Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

    Burung Pleci
    Untuk mengetahui perbedaan burung pleci jantan dan betina bagi yang masih awam dalam dunia burung tentunya bisa membuat bingung.

    Apalagi perbedaan burung jantan dan betina biasanya sulit sekali untuk di identifikasi bagi pecinta burung yang masih pemula, mungkin bagi mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia burung sangat mudah untuk membedakan antara burung pleci jantan dan betina.

    Burung kacamata, yappp…! Itu merupakan sebutan resmi lainnya dari burung pleci.

    Kenapa burung pleci bisa di sebut sebagai burung kacamata, hal itu di sebabkan karena di daerah sekitar mata burung pleci terdapat corak putih yang melingkar mengelilingi matanya, sehingga terlihat menyerupai sebuah kacamata, itulah kenapa penyebab burung ini di sebut burung kacamata.

    Jika sobat tau, terkadang ada beberapa burung yang memiliki trend yang naik turun, magsud-nya ada beberapa urung pada saat tertentu memiliki harga jual yang sangat mahal kemudian beberapa saat lagi harga jual-nya turun drastis.

    Tetapi berbeda dengan burung pleci, harga jualnya selalu stabil.

    Hal ini yang menyebabkan burung ini banyak di ternak oleh para pecinta burung untuk dijadikan burung kicau.

    Bagi sobat yang ingin memulai menernak burung pleci hal yang paling penting adalah sobat bisa membedakan antara burung pleci jantan dan betina, sehingga sobat tidak akan tertipu ketika membeli burung pleci untuk dijadikan indukan.

    Untuk burung pleci yang di jadikan burung kicau biasanya yang berjenis kelamin jantan, karena burung pleci jantan memiliki suara yang sangat merdu di banding burung pleci betina.

    Pada saat membeli burung pleci untuk dijadikan kicau di harapkan untuk berhati-hati jangan sampai salah memilih antara burung pleci jantan dan betina.

    Ketika terjadi kesalahan jenis kelamin pada saat membeli burung pleci untuk di jadikan kicau hal itu akan sangat merugikan.

    Untuk menghindari hal-hal seperti itu terjadi berikut mastagul berikan beberapa perbedaan burung pleci jantan dan betina.

    Perbedaan Burung Gereja Jantan dan Betina

    Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

    Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina jika di amati dengan teliti ternyata bisa di bagi menjadi dua kesimpulan.

    Untuk para master burung kicau tentunya sudah sangat paham jika di tanya mengenai perbedaan burung pleci jantan dan betina terletak dimana.

    Pada dasarnya perbedaan burung pleci jantan dan betina bisa di lihat dari dua hal yaitu dilihat dari bentuk fisiknya dan dilihat dari tingkah laku dari burung pleci itu sendiri.

    Untuk yang pertama akan kita bahas mengenai perbedaan burung pleci jantan dan betina dari bentuk fisik terlebih dahulu, setelah itu baru akan membahas di lihat dari tingkah lakunya.

    Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina dari bentuk fisik

    Untung mengetahui perbedaan pleci jantan dan betina bisa di lihat secara fisik melalui beberapa ciri yang terdapat pada bagian tubuhnya.

    Banyak perbedaan yang bisa di amati untuk mengetahui bahwa burung pleci yang kita lihat memiliki jenis kelamin jantan atau betina.

    Untuk lebih jelasnya berikut beberapa penjelasan yang bisa sobat jadikan acuan untuk bisa membedakan antara burung pleci jantan dan betina.

    1. Bentuk Ekor Burung Pleci

    • Jika dilihat dari ekornya, burung pleci jantan ekornya akan terlihat sedikit lebih panjang dari ekor burung pleci betina.
    • Dan pada bagian ujung ekor burung pleci jantan akan terlihat menyerupai huruf ‘V’ yang lancip di setiap ujungnya.
    • Berbeda dengan burung pleci jantan, pada ekor burung pleci betina ujungnya akan terlihat rata dan untuk panjangnya sedikit lebih pendek jika sobat bandingkan dengan burung pleci jantan.
    • Perbedaannya akan mudah untuk dilihat ketika kedua burung pleci jantan dan betina saling berdampingan.

    2. Bentuk Kepala burung pleci 

    • Pada bagian kepala, burung pleci jantan akan memiliki bentuk kepala yang bulat dan berukuran lebih besar.
    • Sedangkan kepala burung pleci betina jika dilihat dengan teliti akan berbentuk sedikit ramping, dan untuk ukurannya kepala burung pleci betina terlihat lebih kecil.
    • Untuk melihat perbedaan yang signifikan sobat bisa menggunakan dua burung pleci sekaligus untuk menjadi bahan percobaan.

    3. Tekstur Paruh Burung Pleci

    • Paruh burung pleci jantan jika dilihat dengan teliti akan memiliki tekstur yang kasar.
    • Selain kasar ternyata paruh burung pleci jantan memiliki ukuran yang lumayan pendek dan terkesan tebal dan kokoh.
    • Sedangkan untuk paruh burung pleci betina akan terlihat kebalikan dari burung pleci jantan yaitu terlihat mulus dan tidak kasar.
    • Untuk ukurannya, paruh burung pleci betina berukuran lebih panjang dan tipis sehingga terlihat sedikit lebih rapuh.

    4. Bentuk Mata Burung Pleci

    • Seperti yang sudah kita bahas di awal bahwa burung pleci memiliki corak kacamata pada bagian sisi matanya.
    • Corak yang terdapat pada sisi burung pleci bisa sobat lihat untuk membedakan antara burung pleci jantan dan betina.
    • Jika corak kacamata yang terdapat pada sisi burung pleci berbentuk tebal dan putus-putu itu menandakan bahwa burung pleci jantan.
    • Sedangkan untuk burung pleci betina kebalikan dari burung pleci jantan yaitu memiliki corak kacamata yang tebal tapi tidak putus-putus.

    5. Postur Tubuh Burung Pleci

    • Hampir mirip dari kebanyakan burung lainya, untuk burung pleci jantan memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih kecil tetapi memanjang sehingga terlihat lebih berisi.
    • Sedangkan untuk ukuran tubuh burung pleci betina terlihat bulat dan pendek.
    • Jika kedua burung pleci jantan dan betina saling berdampingan, burung pleci jantan akan terlihat lebih kecil jika di bandingkan dengan burung pleci betina.

    6. Warna Bulu Burung Pleci

    • Untuk menentukan burung pleci jantan bisa di lihat dari jarak jauh maupun dari jarak dekat.
    • Jika sobat melihat dari jarak dekat burung pleci jantan memiliki warna bulunya yang sedikit mencolok.
    • Sedangkan jika dilihat dari jarak jau burung pleci jantan akan memiliki warna bulu yang cerah dan terlihat sangat menawan.
    • Berbeda dengan warna bulu burung pleci jantan, untuk burung pleci betina memiliki warna yang kusam sehingga bulu burung pleci betina terlihat tidak mencolok seperti burung pleci jantan. 

    7. Dubur atau Pen Burung Pleci

    • Pada bagian dubur atau pen burung pleci jantan biasanya memiliki bentuk yang memanjang dan pada daerah dubur, burung pleci jantan dikelilingi banyak bulu.
    • Sedangkan pleci betina duburnya akan berbentuk kecil dan di sekeliling dubur burung pleci betina tidak banyak dikelilingi bulu seperti burung pleci jantan.

    Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina dari Tingkah Laku

    Seperti yang sudah di jelaskan di atas untuk perbedaan pleci jantan dan betina tidak hanya bisa di lihat dari bentuk fisiknya saja.

    Sebenarnya dari melihat tingkah laku burung pleci sobat juga bisa dibuat acuan untuk membedakan antara burung pleci jantan dan betina.

    Karena tingkah laku burung pleci jantan dan betina berbeda-beda pada saat tertentu.

    Berikut yang menjadi perbedaan tingkah laku antara burung pleci jantan dan betina.

    1. Suara Kicau Burung Pleci

    Memelihara burung pleci yang mempunyai suara unik tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

    Burung pleci jantan yang memiliki suara nembak, gacor, ngalas atau ngerol bisa di pastikan selalu menang saat melakukan kontes burung.

    Burung pleci jantan yang memiliki suara demikian biasanya banyak di cari oleh master pecinta burung, entah di jadikan untuk kontes atau hanya di jadikan masteran burung pleci jantan lainya yang sudah di miliki.

    Banyak yang bilang jika burung pleci jantan bisa menirukan banyak sekali suara burung yang di jadikan master-nya, sehingga burung pleci jantan banyak di cari untuk di master suara burung lainnya.

    Burung-burung yang biasa di jadikan master burung pleci jantan sebenarnya sangat banyak sekali.

    Beberapa burung yang suaranya bisa di tiru oleh burung pleci jantan di antaranya adalah burung prenjak, burung cucak jenggot, burung platuk, burung ciblek, burung kenari, burung kolibri, burung goldfinch, burung siskin, burung cicilin, burung kapas tembak, burung goldfinch, dan lain-lain.

    Namun kali ini bukan suara apa yang harus di isi ke burung pleci jantan melainkan kita akan membedakan burung pleci jantan dan betina jika di lihat melalui suaranya.

    • Suara yang di keluarkan oleh pleci jantan akan terdengar dengan suara yang lantang dan terdengar nyaring.
    • Sedangkan burung pleci betina memiliki suara yang halus, jernih dan terdengar lebih lirih jika di bandingkan dengan suara burung pleci jantan.
    • Tunggu dulu, untuk bisa mencari perbedaan antara burung pleci jantan dan betina haru di lakukan dengan sangat teliti, jika tidak maka hasilnya akan keliru.
    • Dengan seiring waktu ketika sobat sudah terbiasa merawat burung pleci akan bisa mendengar perbedaan dari burung pleci jantan dan betina.
    • Bagi sobat yang masih pemula dalam merawat burung pleci diharapkan untuk meminta di dampingi oleh para senior supaya bisa lebih cepat paham untuk membedakan suara burung pleci jantan dan betina sehingga kedepannya bisa membedakan sendiri dengan benar.

    2. Gerakan Burung Pleci

    Selain dari suara ternyata burung pleci jantan dan betina dapat di bedakan dari gerakannya.

    Terkadang di dalam sebuah kontes burung gerakan bisa mempengaruhi poin nilai dari si burung tersebut, sehingga banyak orang yang ingin membeli burung pleci selalu memperhatikan gerakannya terlebih dahulu.

    Gerakan burung biasanya mengikuti dari karakter burung tersebut, ada yang burung gerakannya trengginas ada juga burung yang malas untuk bergerak dalam artian burung tersebut sangat jarang bergerak.

    Selain bisa mempengaruhi nilai dalam kontes gerakan burung juga bisa di jadikan acuan untuk menentukan bahwa burung tersebut memiliki jenis kelamin jantan atau betina.

    Berikut perbedaan burung pleci jantan dan betina jika di bedakan dengan cara melihat gerakan dari burung pleci.

    • Sudah tidak asing jika burung jantan akan selalu memiliki gerakan yang lincah dan sangat agresif, hal ini juga berlaku untuk burung pleci.
    • Selain memiliki kelincahan dalam hal bergerak burung pleci jantan juga mempunyai hobi bertarung dengan sesama burung pleci jantan lainya jika di letakkan dalam satu wadah ombyokan atau umbaran.
    • Entah bertarung karena memperebutkan daerah kekuasaannya atau bertarung untuk menunjukkan kehebatan di depan lawan jenisnya saya sendiri juga kurang paham.
    • Beda halnya dengan burung pleci betina terlihat akan sering berdiam diri, memiliki gerakan yang kalem dan kurang agresif.
    • Burung pleci betina akan melakukan gerakan seperlunya saja tidak seperti burung pleci jantan yang bisa di bilang arogan heheh..
    • Burung pleci betina juga tidak tertarik dengan pertarungan sesama burung pleci sehingga jika di tempatkan dengan burung pleci betina di dalam satu wadah ombyokan atau umbaran tidak akan terjadi pertarungan.

    3. Semprotan Air Ke Burung Pleci

    Sudah hal yang biasa dan umum ketika memelihara burung sering menyemprotkan air pada saat pagi hari.

    Hal ini sering di sebut oleh para pecinta burung adalah sedang memandikan burung kesayangannya yang nantinya akan di jemur.

    Menyemprot air atau yang sering di sebut mandi pada burung bisa membuat burung tetap terjaga kesehatannya dan tidak mudah stres.

    Bagi para master burung pada saat menyemprotkan air kepada burung-ya ternyata bisa menimbulkan reaksi yang bisa dijadikan acuan untuk membedakan burung tersebut jantan atau betina.

    Sama halnya dengan burung pleci, ketika di semprot air akan memberikan reaksi yang bisa dijadikan penentu bahwa burung pleci yang sobat semprot berjenis kelamin jantan atau betina.

    Berikut reaksi yang di timbulkan ketika burung pleci di semprot dengan air.

    • Ketika burung pleci jantan di semprot dengan menggunakan air reaksi yang di timbulkan adalah berdirinya bulu yang berada pada jambul-nya.
    • Selain bulu jambul ternyata pupil yang terdapat pada mata burung pleci akan mengecil, hal itu bisa di pastikan jika burung pleci tersebut adalah jantan.
    • Berbeda dengan burung pleci betina, tidak akan terjadi reaksi ketika air di semprotkan ke burung pleci betina.

    Bagi sobat yang menerapkan beberapa tips di atas untuk membedakan burung pleci jantan dan betina di harapkan melakukannya dengan sangat jeli dan teliti.

    Jika tidak dilakukan dengan cermat bisa jasa hasilnya nanti salah atau keliru dalam menentukan mana yang jantan dan mana yang betina.

    Dengan mengidentifikasi burung pleci dengan melihat dengan bentuk fisik di harapkan bisa menentukan mana burung pleci betina dan mana burung pleci jantan.

    Cara Komplain ke Lazada Barang Belum Sampai

    Jika hanya melihat bentuk fisik sobat belum terlalu yakin untuk menentukan burung pleci jantan dan betina bisa di tambah dengan mendengarkan suaranya dan melihat gerakannya.

    Jika tiga cara di atas belum meyakinkan sobat bisa melakukan cara dengan menyemprotkan air kepada burung pleci tersebut.

    Ketika sobat sudah bisa mengetahui perbedaan burung pleci jantan dan betina hal ini bisa di jadikan modal awal ketika sobat ingin beternak burung pleci sehingga bisa memilih indukan dan jantan yang benar.