Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips yang Wajib di Lakukan pada Sepeda Motor Lama di Garasi

 Tips Yang Wajib di Lakukan, Jika Motor Terparkir Lama Di garasi. Pada masa pandemi corona covid -19 banyak yang harus memaksakan masyarakat indonesia untuk tidak melakukan aktifitas keluar rumah dan harus berdiam diri dirumah saja. Mengakibatkan kendaraan yang biasa sobat gunakan di kehidupan sehari-hari akan terparkir lama di garasi rumah sobat.

Meskipun kendaraan yang sobat miliki jarang dipakai alangkah baiknya jika sobat juga memperhatikan kondisi kendaraan, sehingga ketika sewaktu-waktu mau di pergunakan kendaraan mempunyai performa yang baik dan tetap terjaga.

Karena nya performa terbaik pada sepeda motor tak hanya didapatkan dengan sobat melakukan servis rutin saja yang sobat lakukan di bengkel pada umumnya, namun juga sobat perlu melakukan perawatan yang dapat sobat lakukan sendiri dirumah.

Pada saat lama tidak dipakai dirumah,  ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan, sebab terkadang ada komponen atau bagian-bagian sepeda motor yang perlu dibutuhkan perhatian pada saat diam dalam jangka waktu yang cukup lama, yang dapat mempengaruhi kinerja pada motor tersebut.

Tips merawat motor ketika terlalu lama di garasi

Tips yang Wajib di Lakukan pada Sepeda Motor Lama di Garasi


Berikut ini ada beberapa tipe untuk sobat bisa menjaga motor kondisi pada sepeda motor saat terparkir di garasi dalam waktu lama:

1. Cuci Motor Terlebih Dulu

Jika kendaraan sobat tidak digunakan dalam jangka yang cukup lama, sobat sebaiknya mencuci kendaraan motor terlebih dahulu.  Sebab, motor yang harus melewati daerah-daerah yang rawan becek, kotor, berbau dan juga terdapat banyak lumpur, menjadi salah satu dari hal tersebut yang dapat mengakibatkan percepatan munculnya karat dan juga risiko lainnya,  misalnya disinggahi binatang  atau juga berpotensi merusak komponen.

2. Berikan Pelumas

Oleskan pelumas pada bagian-bagian yang dapat berpotensi menimbulkan karat , seperti rantai roda atau juga bagian-bagian yang  biasa mengalami gesekan.

3. Gunakan standar Tengah Pada Motor

Untuk sepeda motor yang mempunyai tipe metik, lebih baik kendaraan motor sobat diparkir menggunakan standar tengah supaya lebih mudah untuk sobat bisa melakukan pemanasan pada mesin.

4. Panaskan Mesin Kendaraan

Lakukan lah langkah berikutnya untuk memanaskan mesin hingga kira-kira 80-100 derajat celcius, lakukan langkah ini setiap hari. Agar bisa mencapai pada suhu tersebut lakukan selama 3 sampai 4 menit.

Tujuan dari pemanasan mesin agar sirkulasi pada oli kendaraan pada mesin tetap lancar dan juga untuk pengisian baterai. Untuk disarankan tidak dilakukan pada ruangan yang tertutup.

5. Sering Perhatikan Cover Plastik

Jika sobat memiliki motor metik, sobat harus lebih memperhatikan bagian cover metik, terutama pada bagian bawah. Yang sering terjadi pada kendaraan metik jika jarang dipakai pada bagian rongga bawahnya digunakan hewan seperti tikus atau ular untuk bersarang. Sebelum digunakan alangkah baiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu. Sekiranya sudah aman, tidak ada binatang yang singgah baru kendaraan bisa digunakan

Dengan adanya sobat melakukan hal-hal tersebut kendaraan yang tak sobat gunakan tetap memberikan kenyamanan dan performa optimal ketika suatu saat nanti akan sobat gunakan kembali.

Terimakasih.