Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Mancing Ikan Betok Paling Jitu

    ikan betok
    Umpan merupakan komponen penting saat akan memancing ikan. Menggunakan umpan yang tepat tentu saja dapat membuat ikan yang di pancing akan cepat memakannya. Umpan yang di gunakan untuk memancing jenisnya sangat banyak, tergantung dari jenis ikannya. Biasanya umpan yang digunakan akan menyesuaikan jenis ikan yang akan di pancing.

    Tema kali ini kita akan membahas mengenai umpan pancing ikan betok. Ikan betok juga sering di sebut ikan betik, ikan puyo-puyo, ikan bato, ikan puyu, atau ikan harfan. Untuk bahasa inggris ikan ini sering di sebut dengan climbing perch atau climbing gouramy. Ikan ini juga mempunyai nama latin yaitu Anabas testudineus.

    Habitat ikan betok sering kita jumpai di sawah, rawa, parit, sungai, empang, kolam, dan perairan lainya yang masih termasuk air tawar. Ikan betok termasuk jenis ikan yang tahan tanpa adanya air. Ketika di sekitar habiatanya kekurangan pasokan makanan ikan ini tidak segan-segan berpindah lokasi perairan sekitar dengan melewati daratan.

    Ciri-Ciri ikan Betok

    Bagian Kepala

    Bentuk kepala ikan betok biasanya berukuran sedikit lebih besar. Dibagian tutup insang ikan betok bagian ujung terdapat titik hitam yang samar-samar.

    Bagian Badan

    Pada bagian atas bada ikan betok memiliki warna gelap semu coklat kehijauan. Untuk bagian samping berwarna kekuningan dan terdapat seperti garis-garis berwarna hitam yang melintang tetapi tidak beraturan hingga ke bawah, semakin kebawah semakin jelas.

    Bagian Sisik

    Sisik ikan betok memiliki kekerasan yang lumayan, sehingga jika berhati-hati saat memegangnya bisa memulkai tangan terutama sisik pada bagian sirip insang. Dduri yang terdapat pada bagian atas dan bawa juga sangat tajam.

    Umpan Ikan Betok Di Air Keruh

    Ikan betok lebih mudah di pancing saat siang hari. Saat siang siang hari ikan betok akan sangat aktif dan sangat agresif di banding malam hari. Tetepi bukan berarti malam hari ikan ini tidak bisa di pancing. Bisa saja malam hari mancing ikan betok namun hasilnya akan berbeda ketika mancing ikan betok di siang hari.

    Berikut beberapa umpan yang bisa digunakan untuk memancing ikan betok di air keruh:

    Mancing Ikan Betok Menggunakan Ulat Daun

    Ulat daun yang biasa digunakan untuk mancing ikan betok adalah ulang yang tidak memiliki bulu yang banyak. Ulat ini biasanya terdapat di tanaman yang memiliki daun yang hijau.

    Harap berhati-hati saat menggunakan ulat daun untuk mancing ikan betok takutnya salah memilih ulat daun. Bukanya dapat ikan yang ada badan bisa gatal-gatal karena terkana ulat.

    Mancing Ikan Betok Menggunakan Serangga

    Ikan betok termasuk golongan ikan omnivora, sehingga serangga bisa dijadikan umpan yang pas untuk di gunakan memancing ikan yang satu ini. Menggunakan serangga yang masih hidup akan  menarik perhatian ikan betok karena gerakan dari serangga tersebut. Dengan adanya gerakan sedikit dari serangga biasanya ikan betok yang ada di sekitarnya akan langsung menyambar.

    Mancing Ikan Betok Menggunakan Lumut Hijau

    Sudah tidak asing jika mendengar lumut hijau di gunakan untuk memancing. Lumut hijau merupakan kesukaan ikan yang berada di air tawar. Jika mancing menggunakan lumut hijau bisa saja nanti yang menyambar tidak hanya ikan betok melainkan ikan seperti mas, mujair dan gurameh bisa di dapat. Selain itu lumut hijau juga mudah di dapatkan di pinggirian sungai tau parit.

    Mancing Ikan Betok Menggunakan Cacing

    Cacing bisa dikatakan umpan mancing legendaris yang dikenal sejak dari nenek moyang. Sebelum mengenal berbagai macam umpan pancing sebagian orang memancing menggunakan cacing sebagai umpanya. Sudah turun temurun dari orang tua atau teman mereka mengenalkan umpan untuk memancing yang umum adalah cacing.

    Umpan Ikan Betok Paling Jitu

    Selain umpan-umpan diatas ternyata masih ada beberapa umpan yang bisa di gunakan untuk memancing ikan betok yang terbukti ampuh dan sering digunakan orang. Untuk mendapatkan umpan-umpan ini juga terbilang mudah. Inilah umpan ikan betok paling jitu

    Umpan Jangkrik

    Selain digunakan untuk pakan burung jangkrik ternyata ampuh dijadikan umpan mancing ikan betok. Untuk mendapatkan jangkrik, bisa beli di toko burung. Hampir setiap toko burung menyediakan jangkrik yang bisa digunakan untuk memancing ikan betok.

    Menggunakan jangkrik dalam keadaan hidup yang tertempel pada mata pancing bisa menarik perhatian ikan betok, karena ikan betok lebih tertarik dengan hal-hal yang bergerak.

    Umpan Udang

    Selain enak untuk di makan ternyata udang bisa juga digunakan untuk memancing ikan betok. Mencari udang berbeda dengan jangkrik, udang hanya bisa di beli di pasar-pasar. Jika tidak ingin membeli bisa mencari di sungai-sungai kecil.

    Umpan Laron

    Di beberapa daerah tertentu mungkin namanya berbeda, tetapi di daerah saya namanya laron. Laron biasaanya akan muncul pada pagi hari atau malam hari. Ketika muncul hewan ini akan mencari sinar. Di daerah tertentu hewan ini juga bisa di konsumsi. Selain bisa di konsumsi laron juga bisa digunakan untuk memancing ikan betok. Bisa memasang beberapa laron di mata kail supaya kail bisa tertutup.

    Selain bisa menggunakan umpan alami, memancing ikan betok juga bisa menggunakan umpan buatan seperti pelet. Beberapa umpan yang mungkin bisa digunakan untuk menamcing ikan betok selain umpan yang di sebutkan di atas antara lain ulat bumbung, ulat daun pisang, anakan lebah, kroto, kecoa kayu, orong-orong, belalang, dedak, blatung dll.

    Racikan Umpan Betok Liar Susah Makan

    Memancing ikan betok selain menggunakan umpan alami bisa menggunakan ikan buatan. Meracik umpan juga bervariasi sesuai dengan jenis ikan yang akan di pancing. Jika ingin memancing ikan betok bisa menggunakan racikan seperti berikut.

    Bahan racikan umpan ikan betok :

    • Tepung ikan
    • Pelet babi dan pelet pf 100
    • Kuning telur
    • Roti tawar
    • Daun pandan

    Cara membuatnya :

    1. Satukan kuning telur, tepung ikan dan pelet kedalam wadah.
    2. Setelah itu tambahkan roti tawar, aduk sampe marata.
    3. Kemudian bungkus menggunakan plastik, jangan lupa tambahkan daun pandan lalu di kukus.

    Umpan Ikan Betok Paling Ampuh

    Bahan umpan buatan ikan betok yang bisa di bikin sendiri lainya bisa mencoba racikan di bawah ini.

    Bahan-bahan yang di gunakan :

    • Ubi jalar
    • Sarden
    • Pelet PF 100
    • Kuning telur

    Cara pembuatannya :

    1. Ubi jalar di bakar terlebih dulu supaya mudah untuk di hancurkan.
    2. Kemudian masukan bahan sarden, pelet, ubi jalar dan kuning telur ke dalam wadah dan aduk sampai benar-benar rata.
    3. Diamkan adonan tadi untuk beberapa saat, adonan siap digunakan untuk memancing ikan betok.

    Cara Membuat Umpan Ikan Betok Dari Mie Instan

    Bahan dapur tenyata bisa digunakan untuk membuat umpan ikan betok. Bahan-bahan tersebut semuanya ada di dapur yang mudah di dapatkan. Berikut cara membuat umpan ikan betok menggunakan mie instan.

    Bahan-bahanya :

    • Mie instan 1 bungkus
    • Kuning telur 1 butir
    • Bawang putih 1 siung
    • Kunyit 1 ruas

    Cara pembuatanya :

    1. Rebus mie instas kemudian tiriskan.
    2. Haluskan kunyit dan bawang putih.
    3. campur semua bahan mie, kuning telur dan tumbukan kunyit dan bawang putih, tumbuk lagi sampai benar-benar halus.
    4. Diamkan adonan tadi, adonan siap di gunakan untuk memancing.

    Tips Mancing Ikan Betok

    Ikan betok selain memiliki rasa yang lumayan enak ternyata juga memiliki kandungan gizi yang bangus untuk tubuh. Di nusantara ikan ini sering di jadikan sajikan untuk hidangan makan keluarga. Hampir di seluruh nusantara terdapat ikan ini hanya saja namanya di setiap daerah mungkin berbeda-beda.

    Tempat Wisata yang Indah di Solo Jawa Tengah

    Setelah mengetahui umpan yang digunakan untuk memancing ikan betok, yang tidak kalah penting adalah teknik bagaimana memancing ikan betok supaya mendapat hasil yang melimpah. Berikut beberapa tips memancing ikan betok yang bisa di coba.

    • Siapkan alat pancing terlebih dahulu, alangkah baiknya jika menggunakan joran tegek saat memancing ikan betok.
    • Menggunakan umpan sesuai saran di atas, silahkan pilih salah satu saja.
    • Menggunakan metode bom pakan, metode ini berfungsi untuk mengumpulkan ikan supaya berkumpul di aerah tertentu.
    • Waktu memancing yang tepat, seperti pagi hari  sebelum matahari mencai umbun-ubun. Dan sore hari sebelum sebelum matahari benar-benar tenggelam.

    Itulah beberapa penjelasan mengenai umpan mancing ikan betok paling jitu yang bisa di coba untuk mendapatkan tangkapan mancing yang memuaskan. Tangkaplah ikan dengan memancing, karena dengan memancing tidak akan merusak habitat ikan sehingga ikan akan terus dan tidak akan punah.