Widget HTML #1

Peluang Bisnis Ikan Hias, Modal Kecil Omset Besar dan Menguntungkan

Bisnis Ikan Hias
Bisnis Ikan Hias

Peluang Bisnis Ikan Hias, Modal Kecil Omset Besar dan Menguntungkan. Bisnis ikan hias sangat cocok dijalankan karena membutuhkan modal kecil, akan tetapi memiliki omset besar dan sangat menguntungkan. Jika kita Melihat akuarium yang berisikan berbagai macam ikan memang sungguh menarik. Ikan-ikan tersebut tentunya bukan hanya ikan yang untuk dikonsumsi saja, melainkan ikan hias.

Adanya sekelompok masyarakat yang senang untuk memelihara ikan hias membuat bisnis dibidang ini menguntungkan jika dijadikan sebagai peluang bisnis. Bahkan bagi mereka yang mempunyai hobi memelihara ikan hias, tak ragu lagi untuk menghabiskan uang demi kepuasan dirinya, maka peluang usaha ikan hias ini bisa menjadi peluang bisnis ikan hias yang sangat menguntungkan.

Meskipun penjualan ikan hias ini hanya ditemukan di tempat-tempat tertentu saja, tapi bukan berarti persaingan untuk bisnis ikan hias tidak kalah ketat. Di Indonesia sendiri, hampir di seluruh kotasudah dapat ditemukan tempat penjual ikan hias, baik yang terpusat di lokasi tertentu ataupun membuka toko masing-masing.

Mengapa bisnis ini semakin banyak dilakukan oleh sebagian orang? Karena modal di awalnya yang tidaklah besar, perawatannya pun tidak sulit, serta peluang bisnis ikan hias di Indonesia ini sangat menjanjikan.

Baca juga: Berapa Modal Awal Membuka Usaha Nasi Goreng

Peluang Usaha Bisnis Ikan Hias

Salah satu yang menjadi alasan mengapa peluang Usaha ikan hias ini lebih sangat menguntungkan karena bisnis ini dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat yang gemar akan ikan hias. Variasi harga dari usaha ikan hias juga beragam, mulai dari harga ikan hias yang termurah hingga sampai harga ikan hias yang paling mahal, sesuai dengan daya beli setiap masing-masing orang sekitar.

Apalagi bukan hanya orang dewasa saja yang senang melihat ikan hias. Melainkan Anak-anak pun suka untuk memelihara ikan hias di dalam akuarium kecil ataupun toples. Maka jangan heran jika ada di beberapa sekolah kerap kali ditemukan pelaku usaha ikan hias yang menarget konsumen anak-anak sekolah.

Perlu diketahui bahwa ada dua jenis ikan hias yang dapat dijadikan sebagai peluang bisnis ikan hias, yakni ikan hias air tawar dan juga ikan hias air laut, hanya saja ikan hias air tawar ini lebih mudah untuk dibudidayakan dan peralatan untuk merawatnya pun tidaklah sulit. Harga dari ikan hias air tawar ini juga cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan ikan hias yang dari air laut. Namun secara tampilan ikan hias air tawar tak kalah cantik dengan ikan hias air laut.

Sedangkan untuk ikan hias air laut lebih cenderung untuk segmen pasar-pasar tertentu saja. Karena perawatan ikan inipun cukup spesial dan tidak kalah mudah. Misalnya saja dari jenis ikan yang akan dipilih ini tidak bisa sembarangan. Karena Beberapa ikan laut ini memiliki sifat teritoralnya sendiri sehingga tidak bisa secara langsung digabung dengan ikan yang lainnya. Ada pula yang memakai sistem pencahayaan, dan penyaringan air, serta desain untuk interior akuarium yang bisa dilakukan secara khusus. Namun ini semua bukan masalah bagi mereka yang mungkin memang hobi untuk memelihara ikan hias.

Dengan memahami selera yang ada di pasar, maka peluang untuk bisnis ikan hias ini bisa menjadi sumber penghasilan jika kita ingin mendapatkan tambahan yang cukup menggiurkan. Untuk Memelihara ikan hias tak hanya dijadikan untuk dekorasi rumah saja, akan tetapi juga bisa mengurangi stress dengan melihat keindahannya. Apalagi di Indonesia sendiri kaya akan keanekaragaman hayati sehingga ada berbagai macam ikan hias yang sangat berpotensi untuk dibisniskan.

Tips Menjalankan Usaha Bisnis Ikan Hias

Bisnis ikan hias ini bisa dijalankan oleh siapa pun, meskipun pemula dan baru akan mempelajarinya semua bisa menjalankan bisnis ikan hias ini. Jika serius dan tekun dalam menjalankan bisnis ikan hias, maka peluang untuk bisnis ikan hias bisa memberikan keuntungan yang cukup besar.

Jangan dilihat dari harga per ekor, menjalankan bisnis ikan hias jika diakumulasi ketika sudah berjalan makan akan bisa balik modal bahkan bisa lebih. Bisnis ikan hias ini mungkin di pandang sebelah mata oleh sebagian orang, itu karena meraka belum tau jika menjalankan usaha ikan hias walaupun menggunakan modal kecil akan tetapi bisa menguntungkan.

Keuntungan menjalankan usaha bisnis ikan hias juga terdapat pada makanan ikan, itu disebabkan ikan hias tidak terlalu membutuhkan pakan yang terlalu banyak. Jika pemberian pakan yang benar dan teratur pada ikan hias bisa menekan cost pakan. sehingga peluang usaha bisnis ikan hias bisa dibilang hanya membutuhkan perawatan yang maksimal itu juga sudah cukup.

Hanya sekedar saran jika ingin memulai usaha bisnis ikan hias alangkah baiknya jika membeli yang murah dan harga yang terjaku terlebih dahulu. Jika sewaktu-waktu terdapat ikan hias yang mati tidak terlalu merugi.

Untuk yang tertarik membuka peluang usaha bisnis ikan hias baik ikan hias air tawar ataupun ikan hias air laut, maka ikuti beberapa langkahnya berikut ini supaya mendapatkan omset besar dan menguntungkan:

Baca juga: Peluang Bisnis Menjalankan Franchise Sate Padang yang Perlu Anda Ketahui

1. Menentukan Lokasi Bisnis Ikan Hias

Dengan usaha ikan hias tidak membutuhkan lahan yang luas dan lokasi yang lebih spesifik. Bisnis ikan hias ini bisa dijual di mana saja selama mudah untuk dijangkau oleh si pembeli. Apabila yang memiliki modal kecil, membuka peluang usaha ikan hias ini bisa dilakukan di dekat rumah rumah dengan lahan sempit. Tinggal diberi kan petunjuk yang bisa mengarahkan orang-orang ke lokasi tersebut. Justru dalam menjalankan bisnis ikan hias yang perlu diperhatikan adalah ukuran akuarium atau kolam.

Jika menjalankan bisnis ikan hias anda ingin menggunakan akuarium, maka sebaiknya menyediakan beberapa akuarium, misalnya seperti khusus untuk pembesaran, penjodohan serta pemijahan. Dalam bisnis ikan hias bentuk dari akuarium yang memanjang sangat disarankan supaya dalam memisahkan ikan hias akan lebih mudah dan kan menekan pengeluaran sehingga memerlukan modal kecil.

Sedangkan bagi yang ingin membuka usahanya yang dilakukan hanya di halaman rumah maka bisa menggunakan kolam semen ataupun bisa yang terbuat dari terpal.

2. Menentukan Jenis Ikan Hias dan Target Pembeli Ikan Hias

Dalam memulai bisnis ikan hias mungkin akan lebih mudah jika hanya berfokus dulu kepada satu jenis ikan saja. Sesuaikanlah target para pembeli yang akan dituju, apakah mereka lebih cenderung menyukai ikan hias air laut atau mungkin kebanyakan dari mereka suka ikan hias air tawar. Memilih salah satu jenis ikan pun bisa memudahkan untuk pengembangbiakannya.

Satu hal yang perlu dan harus diingat juga yakni beli lah benih ikan yang lebih berkualitas, sehat dan juga subur. Pelajari juga bagaimana setiap ikan dapat berkembang biak, seperti berapa suhu yang dibutuhkan dan kondisi air serta berapa lama proses untuk bisa melakukan perjodohan berlangsung. Melirik peluang bisnis ikan hias ini bukan hanya soal untuk mendapatkan keuntungan saja. Melainkan Kalau tidak paham bagaimana cara mengembangbiakannya, maka justru akan membuat anda rugi.

3. Membeli Peralatan dan Pakan untuk Bisnis Ikan Hias

Setelah menentukan jenis ikan hias apa yang akan dijual dan bagaimana cara untuk mengetahui budi dayanya, maka langkah selanjutnya yaitu dengan membeli peralatan yang akan dibutuhkan serta pakannya. Sesuaikankan dengan alat-alat ikan hias yang sudah ditentukan sebelumnya, misalnya saja seperti akuarium terpal, pompa, tabung oksigen, saringan untuk air, jaring, hingga sampai pada aksesoris untuk dapat menghias isi akuarium.

4. Lakukan Promosi

Setiap bisnis ikan hias harus menjalankan cara lain yakni dengan cara melakukan pemasaran untuk bisa mendatangkan pembeli. Cara termudahnya yaitu dengan menginfokan ke banyak orang sekitar. Di era digital yang seperti ini sangat mudah untuk bisa melakukan promosi, seperti halnya melalui sosial media, WhatsApp, dan lainnya sebagainya. Namun tetap perlu juga dilakukannya promosi secara offline, misalnya saja seperti memasang spanduk ataupun pemasangan papan toko, menyebar brosur dan lain-lain.

Ada Beberapa pelaku usaha ikan hias yang mencoba masuk ke pasar-pasar dengan cara menjadi supplier di toko-toko yang menjual ikan hias. Karena untuk bisa menjalankan bisnis ikan hias ini tidak mesti menjual secara langsung ke si pembeli. Bisa juga menjadi supplier ikan hias ke beberapa toko yang ada. Cara lainnya lagi yaitu ikut bergabung ke beberapa komunitas para pecinta ikan hias. Jika anda berada di dalam salah satu komunitas maka untuk peluang bisnis ikan hias ini akan terbuka semakin lebar. Karena di dalamnya pasti ada saja para pecinta ikan hias dan mau untuk menghabiskan uang mereka mengingat hobinya tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa baik ikan hias yang ada di air tawar maupun air laut itu sama-sama masih menguntungkan. Meski pun terdapat beberapa perbedaan untuk budi daya nya, pemeliharaan dan juga segmen pasarnya. Di bawah ini ada beberapa ikan hias yang banyak sekali diminati dan sudah umum untuk dijadikan bisnis ikan hias bagi masyarakat.

Jenis Ikan Cocok untuk Usaha Bisnis Ikan Hias

1. Bisnis Ikan Hias Mas Koki

Jenis ikan hisa ini paling banyak dijual dan paling banyak diminati oleh semua kalangan, baik orang dewasa maupun kalangan anak-anak. untuk Budidaya ikan hias mas koki ini terbilang sangatlah mudah dan juga sangat menguntungkan karena jenis ikan hias ini sangat cepat bertelur dan beranak. Ikan hias ini pun sangat mudah digabungkan dengan jenis ikan hias yang lainnya.

Dengan begitu memilih menjalankan usaha bisnis ikan mas koki merupakan hal yang tepat jika ingin memulai usaha ikan hias. Jika memiliki modal kecil tetapi ingin memulai usaha ikan hias mas koki bias disiasati dengan membeli indukan yang harganya terjangkau. Ketika sudah bertelur dan mendapatkan hasil dari penjualan anakan ikan hias mas koki kedepanya bisa membeli indukan ikan hias mas koki yang harganya lebih mahal.

2. Bisnis Ikan Hias Guppy

Sama halnya seperti ikan hias mas koki, ikan hias guppy juga sangat mudah untuk bertelur dan beranak, bahkan ikan hias guppy bisa bertelur sampai 200 ekor. Keuntungan lainnya yaitu ikan hias guppy ini tidak menghasilkan banyak kotoran. Jadi tidak perlu untuk sering membersihkan akuarium tenpat tinggal ikan hias guppy meski memiliki anak yang banyak.

Ikan hias guppy juga sangat cocok untuk dijadikan peluang bisnis ikan hias. Itu disebabkan karena ikan hias guppy bisa mengasilkan telur di kisaran 200 ekor sekali bertelur. Bayangkan saja berapa omset dan keuntungan jika 80% dari anakan ikan hias guppy bisa bertahan hidup dan tumbuh dewasa.

3. Bisnis Ikan Hias Cupang

Ikan Hias Cupang sangat cocok untuk dijadikan sampingan usaha ikan hias, itu karena ikan hias ini ini banyak diminati oleh kaum anak-anak. Membuka peluang bisnis ikan hisa cupang ini sebenarnya bukan hal yang mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil untuk dijadikan usaha ikan hias.

Sebenarnya pemeliharaan ikan hias ini jauh lebih muda jika dibandingkan dengan ikan hias mas koki dan ikan hias guppy karena ikan hias cupang ternyata memiliki daya tahannya lebih kuat. Ikan hias cupang tidak membutuhkan alat pompa pemasok oksigen. Hanya saja untuk penempatan ikan hias cupang tidak boleh digabungkan antara ikan hias cupang jantan dan ikan hias cupang betinanya.

Sebenarnya tips sukses usaha ikan hias cupang ini tergantung dari pemeliharaan dan ketelatenan pada pelaku usaha sendiri. Tips sukses lainya dalam menjalankan usaha ikan hias cupang harus maun belajar dan berinovasi supaya usaha ikan hias bisa berkembang dengan maksimal dan membutuhkan modal kecil.

Ketika ilmu dalam menjalankan usaha ikan hisa sudah dikuasai walaupun menjalankan usaha ikan hias dengan modal kecil tidak menutup kemungkinan natinya akan berkembang lebih besar. Mempunyayi modal kecil dalam dalam menjalankan usaha ikan hias cupang bukanlah penghalang untuk menjadi sukses usaha dibidang ikan hias.

4. Bisnis Ikan Hias Botia

Sebenarnya bisnis ikan hias ini tidak sesulit seperti yang oramg kira. Ikan hias ini memiliki keunikan sendiri memiliki warna kuning cerah dan ikan hias botia ini bisa digabung dengan ikan hias lainya sehingga ikan hias botia ini banyak di budidaya oleh pelaku bisnis ikan hias.

Konsumen ikan hias botia juga termasuk lumayan banyak. terkadang pecinta ikan hias botia tidak segan-segan untuk membeli ikan hias ini dengan harga yang lumayan tinggi. terlebih lagi jika ikan hias botia ini sudah dewasa dan memiliki warna yang bagus.

seperti yang sudah dijelaskan diatas untuk menjalankan usaha bisnis ikan hias supaya berjalan sesuai kenginian harus memaksimalkan perawatanya. perawatan dalam menjalankan usaha ikan hias merupakan hal yang harus diprioritaskan.

Baca juga: Tips Dan Cara Mengaanalisa Usaha Rental Komputer

5. Bisnis Ikan Hias Louhan

Harga ikan hias louhan terbilang cukup mahal dan sempat menjadi tren di masyarakat Indonesia. siapa sih yang tidak mengenal ikan hias yang satu ini. di tahun-tahun sebelumnya bisnis ikan hias ini hampir menjamur di seluruh nusantara. karena harganya yang fantastis banyak pelaku bisnis ikan hias yang membudidayakanya.

Kepala ikan hias louhan yang terlihat menonjol serta adanya corak dibagian tubuh yang membuat ikan hias ini terlihat semakin unik. Maka tak heran untuk bentuk dari benjolan serta memiliki corak badan tertentu bisa membuat ikan hias louhan harganya sangat tinggi.

6. Bisnis Ikan Hias Badut

Nama lain dari ikan ini yakni clown fish atau disebut juga denga ikan nemo seperti salah satu tokoh yang ada di film anak-anak. Meskipun ikan badut merupakan ikan yang berjenis ikan laut, hanya saja butuh terumbu karang untuk bisa membuat ikan ini lebih merasa nyaman di dalam akuarium.

7. Bisnis Ikan Hias Kupu-Kupu

Ikan laut ini sangat cocok bagi pemula yang ingin memelihara jenis ikan laut karena sangat mudah. Bentuknya yang pipih menyerupai sayap seperti kupu-kupu yang berwarna kuning.

Peluang bisnis ikan hias ini memang sudah semestinya dilirik bagi yang ingin memiliki pemasukan tambahan selain mempunyai pekerjaan utamanya. Apalagi jika dijalankan dengan senang hati dan dilakukan serius, maka bisnis ikan hias ini sangat mungkin untuk bisa dikembangkan ke ranah yang lebih luas lagi. Untuk para pebisnis pemula, tak ada salahnya jika ingin mencoba bisnis ikan hias ini karena bisa dimulai dengan modal kecil menyesuaikan budget modal yang dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Peluang Usaha Es Krim Diamond dan Cara Memulainya bagi Pemula

Cara Memulai Usaha Franchise atau Waralaba yang Benar untuk Pemula

Mau Punya Penghasilan Meski Dirumah Aja, Begini Caranya

Peluang Usaha Toko Roti dan Cara Memulainya

Cara Kompres Foto Online Gratis Menjadi 200kb