Tips Cara Merawat Tanaman Hias Gantung Agar Tumbuh Dengan Subur


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Tips Cara Merawat Tanaman Hias Gantung Agar Tumbuh Dengan Subur. Apakah dari kalian sudah membeli tanaman hias gantung? Tentu saja unbtuk saat ini anda harus mulai untuk  merawatnya. Jika anda tidak merawat tanaman hias ini akan terlihat tidak akan enak untuk dipandang, bisa karena layu atau juga daunnya yang akan mengering.

Tips Cara Merawat Tanaman Hias Gantung Agar Tumbuh Dengan Subur
Cara Merawat Tanaman Hias Gantung Agar Tumbuh Dengan Subur
Pada dasarnya, jika anda tekun dalam merawat tanaman hias gantung ini akan cenderung lebih mudah. Tanaman ini juga tidak memiliki perlakuan yang jauh berbeda dengan tanaman hias yang lainnya yang ada di luar ruangan.

Hanya, tanaman ini memiliki beberapa hal yang harus perhatian lebih agar tanaman anda akan awet dan tak akan cepat untuk layu.

Tips cara Merawat Tanaman Hias Gantung

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus anda perhatikan jika ingin memasang tanaman hias gantung di rumah.

1.  Kenali Tipe Tanaman

Umumnya hampir semua tanaman hias dapat digunakan menjadi tanaman hias yang bisa untuk di gantung. Akan tetapi, anda juga harus bisa untuk mengenali jenis tanaman apa yang akan anda gunakan agar nantinya anda tidak akan salah jika ingin merawatnya.

Anda harus lebih faham dan megenal betul bagaimana cara perawatannya dan apa saja yang dibutuhkan oleh tanaman yang anda akan tanami.

seperti, jika anda hendak menggunakan tanaman jenis model yang merambat seperti tanaman sirih gading, tentunya kebutuhan airnya pun akan sangat berbeda dengan petunia.

2. Menentukan Pot Yang Sesuai

Untuk saat in suidah banyak yang menjual pot yang sudah di khususkan untuk berbagai jenis tanaman hias seperti tanaman hias gantung. Dari pot yang berbahan dasar plastik hingga berbahan tanah liat. Semua itu Tergantung dari jenis tanaman apa yang akan anda rawat nantinya, anda harus memastikan pot yang anda gunakan sudah benar dan sesuai.
10 Jenis Tanaman yang Cocok untuk Hiasan Teras Rumah
Jika anda sudah menggunakan tanaman hias seperti tanaman hias kantung semar yang membutuhkan kelembaban suhu ruang, maka anda dapat membutuhkan pot dari tanah liat dikarenakan pot yang berbahan dasar tanah liat dapat menahan kelembaban lebih lama dibandingkan dengan berbahan dasar dari pot plastik.

3. Memilih Tali Gantung yang Tepat

memakai Tali gantung untuk tanaman hias yang menggantung untuk sekarang ini sudah banyak dijual di pasaran dan toko bunga. Pilihlah tali yang sangat kuat untuk dapat menahan berat tanaman dengan beserta dengan pot.

Pastikan  tidak menggunakan tali yang berbahan kawat. Tidak 0hanya itu karena tanaman ini tidak akan enak dipandang, jika memakai tali kawat akan lebihh cenderung tidak kuat untuk menahan pot.

4. Menyiram Tanaman Sesuai Kebutuhannya

Tanaman hias yang menggantung mungkin akan agak sulit dan juga merepotkan untuk disiram karena aetelah disirami pasti akan meneteskan air kembali. Pastikan anda harus mempunyai kesabaran dalam menghadapinya.

Untuk bisa menyiasatinya, anda pilih tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak air seperti halnya tanaman spider plant. Anda juga dapat memanfaatkan botol semprot (spray) dibandingkan menggunakan selang untuk menyiram tanaman hias gantung yang anda miliki agar tidak meninggalkan tetesan air.

5. Pastikan Mendapatkan Sinar Matahari yang Cukup

Meskipun anda memilih tanaman hias gantung setidaknya tanaman ini membutuhkan sedikit cahaya matahari, maka anda harus memastikan tanaman yang anda miliki tetap menerima cahaya. Dikarena tanaman hias gantung ini biasanya tidak akan membutuhkan banyak cahaya seperti tanaman hias pada umumnya, hanya cukup pindahkan tanaman ke luar ruangan setiap dua minggu sekali.

Lakukan hal tersebut secara taeratur Tujuannya agar tanaman yang anda miliki tetap mendapatkan nutrisi alami yang hanya didapatkan dari paparan sinar matahari.

6. Menjaga Kelembaban Tanaman

Meski tanaman hias gantung saat ini banyak yang tidak membutuhkan suhu udara yang lembab, anda  tidak bisa membiarkan tanaman anda akan terus-terusan berada di dalam ruangan yang kering saja, dan apalagi kalau tanaman anda berada di dalam ruangan yang ber-AC.

Jika anda memilih tanaman yang sekiranya membutuhkan kelembapan yang cukup banyak, maka cukup dekatkan pot tanaman hias gantung satu sama lain dengan berdampingan supaya kelembabannya terjaga.

Cara Alternatif yang lainnya yaitu pindahkan tanaman hias gantung yang membutuhkan kelembaban di ruangan yang selalu terus lembab. seperti, meletakkan tanaman di dalam ruangan kamar mandi saja dari pada di ruangan yang lainya.

7. Berikan Pupuk Untuk Tambahan Nutrisi

Jika anda sudah memastikan bahwa tanaman memiliki cukup nutrisi secara alami dari cahaya matahari dan air, maka anda pun harus mulai memberikan pupuk.
Tanaman Hias untuk Luar dan Dalam Ruangan, yang Cepat Tumbuh dan Mudah Perawatannya
Meskipun anda sudah memilih tanaman yang low maintenance, anda tetap harus memberikan pupuk untuk merangsang dan menguatkan pertumbuhan tanaman yang anda miliki. Pupuk yang baik untuk tanaman hias gantung yaitu pupuk kandang dari kotoran hewan. Tapi jika tidak mau bau dan juga repot, anda pun bisa memilih pupuk NPK.

8. Memangkas Tanaman Secara Rutin Agar Rapi

Tanaman hias gantung sirih gading yang bisa tumbuh dengan panjang dan juga lebat akan kurang enak untuk dipandang. Sebagai solusinya, mulailah untuk sering memangkasnya secara rutin. 

Akan Tapi, pastikan untuk bagian tanaman yang akan anda0 potong merupakan bagian yang bisa dijangkau dan dikontrol juga. Seperti ranting, batang, dan juga daunnya.

Kemudian anda juga harus memangkas tanaman gantung ketika tanaman sudah mulai terkena hama agar nantinya tidak menjalar ke seluruh bagian tanaman.

9. Rajin Mengganti Media Tanam

Karena beberapa kondisi media tanam anda bisa berubah dengan seiring berjalannya waktu, maka anda  harus sering menggantinya dengan ytang baru agar tanaman yang anda miliki terus tersuplai penuh dengan  nutrisi.

Dan Pastikan media tanam anda lebih bersifat organik dan juga mampu menyimpan air. Lalu Campurkan pasir, tanah dan pupuk menjadi satu dengan perbandingan 1:1:1 dan untuk campuran yang mungkin paling cocok untuk tanaman.

Itulah beberapa langkah yang harus anda lakukan jika anda ingin mulai merawat tanaman hias gantung anda agar tanaman tahan lama. Mungkin nika anda mulai untuk mengikuti setiap langkah-langkahnyanya, tanaman yang anda miliki dijamin tumbuh cantik dan juga awet.

Terimakasih sudah berkunjung di blog mastagul.com
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Tips Cara Merawat Tanaman Hias Gantung Agar Tumbuh Dengan Subur"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel