Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Hias Gantung Media Air Mudah di Tanam

    Tanaman Hias Gantung Media Air
    Saat ini tanaman hias gantung media air mudah di tanam sering di cari oleh pecinta tanaman hias untuk di jadikan hiasan gantung di depan rumah ( outdoor ) maupun di dalam rumah (indoor).

    Bagi sobat yang tidak mempunyai halaman rumah yang luas ketika ingin menanam tanaman hias solusinya adalah dengan menanam tanaman hias gantung. 

    Menanam tanaman hias sebenarnya tidak hanya bisa menggunakan media tanah, ternyata sobat juga bisa menanam tanaman hias menggunakan media air.

    Selain mudah di tanam, tanaman hias yang menggunakan media air ternyata mudah tumbuh meskipun air yang di gunakan tidak di campur dengan menggunakan obat sekalipun.

    Akan tetapi ketika tanaman hias gantung yang di tanam menggunakan media air sudah mengeluarkan akar tentu saja membutuhkan pupuk yang nantinya dijadikan sebagai sumber nutrisi untuk pertumbuhan tanaman hias yang sobat tanam.

    Kemudahan dalam menanam tanaman hias gantung media air membuat pecinta tanaman hias dimanjakan dalam menghias rumah kesayangan.

    Air yang di jadikan media untuk menanam tanaman hias gantung juga tidak membutuhkan banyak.

    Dengan hanya menggunakan segelas air sobat sudah bisa menanam tanaman hias gantung media air di dalam botol bekas.3

    Tanaman hias gantung yang menggunakan media air, pot yang di gunakan biasanya berbeda dengan tanaman hias gantung yang mengunakan media tanah.

    Pot atau vas yang di gunakan untuk menanam tanaman hias pot gantung biasanya menggunakan bahan kaca, sehingga akar tanaman hias bisa terlihat dari luar.

    Selain bisa di gantung tanaman hias yang menggunakan media air juga bisa di taruh pada meja sebagai hiasan rumah atau di teras rumah dan juga bisa di tempel pada dinding.

    Cara Menanam Tanaman Hias Dengan Media Air

    Seperti yang sudah di jelaskan di atas menanam tanaman hias menggunakan media air tidak seribet yang sobat bayangkan.

    Meskipun tidak terlalu ribet cara menanam tanaman hias dengan menggunakan media air juga tidak boleh sembarangan.

    Ada beberapa hal yang perlu di lakukan sebelum menanam tanaman hias menggunakan media air.

    Berikut cara menanam tanaman hias dengan media air supaya tumbuh dengan subur.

    1. Memilih Tanaman Hias Media Air

    Tidak semua tanaman hias yang sobat kenal bisa di tanam menggunakan media air.

    Beberapa tanaman hias yang bisa di tanam menggunakan media air seperti tanaman hias sirih gading, tanaman hias jade plant, tanaman hias lidah buaya, tanaman hias soider pland, tanaman hias peace lily dan tanaman hias fiddle leaft fig.

    Untuk mempermudah sobat mendapatkan bibit-nya silahkan sobat tanam terlebih dahulu tanaman hias yang sudah di sebutkan di atas yang sobat miliki di sekitar rumah sobat.

    2. Potong Tanaman Hias

    Jika sobat sudah menentukan tanaman apa yang akan di tanam dalam media air, silahkan ambil sebagian batangnya dengan cara di potong mengunakan gunting atau pisau.

    Untuk panjang potongan silahkan sesuaikan dari tinggi pot yang sobat gunakan atau menurut selara supaya enak untuk di pandang.

    Tanam hias yang sobat potong sebaiknya di sertai dengan beberapa lembar daun supaya pertumbuhannya lebih cepat.

    3. Siapkan Pot Kaca

    Menentukan tempat atau wadah untuk menanam tanaman hias harus di sesuaikan dengan tanaman apa yang akan di tanam.

    Alangkah baiknya jika media yang di gunakan adalah air sebaiknya mengunakan pot berbahan kaca, sehingga jika terjadi pertumbuhan akar akan terlihat jelas.

    Bisa mengunakan gelas kaca, botol kaca bekas atau bisa juga mengunakan berbahan plastik yang transparan seperti botol akua.

    Mengunakan botol yang memiliki leher mengecil sangat cocok di gunakan untuk menanam tanaman hias media air di sebabkan tanaman bisa berdiri dengan tegak karena batang bertopang pada leher botol.

    4. Lokasi yang Sesuai

    Tempat bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman hias yang sobat tanam, pemilihan tempat yang tepat bisa membantu pertumbuhan tanaman hias media air menjadi lebih baik.

    Misalnya jangan sekali-kali menempatkan tanaman hias di dekat dengan pemanas ruangan atau pendingin ruangan.

    Hindari juga tempat yang bisa membuat tanaman hias gantung terindikasi jatuh.

    Menempatkan tanaman hias pada tempat yang pas juga membuat tanaman hias yang sobat tanam terlihat menjadi lebih hidup dan bagus.

    5. Perawatan Tanaman Hias

    Setelah melakukan penanaman yang bisa sobat lakukan hanyalah menunggu pertumbuhan akar dari tanaman hias.

    Dalam waktu menunggu pertumbuhan akar selalu mengganti air di setiap minggu-nya.

    Sobat bisa memanfaatkan air kran untuk mengganti airnya, hal itu disebabkan air kran banyak mengandung oksigen yang baik untuk tanaman hias.

    Tanaman Hias Gantung Media Air Mudah Di Tanam

    1. Tanaman Hias Gantung Air Plants

    Tanaman Hias Gantun
    Tanaman hias air plants biasa di sebut oleh pecinta tanaman hias dengan sebutan tanaman udara atau tillandsia.

    Tanaman air plants sangat bagus di tanam pada daerah yang mempunyai suhu lembab, hal ini yang menyebabkan air plants sangat cocok jika di tanaman menggunakan media tanam air.

    Untuk menanam tanaman hias air plants tergolong sangat mudah, sobat hanya cukup merendam beberapa daun kedalam air kurang lebih sehari semalam.

    Setelah itu tempatkan di mana tidak ada sinar matahari yang menyinari tanaman ini secara langsung.

    Jika sobat ingin memberi nutrisi seperti pupuk itu juga bagus, karena tanaman juga membutuhkan nutrisi untuk membantu pertumbuhan.

    2. Tanaman Hias Gantung Sirih gading

    Tanaman Hias Gantung Sirih gading
    Ternyata tanaman hias sirih gading bisa bertumbuh subur hanya menggunakan media air saja lohh,,.

    Sobat bisa memanfaatkan tanaman hias sirih gading untuk di jadikan tanaman hias gantung di dalam wadah sebuah kaca dengan menggunakan media air.

    Untuk menanamnya sobat hanya perlu membutuhkan beberapa ruas batang kemudian celupkan kedalam vas kaca yang di dalamnya sudah di isi dengan air sebagai media-nya.

    Tanaman hias sirih gading juga cocok di tempatkan dalam ruangan, karena tanpa terkena sinar matahari secara langsung tanaman ini tetap bisa tumbuh.

    3. Tanaman Hias Gantung Zebrakraut

    Tanaman Hias Gantung
    Sebutan lain dari tanaman Zebrakraut adalah wandering jew, tanaman hias ini sangat cocok jika di tanam dalam vas kaca bening yang menggunakan media air.

    Sifatnya yang menjalar, tanaman hias zebrakraut cocok jika di tanam dalam pot kaca kemudian di gantung sehingga batangnya nantinya bisa menjuntai ke bawah.

    Selain bisa di tanam di teras rumah ternyata tanaman ini juga bisa di tanam di dalam ruangan untuk menghiasi sudut ruangan atau di letakkan di atas meja.

    4. Tanaman Hias Gantung Singonium

    Tanaman Hias Gantung
    Singonium jika di lihat sekilas bentuknya hampir mirip dengan tanaman talas, selain itu bentuk daun yang mirip ujung anak panah tanaman singonium juga sering di sebut tanaman kepala panah.

    Habitat tanaman singinium sering di jumpa di daerah yang banyak tergenang air dan banyak di temukan di pinggiran kolam.

    Jika menanam tanaman hias singonium di dalam ruangan di percaya udara ruangan bisa menjadi bersih karena tanaman singonium di percaya mampu mengikat polutan yang ada pada udara.

    Manfaat dan kemudahan dalam menanam tanaman singonium membuat pecinta tanaman hias banyak yang mencarinya

    5. Tanaman Hias Gantung Pegagan Air

    Tanaman Hias Gantung
    Tanaman hias pegagan air memiliki ciri-ciri daunnya bulat dan batang kecil terlihat sedikit lentur dan mudah patah.

    Tanaman pegagan air akan terlihat bagus jika di tanam menggunakan pot kaca dan menggunakan media air.

    Tanaman hias ini banyak di cari oleh pecinta tanaman hias karena memiliki banyak sekali manfaatnya jika menanam tanaman ini seperti mengurangi kecemasan, stres dan depresi.

    Untuk menanam tanaman hias ini juga sangat mudah, sobat hanya memerlukan beberapa batang tanaman ini kemudian di letakkan di dalam sebuah pot kaca yang sudah terisi dengan air.

    Sobat bisa meletakkan tanaman hias pegagan air di teras rumah atau di dekat jendela.

    6. Tanaman Hias Gantung Begonia

    Tanaman Hias Gantung
    Tanaman hias begonia akan terlihat cantik jika di tanam menggunakan pot kaca dengan media air kemudian di gantung di teras rumah.

    Hanya memetik batangnya yang dengan di sertai satu atau dua daun sobat sudah bisa menanam tanaman hias ini di media air.

    Dengan melakukan pergantian air dalam sebulan empat kali dan perawatan lainya tanaman hias ini akan mudah menumbuhkan akar.

    7. Tanaman Hias Gantung Bambu Rejeki

    Tanaman Hias Gantung
    Tanaman hias bambu rejeki mudah di tanam menggunakan media air dan bisa di bentuk sesuai kreasi yang sobat inginkan sehingga terlihat sangat indah.

    Banyak sekali kreasi-kreasi yang di buat oleh pecinta tanaman hias melalui tanaman bambu rejeki ini, sehingga banyak orang yang terpikat untuk memilikinya.

    Untuk menanam tanaman hias bambu rejeki terbilang mudah karena tanaman ini akan mudah berakar jika di letakkan di dalam air.

    Ada juga yang mengembang biyakkan tanaman hias bambu rejeki dengan menggunakan metode hidrophonik.

    Itulah beberapa tanaman hias gantung media air mudah di tanam dan cara menanam tanaman hias dengan media air yang bisa di jadikan bahan referensi bagi sobat yang sedang mencari tanaman hias untuk di tanam menghiasi lingkungan rumah.

    Recommended By The Author

    > 10 Tanaman Hias Gantung yang Memiliki Manfaat Buat Kesehatan

    > Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

    > Jenis Tanaman Bunga Hias Pot Gantung Outdoor di Teras Rumah Tahan Panas Matahari

    > 5 Situs Download Software PC Full Version Terbaik Gratis

    > Peluang Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue Usaha Masa Depan