Widget HTML #1

Tips Dan Cara Mengaanalisa Usaha Rental Komputer

Usaha Rental Komputer
Usaha Rental Komputer

Tips dan analisa usaha rental komputer. Segala sesuatu yang terkait sangat erat dengan kebutuhan manusia, maka biasanya memiliki prospek bagus untuk dijadikan sebagai peluang bisnis. Salah satu contohnya yaitu usaha rental komputer. Seperti sudah kita ketahui bahwa perangkat komputer ini tidak akan terlepas dari aktivitas manusia yang semakin modern.

Segala kegiatan manusia baik itu di rumah, sekolah, kampus, tempat kerja, perkantoran ataupun lembaga instansi pemerintahan yang lainnya, maka pastinya akan menggunakan perangkat komputer.

Baca juga: Analisa Modal Usaha Bubur Ayam Supaya tidak Bangkrut

Usaha Rental Komputer

Mungkin ada diantara Anda yang mulai bertanya Bukannya semua tempat diatas tersebut sudah ada perangkat komputer bahkan sudah menyediakan secara khusus? Bahkan untuk di rumah pun, biasanya orang sudah mempunyai komputer ataupun laptop sendiri.

Maka jawabannya ialah, Memang benar sekali sebagian besar tempat diatas biasanya sudah memiliki dan menyediakan perangkat komputer bahkan ada yang memakai laptop. Tetapi, di antara itu semua tidak full 100% dari beberapa diantara mereka yang sudah memiliki komputer sendiri.

Misalnya saja dari 100 orang maka mungkin 60 diantaranya yang sudah punya laptop tersendiri. Tentu saja hal ini yang 40 orangnya belum mempunyai komputer. Mungkin yang sisa 40 orang itulah segmen pangsa pasar potensial untuk bisa di jaring, agar mereka mau menggunakan jasa seperti rental komputer kita.

Contoh diatas hanya untuk kawasan di kota-kota besar, sedangkan yang notabene masyarakatnya sudah maju dan mampu untuk membeli perangkat komputer sendiri. Tapi kita juga jangan lupa dengan kondisi kawasan yang ada di pinggiran kota bahkan mungkin untuk di daerah-daerah yang masih banyak sekali orang-orang yang belum mempunyai perangkat komputer sendiri. Mereka semua itulah yang akan menjadi segmen pasar yang paling potensial, serta berpeluang besar untuk bisa menggunakan jasa rental komputer ini.

Tips Usaha Rental Komputer

Jadi bagi Anda yang ingin membuka usaha rental komputer ini tidak perlu takut lagi ataupun khawatir tidak akan mendapatkan pelanggan. Percayalah bahwa setiap usaha itu pasti ada segmen pasarnya tersendiri. Tinggal bagaimana cara kita untuk dapat menjaring segmen pasar itu secara lebih maksimal, agar hasilnya bisa sangat memuaskan.

Bagi Anda yang ingin sekali membuka usaha rental komputer ini, maka ada beberapa tips yang harus di coba. Ini bertujuan agar setiap usaha yang sedang Anda jalani dapat lebih menjanjikan lagi. Berikut ini ada beberapa tips diantaranya.

1. Memilih Tempat Yang Strategis

Usaha apapun yang dibuka oleh setiap orang akan selalu menjanjikan jika dibuka di tempat yang lebih tepat. Misalnya saja ketika ada seseorang yang membuka usaha pom bensin mini di tempat yang tidak mudah untuk di jangkau maka keuntungan dari usaha tersebut akan semakin berlipat ganda. Hal ini tentu saja sangat sejalan dengan jenis usaha ini yang mana harus dibuka di dekat kegiatan belajar mengajar.

Bayangkan saja jika jenis usaha yang dijalankan ini didatangi oleh banyak para pelajar yang ingin mencetak tugas. Sudah tentu keuntungan akan semakin bertambah lebih banyak. Ada pilihan lain yang mana untuk jenis usaha ini juga bisa dibuka di dekat perkantoran. Sama halnya juga seperti ketika membuka usaha ini untuk di area sekolah, beberapa orang di kantor juga membutuhkan usaha ini ketika komputernya akan bermasalah.

2. Memiliki Peralatan Yang Memadai

Dalam menjalankan usaha ini tidak harus membutuhkan peralatan yang lebih mahal. Usaha seperti ini juga bisa dibuka dengan komputer yang mana dalam spesifikasinya tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah atau spesifikasi nya yang sedang. Maksud dari spesifikasi sedang ini yaitu spesifikasi komputer yang mungkin biasanya hanya digunakan oleh orang perkantoran saja.

Hal ini tentu saja akan membuat komputer yang harus ada pada jenis usaha ini tidak menggunakan spesifikasi komputer untuk bermain game. Selain itu peralatan lain seperti halnya printer, scanner, dan yang lain-lain juga harus tetap ada. Paling tidak dalam menjalankan usaha ini sangat dibutuhkan komputer yang jumlahnya lebih dari satu agar nantinya para pelanggan tidak akan mengantre terlalu lama.

3. Memberi Diskon

Umumnya setiap usaha yang ingin dijalankan oleh banyak orang perlu memberlakukan diskon di saat pertama kali buka. Maka dari itu bagi yang ingin sukses menjalankan usaha ini sebaiknya berikan diskon ketika akan dibuka untuk pertama kalinya. Diskon yang akan diberikan bisa satu sampai dua minggu atau bahkan bisa sampai satu bulan tergantung keinginan dan juga kebutuhannya.

Tujuan untuk melakukan hal ini tentu saja yaitu untuk bisa menarik pelanggan agar setiap pelanggan dapat berdatangan ke tempat usaha yang sedang dijalankan. Adanya diskon ini juga dapat membuat para pelanggan akan merekomendasikan nya kepada orang lain. Untuk itu buatlah tempat usaha dengan baik dan lebih nyaman agar pelanggan terus semakin banyak berdatangan.

4. Melakukan Promosi

Selain memberikan diskon agar usaha yang dijalankan bisa laku dan banyak pengunjung dengan cara melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan dengan menggunakan cara lain yaitu lewat media offline ataupun media online. Akan lebih efisien lagi jika anda menggunakan promosi secara online karena dapat menghemat biaya lainnya dibandingkan dengan melakukan promosi menggunakan brosur.

5. Memiliki Kemampuan Mengetik

Pastikan bahwa dalam menjalankan semua bisnis tentu memiliki kemampuan untuk mengetik yang baik. Jika tidak memiliki kemampuan yang baik maka anda bisa merekrut karyawan yang bisa mengetik dengan baik serta mampu untuk mengoperasikan aplikasi komputer.

Baca juga: Berapa Modal Awal Membuka Usaha Nasi Goreng

Analisa Usaha Rental Komputer

Dalam menjalankan bisnis usaha rental komputer ini bisa dibilang tidaklah mudah, ada beberapa hal yang harus dibutuhkan untuk bisa menjalankannya. Perlu adanya persiapan serta menganalisis terhadap beberapa potensi usaha juga perlu dilakukan. Untuk itu berikut di bawah merupakan beberapa rancangan analisa untuk usaha ini.

Analisa SWOT Usaha Rental Komputer

Setiap usaha yang akan dijalankan perlu dilakukan analisa SWOT supaya nantinya bisa diketahui apa saja kelebihan serta kelemahan dari bisnis yang dijalankan. Usaha rental komputer tentunya memiliki kekuatan terutama ada pada mahasiswa ataupun anak sekolah yang membutuhkan jasa ini untuk bisa mencetak tugas. Akan lebih menguntungkan lagi jika diantara mereka tidak memiliki komputer ataupun laptop.

Kelemahan dari usaha ini yaitu biaya yang dibutuhkan sangat besar terutama untuk bisa membeli komputer, printer serta perangkat yang lainnya lagi. Peluang dari usaha ini yakni dalam membuka usaha ini bisa ditambah dengan cara mengakses internet sehingga bisa cukup menguntungkan. Usaha ini juga bisa terancam bangkrut jika komputer rusak apalagi biayanya yag tidak murah.

Persiapan Usaha Rental Komputer

Setiap Usaha apapun yang akan dijalankan nantinya jika tidak melakukan persiapan maka usaha yang dijalankan mungkin saja bisa tumbang di tengah jalan. Itulah kenapa dalam menjalankan usaha ini membutuhkan persiapan yang sangat matang. Usaha seperti ini dijalankan dengan persiapan yang di antaranya mencari tahu tempat usaha yang dekat dengan area perkantoran kantor, sekolah kampus, ataupun perumahan.

Menyewa ruko tentu saja bisa dilakukan akan tetapi jika ingin lebih hemat lagi bisa membuka usaha ini di rumah. Berbagai macam alat yang harus dibutuhkan seperti printer, komputer, dan juga scanner dan hal lain-lain juga harus segera dipersiapkan. Lebih baik lagi jika melakukan berbagai strategi promosi yang lebih jitu dalam menjalankan usaha ini supaya bisa memberikan keuntungan yang berlipat ganda.

Modal Usaha Rental Komputer

Usaha Rental Komputer
Usaha Rental Komputer

Usaha ini membutuhkan modal yang memang tergolong besar. Pengeluaran untuk bisa menjalankan usaha ini bisa mencapai anggaran modal berkisar antara Rp. 30.000.000. Uang sebanyak itu dikeluarkan untuk kebutuhan membeli berbagai macam perlengkapan komputer, printer dan kertas serta biaya internet dan yang lain-lain.

Jika Anda membeli perangkat komputer yang masih bekas, maka dengan memiliki modal Rp. 30.000.000 cukup untuk membeli 10 sampai 12 perangkat komputer yang second. Jika Anda ingin membeli perangkat komputer yang masih baru maka Anda paling tidak harus mempunyai modal Rp. 50.000.000 an.

Biaya untuk reparasi komputer juga termasuk ke dalam total biaya pengeluaran yang sudah dibahas di atas. Rentang harga perbaikan untuk perlengkapan komputer ini beragam tergantung seberapa parahnya kerusakan yang ada pada komputer. Anda perlu keluar modal setidaknya bisa menghabiskan Rp. 1.000.000 untuk biaya perawatan perbulanan.

Selain itu ada biaya untuk operasional lainnya yang harus Anda keluarkan yakni untuk bayar gaji karyawan jika ada, bayar listrik dan jangan lupa untuk sisihkan uang untuk sewa toko, dan berbagai pengeluaran tak terduga yang lainnya. Jumlahnya kita asumsikan saja bisa sebanyak 3.000.000 an.

Jika ditotal keseluruhan rincian diatas maka Anda akan mengeluarkan dana berkisar antara Rp 3.000.000 per bulannya.

Pendapatan Tiap Bulan Usaha Rental Komputer

Setiap jenis usaha yang ingin dijalankan banyak orang tentunya memiliki harapan agar usaha tersebut bisa menguntungkan. Untuk rental komputer ini bisa menargetkan dengan harga sewa per jamnya yaitu Rp. 4.000. Jika ada 15 orang yang datang dengan durasi 1 jam saja maka akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 60.000.

Kita asumsikan jika jumlah rata-rata dalam sehari ada 50 orang yang menyewa jasa rental usaha komputer Anda. Maka hasil yang akan Anda dapatkan selama kurun waktu hanya 1 bulan saja yaitu uang sebesar Rp. 4000 x 50 x 30 = Rp. 6.000.000

Baca juga: Peluang Bisnis Menjalankan Franchise Sate Padang

Keuntungan Usaha Rental Komputer

Untuk dapat menentukan seberapa keuntungan yang akan didapat setiap bulanan nya, ada rumus yang dapat digunakan. Rumus yang akan digunakan yaitu pendapatan dikurangi biaya pengeluaran maka akan menghasilkan laba.

Asumsikan jika pendapatan setiap bulan nya mendapatkan Rp. 7.520.000. Kemudian diambil untuk biaya pengeluaran per bulan yaitu Rp. 3.000.000.

Maka Pendapatan dikurangi dengan biaya pengeluaran tersebut akan menghasilkan laba bersih sebesar Rp. 4.520.000 setiap bulannya.

Untuk Usaha rental komputer ini menjadi sebuah usaha yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak bahwa banyak orang yang sampai saat ini banyak yang membutuhkan rental komputer untuk berbagai kebutuhan. Akan tetapi untuk bisa membuka jenis usaha ini diperlukan nya biaya yang terbilang tidak sedikit jumlahnya, yang mana nantinya akan digunakan untuk dapat membelanjakan berbagai macam peralatan lain yang seperti komputer, printer dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Cara Memulai Bisnis Sosis Bakar dari Rumah dan Sukses dalam Waktu Singkat

Peluang Usaha Cetak Foto Dan Tips Cara Memulainya

Peluang Usaha Kuliner dan Cara Memulainya

Peluang Usaha Sosis Bakar dan Cara Memulai Usaha Sosis Bakar

Peluang Bisnis Usaha Ayam Geprek Lengkap Dengan Strategi dan Analisa Usaha