Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Burung Gereja Jantan dan Betina

Perbedaaan burung gereja jantan dan betina sering kali membuat sobat binggung, apalagi bagi sobat yang bukan merupakan pecinta burung. Hal ini terkadang sobat salah menentukan antara jenis burung gereja jantan dan betina.

burung gereja

Jika burung gereja diamati dengan teliti, ternyata ada beberapa hal berbeda yang mencolok yang bisa dijadikan acuan untuk membedakan antara burung gereja jantan dan betina yaitu pada suaranya.

Jarang sobat ketahui jika ahir-ahir ini pecinta burung  ternyata semakin hari semakin meningkat, tidak terkecuali juga pecinta burung gereja. Burung yang kerap kali kita jumpai di sekitar pekarangang rumah ini ternyata sekarang mulai dilirik oleh para pecinta burung untuk dijadikan burung kicauan. Burung gereja walupun memiliki bentuk kecil dan warna bulunya kecoklatan ternyata memiliki keunikan tersendiri di mata pecinta burung.

Percaya atau tidak ternyata burung gereja termasuk golongan burung yang gemar berkicau. Dalam bahasa pecinta burung, burung gereja termasuk burung gacor. Saat burung gereja jantan berkicau suara burung gereja sangat unik enak di dengar dan merdu. Akan tetapi suara burung gereja betina berbeda jauh dengan suara burung gereja jantan, suara burung gerja betina terdengar sangat monoton seakan-akan hanya suara pangilan ke lawan jenis saja.

Hal ini yang menjadi alasan kenapa sobat perlu mengetahui perbedaan burung gereja jantan dan betina walaupun ketika burung itu masih anakan sekalipun. Sehingga nantinya ketika burung gereja sudah dewasa sobat tidak kecewa.

Berikut adalah beberapa ulasan yang menjelaskan perbedaan antara burung gereja jantan dan betina

Perbedaan Burung Gereja Jantan dan Betina

1. Postur

Pertama kali yang bisa sobat amati saat membedakan burung gereja jantan dan betina yaitu terdapat pada postur tubuh atau bentuk tubuh yang dimiliki oleh burung itu sendiri. Burung gereja betina memiliki postur tubuh lebih kecil atau bisa dibilang burung gerja betina terkesan mungil jika disamakan dengan burung gereja jantan.

Saya yakin dalam hal postur sobat pasti bisa membedakan antara burung gereja jantan dan betina. Selain bisa dilihat dengan mata telanjang sobat juga bisa dengan cara memengang burung gereja dengan tangan untuk memastikan ukurannya.

2. Warna Kepala

Selain dari postur, hal lain yang bisa digunakan untuk melihat perbedaan burung gereja jantan dan betina yaitu dari wana kepala burung gereja. Jika sobat amati dengan teliti kepala burung gereja jantan dan betina memiliki warna yang berbeda.

Jika diperhatikan dengan jelas kepala burung gereja jantan memiliki bulu warna cokelat sedikit terdapat warna merah kemerah merahan. Berbeda lagi dengan burung gereja betina, jika diperhatikan bulu yang terdapat pada kepala gereja betina memiliki warna seperti coklat kusam.

Walaupun agak sedikit susah untuk membedakan wananya, mastagul percaya sobat memiliki cara tersendiri untuk memastikan warna bulu kepala burung geraja sehingga bisa menentukan mana burung gereja jantan dan betina.

3. Warna Pipi

Masih membahas tenteng warna, sebelumnya kita membahas perbadaan burung gereja jantan dan betina berdasarkan warna kepala, beda lagi untuk menentukan apakah itu burung gereja jantan atau itu burung gereja betina kita bedakan dengan melihat warna pada pipi burung gereja. Jika sobat menemukan burung gereja dengan warna bulu pipi hitam pekat berarti itu burung gereja jantan, akan tetapi jika menjumpai  burung gereja dengan warna pipi hitam kusam itu bisa dipastikan adalah burung gereja betina.

Dalam hal warna pipi tentunya sobat tidak akan ragu-ragu untuk menentukan mana burung gereja jantan dan betina, karena perbedaan warnanya terlihat perbedaa yang mencolok.

4. Warna Bulu Tenggorokan

Selain warna bulu pada pipi tenyata warna bulu tenggorokan burung gereja juga bisa menjadi acuan untuk membedakan antara burung gereja jantan dan betina. Tidak perlu pusing-pusing lagi menentukan warna apa yang bisa membedakan burung gereja jantan dan betina? karena, warna yang terdapat pada tenggorokan burung gereja supaya bisa menentukan burung gereja jantan dan betina mirip dengan warna pipinya.

Jika melihat burung gereja dengan warna bulu tenggorokan hitam pekat itu bisa dipatikan burung gereja jantan, sedangkan jika menemukan burung gereja dengan warna bulu tenggorokan cokelat kusam berarti burung gereja betina.

5. Warna Paruh

Bagi sobat pecinta burung pastinya tau jika hampir semua burung memiliki yang namanya paruh. Jika dari tadi kita membahas perbedaan burung gereja jantan dan betina berdasarkan warna bulu sekarang mastagul akan bahas berdasarkan warna paruh yang terdapat pada burung gereja.

Situs Jual Beli Rumah Gratis di Indonesia

Untuk memastikan bahwa itu burung gereja jantan sobat bisa lihat apakah warna parunya hitam semua atau tidak. Jika warna paruh burung gereja hitam semua tau full hitam bisa dipastikan burung gereja itu jantan. Akan tetapi jika warna parunya cokelat bisa dipastikan berjenis kelamin betina.

6. Warna Bulu Punggu

Kembali lagi membedakan burung gerja jantan dan betini dengan warna bulu burung gereja. Tetapi yang mastagul bahas sekarang bukan bulu burung gereja bagian kepala lagi melainkan bulu burung gereja bagian punggung.

Burung gereja jantan memiliki warna bulu punggung  cokelat cerah sangat berbeda dengan warna bulu yang terdapat pada kepala, tenggorokan bahkan paruh burung gereja. Sedangkan warna kusam dimiliki oleh burung gereja betina. 

7. Warna Garis Garis pada Tubuh

Tentunya sobat tau jika burung gereja jantan dan betina memiliki corak unik seperti garis-garis putih pada bulunya. Jika dilihat sekilas tentunya sobat kebingungan utuk menentukan burung gereja jantan dan betina karena memiliki corak yang hampir sama.

Tenyata jika diperhatikan dengan teliti warna corak yang terdapat pada sayap burung gereja jantan dan betina memiliki warna yang berbeda. Jika burung gereja jantan memiliki corak garis putih yang berwarna putih cerah, sedangkan untuk burung gereja betina pada sayapnya memiliki warna sedikit kusam agak kekuningan.

Itulah penjelasan yang bisa mastagul jabarkan untuk perbedaan burung gereja jantan dan betina yang bisa sobat terapkan ketika melihat burung gereja. Semoga artikel ini bisa membantu sobat yang belum mengetahui perbedaan burung gereja jantan dan betina menjadi lebih tau, sehingga kedepanya sobat bisa membedakan burung gereja jantan dan betina secara akurat.