Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Hias Pilea Cocok Untuk Mempercantik Ruangan Indoor

 Untuk anda yang sedang gemar mengoleksi berbagai jenis tanaman hias namun tidak memiliki banyak lahan kosong tidak perlu khawatir.

Karena berikut beberapa jenis tanaman hias yang tidak memerlukan banyak lahan sangat cocok untuk hiasan ruangan indoor rumah anda.

Salah satu jenis tanaman hias yang sudah menjadi paforit orang-orang yang berada di Eropa bagian Utara (skandinavia) ini yakni tanaman hias pilea.

Tanaman hias pilea juga sering di sebut dengan Chinese money, ciri khas tanaman ini yakni daun nya yang berbentuk bulat besar.

Karena tanaman ini berasal dari negara china yakni berada di provinsi Yunnan.

Awal dari tanaman ini banyak di kenal karena pada jaman itu misionaris yang berasal dari Norwegia sedang menyebarkan agama.

Agama yang beranutan kristen di negara cina kemudian setelah selesai menyebarkan agama kristen mereka kembali ke negara nya dengan membawa tanaman hias tersebut.

Sepulang nya mereka kembali ke kampung halaman nya, mereka membagi-bagi kan tanaman hias pilea kepada kerabat serta teman dan juga keluarga nya.

Sejak saat itu tanaman hias ini menjadi populer di negara skandinavia karena tanaman ini sangat indah untuk di jadikan hiasan ruang indoor.

Tata cara dalam merawat tanaman ini terbilang mudah namun harus selalu memperhatikan dengan seksama.

Karena jenis tanaman ini tidak banyak memerlukan air, anda dapat menyiram nya sesekali, batang serta daun pada tanaman ini mampu menyimpan air lebih.

Akan tetapi kita harus selalu benar-benar memperhatikan pilea, perlu di ingat tanaman ini juga membutuhkan nutrisi tambahan seperti cahaya matahari.

Tata cara pen-nyiraman air pada tanaman ini cukup lakukan hanya dengan dua sampai tiga kali setiap minggu nya.

Jika anda tipe orang yang sibuk maka cukup memperhatikan media tanah yang di gunakan sudah mengering atau belum. Jika sudah mengering tandanya anda harus segera menyiram tanaman hias pilea ini.

Tanaman hias pilea membutuhkan paparan cahaya matahari tidak langsung, pastikan anda meletakkan nya di tempat yang tepat.

Karena jika tidak mendapatkan pencahayaan maka tanaman ini akan mudah sekali layu.

Bagi anda yang masih awam terhadap tanaman hias pilea ini, berikut ada berbagai jenis varietas yang ada di antaranya yaitu:

1. Tanaman Hias Pilea Peperomiodes

Banyak yang menyebut tanaman hias pilea Chinese Money, Tanaman Kidal, Misionari bahkan ada yang menyebut nya sebagai tanaman hias UFO.

Spesies dari tanaman ini berbunga menjadi satu keluarga dengan Urticacceae.

Perlu di ingat kembali bahwa tanaman pilea tidak membutuhkan banyak asupan air yang berlebihan karena akan mengakibatkan pilea menjadi membusuk.

2. Tanaman Hias Pilea Depressa

Baby tears atau pilea depressa merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki daun yang kecil-kecil namun terlihat sangat imut dan juga lucu serta unik.

Karena keunikan nya ini banyak yang mengoleksi tanaman ini, walaupun jenis tanaman ini tidak se populer tanaman hias jika di lihat dari segi ekonomisnya.

Namun sebagian orang yang sering berada di rumah tanaman hias pilea ini wajib untuk di miliki karena cara perawatan nya yang cukup mudah.

Walaupun tidak semewah tanaman hias lain nya namun tanaman ini akan bagus untuk di jadikan sebagai dekorasi rumah anda karena kerimbunannya.

Cukup siram tanaman ini satu atau dua kali dalam seminggu, pemberian pupuk tambahan hanya lakukan selama satu bulan sekali.

3. Tanaman Hias Pilea Involucrata

Tanaman hias berikutnya yaitu Pilea Involucrata atau biasa orang-orang menyebut nya sebagai tanaman hias pertemanan, Friendship Plant.

Banyak yang menyukai tanaman ini karena masa pertumbuhan nya yang berlangsung sangat cepat, maka tidak heran jika pilea ini banyak yang menanam nya.

Jenis pilea Involucrata ini sangat unik karena daun yang dihasilkan memiliki tekstur yang hampir sama dengan beludru serta aksen yang sangat berani.

Nutrisi tambahan agar tanaman ini selalu subur letakkan di dekat jendela yang memiliki pencahayaan kurang lebih selama lima jam atau lebih.

4. Tanaman Hias Pilea Cadierai

Tanaman hias pilea Cadirei ini sangat mudah dalam perawatan nya selama anda menyediakan nutrisi air yang cukup serta pencahayaan yang normal.

Semangka pilea atau Alumunium ini sangat cocok di jadikan sebagai tanaman hias indoor, tanaman jenis ini sangat banyak di temukan di negara china dan juga Vietnam.

Tanaman ini ditemukan pada abad ke 20, bunga ini kadang muncul pada waktu tertentu seperti pada saat musim panas.

5. Tanaman Hias Pilea Microphylla

Tidak sulit untuk mengenali tanaman hias pilea Microphylla karena memiliki dua warna yaitu hijau bercampur dengan warna putih.

Kombinasi dari dua warna yang di hasilkan akan memperindah setiap sudut ruangan rumah anda.

Tanaman ini berasal dari negara Florida meksiko, Amerika bagian tengah, india bagian barat.

Tidak hanya sebagai tanaman penghias ruangan namun pilea ini juga di manfaat kan sebagai pohon tumbuhan untuk obat-obatan, karena kandungan senyawa dari Fenolik serta Flavonoid nya yang cukup tinggi.

6. Tanaman Hias Pilea Pumila

Clearweed atau Pilea Pumila merupakan salah satu tanaman hias satu keluarga dengan jalatang yang aman untuk di makan.

Tanaman ini banyak di temukan di negara Asai dan juga negara Amerika serikat bagian utara tepatnya di bagian timur, serta sudah di distribusikan meluas hingga ke berbagai negara.

Pilea pumila banyak di temukan di alam-alam liar dan tumbuh dengan sangat subur dengan sendiri nya apalagi jika tanah tersebut memiliki Zat Hara yang lembab dan juga basah.

7.  Tanaman Hias Pilea Fontana

Tanaman hias selanjutnya ada Pilea Fontana, tanaman ini hampir memiliki kesamaan dengan tanaman hias Pilea Pumila namun jika anda perhatikan dengan seksama tentu berbeda.

Jika di lihat secara dekat bentuk dan juga ukuran akan terlibat berbeda, tanaman ini menghasilkan biji yang lebih besar dari Pilea Pumila.

Memiliki warna yang terlihat agak gelap dan lebih kecil dari Pumila, Maka banyak yang berspekulasi bahwa tanaman ini sering di sebut dengan Black Fruite Clearweed.

Pilea ini memiliki aturan sendiri untuk bisa berbunga, biasanya akan berbunga pada bulan-bulan tertentu seperti pada bulan juli sampai september saja.

8. Tanaman Hias Pilea Nummurlariifolia

Tanaman ini akan terlihat bagus jika di letak kan di dalam pot yang di gantung, biasanya sebagian orang akan meletakkan tanaman hias ini di luar namun pilea jenis ini bisa di letakkan di dalam ruangan.

Pilea nummulariifolia ini di kenal sebagai jenis tanaman herba alami, orang-orang amerika selatan khusus nya di bagian utara hampir di setiap rumah memiliki jenis tanaman pilea ini.