Widget HTML #1

Cara Membuat SITEMAP Blog Per Label Terbaru Dengan Mudah dan Terlihat Rapi

Cara Membuat SITEMAP Blog
Cara Membuat SITEMAP Blog

Cara membuat SITEMAP Blog per label terbaru dengan Mmudah dan terlihat rapi. Sitemap atau yang sering disebut dengan istilah lain Daftar Isi merupakan halaman blog yang bermanfaat untuk menunjukan semua isi artikal di dalam blok tersebut.

Hampir semua menyediakan halaman sitemap, akan tetapi ada yang menampilkanya ada juga yang sengaja tidak menampilkan halaman sitemap tersebut walaupun sudah membuatnya.

Alasanya sungguh beragam, mungkin mereka tidak mau artikel di dalam blog dibaca secara keseluruan tanpa harus search google. Atau bisa jadi kode yang terpasang didalam halaman sitemap tidak berfungsi dengan baik hal itu menyebabkan halaman error atau tidak bisa menampilkan halaman sitemap.

Kali ini yang akan dibuat adalah halaman sitemap per label, jadi tidak usah khawatil artikal akan dibaca keseluruhan, karena yang akan tampil di halaman sitemap hanya label yang dimasukan saja.

Sebagai contoh jika yang dimasukkan label “Tutorial Blog”, maka yang akan tampil dihalaman sitemap hanya artikel yang berlabel Tutorial Blog. Selain dengan label Tutorial Blong tidak akan ditampilakan.

Dengan membuat sitemap per laber hal ini bisa dijadikan sebuah artikel yang membahas hal spesifik. Bisa membuat artikel dengan tema Tuturial Blog atau dengan tema yang lain. Didalam artikel tersebut hanya memampilkan satu label yang membahas tentang tutorial blog.

Alasan kenapa Mas Tagul membuat Artikel ini…?

Sebenarnya alasanya sederhana, pernah halaman sitemap tidak bisa tampil entah itu kodenya yang salah atau mungkin saya salah pasang.

Setelah mengalami permasalah seperti itu, timbul pemikiran untuk membuat artikel tentang pembuatan sitemap per label ini. Agar tidak ada lagi yang mengalami permasalahan seperti saya.

Untuk membuat sitemap per label membutuhkan yang tidak rumit apalagi susah. Sobat blogger cukup ikuti langkah-langkah sederhana dibawah ini.

Baca juga: Cara Menambah Widget Footer Menjadi 4 Kolom di Blogger

Cara Membuat SITEMAP Blog Per Label Terbaru Dengan Mudah dan Terlihat Rapi

Langkah 1: New Page

Masuk ke Dasboard Blogger Pilih >> Halaman ( Page ) >> Halaman Baru ( New Page ), kemudian Isi Judul halaman “ Sitemap” atau juga bisa “Daftar Isi”

Cara Membuat SITEMAP Blog Per Label Terbaru Dengan Mudah dan Terlihat Rapi
Cara Membuat SITEMAP Blog

Langkah 2: Masukkan Script

Tulis beberapa kata pengantar di dalam “Compose” ( seperti gambar diatas ), kemudian masuk ke menu “HTML” ( lihat gambar dibawah ) di samping sebelah kanan “Compose”. Lalu ambil kode dibawah ini tempelkan di menu HTML.

Baca juga: Cara Mempebaiki Breadcrumb yang Eror atau Bermasalah di Google Search Console

 
<script src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap3.js"></script>
<br />
<br />
<h3>
Tutorial Blog</h3>
<ul>
<script src="https://www.mastagul.com/feeds/posts/default/-/Tutorial%20Blog?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=startpost&amp;max-results=999"></script></ul>
<br />
<h3>
Peluang Usaha</h3>
<ul>
<script src="https://www.mastagul.com/feeds/posts/default/-/Peluang%20Usaha?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=startpost&amp;max-results=999"></script></ul>
<br />
 
Cara Membuat SITEMAP Blog Per Label Terbaru Dengan Mudah dan Terlihat Rapi
Cara Membuat SITEMAP Blog

Catatan:

  • Ganti tulisan yang berwarna biru dengan nama label yang akan ditampilkan.
  • Untuk yang berwarna merah ganti dengan alamat Url label yang sesuai dengan judulnya.

Bagi yang tidak mau repot-repot harus mengedit perlabel seperti diatas bisa menggunakan kode script dibawah ini. Cukup ganti Url yang berwarna merah menggunakan Url sendiri.

Baca juga: Cara Menampilkan Script, Coding dan Kode Pemograman di Postingan Blog

 
<script src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap1.js"></script><script src="https://www.mastagul.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
 

Langkah 3: Selesai

Klik Publikasi (selesai).

Hanya menggunakan 3 langkah diatas sudah bisa membuat halaman sitemap. Mudah dan simpel buakan,,,?. Cara ini berkerja dengan baik dan sudah saya coba di blog https://www.mastagul.com/ ini dan hasilnya 100% work.

Semoga tutorial yang Mas Tagul buat ini bisa membantu masalah yang dialami oleh sobat blogger semua. Jika ada yang masih belum paham bisa tulis dikomentar untuk didikusikan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Recommended By The Author

Cara Membuat Daftar Isi dalam Satu Label Tertentu di Postingan Blog dengan Benar

Cara Membuat Halaman Daftar Isi yang Benar, SEO dan Mudah di Pahami di Blog

Cara Membuat Halaman Grid dan List di Blog dengan Mudah dan Profesional

Cara Membuat Kotak Teks di Postingan Blog yang Menarik dan Benar

Cara Membuat Menu Navigasi Profil di Header Blog yang Keren dan Profesianal