Widget HTML #1

Ciri-Ciri Bunga Anggrek Sebagai Tanaman Hias yang terlihat Eksotis

Ciri-Ciri Bunga Anggrek
Ciri-Ciri Bunga Anggrek

Ciri-ciri bunga anggrek

Ciri-ciri bunga anggrek sebagai tanaman hias yang terlihat eksotis. Ciri-ciri bunga anggrek ini mampu membuat begitu unik dan juga menarik.

Tanaman bunga anggrek merupakan salah satu jenis bunga yang terlihat indah. Bunga anggrek juga memiliki ciri khasnya yang juga salah satu paling banyak ragamnya.

Bunga anggrek ini begitu populer sekali sebagai tanaman hias untuk di dalam ruangan maupun di luar ruangan rumah.

Jenis tanaman bunga anggrek ini sering dipergunakan untuk simbol dari rasa sayang dan cinta, kemewahan, dan juga keindahan selama berabad-abad lamanya.

Mayoritas tanaman bunga anggrek ini yaitu epifit abadi yang bisa tumbuh berlabuh di pohon atau bisa juga pada semak-semak untuk daerah-daerah yang dengan iklim tropis serta subtropis dapat juga menjadikan tanaman hias ini begitu terlihat elegan dan eksotis.

Ada beberapa ciri-ciri bunga anggrek ini yang tidak ditemui di beberapa tanaman hias yang lainnya. Ciri-ciri bunga anggrek ini akan menjadikan bunga anggrek begitu terlihat istimewa sebagai tanaman hias yang cantik.

Baca juga: Ciri-Ciri Bunga Mawar

Bunga anggrek ini termasuk keluarga terbesar tanaman yang tumbuh berbunga, dan sebagian besar sudah mendiami daerah yang tropis.

Di seluruh dunia sekitar 735 genera yang setidaknya sudah mewakili sebanyak 20.000 spesies. Ciri-ciri bunga anggrek yang paling menonjol yakni meliputi bentuk, struktur serta kelopak.

Ciri-ciri bunga anggrek yang lainnya yang akan membuatnya begitu banyak digemari yakni pada masa saat berbunganya yang terbilang cukup lama.

Ciri-ciri bunga anggrek juga menggambarkan sifat dan karakteristik dari tanaman bunga anggrek ini secara keseluruhan. Berikut ini merupakan ciri-ciri bunga anggrek yang berhasil mas tagul rangkum dari berbagai sumber yang ada.

Ciri-ciri bunga anggrek
Ciri-ciri bunga anggrek

Ciri-ciri bunga anggrek

1. Berwarna cerah dan memiliki bentuk unik

Salah satu ciri-ciri bunga anggrek ini yaitu memiliki warna yang sangat cerah dan bentuknya terlihat unik. Ciri-ciri bunga anggrek ini sangat berguna untuk bisa menarik perhatian organisme yang lainnya untuk dapat bisa membantu proses penyerbukan.

Bunga dari genus ophrys ini menipu dan juga dapat memanipulasi penyerbuk terutama melalui bau nya, meniru yang sudah dihasilkan oleh kelenjar pada perut lebah ataupun tawon betina.

Bentuk bunga dan juga warnanya (termasuk refleksi ultraviolet), dan rangsangan disentuh oleh rambut pada bibir beroperasi pada bagian organ sensorik pejantan nya yang berkunjung, dan pada akhirnya akan mengarah pada sikap dan perilaku yang sama seperti di amatinya selama fase awal dari kopulasi dengan lebah betina.

Stimulasi penciuman supernormal akan memastikan bahwa jantan tetap akan bertahan sangat lama di bunga. Dari aktivitas ini akan terjadi sedemikian rupanya sehingga akan membuat pollinia dibawa dan dapat disimpan kembali di tanaman yang berbeda-beda.

Bunga yang sudah disesuaikan penyerbukan oleh seekor burung biasanya akan terlihat berwarna cerah dengan warnanya yang biru, merah, dan juga kuning yang mendominasi nya.

Burung memiliki sedikit atau bisa juga dikatakan tidak ada indra penciuman serta bunga yang sudah diserbuki burung akan cenderung kurang mencium bau nya. Akan tetapi, memiliki warna-warna cerah bisa berfungsi untuk menarik burung.

Baca juga: Jenis-Jenis Bunga Anggrek

2. Bunga tersusun majemuk dan simetri bilateral

Ciri-ciri bunga anggrek lainnya yaitu bunga anggrek ini tersusun secara majemuk, muncul dari tangkainya bunga yang dapat memanjang atau dilihat dari ketiak daun.

Bunga anggrek ini berbentuk simetri bilateral. Helaian kelopak pada bunga sepal yang biasanya warnanya yang mirip dengan mahkota bunga ini biasanya disebut dengan tepal.

Satu helai saja mahkota bunga termodifikasi maka akan membentuk semacam "lidah" yang dapat melindungi suatu struktur aksesoris membawa benang sari dan juga putik.

Benang sari nya yang mempunyai tangkai yang terbilang lebih pendek serta dua kepala sari juga berbentuk cakram kecil yang disebut juga dengan sebutan nama pollinia yang terlindung dari strukturnya yang kecil, yang harus dibuka serangga penyerbuk guna untuk membawa serbuk sari menuju ke mulut putik.

Tanpa adanya bantuan dari organisme penyerbuk, tidak akan terjadi adanya penyerbukan pada tumbuhan bunga anggrek.

3. Waktu mekar yang lama

Ciri-ciri bunga anggrek yang berikutnya ini akan lebih cenderung mekar akan sedikit lebih lama dari kebanyakan bunga pada umumnya.

Secara umum tanaman bunga anggrek epifit merupakan asli dari pertumbuhannya di pohon dan juga batu di alam liar seperti juga phalaenopsis yang mekar selama dua sampai tiga bulan lamanya di dalam ruangan.

Bunga anggrek darat tertentu seperti halnya cymbidium dapat mekar ada sekitar dua bulan untuk bisa berada di dalam ruangan dan juga selama tiga bulan bisa pula berada di luar ruangan.

Bunga anggrek yang sudah mekar biasanya akan berlangsung lama selama setidaknya enam minggu ke depan, yang akan membuatnya mudah untuk bisa menampilkan bunga hidup yang sangat indah di rumah.

Tampilan dari bunga anggrek dapat berkisar yang sederhana dan terlihat anggun hingga yang terbilang banyak kelopaknya dan cantik eksotis.

4. Habitat bunga anggrek

Jenis tanaman bunga anggrek ini dapat ditemukan di daerah-daerah tropis tundra arktik, khatulistiwa, dan juga dapat dibudidayakan di mana pun. Tidak hanya seperti kebanyakan tanaman yang lain, mereka hidupnya tidak tumbuh di tanah.

Akar bunga anggrek akan menempel pada pepohonan atau juga bisa pada batu di mana mereka akan menangkap kelembaban nya dan nutrisi yang akan membasuh nya di hutan yang hujan.

Sebagian besar tanaman bunga anggrek yang bisa dibudidayakan yaitu jenis tanaman asli yang didaerah tropis.

Karena bunga anggrek tropis ini biasanya dapat tumbuh tinggi di pepohonan yang tumbuh di tanah hutan, mereka juga terbiasa dengan adanya sirkulasi udara yang sangat baik dan banyak terkena cahaya.

Baca juga: Tanaman Hias untuk Murnikan Udara Segar

5. Karakteristik kelopak

Ciri-ciri bunga anggrek lain hadir dalam sejumlah warna dan juga ukurannya.Penampilannya yang tepat dari bunga anggrek ini tergantung pada jenis spesies-spesies tertentu.

Meskipun bervariasi tanaman nya, ada beberapa yang memiliki karakteristik yang tentunya mereka miliki bersama. Karakteristik ini yang termasuk tiga kelopak dan juga tiga sepal yang bisa dengan mudahnya dikira kelopak.

Dan mayoritas bunga anggrek juga sudah banyak mengalami resupinasi, dimana suatu proses bibir dimulai pada bagian atas bunga dan bisa bergerak ke bawah saat mulai layu.

Bunga anggrek ini juga memiliki struktur yang seperti tabung lilin ini juga dikenal sebagai kolom.Kolom ini merupakan perpaduan dari beberapa organ pada tanaman jantan dan juga pada betina. Bunga anggrek ini juga memiliki satu bibir yang dapat memanjang yang disebut dengan labellum.

Tentu kelopak ini berfungsi guna sebagai bantalan pendaratan untuk lebah, penyerbuk lainnya serta dapat bervariasi jika dilihat dalam penampilan tergantung jenis bunga anggrek tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Manfaat Tanaman Hias yang Jarang Diketahui oleh Orang

Cara Buat Kue Brownies Panggang Simple

Jenis Tanaman yang Cocok untuk Hiasan Teras Rumah

Peluang Usaha Bidang Jasa yang Sangat Menghasilkan

Peluang Usaha Nasi Goreng Dan Tips Cara Memulai Usahanya