Widget HTML #1

10 Tanaman Hias Gantung yang Memiliki Manfaat Buat Kesehatan

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan
Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

Tanaman hias gantung yang memiliki manfaat buat kesehatan. Tanaman hias gantung yang tahan panas dan juga hujan. Untuk mengenal jenis tanaman hias gantung ini, ada beragam manfaat yang akan didapatkan, beserta dengan jenis-jenisnya.

Jika anda ingin mempunyai minat dalam mempercantik rumah ataupun kos-kosan tempat tinggal anda dengan tanaman hias gantung, maka beberapa jenis tanaman hias di bawah ini akan menyulap pekarangan atau teras rumah anda menjadi lebih asri dan lebih artistik. Tidak hanya itu saja, cara perawatan nya juga tidak terlalu sulit.

Anda juga akan dapat merasakan manfaatnya jika memelihara tanaman ataupun bunga hias gantung. Akan tetapi, untuk memilih nya tentunya anda tak boleh sembarangan karena semuanya harus disesuaikan dengan bangunan atau lingkungan yang ada di sekitarnya. Dan yang menjadi pilihan terbaik yaitu menanam tanaman hias gantung yang tahan terhadap panas dan hujan.

Maka oleh sebab itu, mari kita kenali beberapa jenis-jenis tanaman hias gantung yang tahan terhadap panas matahari dan hujan, faktor cuaca belakangan ini yang sangat tidak menentu. Setidaknya ada 15 jenis tanaman hias gantung yang perlu anda pertimbangkan.

Jadi, apa ciri-ciri tanaman hias gantung, dan apa ciri-ciri tanaman hias gantung?

Sekarang coba anda perhatikan bentuk dan juga ukuran daunnya. Pada umumnya, jenis tanaman ini daunnya yang tidak terlalu besar dan cenderung lebih kecil-kecil.

Jenis tanaman ini tumbuh dengan cara merambat tetapi cukup jarang.

Jika di cermati tanaman ini walaupun pertumbuhannya yang lambat, namun daun-daunnya nampak rimbun menutupi pot atau wadah nya. Rata-rata beberapa jenis tanaman ini mudah sekali layu atau meranggas jika terkena sinar matahari secara langsung karena yang dibutuhkan biasanya hanya sekitar 65 persen.

Ciri yang terakhir itulah yang akan menjadi alasan kita akan membahas apa saja jenis dan tanaman gantung yang mungkin akan bertahan di segala kondisi cuaca yang ada termasuk di tengah-tengah teriknya panas matahari dan hujan. Kemudian, apa manfaat dari tanaman hias gantung?

Baca juga: Beberapa Jenis Tanaman Hias Yang Cocok untuk Pot Gantung

Apa manfaat tanaman hias gantung?

Jenis tanaman gantung outdoor biasanya akan dipilih sebagai sebuah solusi baik untuk teras rumah anda atau pekarangan yang terbilang sangat sempit. Adapun cara perawatan nya tidak sulit terlebih lagi saat ini sudah banyak yang menjual lengkap dengan pot nya dan tali-tali untuk gantungan nya.

Tetapi apa sebenarnya manfaat utama dari jenis tanaman merambat dan bunga pot ini, jika dilihat dari aspek eksterior nya, dipastikan sudah sangat jelas bahwa sebenarnya beberapa tanaman ini akan sangat mempercantik rumahmu. Tidak hanya itu, adapun serangkaian manfaat terkait dengan kesehatan tubuh kita yakni diantaranya:

  1. Dapat mengurangi atau meredakan stres.
  2. Dapat menghilangkan bakteri di ruangan.
  3. Sebagai aroma terapi.
  4. Bisa sebagai ramuan penambah nafsu makanan atau penyedap makanan.
  5. Meredakan flu.

sekarang kita akan membahas satu persatu beberapa jenis tanaman atau bunga hias gantung yang tahan panas dan juga hujan yang sebaiknya anda pertimbangkan untuk merawatnya.

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

Tanaman hias bunga petunia

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan
Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

Tanaman hias ini sangat bisa untuk diandalkan jika anda ingin mulai menanam dan menggantung nya di spot atau bagian yang sering terkena terik matahari. Bentuk bunga pot ini hampir sama menyerupai dengan terompet dan memiliki warna-warna yang indah. Diantaranya ada yang berwarna ungu tua, putih, biru, kuning pucat dan juga warna merah.

Ternyata tanaman petunia ini sering difavoritkan sebagai tanaman hias gantung untuk outdoor karena jenis tanaman petunia ini merupakan tanaman hias gantung yang tahan panas matahari. Petunia dapat tumbuh diberbagai media apa saja contohnya seperti pot yang digantung, asalkan memiliki tanah yang subur dan mudah untuk dialiri air. Anda juga bisa memakai media campuran seperti kompos sekam, atau sekam dan lain-lain.

Tanaman hias wisteria

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan
Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

Wisteria merupakan jenis tanaman hias dinding yang dapat dikenal karena memiliki keindahan warna dan panjangnya. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat dengan panjang bisa berukuran mencapai sekitar 30 meter. Tanaman dinding ini biasanya akan tumbuh di musim-musim semi dan sudah sangat dikenal di negara jepang.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena keindahan dari bunga ini tetap bisa anda nikmati di negara kita asalkan dalam perawatan nya tepat. Tentunya tanaman gantung ini murah cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias yang tahan terhadap panas matahari karena anda harus menempatkannya pada posisi yang terkena paparan sinar matahari selama kurang lebih sekitar 6 jam.

Tanaman hias zygocactus

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan
Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

Tanaman bunga gantung yang satu ini masih satu keluarga dengan tanaman kaktus dan mampu untuk bertahan hidup di cuaca yang panas. Pada posisi bunganya akan tumbuh menggelantung dan akan nampak terlihat begitu cantik sebagai hiasan untuk pekarangan rumah anda. Tidak hanya itu, anda juga bisa memadukan jenis tanaman ini dalam pot ataupun wadah-wadah yang sekiranya unik unik menurut anda.

Cara perawatannyapun harus agak telaten karena tanaman ini wajib terkena paparan sinar matahari di pagi hari akan tetapi kelembapan nya harus seimbang. Meski demikian, tumbuhan ini sangat awet tahan lama jika sejak awal anda menanamnya dengan cara yang tepat.

Baca juga: Tips Cara Merawat Tanaman Hias Gantung Agar Tumbuh Dengan Subur

Tanaman hias portulaca

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan
Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

Ingin mempercantik halaman rumah anda dengan bunga-bunga hias yang digantung dan juga berwarna-warni, portulaca ini sangat cocok direkomendasikan sebagai tanaman hias gantung yang tahan panas. Sangat cocok jika anda mulai untuk menempatkannya persis di bawah jendela yang berukuran agak lebar.

Perlu anda ketahui bahwa pertumbuhan tanaman ini cenderung lebih lambat. Maka, jika anda berencana untuk menanamnya, pastikan anda memilih media dan juga wadah yang sangat tepat. Hasilnya akan terlihat sangat memuaskan saat kuncup-kuncup bunganya akan mulai bermekaran.

Tanaman hias million bells

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan
Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

Tanaman unik ini akan membuat anda untuk menjumpai lebih dari satu jenis warna bunga. Berbagai macam warna bunganya yaitu kuning, ungu, merah muda dan biru. Akan terlihat sangat cocok jika anda baru akan mencoba satu jenis tanaman gantung yang akan ditanam namun terkesan banyak.

Satu itu, tanaman bunga gantung ini bisa tumbuh di setiap musim yang ada. Dengan kata lain, tumbuhan ini akan sanggup untuk bertahan di musim hujan ataupun pada musim kemarau. Perawatannyapun terbilang cukup sederhana yaitu anda hanya perlu memperhatikan keseimbangan asupan air dan juga cahaya matahari.

Tanaman hias fuchsia

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan
Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

Tumbuhan ini harus ditanam dalam pot atau tempat-tempat yang terlihat unik tetap dengan asupan air yang harus mencukupi. Dalam kondisi itulah yang akan memudahkan anda untuk menanamnya di waktu musim yang berhujan ataupun di lingkungan yang sejuk sekalipun. Fuchsia ini disarankan sebagai tanaman hias gantung yang mudah dalam perawatan nya bagi sanda yang masih pemula.

Tanaman ini memiliki wujud yang cukup kecil dan jika belum waktunya untuk berbunga akan lebih mirip semak belukar. Anda harus ekstra bersabar dalam menunggu bunganya tumbuh dikarenakan akan butuh waktu sekitar 3 bulan lamanya. Akan tetapi pada saat bunganya sudah mulai bermekaran, akan terlihat berbagai macam warna yang sangat cantik.

Tanaman hias lobelia

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan
Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

Pada umumnya tanaman ini dikenal dengan warnanya yang biru agak keunguan. Tetapi sebenarnya ada beberapa macam varian warna bunga lainnya yaitu pink, putih, dan juga ada yang berwarna merah, yang akan tumbuh sangat cantik ketika sudah mulai bermekaran.

Caranya cukup mudah untuk bisa merawat tanaman ini yakni anda hanya perlu memberikan asupan pupuk cair setiap 6 minggu dan anda harus rutin untuk menyiram air pada saat cuaca sedang panas. Lobelia merupakan jenis tanaman yang tahan terhadap panasnya matahari dan justru membutuhkan banyak asupan sinar matahari, tetapi pot atau wadah yang dipakai untuk menanamnya tidak boleh kering.

Tanaman hias jenggot putih

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan
Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

Jenis tumbuhan ini ternyata punya memiliki banyak sebutan diantaranya yaitu jenggot musa, jenggot dewa, jenggot nabi, serta jenggot firaun. Sesuai dengan namanya, wujudnya pun memang sangat mirip sekali dengan jenggot yang lebat dan juga berwarna putih. Panjangnya pun bahkan ada yang sampai berukuran 6 meter yang bisa sampai menjuntai ke bawah.

Cara menanamnya sangat mudah dan tidak ribet karena tidak akan membutuhkan banyak media. Anda hanya perlu letakkan ke pohon, papan atau bisa juga dipagar, maka tumbuhan ini akan sangat cepat untuk beradaptasi dalam kondisi panas maupun hujan. Jika kandungan air nya cukup, warnanya akan putih kehijauan sedangkan jika sudah mulai berkurang warnanya akan abu-abu.

Tanaman hias bunga lipstick

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan
Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

Dari namanya saja tentu sudah terbayangkan bentuknya yang seperti apa. Warna bunga yang kerap anda dijumpai dari tanaman ini yaitu berwarna merah menyala. Tapi anda bisa memilih jenis tumbuhan bunga lipstik ini dengan warna-warna bunga lainnya juga seperti kuning, pink, atau ada juga yang berwarna oranye.

Tanaman mampu beradaptasi dengan segala kondisi lingkungan yang ada dan juga suhu, sehingga perawatan nya pun terbilang cukup mudah. Selama anda merawatnya secara teratur, maka tanaman ini dapat bertahan dalam kondisi cuaca apapun.

Baca juga: Tanaman Hias untuk Luar dan Dalam Ruangan, yang Cepat Tumbuh dan Mudah Perawatannya

Tanaman kaktus anggur

Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan
Tanaman hias gantung tahan panas dan hujan

Memiliki wujud sekilas nampak terlihat seperti sayuran atau mungkin terlihat juga seperti pisang-pisang kecil yang belum matang. Jika anda amati lebih seksama lagi, tanaman ini sangat unik dan sangat artistik jika dilihat. Nama asli dari tanaman ini yaitu sedum morganianum dan kadang juga di indonesia banyak yang menyebutnya sebagai ekor keledai.

Jika amda menanamnya, pastikan berada di tempat yang terkena panas matahari. Tanaman ini pun masuk ke dalam kategori yang tahan terhadap cuaca panas karena sejatinya termasuk kategori tanaman kaktus. Penyiramannya cukup dilakukan dua kali sehari sekali dan tidak boleh banyak-banyak.

Itu beberapa rekomendasi yang mas tagul berikan, silahkan pilih sesuai dengan selara masing-masing. Jika anda bingung ingin untuk memilih yang mana, maka sesuaikan dulu dengan spot atau ruangan-ruangan yang akan anda gunakan agar nantinya akan lebih mudah dan cepat untuk beradaptasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Jenis Investasi Online yang Terpercaya dan Aman Bagi Pemula

Cara Menemukan Ide Bisnis yang Berbeda

Tempat Wisata yang Indah di Solo Jawa Tengah

Biar Gak Mati Gaya, 4 Rekomendasi Aplikasi Paling Seru Nemenin Ngabuburit di Rumah

Peluang Usaha Makanan Ringan Bisnis Piscok Modal Kecil Untung Besar untuk Ibu Rumah Tangga