Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Hias Untuk Balkon Dari Bambu Hingga Geranium

    Tanaman-Hias-Untuk-Balkon
    Memiliki rumah impian sudah menjadi salah satu keinginan setiap orang, apalagi jika rumah tersebut dirancang oleh kita sendiri. Untuk model rumah sekarang ini hampir semuanya memiliki balkon. 

    Sekarang tergantung dari diri kita sendiri untuk bagaimana caranya bisa menghias rumah tersebut agar terlihat lebih indah, nyaman dan sejuk. Karena hampir setiap waktu kita berada dirumah untuk beristirahat karena aktivitas pekerjaan yang padat.

    Kamar tidur menjadi salah satu tempat faforit kebanyakan orang. Apalagi jika ruangan kamar tidur yang kita miliki memiliki balkon, alangkah baiknya jika kita bisa menghias balkon kamar agar terlihat tidak membosankan.

    Dibawah ini salah satu cara agar balkon rumah kita terlihat indah yakni dengan cara meletakkan beberapa tanaman hias guna membuat balkon lebih sejuk dan enak untuk di pandang.

    Dan biasanya setiap balkon rumah itu tidak semua mendapatkan paparan sinar matahari maka akan kita bahas berbagai jenis tanaman hias untuk balkon yang mendapatkan sinar matahari dan yang tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung.

    Tanaman Hias Terbaik Untuk Balkon

    Tidak hanya untuk mempercantik balkon rumah kita dengan menggunakan tanaman hias tetapi juga bisa menahan teriknya matahari dan angin yang menghampiri, menahan debu yang masuk ke dalam rumah.

    1. Tanaman Hias untuk Balkon Bambu

    Tanaman Hias untuk Balkon Bambu
    Kebanyakan untuk model rumah sekarang ini lebih dekat dengan tetangga maksudnya rumah seperti model-model perumahan tentunya memiliki sekat yang berdampingan bahkan tidak ada sema sekali celah gang nya.

    Maka untuk bisa mensiasatinya kita perlu menggunakan tanaman hias seperti bambu, karena tanaman hias bambu ini bersifat invasif, model dari tanaman hias bambu ini dapat tumbuh sangat rimbun. 

    Tanaman hias bambu dapat ditanam di dalam pot yang berukuran sedang hingga yang berukuran besar. Untuk dapat mendapatkan hasil yang lebih maksimal akan lebih baik jika tanaman hias bambu ini ditanam dalam pot yang berukuran besar.

    Tanaman hias bambu dapat tumbuh secara baik di balkon yang memiliki pencahayaan matahari maupun tidak. Bisa di balkon yang suhunya lembab, kering, atau yang memiliki suhu normal. Pastikan juga jika tanah yang akan kita gunakan memiliki kesuburan yang cukup baik.

    2. Tanaman Hias untuk Balkon Sukulen

    Tanaman Hias untuk Balkon Sukulen
    Ada berbagai macam jenis tanaman sekulen yang ada di indonesia, salah satunya tanaman sekulen yang mudah dalam perawatan nya yaitu tanaman sekulen sedum dan tanaman sekulen sempervivum.

    Kedua jenis tanaman di atas mampu hidup dan tumbuh baik dengan suhu cuaca yang ada di balkon rumah kita, mereka bisa menyesuaikan keadaan suhu udara balkon yang ada.

    Cara perawatan tanaman hias sekulen ini cukup mudah bahkan bisa dikatakan tidak akan banyak menyita waktu kita untuk mengurusnya. Karena tanaman hias ini mampu bertahan dalam keadaan cuaca musim hujan atau musim panas.

    Cukup menyiram sesekali atau sebulan dua kali pun tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Apalagi jika musim hujan datang kita tidak perlu menyiram tanaman hias ini, namun perlu di ingat bahwa tanaman hias ini tidak mampu bertahan lama jika musim hujan.

    karena tanaman hias ini akan mudah sekali membusuk jika terlalu sering sekali terkena air. Cukup pindahkan saja tanaman hias ini ke dalam rumah yang tidak terkena air hujan. Pastikan tanah yang digunakan cukup baik.

    3. Tanaman Hias untuk Balkon Fuchsia

    Tanaman Hias untuk Balkon Fuchsia
    Ada beberapa spesies tanaman hias fuchsia, bunga dari tanaman ini ada yang berwarna ungu hingga berwarna merah jambu. Tanaman hias ini tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung.

    Pastikan jika dalam pemilihan jenis bunga ini yang bisa tahan terhadap cuaca panas, namun ada juga beberapa jenis bunga ini yang tidak tahan terhadap teriknya matahari dan mengakibatkan tanaman tidak bisa berbunga. 

    Cara penanaman tanaman hias ini menggunakan pot yang di gantung, karena jenis tanaman ini akan terlihat indah jika menggunakan pot yang menggantung. 

    Jenis tanaman hias ini tidak terlalu membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung, dalam kata lain tanaman ini hidup didalam ruangan yang berteduh dan dengan tanah yang cukup baik untuk digunakan.

    4. Tanaman Hias untuk Balkon Lavender

    Tanaman Hias untuk Balkon Lavender
    Tanaman hias ini termasuk kedalam tanaman hias jenis herbal, ada banyak jenis dari tanaman hias herbal yang ada. Diantara nya yakni tanaman herbal mint, rosemary, lemon balm dan masih banyak lagi jenis tanaman hias herbal yang ada.

    Namun jenis tanaman hias laverder ini memiliki bunga yanng berwarna putih dan juga ungu. Cara perawatan tanaman hias herbal ini cukup mudah karena lavender mampu bertahan dalam keadaan cuaca yang ada.

    Tanaman lavender dapat kita gunakan untuk campuran masakan, bunga dari lavender bisa digunakan untuk mencampuri masakan yang akan kita masak bahkan bisa di gunakan untuk kerajinan atau hiasan rumah, Lavender membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung.

    5. Tanaman Hias untuk Balkon Gardenia

    Tanaman Hias untuk Balkon Gardenia
    Salah satu jenis tanaman hias lainnya yaitu tanaman hias gardenia atau disebut juga dengan kecapiring gerdania, tanaman hias kecapiring bisa berbunga dan bunga dari tanaman ini berwarna putih jernih.

    Tidak akan rugi jika kita memelihara tanaman hias ini untuk diletakkan di balkon rumah kita, karena tanaman hias ini memiliki bau harum wangi yang sangat menyengat. Apalagi jika tertiup angin maka udara yang akan akan didapatkan harum wangi. 

    Tidak perlu repot untuk kita menyediakan pengharum ruangan lainnya karena hanya dengan meletakkan jenis bunga ini saja sudah cukup.

    Perlu diingat bahwa cara perawatan dari tanaman hias ini memerlukan kelembapan yang cukup memadai serta memiliki tanah yang cukup subur dan juga baik untuk digunakan.

    Jenis tanaman hias ini tidak akan mampu hidup lama karena gardenia akan banyak mengundang hama dan juga serangga yang akan berdatangan serta akar dari gardenia akan cepat mudah membusuk. Jenis gardenia ini akan hidup jika di letakkan dibawah sinar matahari yang cukup penuh. 

    6. Tanaman Hias untuk Balkon Verbena

    Tanaman Hias untuk Balkon Verbena
    Tanaman hias yang selanjutnya yakni verbena, tanaman hias ini akan terlihat lebih indah jika menggunakan pot bunga yang menggantung atau di gantung, bisa juga di letakkan di dinding. karena tanaman Verbena akan menjuntai ke bawah menyesuaikan tempat. 

    Verbena akan tumbuh terus melewati wadah yang ada. Verbena memiliki banyak warna bunga, ada yang berwarna biru, merah dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Namun perlu diingat bahwa tanaman hias ini selalu dihinggapi jamur yang berwarna putih pada daun nya. Namun dalam pemeliharaan nya tidak sulit dan cukup mudah untuk dilakukan. 

    Tidak perlu khawatir untuk membasmi jamur yang ada pada tanaman ini cukup letakkan tanaman ini di tempat udara yang cukup dan paparan sinar matahari secara langsung.

    Pastikan juga untuk tidak menyiram pada bagian daun yang berjamur. Gunakan tanah yang cukup subur dan baik untuk pertumbuhannya.

    7. Tanaman Hias untuk Balkon Geranium

    Tanaman Hias untuk Balkon Geranium
    Untuk teman-teman yang ingin memiliki balkon yang indah dipandang jangan lupa untuk memelihara tanaman hias yang satu ini, karena tanaman jenis ini cukup mudah dalam perawatan-nya. Jenis tanaman hias geranium ini juga memiliki banyak warna ada yang berwarna orange, merah mudah dan lain-lain.

    Bunga dari tanaman ini cukup tumbuh subur dengan cepat, karena itu kita harus lebih sering-sering melihat jika ada bunga yang sudah layu agar segera membuangnya. 

    Guna untuk masa pertumbuhan bunga yang baru supaya cepat berbunga kembali. Letakkan bunga ini di tempat yang mudah terkena sinar matahari secara langsung.

    8. Tanaman Hias untuk Balkon Begonia

    Tanaman Hias untuk Balkon Begonia
    Ada dua jenis bunga untuk model jenis bunga begonia ini yakni diantaranya rex begonia serta agelwing. Kedua jenis bunga ini akan jika sudah mulai menampakkan bunga nya akan terlihat sangat indah dengan berbagai jenis warna bunga dan dedaunan yang terlihat indah.

    Jenis tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik ditempat yang teduh, tidak perlu berada ditempat yang terik. Karena tanaman ini sangat menyukai tempat yang memiliki kelembabapan yang cukup tinggi, serta mampu untuk menyimpan air yang cukup. 

    Daun dan bunga yang sudah layu rentan sekali mengalami rontok maka disarankan untuk menjaga kebersihan-nya guna tanaman selalu terlihat indah.

    Recommended By The Author

    > Tanaman Hias Gantung Media Air Mudah di Tanam

    > Tempat Wisata Paling Ramai di Pontianak Kalimantan Barat

    > 5 Situs Download Software PC Full Version Terbaik Gratis

    > Mengenal Berbagai Macam Jenis Bunga Mawar, Julukan Ratu Bunga yang Cantik dan Juga Semerbak

    > Cara Membuat Daftar Isi dalam Satu Label Tertentu di Postingan Blog dengan Benar