Widget HTML #1

Jenis Tanaman Bunga Hias Pot Gantung Outdoor di Teras Rumah Tahan Panas Matahari

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Bunga Hias Pot Gantung

Jenis tanaman bunga hias pot gantung outdoor di teras rumah tahan panas matahari sebenarnya sangat banyak sekali. Jika disebutkan satu per satu mungkin akan tidak ada habisnya.

Akan tetapi mastagul ada beberapa rekomendasi tanaman hias pot gantung outdoor yang cocok ditanam untuk mempercantik halaman rumah, yang tentunya tanaman hias ini tahan terhadap panas.

Sebenarnya hampir semua tanaman hias bisa ditanam dalam pot gantung, akan tetapi jika salah memilih tanaman hias yang akan ditanam dalam pot gantung akan berakibat fatal.

Itu disebabkan karena ada beberapa tanaman yang memiliki perawatan spesial sehingga jika tanaman hias tersebut di tanam dalam pot gantung akan mempersulit dalam sobat merawatnya.

Biasanya tanaman hias yang sering ditanam dalam pot gantung memiliki tingkat perawatan yang lebih sedikit dibanding dengan tanaman hias yang ditanam dalam pot yang diletakkan di lantai.

Selain itu sobat juga harus memperhatikan faktor-faktor lain seperti cuaca, hal itu tergantung sobat mau menanamnya di mana? Apakah mau menanam tanaman hias di luar ruangan apa mau menanam tanaman hias di dalam ruangan.

Jika sobat mau menanam tanaman hias pot gantung di luar ruangan alangkah baiknya jika memilih tanaman bunga hias yang tahan terhadap panas matahari, sehingga tidak mudah layu atau bahkan bisa juga mati.

Maka dari itu sobat harus lebih berhati-hati untuk menentukan tanaman apa yang benar-benar cocok untuk sobat tanam.

Sebagai rekomendasi mastagul memberikan beberapa jenis tanaman bunga hias pot gantung outdoor di teras rumah tahan panas matahari di bawah.

Baca juga: Peluang Bisnis Menjalankan Franchise Sate Padang yang Perlu Anda Ketahui

Cara Memilih Pot yang Baik untuk Tanaman Hias

Setelah sobat sudah menemukan tanaman yang cocok untuk ditanam dalam pot gantung, selanjutnya yang harus sobat pikirkan adalah Bagaimana cara memilih pot yang baik untuk tanaman hias yang akan sobat tanam.

Sedikit saran jangan sampai sobat salah dalam memilih pot yang akan digunakan untuk menanam sehingga bisa berujung dengan kegagalan.

Untuk pemilihan pot yang digunakan alangkah baiknya jika mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. Ukuran Pot

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Ukuran pot sangat berpengaruh pada saat sobat mau menanam bunga yang akan di gantung.

Sesuaikan ukuran pot dengan bunga apa yang mau di tanam, jika sobat menanam bunga yang mempunyai ukuran yang kecil alangkah baiknya jika menggunakan pot yang kecil juga.

Akan tetapi bisa saja menggunakan pot yang ukurannya lebih besar jika tanaman bunga yang sobat tanam memerlukan tempat yang luas.

Tetapi hal itu harus di se imbangi dengan tali yang akan digunakan, sehingga nantinya pot tidak akan mudah jatuh

2. Jenis Pot Gantung

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Sebenarnya pot gantung memiliki banyak sekali jenisnya, tidak akan selesai jika di sebutkan satu-persatu.

Akan tetapi sekarang yang akan kita bahas pada intinya saja.

Sebisa mungkin hindari pot gantung yang berbahan tanah, karena pot gantung yang berbahan tanah memiliki bobot yang lebih berat ketimbang pot gantung yang berbahan plastik atau sabut kelapa atau yang sejenisnya.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak dinginkan jika ingin menanam tanaman hias pot gantung alangkah baiknya jika menggunakan pot gantung yang memiliki bobot yang ringan.

Kelebihan pot gantung plastik selain memiliki bobot yang ringan juga harganya lebih murah dari pada pot gantung yang berbahan dari tanah.

Itulah beberapa tips bagaimana cara memilih pot yang baik untuk tanaman hias.

Baca juga: Tips Dan Cara Mengaanalisa Usaha Rental Komputer

Cara Merawat Tanaman Hias Gantung

Yang tidak kalah penting supaya tanaman hias gantung yang sobat tanam bisa tumbuh dengan subur adalah bagaimana cara merawat tanaman hias gantung itu sendiri.

Percuma saja jika sobat memiliki bibit tanaman yang bagus dan mahal akan tetapi salah dalam perawatan tentunya tanaman hias gantung sobat nantinya tidak akan bertumbuh dengan maksimal.

Berikut beberapa tips cara merawat tanaman hias gantung supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Kenali Jenis Tanaman Bunga Hias

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Tanaman yang terlihat bagus untuk ditanam pada pot gantung biasanya yang memiliki sifat menjalar atau menjulang ke bawah.

Pilih tanaman yang daunnya bisa menutupi pot, sehingga ketika tanaman hias sudah tumbuh subur hasilnya akan terlihat bagus.

Sebisa mungkin pilih tanaman yang tahan terhadap cuaca panas, sehingga ketika sobat telat dalam penyiraman tanaman hias tidak akan cepat layu.

2. Pemilihan Pot Gantung yang Sesuai

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Pot dengan berbahan plastik bisa menjadi pilihan yang tepat, selain itu pot plastik bisa di bilang praktis dan untuk mendapatkannya juga sangat mudah, karena hampir semua toko bunga menjual pot plastik.

Akan tetapi, jika sobat menanam tanaman hias yang membutuhkan kelembaban yang tinggi menggunakan pot berbahan tanah juga bisa digunakan dengan syarat harus memperhatikan tali yang digunakan harus benar-benar kuat.

3. Pemilihan Tali Pot Gantung yang Tepat

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Pemilihan tali pot gantung walaupun hal yang sederhana akan tetapi memiliki fungsi yang sangat besar.

Bayangkan saja jika asal-asalan dalam memilih tali pot gantung dan ternyata tali yang digunakan tidak kuat untuk menopang pot dan tanaman itu sangat beresiko.

Alangkah baiknya jika membeli tali yang sesuai dengan standar pot yang akan digunakan, semakin besar pot gantung yang digunakan maka semakin besar juga tali yang digunakan.

Sebisa mungkin hindari tali yang berbahan kawat, hal itu disebabkan kawat akan cepat berkarat ketika terkena air pada saat penyiraman.

Tali yang berbahan plastik atau yang terbuat dari bahan alam seperti sabut kelapa akan lebih tahan lama dari pada berbahan dari kawat.

4. Penyiraman Sesuai Kebutuhan

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Penyiraman sesuai kebutuhan itu sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman hias.

Lihat dulu tanam yang sobat tanam memerlukan air yang banyak atau yang tahan terhadap kekeringan.

Sebagai contoh seperti tanaman hias kaktus, tanaman ini tahan terhadap udara panas sehingga tidak terlalu membutuhkan air yang banyak, itu artinya sobat tidak harus memerlukan penyiraman yang berlebihan seperti tanaman hias lainnya.

Pada pot gantung dalam penyiraman sedikit merepotkan, karena pada saat penyiraman tentunya air akan turun ke bawah dan menetes ke lantai.

Untuk menghindari hal tersebut sobat bisa menambahkan tatakan di bawah pot untuk menampung air sementara ketika penyiraman supaya air tidak berceceran ke lantai.

5. Mendapat Panas Matahari

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Perlu sobat ingat bahwa tumbuhan sangat membutuhkan panas matahari, itu disebabkan karena panas matahari memiliki fungsi dapat memberikan nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tanaman.

Usahakan jika tanaman hias pot gantung yang sobat tanam bisa mendapat sinar matahari walaupun hanya sebentar.

6. Pemberian Pupuk Secara Teratur

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Secara alami tanaman akan tetap bisa tumbuh walaupun tanpa pemberian tambahan pupuk, akan tetapi pertumbuhan tanaman hias yang di beri tambahan pupuk akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan tanaman hias yang tanpa di beri tambahan pupuk.

Supaya tanaman hias yang sobat tanam bisa tumbuh dengan maksimal alangkah baiknya jika di beri tambahan pupuk untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan.

Bisa menambahkan pupuk setiap satu bulan sekali atau dua bulan sekali.

7. Pemangkasan Tanaman Hias

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Pemangkasan pada tanaman hias walaupun di pandang sepele akan tetapi jangan pernah untuk diremehkan.

Setelah tanaman hias pot gantung sobat sudah tumbuh dengan subur saat itulah sobat harus melakukan pemangkasan supaya tanaman hias bisa tampil cantik.

Untuk pemangkasan silahkan sobat sesuaikan sendiri dengan model yang disukai.

Jika tanaman hias pot gantung sobat terserang penyakit, jamur atau layu karena disebabkan hal lain, sobat harus segera mungkin untuk memangkas nya supaya tidak menular ke yang lainnya.

Itu sedikit penjelasan bagaimana cara merawat tanaman hias gantung yang bisa sobat praktekkan.

Baca juga: Peluang Bisnis Ikan Hias, Modal Kecil Omset Besar dan Menguntungkan

Jenis Tanaman Bunga Hias Pot Gantung Outdoor di Teras Rumah Tahan Panas Matahari

1. Tanaman Bunga Hias Zygocactus

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Zygocactus di indonesia orang sering menyebutnya dengan bunga capit kepiting, itu disebabkan karena bentuknya yang menyerupai dengan capit kepiting.

Lain halnya dengan orang di belahan bumi bagian utara bunga ini mempunyai nama yang berbeda yaitu Christmas cactus.

Di negara Australia tanaman hias ini berbunga setelah musim gugur berakhir sekitar bulan Mei sampai dengan bulan Agustus.

Itu sebabnya di negara itu tanaman hias ini tidak disebut dengan Christmas cactus, akan tetapi sering di sebut dengan Zygocactus atau Crab’s claw cactus.

Tanaman hias ini sangat cocok untuk di tanam pada pot gantung karena bunga yang dihasilkan akan menggelantung ke bawah dan bunganya memiliki warna oranye yang sangat cantik untuk dilihat.

2. Tanaman Bunga Hias Petunia

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Tanaman hias petunia memiliki bunga yang menyerupai terompet dengan warna yang beragam.

Mungkin karena memiliki aroma bunga yang harum tanaman hias gantung ini jadi di senangi oleh para pecinta tanaman hias.

Tanaman petunia akan terlihat sangat cantik pada saat sudah memiliki batang yang rimbun dan bunga yang bermekaran.

Walaupun tanaman hias ini berasal dari negara amerika serikat akan tetapi sangat cocok untuk ditanam di negara Indonesia.

Tanaman ini sangat cocok jika ditanam pada daerah yang sejuk seperti pegunungan.

3. Tanaman Bunga Hias Begonia

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Tanaman bunga hias begonia ini sangat cocok jika ditanam di negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Walaupun tanaman bunga hias ini cocok untuk di tanam pada daerah tropis, alangkah baiknya jika tempat peletakan ya pada bagian yang sejuk.

Karena tanaman ini sangat cocok ditanam pada iklim di indonesia alhasil tanaman bunga ini juga sangat mudah untuk mengeluarkan bunga.

Tanaman bunga begonia yang sering dijumpai adalah bunga begonia rex, karena memiliki daun yang besar dan memiliki warna merah dan merah yang sangat menarik untuk di lihat.

4. Tanaman Bunga Hias Lipstik Merah

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Tanaman bunga hias lipstik merah dalam bahasa latin nya di sebut dengan Aeschynanthus.

Tanaman hias ini sangat cocok jika ditanam dalam pot gantung karena tanaman ini memiliki batang yang bisa tumbuh menjulur ke bawah, sehingga sangat bagus untuk dilihat ketika sudah tumbuh besar.

Tanaman Bunga Hias Lipstik Merah memiliki daun yang berwarna hijau dan pada bagian atasnya terlihat sedikit mengkilat, itu disebabkan karena daun bunga lipstik terdapat lapisan yang seperti lilin.

Untuk bunga lipstik merah bentuknya menyerupai seperti terompet dan memiliki warna yang beragam mulai dari warna kuning, warna jingga, warna merah, dan juga warna merah pekat kehitaman.

Tanaman hias lipstik merah akan sangat cocok jika ditanam pada suhu yang lembab yang tidak terlalu banyak terkena oleh panas matahari.

Pada bagian bunga lipstik merah terdapat bulu-bulu halus yang mungkin tidak bisa ditemukan pada bunga lainnya, sehingga menambah keunikan tersendiri pada bunga ini.

5. Tanaman Bunga Hias Anggrek

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Tanaman Bunga hias anggrek bisa dibilang tanaman yang bisa tumbuh dimanapun, pasalnya tanaman ini bisa untuk ditempatkan di luar ruangan (outdoor) maupun dalam ruangan (indoor).

Sebaiknya pada awal penanaman tanaman hias ini ditempatkan pada area yang tidak terlalu banyak mendapat panas matahari.

Ternyata tenaman bunga hias anggrek akan memberikan manfaat untuk membersih kan udara yang terkena polusi jika ditanam di dalam rumah.

Untuk bunganya sendiri sangat beragam dan sangat cantik.

6. Tanaman Bunga Hias Lantana

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Karena memiliki daun yang rimbun tanaman bunga hias lantana sangat cocok jika di tanam dalam pot gantung.

Selain itu jika tanaman bunga hias lantana musim berbunga maka bunganya akan terlihat sangat cantik.

Warna bunga tanaman lantana juga sangat beragam.

7. Tanaman Bunga Hias Epiphyllum Cactus

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Menurut saya pribadi bunga yang satu ini hampir mirip dengan bunga wijaya kusuma jika dilihat dari pertumbuhan batangnya.

Jika dilihat dari namanya tanaman hias ini masih satu keluarga dari bunga kaktus.

Tanaman ini memiliki bunga yang sangat indah, tidak heran jika bunga ini banyak yang mencarinya untuk dijadikan koleksi penghias rumah.

8. Tanaman Bunga Hias Tapak Dara

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Tanaman bunga hias tapak dara ternyata memiliki nama lain yang lebih keren yaitu bunga vinca.

Dari masa ke masa tanaman bunga hias tapak dara memiliki trend yang hampir tidak pernah memudar, itu disebabkan karena tanaman bunga ini memiliki warna yang cantik dan unik untuk dilihat.

Tanaman yang satu ini sangat tergantung pada panas matahari.

Ketika tanaman ini diletakkan pada tempat yang banyak mendapat sinar matahari maka tanaman bunga hias tapak dara akan tumbuh dengan subur dan dapat menghasilkan bunga yang sangat indah.

Untuk menemukan Tanaman bunga hias tapak dara tidak lah sulit itu disebabkan karena hampir di seluruh daerah nusantara banyak yang menanam bunga ini.

9. Tanaman Bunga Hias Pukul Sembilan

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Tanaman bunga hias pukul sembilan dalam bahasa latin bernama Portulaca, Mose rose, Krokot.

Tanaman hias bunga pukul sembilan sangat membutuhkan panas matahari, itu di sebabkan karena bunganya akan mekar pada pagi hari saat matahari mulai muncul dan akan menguncup pada sore hari saat matahari mulai terbenam.

Tidak hanya bunganya yang menguncup bahkan daunnya juga akan ikut merapat, seakan-akan tanaman ini sedang melakukan istirahat di malam hari.

Itulah mengapa bunga ini orang sering menyebut sebagai tanaman bunga hias pukul sembilan.

Untuk perawatan tanaman hias pukul sembilan tergolong sangat mudah, karena tanaman ini tidak membutuhkan terlalu banyak air sehingga sobat tidak terlalu sering menyiram ya.

Tanaman bunga hias pukul sembilan jika ditanam dalam pot gantung akan sangat cantik karena batangnya nantinya ketika sudah lebat bisa menjuntai ke bawah.

10. Tanaman Bunga Hias Fuchsia

Tanaman Hias Pot Gantung
Tanaman Hias Pot Gantung

Bunga yang satu ini dalam hal perawatan tidak boleh di anggap enteng, pasalnya tanaman bunga hias fuchsia ini menginginkan media tanam yang selalu lembab supaya pertumbuhan bunga yang satu ini tidak mengalami gangguan.

Walaupun sobat sudah merasa merawat bunga ini semaksimal mungkin terkadang bunga ini juga belum mau memekarkan bunganya yang sangat cantik.

Tetapi tenang saja, ketika tanaman bunga hias fuchsia ini mengeluarkan bunganya dan mekar sempurna di situlah hasi sobat akan merasakan kepuasan tersendiri karena kerja keras terbayar oleh kecantikan bunga fuchsia yang mekar bergelantungan.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis tanaman bunga hias pot gantung outdoor di teras rumah tahan panas matahari.

Diatas mastagul sudah memberikan penjelasan yang lengkap dari bagaimana cara memilih pot yang baik untuk tanaman hias, cara merawat tanaman hias gantung hinga jenis tanaman bunga hias pot gantung outdoor di teras rumah tahan panas matahari.

Sekarang tinggal sobat praktekkan sesuai dengan keinginan dan minat sobat. Semoga sukses dalam menanam tanaman bunga hias pot gantung outdoor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Cara Cek Processor 32-bit atau 64-bit di Windows 7 Laptop dan PC

Mengatasi Luka Lambung Dengan Bahan Alami

Jenis-jenis Makanan Yang Bisa Mencegah Terjadinya Penularan Virus Corona

Tanaman Hias Gantung yang Memiliki Manfaat Buat Kesehatan

Ciri-Ciri Bunga Anggrek Sebagai Tanaman Hias yang terlihat Eksotis