaming Frog SEO Spider, Siteliner, Google Search Console, dan Ahrefs dapat membantu menemukan broken link.

2. Reklamasi link 404

Reklamasi link 404 termasuk dalam langkah yang relatif mudah. Gunakan Google Search Console atau Screaming Frog untuk menemukan semua 404 error di situs. Setelah menemukan error tersebut, jalankan halaman dengan bulk check menggunakan Ahrefs atau Majestic.

3. Perbaiki redirect chain

Kadang-kadang solusi terbaik dapat ditemukan di depan mata. Memperbaiki redirect chain adalah cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan otoritas situs. Dengan memperbaiki redirect chain, kamu akan mengalirkan otoritas link secara langsung ke halaman yang dituju. Gunakan Screaming Frog SEO Spider untuk mendeteksi redirect chain.

4. Ganti 302 menjadi 301

Redirect 302 dapat menghambat aliran otoritas dan bahkan mencuri otoritas dari situs kamu. Identifikasi semua redirect 302 baik yang ada di situs maupun di luar situs, lalu gantilah menjadi 301. Gunakan kembali Screaming Frog untuk menemukan redirect 302.

Sekarang kamu memiliki cara-cara efektif untuk meningkatkan otoritas situs tanpa perlu membangun backlink baru. Meskipun backlink berkualitas memang tantangan tersendiri, namun dengan langkah-langkah ini, kamu dapat meningkatkan kredibilitas situs secara signifikan.

13. Backlink melalui infografik

Saat ini, infografik telah menjadi salah satu metode yang paling diminati untuk meningkatkan kunjungan ke situs dan mendapatkan backlink yang berharga. Keistimewaan infografik terletak pada kemudahannya untuk dipahami dan dibagikan. Siapa pun pasti menyukai data visual, bukan? Faktor ini yang membuat permintaan terhadap infografik terus meningkat.

Namun, ketika memilih infografik, perlu dilakukan dengan hati-hati. Setiap infografik sebaiknya mengandung cerita yang unik dan menarik bagi audiens. Untuk membuat pilihan yang tepat, disarankan untuk mengikuti tren topik terkini dan melihat apa yang sedang dicari orang. Dengan demikian, kamu dapat menciptakan infografik yang relevan dengan data statistik terbaru, sehingga dapat menarik perhatian dan memberikan nilai tambah kepada pengunjung situs. Sebagai seorang yang mahir dalam membuat backlink blogger, memanfaatkan infografik dengan cerdas dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan daya tarik dan kualitas situs Anda.

14. Mengamati kompetitor

Jika ingin meningkatkan jumlah pengunjung organik, sebaiknya memahami strategi pemasaran online yang digunakan oleh para pesaing. Sangat penting untuk mengamati dan meneliti teknik link building yang mereka terapkan, serta metode pemasaran kontennya. Dengan memahami langkah-langkah yang mereka ambil, kita dapat merencanakan strategi yang lebih efektif dalam membuat backlink dan meningkatkan kualitas konten pada situs kita. Sebagai seorang yang ahli dalam membuat backlink blogger, mengamati langkah-langkah pesaing dapat menjadi sumber inspirasi yang berharga untuk mengoptimalkan situs Anda.

15. Bangun link internal

Sebagai cara alternatif untuk menciptakan backlink yang berkualitas, kita dapat memfokuskan upaya pada pembangunan internal link. Penggunaan link internal menjadi kunci penting dalam menjalankan blog yang sukses. Dengan struktur linking internal yang terorganisir dengan baik, kita dapat mempermudah pengunjung untuk menjelajahi situs dan meningkatkan keseluruhan pengalaman pengguna. Matt Cutts dari Microsoft sendiri merekomendasikan kepada para pengelola situs agar mempertahankan jumlah link internal per halaman di bawah 100, baik untuk meningkatkan kegunaan maupun aspek SEO. Sebagai seorang yang terampil dalam membuat backlink blogger, strategi membangun internal link dapat menjadi elemen yang signifikan untuk meningkatkan kredibilitas dan kualitas situs.

16. Menulis testimoni

Tak hanya itu, terdapat cara efektif lain untuk menciptakan backlink untuk situs web, yaitu melalui testimoni. Sebagai metode yang sederhana namun berdaya, menulis testimoni pada situs yang sering kamu kunjungi dapat menjadi cara cepat untuk memperoleh backlink berkualitas. Dengan hanya menghabiskan beberapa menit, kamu dapat meraih link dari halaman depan situs berotoritas. Jika kamu adalah pelanggan setia produk atau layanan mereka, kemungkinan besar kamu akan menerima link sebagai bentuk apresiasi atas testimoni yang kamu bagikan. Sebagai seorang yang ahli dalam membuat backlink blogger, memanfaatkan testimoni dapat menjadi strategi yang cerdas untuk memperkaya jaringan backlink dan meningkatkan visibilitas situs Anda.

Itulah beberapa cara membuat backlink di blogger yang berkualitas untuk membantu mengembangkan blog milik sobat.

Recommended By The Author

Cara Memasang Jam Dan Kalender Di Blog Terbaru

Cara Memasang Menu Berlangganan di Blogger Template Viomagz

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Postingan Blogger

Cara Membuat Daftar Isi dalam Satu Label Tertentu di Postingan Blog dengan Benar

Cara Membuat Halaman Daftar Isi yang Benar, SEO dan Mudah di Pahami di Blog