Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Script, Coding dan Kode Pemograman di Postingan Blog

cara menampilkan script
Ilustrasi Kode Script
mastagul.com
- Dalam artikel yang membahas tentang tutorial seputar dunia Blog sering kali kita temui terdapat penulisan script, koding atau kode pemrogaman lainnya.

Dalam penulisan kode script juga berbeda-beda, ada yang menulis kode pemograman dengan bahasa biasa saja (seperti menulis artikel pada umumnya), ada juga yang menulis kode script dengan bahasa pemograman sehingga tampilannya lebih menarik dan mudah untuk dipahami.

Sebenarnya untuk penulis Script, Koding, atau Kode Pemrogaman gampang-gampang susah, jika sobat belum mengetahui cara menampilkan script di postingan blog mungkin akan kebingungan untuk membuatnya.

Bisa saja sobat menulis kode script pemograman di postingan blog selayaknya menulis artikel pada umumnya, akan tetapi hasilnya juga tidak akan serapi seperti Bahasa Pemograman pada umunya.

Bagi sobat yang sedang mencari cara untuk menulis script atau koding di postingan blog supaya terlihat lebih rapi dan profesional tagul akan memberikan caranya.

Cara Menampilkan Script, Coding dan Kode Pemograman di Postingan Blog

1. Siapkan Artikel

Silahkan sobat siapkan terlebih dahulu artikel yang akan sobat upload yang nantinya akan di sisipi dengan kode coding script pemograman.

Alangkah baiknya jika isi dari postingan blog yang sobat mau upload membahas yang berhubungan dengan kode HTML. 

2. Membuat Tempat Script

Setelah sobat selesai menulis artikel di postingan blog silahkan masukan kode script yang nantinya akan membuat tempat di mana sobat bisa meletakkan kode script atau koding pemograman

Masuk ke Tampilan HTML pada postingan artikel, kemudian copy kode dibawah dan letakkan sesuai dengan keinginan sobat.

 
<pre style="font-family:arial;font-size:12px;border:1px dashed #CCCCCC;width:99%;height:auto;overflow:auto;background:#f0f0f0;;background-image:URL(http://2.bp.blogspot.com/_z5ltvMQPaa8/SjJXr_U2YBI/AAAAAAAAAAM/46OqEP32CJ8/s320/codebg.gif);padding:0px;color:#000000;text-align:left;line-height:20px;">
 <code style="color:#000000;word-wrap:normal;">
  // Letakan coding di sini 
 </code>
</pre> 
 

3. Lihat Hasilnya di Postingan Blog

Setelah kode diatas di pasang, sobat kembali lagi ke tampilan Compose pada postingan blog kemudian lihat hasil yang tadi sobat bikin dengan menempel code script di atas. ( jika hasinya seperti gambar di bawah berarti sobat berhasil memasang tempat untuk meletakakan kode script pemograman di postingan blog).

4. Masukan Kode Script Pemograman

Ganti tulisan "// Letakan coding di sini" yang berada di dalam kotak dengan kode script pemograman yang akan sobat upload.

5. Selesai

Cara menampilkan script coding dan kode pemograman di postingan blog sudah selesai di buat, selanjutnya sobat puplikasikan pastingan blog supaya dapat di baca oleh semua orang.

Cukup mudah bukan,,?
Sobat hanya cukup Copy Script-nya kemudian tinggal Paste di postingan blog sobat. Sobat sudah memiliki tampilan postingan Script pemograman yang terlihat lebih profesional, jika di bandingkan dengan tampilan yang biasa saja.

Itulah cara yang tagul berikan semoga bermanfaat bagi sobat semua. jika ada yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar. Apabila artikel ini bisa membantu sobat silahkan share supaya sobat-sobat yang lain bisa sama-sama belajar.

Recommended By The Author