Widget HTML #1

Tips Cara Merawat Tanaman Hias Gantung Agar Tumbuh Dengan Subur

Cara Merawat Tanaman Hias
Cara Merawat Tanaman Hias

Tips cara merawat tanaman hias

Tips cara merawat tanaman hias gantung agar tumbuh dengan subur. Apakah dari kalian sudah membeli tanaman hias gantung? Tentu saja untuk saat ini sobat harus mulai untuk merawatnya. Jika sobat tidak merawat tanaman hias ini akan terlihat tidak akan enak untuk dipandang, bisa karena layu atau juga daunnya yang akan mengering.

Pada dasarnya, jika sobat tekun dalam merawat tanaman hias gantung ini akan cenderung lebih mudah. Tanaman ini juga tidak memiliki perlakuan yang jauh berbeda dengan tanaman hias yang lainnya yang ada di luar ruangan.

Hanya, tanaman ini memiliki beberapa hal yang harus perhatian lebih agar tanaman sobat akan awet dan tak akan cepat untuk layu.

Baca juga: Tanaman Hias untuk Luar dan Dalam Ruangan, yang Cepat Tumbuh dan Mudah Perawatannya

Cara merawat tanaman hias gantung

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus sobat perhatikan jika ingin memasang tanaman hias gantung di rumah.

1. Kenali tipe tanaman

Umumnya hampir semua tanaman hias dapat digunakan menjadi tanaman hias yang bisa untuk di gantung. Akan tetapi, sobat juga harus bisa untuk mengenali jenis tanaman apa yang akan sobat gunakan agar nantinya sobat tidak akan salah jika ingin merawatnya.

Sobat harus lebih faham dan mengenal betul bagaimana cara perawatan nya dan apa saja yang dibutuhkan oleh tanaman yang sobat akan tanami.

Seperti, jika sobat hendak menggunakan tanaman jenis model yang merambat seperti tanaman sirih gading, tentunya kebutuhan airnya pun akan sangat berbeda dengan petunia.

2. Menentukan pot yang sesuai

Untuk saat in sudah banyak yang menjual pot yang sudah di khususkan untuk berbagai jenis tanaman hias seperti tanaman hias gantung. Dari pot yang berbahan dasar plastik hingga berbahan tanah liat. Semua itu tergantung dari jenis tanaman apa yang akan sobat rawat nantinya, sobat harus memastikan pot yang sobat gunakan sudah benar dan sesuai.

Jika sobat sudah menggunakan tanaman hias seperti tanaman hias kantung semar yang membutuhkan kelembaban suhu ruang, maka sobat dapat membutuhkan pot dari tanah liat dikarenakan pot yang berbahan dasar tanah liat dapat menahan kelembaban lebih lama dibandingkan dengan berbahan dasar dari pot plastik.

3. Memilih tali gantung yang tepat

Memakai tali gantung untuk tanaman hias yang menggantung untuk sekarang ini sudah banyak dijual di pasaran dan toko bunga. Pilihlah tali yang sangat kuat untuk dapat menahan berat tanaman dengan beserta dengan pot.

Pastikan tidak menggunakan tali yang berbahan kawat. Tidak 0hanya itu karena tanaman ini tidak akan enak dipandang, jika memakai tali kawat akan lebih cenderung tidak kuat untuk menahan pot.

Baca juga: Beberapa Jenis Tanaman Hias Yang Cocok untuk Pot Gantung

4. Menyiram tanaman sesuai kebutuhannya

Tanaman hias yang menggantung mungkin akan agak sulit dan juga merepotkan untuk disiram karena setelah disirami pasti akan meneteskan air kembali. Pastikan sobat harus mempunyai kesabaran dalam menghadapinya.

Untuk bisa menyiasati nya, sobat pilih tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak air seperti halnya tanaman spider plant. sobat juga dapat memanfaatkan botol semprot (spray) dibandingkan menggunakan selang untuk menyiram tanaman hias gantung yang sobat miliki agar tidak meninggalkan tetesan air.

5. Pastikan mendapatkan sinar matahari yang cukup

Meskipun sobat memilih tanaman hias gantung setidaknya tanaman ini membutuhkan sedikit cahaya matahari, maka sobat harus memastikan tanaman yang sobat miliki tetap menerima cahaya. Karena tanaman hias gantung ini biasanya tidak akan membutuhkan banyak cahaya seperti tanaman hias pada umumnya, hanya cukup pindahkan tanaman ke luar ruangan setiap dua minggu sekali.

Lakukan hal tersebut secara teratur tujuannya agar tanaman yang sobat miliki tetap mendapatkan nutrisi alami yang hanya didapatkan dari paparan sinar matahari.

6. Menjaga kelembaban tanaman

Meski tanaman hias gantung saat ini banyak yang tidak membutuhkan suhu udara yang lembab, sobat tidak bisa membiarkan tanaman sobat akan terus-terusan berada di dalam ruangan yang kering saja, dan apalagi kalau tanaman sobat berada di dalam ruangan yang ber-ac.

Jika sobat memilih tanaman yang sekiranya membutuhkan kelembapan yang cukup banyak, maka cukup dekatkan pot tanaman hias gantung satu sama lain dengan berdampingan supaya kelembaban nya terjaga.

Cara alternatif yang lainnya yaitu pindahkan tanaman hias gantung yang membutuhkan kelembaban di ruangan yang selalu terus lembab. Seperti, meletakkan tanaman di dalam ruangan kamar mandi saja dari pada di ruangan yang lainnya.

7. Berikan pupuk untuk tambahan nutrisi

Jika sobat sudah memastikan bahwa tanaman memiliki cukup nutrisi secara alami dari cahaya matahari dan air, maka sobat pun harus mulai memberikan pupuk.

Meskipun sobat sudah memilih tanaman yang low maintenance, sobat tetap harus memberikan pupuk untuk merangsang dan menguatkan pertumbuhan tanaman yang sobat miliki. Pupuk yang baik untuk tanaman hias gantung yaitu pupuk kandang dari kotoran hewan. Tapi jika tidak mau bau dan juga repot, sobat pun bisa memilih pupuk npk.

Baca juga: Jenis Tanaman yang Cocok untuk Hiasan Teras Rumah

8. Memangkas tanaman secara rutin agar rapi

Tanaman hias gantung sirih gading yang bisa tumbuh dengan panjang dan juga lebat akan kurang enak untuk dipandang. Sebagai solusinya, mulailah untuk sering memangkas nya secara rutin.

Akan tapi, pastikan untuk bagian tanaman yang akan sobat potong merupakan bagian yang bisa dijangkau dan dikontrol juga. Seperti ranting, batang, dan juga daunnya.

Kemudian sobat juga harus memangkas tanaman gantung ketika tanaman sudah mulai terkena hama agar nantinya tidak menjalar ke seluruh bagian tanaman.

9. Rajin mengganti media tanam

Karena beberapa kondisi media tanam sobat bisa berubah dengan seiring berjalannya waktu, maka sobat harus sering menggantinya dengan yang baru agar tanaman yang sobat miliki terus ter suplai penuh dengan nutrisi.

Dan pastikan media tanam sobat lebih bersifat organik dan juga mampu menyimpan air. Lalu campurkan pasir, tanah dan pupuk menjadi satu dengan perbandingan 1:1:1 dan untuk campuran yang mungkin paling cocok untuk tanaman.

Itulah beberapa langkah yang harus sobat lakukan jika sobat ingin mulai merawat tanaman hias gantung sobat agar tanaman tahan lama. Mungkin jika sobat mulai untuk mengikuti setiap langkah-langkahnya, tanaman yang sobat miliki dijamin tumbuh cantik dan juga awet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Tertarik untuk Membuka Usaha Kue Basah? Begini Cara Memulainya

Manfaat Kurma Muda Kuning Bagi Kesehatan Juga Untuk Kehamilan

Peluang Usaha Bidang Jasa yang Sangat Menghasilkan

Mau Punya Penghasilan Meski Dirumah Aja, Begini Caranya

Cara Memancing Ide Bisnis Usaha Paling Ampuh dan Sangat Brilian