Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Bunga Teratai di Dalam Ruangan

    Bunga Teratai
    Mengenal salah satu tanaman hias air yang sampai saat ini masih tren dikalangan para pecinta tanaman hias yakni bunga teratai atau Nymphaea.

    Bunga teratai banyak tumbuh hidup bebas di kolam-kolam taman, karena bunga teratai banyak yang membudidayakannya di kolam taman.

    Sekarang apakah bunga teratai ini bisa tumbuh jika berada di dalam ruangan (indoor), Bunga teratai ini sesungguhnya bisa tumbuh di dalam ruangan atau pun di luar ruangan.

    asalkan tempat yang di sediakan lebar dan memiliki banyak air. Karena bunga ini akan indah di pandang apabila tempat yang di sediakan besar.

    Sebagian pemula yang ingin menanam bunga ini pasti tidak banyak yang mengetahui, apakah bunga ini bisa ditanam didalam ruangan.

    Dikutip dari beberapa sumber yang ada bahwa ada yang menjelaskan bahwa menanam bunga teratai di indoor sungguh sangat sulit untuk bisa di lakukan.

    Yang menjadi sebagian besar alasannya mengapa tanaman ini sulit yakni timbulkan bau yang tak sedap dari air yang menggenang.

    Selain bau tak sedap ini juga akan menimbulkan banyak hama bermunculan dan juga banyak binatang yang akan bertelur di dalam air yang menggenang tersebut.

    Walaupun teman-teman sudah memberikan hasil yang maksimal untuk bisa membuat tanaman ini tumbuh dengan baik.

    Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika bunga yang dihasilkan tidak akan mekar dengan sempurna. Pada akhirnya teman-teman akan mendapatkan hasil yang tidak di inginkan.

    Jika kebanyakan tanaman ini tumbuh di kolam taman tentu ini pun sudah menjadi pertimbangan untuk bisa memastikan kadar pada suhu air yang sudah di atur sebelumnya.

    Tetapi bagaimana cara mengetahui kadar air jika tanaman ini tumbuh dan di rawat di dalam ruangan (indoor).

    Cara Menanam Bunga Teratai di Dalam Ruangan

    Bunga teratai yang berjenis spesies iklim tropis tentu saja membutuhkan tempat dan air yang sangat banyak.

    Untuk memelihara tanaman hias bunga teratai tentu saja membutuhkan tenaga dan pikiran yang cukup terkuras, simak dibawah ini.

    1. Membutuhkan Sinar Matahari.

    Bunga teratai yang hidupnya di air ini sangat membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung.

    Tanaman hias dapat tumbuh dengan baik jika mendapat panas matahari hal ini akan membuat bunga dapat tumbuh dengan sempurna, maka pastikan membuat tempat yang banyak terkena panas.

    2. Membutuhkan Pot / Media Tanam.

    Sebenarnya bunga teratai ini masih membutuhkan pot atau media tanam, karena teratai ini keseluruhannya masih bersifat akuatik.

    Yang menjadi pilihan utamanya yaitu dengan cara menyediakan polibek / pot plastik yang di isi dengan bebatuan pada bagian bawahnya.

    Kemudian masukkan atau tenggelamkan pot tersebut ke dalam tempat yang berisi kan air yang akan ditanam, kemudian taruh beberapa tanaman teratai dalamnya..

    Tidak lupa untuk menambahkan bahan tambahan lain seperti pupuk cair ke dalam air tersebut.

    3. Mengatur Suhu Dalam Air.

    Step yang selanjutnya yaitu memastikan kadar air yang akan di gunakan untuk menanam tanaman hias bunga teratai sesuai dengan spesies bunga teratai yang akan di tanam.

    Pastikan air yang di sediakan hampir memenuhi tempat yang di sediakan karena teratai akan terlihat indah jika air yang di gunakan cukup banyak.

    Bunga teratai memang tumbuh dengan baik jika air yang digunakan cukup banyak, karena sejatinya tanaman ini memang di hidup didalam air dan diluar ruangan.

    Untuk dapat menghasilkan tanaman hias bunga teratai ini yakni memiliki tempat atau wadah yang besar serta air yang cukup banyak jika ingin menanam didalam ruangan.

    Banyak tempat yang bisa di gunakan untuk menanam bunga teratai, contohnya dalam media tanam yang berukuran kecil atau pun bisa ditanam di media aquarium.

    Tidak hanya ikan yang bisa dipelihara di aquarium, teratai pun bisa di letakkan di aquarium. Tetapi untuk metode penempatan wadah kecil tentu untuk varietas yang berukuran kecil-kecil.

    Solusi terbaik untuk bisa menanam teratai di dalam ruangan yaitu dengan cara meletakkan tanaman yang terkena sinar matahari kurang lebih 3 sampai 4 jam lamanya.

    Solusi lainnya jika tidak ada tempat pencahayaan matahari bisa menggunakan lampu bohlam untuk busa menyinarinya. Gunakan lampu yang memiliki watt tidak terlalu besar untuk menghemat daya listrik di rumah anda.

    Jika dilihat tanaman tidak tumbuh bunga kemungkinan tanaman tidak mendapat cakupan energi panas.

    Di musim panas biasanya air akan menyurut dengan sendiri nya, maka anda perlu menambahkan air yang cukup banyak lagi. Tidak lupa untuk selalu menambahkan pupuk cair kedalam nya.

    Campurkan pupuk cair yang digunakan secukup nya sesuai dengan anjuran yang di beritahukan dalam kemasan tersebut.

    Recommended By The Author

    > Cara Memasang Jam Dan Kalender Di Blog Terbaru

    > Tanaman Hias Gantung Media Air Mudah di Tanam

    > Rekomendasi Baca Novel Romantis Online Lengkap Sinopsisnya

    > Jenis Tanaman Bunga Hias Pot Gantung Outdoor di Teras Rumah Tahan Panas Matahari