Widget HTML #1

Modal Usaha Membuka Toko Alat Tulis untuk Pemula

Modal Usaha Toko Alat Tulis
Modal Usaha Toko Alat Tulis

Modal usaha membuka toko alat tulis untuk pemula. Toko alat tulis saat ini hampir bisa ditemui dengan lebih mudah baik itu di pinggir jalan raya ataupun di lingkungan dekat perumahan.

Jenis usaha ini juga termasuk berpeluang bagus dan bisa bertahan cukup lama karena menjual barang yang sangat diperlukan orang sehari-harinya. Untuk modal usaha alat tulis untuk pemula bisa dimulai dengan anggaran nominal kecil. Karenanya, bagi yang ingin memiliki bisnis usaha sampingan, membuka toko alat tulis patut untuk dijajal.

Kebutuhan akan masyarakat terhadap alat tulis ini terbilang tinggi dan apalagi bagi yang masih memiliki anak yang bersekolah. Selain itu, alat tulis juga diperlukan oleh setiap perkantoran. Jadi, membuka usaha toko alat tulis adalah langkah yang patut untuk dicoba.

Baca juga: Ide Jualan depan teras rumah

Modal Usaha Alat Tulis Untuk Pemula Dan Analisa Prospeknya

Berapakah perkiraan anggaran modal untuk membuka usaha alat tulis bagi pemula?

Sebelum sudah dijelaskan rincian untuk modalnya, disini akan kita bahas tentang keunggulan untuk jenis usaha ini terlebih dahulu.

Keuntungan Membuka Usaha Alat Tulis

Toko alat tulis merupakan jenis usaha yang mungkin sangat cocok jika dijalankan bagi pemula karena cenderung lebih aman. Resiko akan kerugian dari usaha alat tulis ini bisa ditekan karena produk yang akan dijual tahan lama. Berbeda lagi dengan produk kuliner yang sangat rentan rusak atau mudah basi, alat tulis ini termasuk tahan lama dan tidak akan pernah ada basi. Barang seperti kertas dan juga alat-alat tulis bisa disimpan untuk kurun waktu yang lama.

Selain karakter dari barang dagangan nya yang tahan lama usaha ini juga sangat mudah untuk dijalankan terutama bagi seorang pemula. Kegiatan dari operasional toko ini hanya berkutat seputar kulakan jenis barang-barang, untuk membuka dan menutup toko. Untuk kulakan barang ini, bisa dilakukan secara sistem periodik dan tidak perlu dilakukan setiap harinya. Satu minggu sekali sudah cukup untuk melakukan kegiatan belanja barang.

Menjalankan bisnis usaha alat tulis ini tidak diperlukan keahlian secara khusus. Yang diperlukan hanyalah sikap ramah tamah kepada setiap pelanggan dan juga memastikan stok barang selalu ada dan tersedia. Walaupun jumlahnya sedikit, namun jika varian dari berbagai jenis barang dagangan lengkap, maka pelanggan akan kembali lagi untuk membeli. Siapa saja bisa menjalankan jenis usaha ini terutama bagi pemula yang ingin memiliki usaha sampingan.

Modal usaha untuk bisnis alat tulis ini terbilang kecil apalagi jika usaha dibuka dengan cara memanfaatkan lahan yang sudah ada di rumah. Untuk sebuah toko alat tulis kecil yang berukuran 3x3 ataupun bahkan sampai 2x3 bisa dimulai dengan kisaran anggaran modalnya di bawah 10 juta. Alangkah baiknya jika membuka toko alat tulis dijalankan dari rumah terlebih dahulu untuk memperkecil pengeluaran biaya sewa toko dan memaksimalkan keuntungan yang didapatkan.

Keuntungan yang lainnya yaitu usaha alat tulis tidak memerlukan tempat yang fancy untuk dapat dijalankan. Melainkan seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa untuk usaha ini bisa saja dijalankan dari rumah. Atau jika memang harus dengan menyewa kios, kios kecil saja sudah sangat cukup untuk bisa membuka usaha ini. Selain itu juga, tidak perlu mendekor ulang atau melakukan renovasi tempat usaha. Jadi biaya bisa kembali untuk ditekankan.

Baca juga: Cara Menata Warung Sembako

Tips Sukses Menjalankan Usaha Alat Tulis Untuk Pemula

Walaupun jenis usaha ini lebih cenderung mudah, bukan berarti bisa dilakukan dengan asal-asalan dalam menjalankannya. Jika cermat dan juga ulet, maka untuk usaha ini bisa saja mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Pangsa pasar dari toko alat tulis bukan hanya dari perorangan saja namun juga dari perusahaan. Berikut ini tips yang dapat dicoba untuk toko alat tulis yang bisa mencapai kesuksesan:

1. Supplier Alat Tulis

Pertama kali sebelum membuka toko alat tulis selain memperhitungkan modal awal buka usaha toko buku menentukan supplier alat tulis itu juga sangat penting. Terlebih lagi anda bisa menemukan suplayaer yang menjual alat tulis dengan harga yang murah. Pilihlah supplier alat tulis yang bisa dipercaya, jujur, dan tepat waktu.

Yang dimaksud supplier alat tulis yang tepat waktu adalah ketika anda memesan barang seketika itu pula supplier alat tulis akan mempersiapkan barang yang dipesan dan kemudian langsung mengirim ke toko anda atau anda yang mengambil sendiri ke supplier alat tulis tersebut.

Dengan menemukan supplier alat tulis sesuai dengan kriteria diatas bisa mencegah kekosongan toko anda karena banyak pembeli.

Untuk mendapat supplier alat tulis yang menjual barang yang dibawah rata-rata anda bisa mensurvei terlebih dahulu satu-persatu. Datangi supplier alat tulis yang terdekat dengan lokasi anda. Jika dirasa supplier alat tulis sudah ada yang menjual barang alat tulis dengan harga yang miring alangkah baiknya dijadikan supplier alat tulis, karena pertimbangan dalam ongkos kirim.

2. Apa Saja Yang Dijual Di Toko Alat Tulis

Apa saja yang dijual di toko alat tulis ketika anda mau memulai membuka toko alat tulis. Tentunya sebelum mulai merintis toko alat tulis alangkah baiknya jika anda survei terlebih dahulu kira-kira apa saja yang dijual di toko alat tulis di daerah yang akan anda dirikan toko alat tulis. Anda bisa bertanya ke tetangga sekitar atau ke supplier alat tulis barang apa saja yang dijual di toko alat tulis yang sering di ambil oleh toko alat tulis lain.

3. Memilih Lokasi Yang Strategis

Membuka toko alat tulis ini bisa dibuka didekat stasiun kereta, perumahan, sekolahan, dan kos-kosan. Namun dari semua pilihan yang sudah ada ini, yang paling efektif yaitu membuka usaha toko alat tulis di dekat kampus ataupun sekolahan. Biasanya, ada beberapa deretan kios-kios kecil yang sudah disewakan dengan harga yang lebih murah di lokasi-lokasi ini.

Namun, jika memang modalnya yang sangat minim, seorang pemula bisa saja memulai usaha alat tulis ini dari rumah. Membuka usaha alat tulis dari rumah kerumah tidak berarti keuntungan yang didapatkan minim, namun memang peluang untuk mendapatkan pembeli sebanyak lokasi di atas lebih rendah. Namun, keberadaan toko alat tulis di lingkungan perumahan inipun tetap dibutuhkan masyarakat. Jadi, tetap layak untuk mulai dicoba berjualan dari rumah.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menjalankan Bisnis Online

4. Varian Barang Dagangan Harus Lengkap

Kunci dari sukses usaha toko alat tulis yaitu kelengkapan barang-barang dagangannya. Usahakan walaupun toko nya kecil, namun setiap jenis alat tulis wajib tersedia walaupun dalam jumlah yang sedikit. Sistem stok barang bisa saja diakali dengan cara menyetok barang yang paling laku dan dalam jumlah banyak, serta barang yang kurang laku atau lama untuk laku dengan jumlah yang lebih sedikit. Namun jangan sampai untuk kehabisan.

5. Atur Waktu Dan Jumlah Kulakan

Sejalan dengan jumlah barang yang ada di toko, kegiatan kulakan inipun menjadi penting. Waktu kulakan bisa diatur dan sesuai dengan berapa banyak barang yang sudah laku dalam dua kali seminggu. Jika dalam dua minggu barang sudah terlihat hampir habis, maka usahakan untuk kulakan seminggu ataupun sepuluh hari sekali.

Pantau sisa-sisa barang dagangan agar tidak terjadi yang namanya over buying atau malah kurang. Pengaturan jumlah dan juga waktu kulakan ini harus tepat agar kegiatan untuk operasional toko bisa berjalan lancar. Untuk menekan biaya, maka usahakan mencari supplier yang murah dan juga lengkap.

6. Cara Menata Toko Alat Tulis

Setelah selesai dalam pemilihan supplier alat tulis dan sudah melakukan pemesanan sekarang tinggal cara menata toko alat tulis supaya toko terlihat lebih menarik dan yaman untuk pembeli. Jika cara menata toko alat tulis tertata dengan rapi maka konsumen akan terasa nyaman dan akan berlama lama berada di toko alat tulis anda.

Cara menata toko alat tulis sebenarnya tidak terlalu sulit simpel tapi tidak berantakan. Walaupun memiliki tempat sederhana jika cara menata toko alat tulis dengan benar tempat akan terasa lebih luas. Cara menata toko alat tulis bisa dikatakan sukses yaitu dengan melihat pelanggan anda tidak kesulitan jika mau mencari barang. Dengan menempatkan barang yang sering dicari pelanggan di tempat mudah terlihat itu juga cara menata toko alat tulis yang benar.

7. Paket Usaha Alat Tulis Kantor

Selain alat tulis anda juga bisa menyediakan paket usaha alat tulis kantor. Marketnya adalah adalah perkantoran. Jika anda bisa bekerjasama dengan instansi tertentu untuk menyediakan peralatan kantor yang berhubungan dengan alat tulis tentunya akan menambah penghasilan yang lumayan besar. Karena biasanya perkantoran akan mengambil dalam jumlah yang besar.

Baca juga: Peluang Usaha Souvenir dan Cara Memulai Usahanya

8. Cekatan Dan Ramah Kepada Pembeli

Untuk seorang pemilik toko alat tulis harus lebih cekatan dan tahu dimana letak dari semua barang dagangan. Selain itu, untuk pelayanan yang ramah kepada setiap pelanggan juga menjadi kunci sukses dari usaha toko alat tulis. Selain uang, untuk kualitas pelayanan juga menjadi modal usaha membuka toko alat tulis untuk pemula yang utama. Jika barang yang mungkin akan dicari pembeli tidak ada, maka informasikan dengan sopan dan selalu ucapkan rasa terima kasih setiap kali menerima pembayaran.

9. Tambahkan Pelayanan Sesuai Kebutuhan

Usaha membuka toko alat tulis bisa berkembang lebih besar. Seiring dengan berjalannya waktu, bisa saja ditambahkan beberapa pelayanan lainnya seperti foto copy dan juga jasa printing. Biasanya ini juga akan sangat efektif bila toko alat tulis ini dibuka di dekat kampus atau didekat-dekat instansi. Misalnya saja, toko alat tulis dibuka di dalam area perkantoran pajak atau juga samsat yang memerlukan banyak fotocopy untuk berkas. Tentunya akan sangat berdampak pada kelangsungan hidup toko.

Perkiraan Modal Usaha Alat Tulis Untuk Pemula

Untuk modal usaha alat tulis bagi pemula memang tidak cukup besar, namun berapakah hitungan tepatnya. Di tengah fluktuasi beberapa harga sekarang ini, sulit untuk menemukan angka yang pasti. Namun, berikut ini telah dibuat perkiraan dari jumlah modal yang akan dibutuhkan berdasarkan harga alat tulis yang sudah ada di pasaran.

Baca juga: Modal Usaha Martabak Kekinian

1. Modal Untuk Investasi

Modal investasi ini merupakan segala biaya yang akan dikeluarkan untuk keperluan memulai usaha alat tulis. Adapun biaya untuk investasi toko alat tulis yakni sebagai berikut ini:

  • Biaya etalase : Rp 1500.000
  • Rak display : Rp 1.000.000
  • Meja kursi kasir : Rp 400.000
  • Signage : Rp 300.000

Total : Rp 3.200.000

Untuk biaya investasi ini perlu juga ditambahkan dengan biaya sewa setiap tahunan sekitar 10 juta rupiah untuk kios yang berukuran 2x3 permeter persegi. Jadi di awal nya saja perlu disiapkan dana sebesar 14 sampai dengan 15 juta rupiah. Namun jika lebih memilih untuk berjualan di rumah, maka biaya sewa bisa saja dihilangkan dari perkiraan modal.

2. Biaya Operasional

Biaya operasional merupakan segala pembelanjaan terkait dengan berlangsungnya kegiatan toko itu sehari-hari. Ini termasuk juga di dalamnya seperti gaji karyawan dan juga belanja untuk barang dagangan. Berikut ini kisaran untuk angkanya:

  • Belanja alat tulis : Rp 4.000.000
  • Listrik : Rp 150.000
  • Gaji karyawan : Rp 1.000.000
  • Kantong plastik : Rp 100.000
  • Biaya perlengkapan : Rp 150.000
  • Lain-lain : rp200.000

Total : rp5.600.000

Baca juga: Modal Usaha Toko Listrik

3. Asumsi Pendapatan

Untuk pendapatan diasumsikan dengan omzet perharinya sebesar 300.000, maka pendapatan dan juga keuntungan yang akan didapat tulisan adalah sebagai berikut ini:

Pendapatan : omzet perhari 300.000 x 30 = Rp 9.000.000

Keuntungan : pendapatan–biaya operasional : Rp 9.000.000–rp 5.600.000 = Rp 3.400.000

Untuk modal usaha alat tulis untuk pemula rasanya masih masuk diakal dan terjangkau. Untuk memperbesar keuntungan yang ingin didapalat tulisan, maka cobalah tawarkan kerjasama ke kantor-kantor ataupun ke instansi pemerintah dalam hal pengadaan untuk alat tulis.

Franchise Usaha Atk

Tentunya anda pernah mendengar kata franchise, ya biasanya sering digunakan dalam usaha kuliner. Tetapi tidak menutup kemungkinan franchise usaha atk juga bisa di jalankan. Anda hanya mengajak teman atau sodara untuk membuka usaha toko alat tulis kemudian barangya di pasok dari anda dan mereka hanya menyediakan tempat.

Jika anda bisa mengajak lebih banyak orang tentunya akan menambah penghasilan karena barang yang akan laku juga banyak. Untuk menjalankan franchise usaha atk anda harus memilih orang yang bisa dipercaya, tanggung jawab dan pekerja keras. Dengan demikian franchise usaha atk bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kecurigaan.

Saya rasa jika franchise usaha atk dijalankan dengan benar akan mempercepat perkembangan dalam anda membuka toko alat tulis.

Baca juga: Tips Membuka Usaha Cepat Laku dan Menguntungkan

Usaha Atk Rumahan

Biasanya usaha atk rumahan dijalankan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luang. Terkadang ada ibu rumah tangga yang bingung setelah beres dalam mengurus pekerjaan rumah harus ngapain lagi. Hal ini sebenarnya bisa dijadikan peluang usaha untuk membuka usaha atk rumahan yang sederhana untuk mengurangi kejenuhan.

Tapi tidak jarang yang awalnya usaha atk rumahan sekarang bisa membuka toko alat tulis yang lebih besar. Jika di daerah anda belum ada agen usaha atk hal itu merupakan keberuntungan, karena bisa jadi nantinya yang tadinya usaha atk rumahan menjadi agen.

Cara ini banyak dicoba oleh pelaku usaha ini dan terbukti dalam sebulan bisa meraup keuntungan sampai puluhan juta rupiah. Jangan ragu untuk mengirimkan proposal penawaran karena ini salah satu jalan agar usaha bisa sukses.

Pelaku usaha toko alat tulis banyak yang mencoba cara seperti diatas dan banyak yang sudah menghasilkan sampai puluhan juta. Jangan ragu untuk memulai usaha membuka toko alat tulis karena pasarnya masih sangat menjanjikan. Untuk membuka toko alat tulis sesuaikan dengan tempat dan kondisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Peluang Usaha Percetakan dan Cara Memulai Usahanya

Peluang Usaha Menjahit Rumahan dan Cara Memulai Bisnis Menjahit

Peluang Usaha Mainan Anak yang Tidak Ada Matinya

Peluang Usaha Jual Pulsa dan Strategi Pemasaranya

Peluang Usaha Cetak Foto Dan Tips Cara Memulainya