Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sirih Gading Tumbuh Lebat

    Cara Membuat Sirih Gading Tumbuh Lebat
    Berikut ini merupakan tanaman hias yang saat ini banyak di gemari oleh para pecinta tanaman, tanaman bernama sirih gading atau disebut dengan pothos yaitu jenis tanaman yang bisa menetralisir udara yang ada di ruangan tertutup sehingga dapat membuat suhu udara di ruangan menjadi lebih sehat.

    Jika dilihat dari fisiknya tanaman hias ini memiliki daun yang berbentuk hati dan tumbuh dengan cara merambat. Pohon hias ini sangat cocok jika di letakkan di luar ruangan rumah dengan cara digantung.

    Namun tak hanya sedikit orang yang menempatkan jenis pohon hias ini di dalam ruangan apalagi jika tanaman-nya terlihat lebat dan rimbun, sekarang bagaimana caranya agar pohon yang dihasilkan mempunyai daun yang sangat lebat.

    Cara Membuat Sirih Gading Tumbuh Lebat

    Butuh perhatian ekstra bagi para pecintanya, simak dibawah ini bagaimana caranya agar pohon menjadi lebih rimbun dan indah untuk dipandang mata.

    1. Memangkas Pohon

    Cara yang pertama yang harus dilakukan yakni memangkas batang pohon, cara ini dilakukan guna untuk menghasilkan daun yang baru. Semakin sering kita memangkas batang pohon maka akan semakin banyak tunas daun yang bermunculan.

    Jika kita tidak sering memangkas atau hanya didiamkan begitu saja maka daun tidak akan menghasilkan tunas baru dan daun batang pohon yang di hasilkanpun akan semakin sedikit.

    Lakukan pemangkasan sesering mungkin, peralatan sederhana yang dibutuhkan hanya gunting, bertahap dimulai dari bagian atas untuk proses pemangkasan-nya. Akan lebih efektif untuk daun yang dihasilkan pertumbuhannya pada bagian atas terdahulu.

    Pangkas sedikit demi sedikit secara teratur pada bagian pohon simpul daun, karena pada bagian ini daun pohon akan tumbuh dengan cepat di bandingkan pada bagian yang lain seperti pada bagian batang bawah pohon.

    2. Lakukan Pemupukan

    Tanaman hias sirih gading memang tidak banyak orang yang menaruh dengan rajin pupuk, padahal memang jika kita tidak memberikan pupuk untuk tambahan masa pertumbuhan nya maka tanaman ini akan tumbuh dengan baik, asalkan tanah yang digunakan pun cukup baik.

    Namun jika ingin menghasilkan sirih gading yang rimbun maka berikan pupuk secukupnya, sirih gading jika di diam-kan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun hanya dengan mengandalkan tanah yang itu-itu saja maka tidak akan berkembang dengan hasil yang diinginkan.

    Gunakan pupuk yang sudah banyak orang pakai secara lumrah seperti pupuk Mutiara, atau pemupukan media cair sama saja. Lakukan secara rutin selama satu bulan 2 sampai 3 kali penaburan, sistem ini akan membuat tanaman lebih berbobot.

    Untuk model jenis pupuk padat seperti Mutiara berikan pupuk pada sekitaran tanaman, lakukan dengan cara meletakkan pada bagian atas tanah tanaman secara mengelilinginya. Jika pupuk media cair maka campurkan pupuk dengan sedikit air lalu kemudian siramkan pupuk pada bagian tanaman dan tanah.

    Jangan terlalu banyak memberikan pupuk pada pohon ini karena jika terlalu banyak maka dapat merusak tanaman. Jika dilihat pada bagian tanah tanaman yang di tinggali sudah mulai tidak subur, maka langkah selanjutnya mengganti tanah tersebut dengan yang baru.

    3. Paparan Sinar Matahari

    sirih gading menjadi lebih rimbun yakni dengan cara memberikan pencahayaan sinar matahari yang cukup. Bisa dibandingkan jika pohon yang mendapatkan sinar matahari cukup akan terlihat lebih segar dan hijau.

    sedangkan untuk pohon yang tidak mendapatkan sinar matahari akan terlihat lebih menguning dan daun yang dihasilkan tidak sehat, jika pohon yang dirawat diletakkan didalam ruangan maka sesekali berikan pencahayaan matahari agar tanaman terlihat lebih baik.

    Jika pepohonan sirih gading mendapatkan matahari maka simpul yang dihasilkan akan terlihat lebih rendah, tidak usah terlalu sering menaruh dibawah sinar matahari lakukan secara berkala.

    Intinya tanaman memerlukan keseimbangan dalam masa-masa pertumbuhannya untuk menghasilkan pohon yang indah dan yang kita inginkan.

    4. Memperhatikan Cara Penyiraman

    Untuk tahap selanjutnya yakni penyiraman, jika tanaman sudah terlihat daunnya berubah menjadi kekuningan dan batang terlihat tidak segar maka lakukan penyiraman secara berkala.

    Pangkas daun yang sudah tidak layak untuk menempel pada batang pohon, hal ini dilakukan agar tunas tanaman yang lama akan digantikan dengan yang baru dan tanaman dapat tumbuh segar secara perlahan.

    Perlu diketahui jika terlalu banyak dilakukannya penyiraman maka akan berdampak kurang baik bagi masa pertumbuhan tanaman. Batang pohon akan mudah membusuk.

    Tidak ada alat untuk penyemprotan tanaman bisa dilakukan dengan cara mencari kaleng-kaleng bekas yang sudah tidak terpakai, lubangi kaleng pada bagian bawah lakukan secara merata sampai habis.

    Untuk penyiraman yang berikutnya lihat secara teliti apakah tanah yang ada di pot sudah mengering atau belum. Jika sudah terlihat mengering maka kita bisa melakukan penyemprotan selanjutnya.

    5. Memperhatikan Suhu Ruangan

    Daun sirih gading bisa dikatakan tidak terlalu membutuhkan sinar matahari secara penuh (full), akan berdampak buruk jika pohon terlalu mendapat tekanan panas. Pohon hias ini akan mudah layu dan tidak terlihat segar.

    Suhu rata-rata ruangan berkisar antara 20 sampai 30 derajat celcius. Itulah beberapa penerangan mengenai bagaimana caranya agar tanaman hias sirih gading ini mendapatkan daun yang rimbun. Semua tanaman jika mendapat perawatan yang cukup maka akan menghasilkan kepuasan tersendiri.

    Recommended By The Author

    > Tanaman Hias Baik Untuk Ruangan Kamar Tidur

    > Tanaman Hias Gantung Media Air Mudah di Tanam

    > Peluang Bisnis

    > Tanaman Hias untuk Luar dan Dalam Ruangan, yang Cepat Tumbuh dan Mudah Perawatannya

    7 Situs Jual Beli Rumah Gratis di Indonesia