Widget HTML #1

Peluang Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue Usaha Masa Depan

Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue
Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue

Toko Plastik dan Bahan Kue

Peluang usaha toko plastik dan bahan kue usaha masa depan. Ternyata ada salah satu fenomena dalam jenis usaha, yang selama ini menarik perhatian saya. Yang sebenarnya ingin saya kupas dalam bentuk tulisan di blog tercinta ini.

Tetapi karena kesibukan saya, baru sempat saya bahas dalam artikel ini.

Ha…..! Sibuk ….?

Sebenarnya buka sibuk sih ,,, hanya saja belum ada waktu.

Disini saya akan bercerita sedikit, kenapa dan bagaimana saya bisa menulis artikel seperti ini.

Yang menjadi pertanyaan teman-teman. Fenomena dalam jenis usaha apa? Yang selama ini menarik perhatian saya.

Usaha toko plastik dan bahan kue

Setiap saya membeli kantong plastik ke sebuah toko atau agen, saya perhatikan toko tersebut seperti tidak ada sepi nya (pasti ada saja pengunjungnya)

Selain itu ada teman saya yang juga membuka toko plastik dan bahan-bahan kue.

Teman saya juga selalu bercerita terkadang jarang tidur siang (istirahat) karena tokonya ada saja pengujung yang datang (pembeli).

Baca juga : Proses Detoks Tubuh Secara Alami Saat Puasa Selama 30 Hari

Padahal teman saya membuka toko di pinggir jalan kampung, bukan di pinggir jalan raya (utama).

Mungkin yang jadi pertanyaan juragan..!

Memangnya laku berjualan plastik dan bahan-bahan kue di kampung,,,,,,,?

Buktinya teman saya kadang sering mengeluh kurang istirahat karena menjaga toko, itu membuktikan jika tokonya ramai dikunjungi pembeli, walaupun lokasi tokonya di pinggir jalan kampung, bukan di pinggir jalan raya (utama).

Pintar nya teman saya dia mampu melihat peluang usaha apa yang laku di kampungnya? Karena di kampungnya belum ada toko plastik dan bahan-bahan kue kemudian dia memberanikan diri untuk membuka toko kue.

Pada umumnya toko plastik dan bahan-bahan kue yang sering saya lihat mereka kebanyakan membuka toko di pinggir jalan raya (utama), jarang sekali yang membuka toko plastik dan bahan-bahan kue di pinggir jalan kampung.

1. Plastik tidak memiliki expired (bisa dibilang tidak basi)

Peluang usaha membuka toko plastik dan bahan-bahan kue ternyata prospeknya semakin menjanjikan.

Apa penyebabnya..?

Orang pasti tau jika plastik terbuat dari bahan sintetis. Limbah bahan sintetis sangan susah terurai, kemungkinan bisa dikatakan tidak bisa terurai. Sehingga walaupun plastik terkubur bertahun-tahun di dalam tanah sekalipun , belum tentu bisa terurai.

Apa artinya…?

Jadi juragan tidak perlu khawatir jika juragan membuka usaha plastik masih tersisa atau barang dagangan plastik juragan belum laku.

Jika barang juragan masih ada yang belum laku, tidak perlu khawatir, karena bahan yang terbuat dari plastik tidak akan basi. Secara tidak langsung semakin lama barang akan habis juga, walaupun akan membutuhkan waktu yang lama.

2. Usaha plastik tidak akan ada matinya! Karena setiap orang membutuhkan plastik

Yang menjadi pertanyaan saya, mungkin juga pertanyaan juragan,,,,,?

Adalah seseorang yang dalam kehidupan sehari-hari tidak membutuhkan (memakai) plastik.?

Ternyata jawabannya sederhana,,,! Semua orang butuh plastik…!

Kebutuhan plastik untuk kebutuhan bisnis atau untuk kebutuhan hidup sehari-hari, bisa juragan lihat di pasar tradisional, swalayan, dan hypermart (yang berhubungan dengan tempat-tempat perbelanjaan) . Berapa jumlah plastik yang dipakai?

Mungkin bisa mencapai puluhan ton per hari.

Ternyata tanpa disadari pasar dan pemakaian nya begitu besar, jadi tidak heran jika setiap tahunnya orang yang membuka bisnis ini semakin bertambah. Tetapi prospeknya tidak pernah redup..

Semua masyarakat dan pelaku pasti membutuhkan plastik. Dari plastik “kaca” biasanya untuk membuat suatu kemasan (produk) menjadi lebih cantik (aksesoris, souvenir, dll)dan juga kantong plastik “kresek” digunakan untuk pembungkus produk.

Dan masih banyak lagi fungsi dari plastik, jika dijabarkan satu persatu akan terlalu panjang untuk ditulis.

Baca juga : Modal Awal Usaha Pangkas Rambut Pemula

3. Memiliki persentase untung yang besar

Saya sering kali membicarakan dengan teman yang kebetulan dia membuka toko plastik dan bahan-bahan kue.

Teman saya berkata persentase keuntungan usaha toko plastik dan bahan-bahan kue bisa mencapai 30 sampai 40 persen.

Biasanya pihak produsen jika melihat usaha juragan memiliki modal yang besar dan perputaran usahanya lancar akan memberikan harga yang lebih murah dari pasaran pada umumnya.

Dan bahkan jika usaha toko plastik dilihat memiliki perkembangan yang sangat pesat. Pihak produsen tidak segan-segan memberikan waktu masa tenggang pembayaran (barang) kepada toko juragan.

Maksudnya seperti ini, pihak produsen akan memberikan barang ke toko juragan terlebih dahulu dan setelah satu minggu pihak produsen akan datang kembali untuk meminta uang pembayarannya. Jadi bisa dikatakan pihak produsen menitipkan barang terlebih dahulu ke toko juragan.

Dengan sistem seperti di atas tidak heran jika toko plastik yang sudah lama akan bisa terus bertahan, walaupun semakin banyak pengusaha toko plastik dan bahan kue yang bermunculan setiap tahunnya.

4. Bahan kue selalu dibutuhkan setiap hari

Bisa dipastikan setiap toko plastik juga membuka bahan dan alat untuk membuat kue karena keduanya bisa di bilang tidak bisa terpisahkan.

Betul tidak teman-teman….?

Sekarang juragan perhatikan semua toko-toko plastik, bisa dibilang juga menjual bahan-bahan atau alat membuat kue.

Yang sering teman saya bilang hampir setiap hari ada saja orang yang membeli bahan-bahan untuk membuat kue. Misalnya sebagai contoh: pewarna buatan, coklat, mentega, gula halus, sampai kismis untuk membuat tampilan kue lebih menarik.

Pada setiap menjelang hari besar seperti hari raya Idul fitri, natal, dan hari raya lainnya. Merupakan puncaknya orang-orang untuk berbelanja, bahkan ada yang rela mengantri untuk mendapatkan bahan yang dia butuhkan.

Pada momen hari-hari besar seperti itulah yang merupakan saat-saat terindah bagi pengusaha toko plastik dan bahan kue untuk mengeruk keuntungan.

Sehingga banyak dari mereka yang sukses bahkan sampai membuka cabang lagi.

Tips sukses membuka usaha toko plastik

Toko Plastik dan Bahan Kue
Toko Plastik dan Bahan Kue

1. Gunakan strategi usaha yang konsisten

Memang membuka usaha toko plastik sangat menguntungkan dan nyaris tidak ada matinya, tetapi harus mempunyai strategi tersendiri juga supaya lebih mudah untuk meraih kesuksesan

Nah,, apa strateginya…?

Diantar nya sebagai berikut:

Untuk yang baru memulai usaha (orang baru merintis dari nol) sebagai saran carilah lokasi yang belum terlalu banyak pesaing yang membuka toko plastik dilokasi tersebut.

Sudah menjadi hal yang pasti dalam “ hukum perekonomian” jika mencari lokasi yang sudah banyak membuka usaha sejenis, maka pesaing nya akan semakin ketat.

Jika pesaing nya semakin ketat, akan membuat harga suatu barang menjadi turun. Secara tidak langsung untuk memenangkan hati pembeli, pedagang berlomba-lomba menurunkan harga supaya tokonya banyak pengunjung.

Baca juga : Bisnis Usaha Sampingan Karyawan Pabrik dan Kantoran yang Wajib di Coba

2. Jagalah kejujuran dan pupuk kepercayaan dengan para supplier

Yang ingin saya tekankan kepada teman-teman, jagalah kejujuran terhadap supplier.

Karena menurut saya ini sangat penting,,,!

Bayangkan saja jika supplier sampai lari karena merasa dibohongi,,, kan bisa gawat masa depan toko teman-teman.

Apalagi bagi juragan yang baru memulai bisnis ini sangat dianjurkan untuk menjaga kejujuran terhadap supplier supaya supplier merasa aman untuk bekerjasama dengan juragan

3. Gigih berusaha dan berdoa

Untuk hal ini, pasti semuanya sepakat.

Kita harus gigih untuk berjuang, berusaha sekuat tenaga supaya nantinya bisa mendapatkan hasil, tanpa berusaha kita tidak bisa memetik hasilnya. Tidak hanya dalam hal berbisnis untuk semua hal tanpa ada usaha dan kerja keras semua akan sia-sia.

Demikian juga dengan doa, usaha dan kerja keras dengan diiringi dengan berdoa akan membawakan hasil yang berkah. Biasanya orang yang selalu beroda (yang selalu ingat kepada sang pencipta) dia akan suka bersedekah.

Demikian tulisan yang tidak terasa sudah terlalu panjang, yang membahas peluang usaha toko plastik dan bahan kue usaha masa depan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca sekalian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.