Widget HTML #1

Jenis Tanaman Pakis Yang Cocok untuk Hiasan Rumah

Jenis Tanaman Pakis
Jenis Tanaman Pakis

Jenis tanaman pakis yang cocok untuk hiasan rumah. Tanaman pakis atau disebut juga dengan tanaman paku ini paling dikenal karena merupakan jenis tumbuh-tumbuhan yang berkembang biak tanpa adanya biji-bijian ataupun bunga melainkan spora.

Walaupun pakis tidak berbunga, tetapi fakta nya jenis tanaman hias ini terbilang sangat sukses mencuri perhatian para penggemar tanaman hias rumahan dengan bentuk dari daunnya yang beragam variasinya dan memiliki warna hijau segar.

Tak pelak jika tanaman pakis ini pun sering mendapat banyak predikat secara khusus sebagai tanaman penghias rumahan. Jika anda ingin mempunyai jenis tanaman pakis yang cantik ini di rumah, maka Pilih saja dari beberapa jenis di bawah ini sebagai berikut.

Baca juga: Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Ditanam di Rumah

Jenis Tanaman Pakis

1. Pakis kelabang (Nephrolepis)

Jika lihat pertama kali nya maka anda Jangan takut terlebih dahulu untuk mendengar namanya. Jenis Pakis Kelabang atau disebut dengan Nephrolepis ini merupakan salah satu dari sekian jenis tanaman pakis yang saat ini sedang popular dan untuk saat ini dikategorikan sebagai tanaman dalam untuk ruangan. Pada dasarnya untuk jenis pakis ini akan sangat cocok jika hidup di dalam ruangan tanpa adanya sinar matahari secara langsung dan yang tidak membutuhkan banyak sekali perawatan.

Bentuk dari tanaman pakis ini yang ditandai dengan adanya daun yang lembut serta bercabang rapi dari ujung hingga ujung. Jika dilihat Sekilas memang sangat menyerupai bentuk tubuh dari binatang kelabang yang berbuku-buku. Walaupun untuk jenis tanaman pakis Kelabang ini tetap jauh dari kata yang namanya menyeramkan ataupun geli, malahan lebih terkesan rapi dan membuat adem.

2. Pakis Boston (Nephrolepis)

Pakis bostom ini Dikenal juga dengan sebutan nama Pakis Pedang, untuk jenis tanaman pakis ini yakni berasal dari benua Amerika lebih tepatnya ada di bagian Meksiko. Dibudidayakan pakis Boston kini juga mulai merambah sampai di Indonesia dan terlihat akrab menghiasi kamar. Memang sudah menjadi sifatnya dari pakis ini untuk lebih mudah beradaptasi serta tangguh terhadap perubahan yang ada.

Jenis Pakis Boston dapat anda jadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan rumah. Sementara itu, ciri-ciri tanaman dari pakis Boston yaitu rimpang tipis yang menyerupai akar dengan memiliki kepanjangan bisa mencapai pada ketinggian 1,5 meter. Anak dari daunnya yang berbentuk sirip tunggal ini hampir mirip dengan bentuk seperti pedang atau mata tombak. Jika digantung maka Pakis Boston ini akan tampil menjuntai indah dan terlihat sangat menarik.

3. Bambu air (Equisetum hyemale)

Tanaman bambu air yang berasal dari keluarga tanaman pakis memiliki bentuk seperti bambu mini yang sangat tipis. Dan dengan ketinggian hingga mencapai 3 meter, jenis bambu air kerap sekali dijadikan sebagai tanaman hias terutama dipagar dan air di sekitar-sekitar rumah. Bentuknya yang sangat manis dengan warnanya yang hijau segar akan terlihat tampil semakin unik dengan cincin yang coklat diantara sendi yang ada di bagian-bagian rongga pada batang yang bertumbuh daun.

Tanaman pakis bambu air ini pada umumnya membutuhkan media tanaman yang berupa pot serta tanah yang selalu terendam air. Selain itu juga media tanam seperti lumpur juga bisa jadi sebagai solusi media tanaman di hunian rumah anda.

Baca juga: Jenis Tanaman Hias Yang Populer di Indonesia, Kamu Punya Yang Mana?

4. Pakis kulit (leatherleaf fern)

Jenis Tanaman pakis ini mungkin yang menjadi salah satu paling akrab dengan penampakan nya. Kerap sekali digunakan sebagai pelengkap filler rangkaian pada bunga, pakis leatherleaf fern ini hadir dengan daun tulang yang berbentuk seperti jari dan daunnya yang berukuran kecil yang bergerigi.

Karena mempunyai manfaat ornamental yang cukup tinggi, maka budidaya sari tanaman pakis ini pun cukup membanjiri di pasaran. Kalian tentunya tidak akan kesulitan lagi untuk mencari bibit dari pakis leatherleaf ini yang berkualitas tinggi, tinggal ikuti saja bagaimana cara penanaman nya yang terbilang relatif cukup mudah pula.

5. Pakis sarang keriting (bird’s nest fern)

Budidaya pakis Bird’s nest fern ini begitu julukan dari jenis tanaman pakis ini yang berdaun keriting. Sekilas memang terlihat tumpukan daunnya yang keriting hampir lebih menyerupai seperti sarang burung. Jenis Tanaman ini juga sangat dikenal dengan nama ilmiahnya yakni Asplenium nidus.

Sama halnya seperti jenis tanaman pakis yang lainnya, daunnya yang menyerupai seperti sarang burung ini tentu dapat bertahan di dalam suhu ruangan baik panas maupun yang bersuhu dingin. Tidak perlu terlalu untuk sering-sering menaruhnya keluar rumah untuk mendapatkan sinar matahari karena untuk jenis tanaman pakis ini juga akan sangat mudah untuk dapat beradaptasi di bawah lokasi yang teduh. Cukup taruh saja di pot yang cantik dan nikmati tanaman pakis yang imut ini.

6. Pakis suplir (maidenhair fern)

Jenis Tanaman pakis penghias ruangan ini juga sering banyak diburu karena memiliki bentuk kelopak daunnya yang sangat unik. Dan Sering sekali dianggap sebagai jenis pakis yang sulit untuk tumbuh, kunci nya ada dalam cara menanam tanaman suplir yaitu pada media tanah yang harus tetap lembap.

Baca juga: Jenis-Jenis Bunga Anggrek yang Cocok untuk Para Pecinta Tanaman Hias

Tidak jarang jika pakis jenis ini malah dapat tumbuh liar di antara bebatuan alam. Jadi anda tidak perlu cemas untuk keawetan dari tanaman pakis suplir ini, pastikan saja jika kadar kelembapan nya yang cukup ideal dan di jauhkan dari terik cahaya matahari langsung.

Sangat Cantik dan memiliki banyak manfaat, untuk jenis tanaman pakis ini sebagai dekorasi di dalam ruangan rumah, Tanaman pakis ini memang sangat cocok untuk anda yang ingin menanamnya dan jika diantara kalian yang tidak ingin terlalu ribet dengan masalah perawatan nya maka anda hanya tinggal memilih yang menurut anda mudah dan cocok untuk kepribadian diri anda, rawat dan nikmatilah kesegaran dari pakis dalam rumah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Peluang Usaha Martabak Manis dan Cara Memulai Usahanya

Cara Memulai Bisnis Sosis Bakar dari Rumah dan Sukses dalam Waktu Singkat

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan yang Jarang diketahui Orang

Tidak Percaya Diri Punya Bekas Jerawat di Wajah, Tips Cara Menghaluskannya

Situs Jual Beli Rumah Gratis di Indonesia