Widget HTML #1

Peluang Usaha Mainan Anak yang Tidak Ada Matinya

Usaha Mainan Anak
Usaha Mainan Anak

Usaha Mainan Anak

Peluang usaha mainan anak yang tidak ada matinya. Apakah Anda saat ini sedang ingin menjalankan sebuah bisnis namun masih bingung usaha apa yang akan anda jalankan?.

Ada berbagai macam jenis usaha rumahan yang dapat dijadikan sebagai penghasilan, beberapa pilihan mulai dari usaha souvenir, atau usaha warnet hingga sampai kepada usaha mainan anak yang edukatif.

Dari berbagai jenis bisnis tersebut, bisnis yang memiliki peluang terbesar yaitu bisnis mainan anak edukatif.

Baca juga: Bisnis Mainan Anak SD yang Untung Besar Sepanjang Masa

Peluang Usaha Mainan Anak

Orang tua saat ini sudah semakin sadar betapa pentingnya mainan anak yang edukatif untuk membantu dalam mengembangkan kecerdasan otak dalam masa-masa perkembangan buah hati mereka.

Sehingga mainan bisa di jadikan alternatif untuk membantu anak belajar sambil bermain, sehingga buah hati tidak cepat bosan dalam belajar.

Dengan bermain, anak akan lebih mudah menyerap apa yang telah di lakukan yang tanpa di sadari dirinya sedang belajar.

  1. Mengasah kecerdasan anak
  2. Melatih konsentrasi anak
  3. Melati kemampuan motorik
  4. Melatih bahasa dan wawasan
  5. Mengenalkan warna dan bentuk
  6. Kelebihan Bisnis Mainan Anak

Kelebihan Bisnis Mainan Anak

Jika Anda masih ragu untuk mulai membuka usaha ini, Anda harus wajib membaca kelebihan dari ber bisnis mainan anak berikut ini:

  1. Modal yang kecil
  2. Produk tidak bisa basi
  3. Banyaknya peminat
  4. Orang tua mulai sadar akan mainan edukatif untuk buah hati
  5. Mudah dalam pemasaran-nya

Kelemahan Bisnis Mainan Anak

Pesaing dalam bisnis yang sejenis dengan lokasi penjualan yang lebih berdekatan Agar tidak kalah dengan para kompetitor, Anda harus terus lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha yang akan dijalani.

Anda harus menemukan ide-ide baru untuk sebuah konsep usaha Anda agar para pembeli akan tetap melirik jualan Anda.

Sulitnya menjual mainan dengan harga yang lebih mahal,

Untuk mudah cara mengatasinya, Anda bisa memberikan beberapa edukasi atau pun pengetahuan mengenai betapa pentingnya mainan anak ini yang diberikan dan pentingnya memberikan asupan makanan anak sesuai dengan usia mereka.

Cara Memulai Bisnis Mainan Anak

Untuk bisa memulai usaha mainan anak yang edukatif, Anda harus bisa melakukan berbagai macam hal lain sebagai persiapan.

Tidak hanya itu, agar bisnis yang bisa dibangun ini dapat berjalan dengan lancar, maka anda jangan lupa untuk menyiapkan langkah manajemen yang matang dan lebih baik.

Berikut ini beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum memulai usaha bisnis mainan anak:

1. Siapkan modal

Hal yang paling mutlak dalam suatu bisnis yaitu modal, tidak perlu modal yang besar untuk bisa memulainya. Jika nantinya bisnis anda sudah berjalan lancar, maka Anda bisa menambahkan anggaran modal lagi untuk bisa mengembangkan usaha Anda menjadi lebih besar.

2. Menentukan lokasi

Lokasi yang lebih strategis akan bisa menentukan suksesnya bisnis Anda, jika Anda salah dalam menentukan lokasi, maka bukan untung yang akan Anda dapatkan melainkan kerugian. Jadi, Anda harus lebih pintar lagi dalam menentukan lokasi jualan.

3. Miliki pengetahuan tentang mainan anak

Miliki pengetahuan yang berkaitan erat dengan mainan anak mulai dari cara pemilihan mainan yang terlihat berkualitas hingga sampai kepada kecocokan mainan sesuai dengan usia anak.

Sehingga ketika ada calon pelanggan yang datang dan bertanya mainan yang lebih cocok untuk buah hati mereka, tentunya Anda bisa menjawabnya dengan mudah.

4. Menentukan jenis mainan yang akan dijual

Untuk melihat jenis mainan edukasi, maka pilih mainan yang memiliki harga yang lebih terjangkau serta mengedepankan manfaat untuk buah hati anda.

Jangan lupa, untuk memilih mainan yang memiliki berbagai jenis macam rentang usia. Contohnya seperti mainan anak untuk usia 7 bulan, 1, 2 tahun dan yang lainnya.

Memilih mainan edukasi untuk bisa dijual membutuhkan trik nya tersendiri. Tetapi yang pasti untuk bisa memilih mainan yang sudah terjamin akan keamanannya, dilihat dari sisi bahan hingga sampai cara kerjanya.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memilih beberapa mainan yang memiliki warna yang cerah, sehingga bisa merangsang penglihatan indera untuk sang anak. Mainan dengan warna yang cerah biasanya juga lebih banyak dipilih oleh si anak.

Baca juga: Peluang Usaha Bisnis Mainan yang Sangat Menguntungkan

5. Menentukan supplier yang bisa diajak kerjasama

Menentukan supplier yang tepat merupakan hal yang paling penting dalam berbisnis, Anda juga harus bisa menemukan supplier yang bisa menawarkan harga yang lebih cocok menurut Anda.

Sehingga nantinya Anda akan dengan mudahnya mendapatkan keuntungan yang besar.

6. Pikirkan promosi yang nantinya akan digunakan

Dan Yang terakhir, menentukan langkah promosi yang nantinya akan bisa Anda gunakan. Hal ini tentu sangat penting untuk menarik perhatian calon pembeli.

Karena jika dilihat dari persaingan bisnis ini memang cukup banyak, maka Anda harus pintar lagi dalam melakukan promosi.

Strategi Meningkatkan Profit

Berikut ini adalah cara meningkatkan profit dalam bisnis mainan anak edukatif yaitu:

  • Memperluas prospek, caranya dengan mengiklankan, membuka cabang, atau pun bekerjasama dengan instansi tertentu seperti sekolahan atau bisa taman bermain.
  • Memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan cara pelayanannya yang ramah, atau bisa memberi garansi pada setiap barang yang akan dibeli.
  • Menawarkan bonus untuk pembelian dengan jumlah-jumlah tertentu.
  • Menawarkan produk lain yang masih sama berkaitan kepada pelanggan pada saat proses pembelian.

Modal Usaha Mainan Anak

Untuk modal usaha, berikut ini rinciannya:

  • Sewa tempat : Rp 1.000.000
  • Membuat website : Rp 1.000.000
  • Gaji karyawan : Rp 1.200.000
  • Membeli stock mainan : Rp 7.000.000

Total modal yang akan dibutuhkan : Rp 10.200.000. Untuk stok mainan lain bisa saja Anda dapatkan dengan cara bekerjasama pada supplier, sehingga Anda akan tetap bisa mengambil beberapa mainan, dan saat sudah laku Anda hanya tinggal membayarnya.

Analisa Keuntungan Usaha Mainan Anak

Untuk analisa keuntungan dari bisnis ini adalah:

  • Harga jual mainan : Rp 27.000 X 350 mainan kecil = Rp 9.450.000
  • Harga beli mainan : Rp 20.000 X 350 mainan kecil = Rp 7.000.000
  • Keuntungan: Rp 8.750.000 – Rp 7.000.000 = Rp 2.450.000

Bayangkan saja jika setiap harinya Anda bisa menyuplai ke banyak sekolah. Tentu saja keuntungan akan menjadi semakin berlipat.

Tempat Strategis untuk Bisnis Mainan Anak

Untuk bisa memulai bisnis mainan anak ini, Anda harus bisa menentukan tempat yang benar-benar strategis. Berikut ini adalah rekomendasi tempat yang strategis untuk bisa berjualan mainan anak yang bisa Anda coba:

  • Pusat kota
  • Dekat dengan sekolah
  • Taman bermain anak
  • Pasar malam
  • Marketplace, karena orang tua yang millenials saat ini lebih suka untuk membelikan mainan untuk anaknya di online shop

Metode Promosi Usaha Mainan Anak

Salah satu kunci sukses dalam memulai berbisnis adalah rajin dalam melakukan berbagai macam cara promosi, berikut ini adalah metode promosi yang dapat Anda lakukan dalam berbisnis mainan anak, di antaranya:

  • Promosikan melalui media sosial
  • Kerjasama dengan playground atau sekolah-sekolah
  • Promosikan usaha baru Anda pada teman-teman dan kerabat
  • Memberikan jasa bungkus kado gratis
  • Memberikan potongan harga di momen-momen tertentu

Tips Sukses Bisnis Mainan Anak

Berikut ini ada beberapa tips sukses untuk bisa memulai bisnis mainan anak, antara lain:

1. Melakukan survei

Lakukan survei serta kumpulkan berbagai jenis macam informasi mengenai usaha apa yang ingin Anda geluti, ini juga termasuk seperti jenis produk yang banyak diminati hingga tren di pasar.

2. Tentukan target pasar

Tentukan dengan lebih baik pasar yang nantinya akan menjadi target sasaran Anda. Bisnis ini pada dasarnya lebih menyasar kepada kaum muda yang sudah mempunyai anak kecil.

3. Rajin dalam melakukan promosi

Jika Anda ingin lebih sukses dalam bisnis ini, maka Anda harus rajin untuk melakukan promosi. Semakin bisnis Anda dikenal banyak orang maka semakin mudah untuk Anda dalam mengembangkan bisnis Anda.

Baca juga: Tips Ampuh Memulai Bisnis Sosis Bakar Tanpa Modal Besar

4. Memilih supplier yang tepat

Nantinya para supplier ini akan berkaitan erat dengan kualitas dan jenis mainan yang Anda jual. Pastinya Anda tidak ingin mendapatkan komplain jika harga mainan yang Anda jual ini tidak sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai jenis usaha mainan anak yang edukatif. Untuk bisa Memulai usaha ini memang sangat membutuhkan kerja keras tersendiri. Selain menjalankan usaha mainan anak ternyata masih ada usaha yang memiliki prospek yang bagus yaitu peluang usaha roti bakar dan cara memulai usahanya.

Anda harus lebih semakin menyadarkan setiap orang tua jika mainan anak bukan hanya dapat digunakan sebagai penghibur buah hati mereka, tetapi juga bisa digunakan untuk bisa meningkatkan kecerdasannya terhadap buah hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Ide Bisnis Sosis Bakar yang Kreatif untuk Meningkatkan Omzet Anda

Usaha Rental Mobil Tanpa Modal untuk Pemula

Ide Jualan Depan Rumah Paling Laris

Perhitungan Modal Usaha Pecel Lele dan Cara Memulainya

Ide Usaha Rumahan Membuat Bolu Pisang