Widget HTML #1

Peluang Usaha Jual Pulsa dan Strategi Pemasaranya

Usaha Jual Pulsa
Usaha Jual Pulsa

Usaha jual pulsa. Menjalankan usaha jual pulsa, mengapa tidak? Untuk saat ini kebutuhan pulsa apalagi pulsa untuk internet sangatlah tinggi. Kebutuhan untuk setiap saat menggunakan internet pastinya yang dibutuhkan yaitu pulsa.

Untuk Menangkap peluang ini, saat ini Anda akan lebih mudah lagi untuk bisa menemui konter pulsa di berbagai tempat strategis untuk dapat memenuhi kebutuhan.

Baca juga: Cara Memulai Usaha Waralaba atau Franchise Hotel

Kelebihan Bisnis Jual Pulsa

Sebagai jenis bisnis rumahan yang sudah dijalani, bisnis jualan pulsa ini mempunyai beberapa kelebihan layaknya jenis usaha seperti kue dan usaha souvenir yaitu:

  • Modal untuk bisa memulai usaha ini relatif kecil. Hanya dengan uang berkisar antara Rp. 100.000 Anda sudah bisa memulai usaha.
  • Peralatan yang mudah. Dan Apalagi jika anda tidak membuka konter, Anda hanya tinggal menyiapkan satu alat saja yaitu HP khusus dan dapat melayani pembelian dari rumah.
  • Dapat dilakukan oleh siapa saja yang berniat ingin serius memulai bisnis usaha ini hanya dengan mengandalkan modal yang cukup kecil.

Kelemahan Bisnis Jual Pulsa

Usaha jualan pulsa ini pun memiliki sejumlah kelemahan yang perlu anda ketahui dan harus benar-benar diperhatikan yaitu:

1. Banyak yang Berutang

Kendala yang terbanyak dan sering kali terjadi serta ditemui yakni seringnya orang-orang yang selalu berhutang pada saat mereka ingin membeli pulsa. Utamanya dari teman atau dari keluarga.

Jika hutang tersebut segera dibayar tentu saja tidak akan bermasalah. Namun jika sampai berbulan-bulan tentu saja akan menghalangi dari keuntungan yang seharusnya sudah didapatkan.

Modalnya pun tidak akan bisa berputar lagi. Akibatnya tentu saja Anda harus bisa menambah modal lagi untuk bisa membeli saldo. Bahkan bisa mengalami rugi kebangkrutan.

2. Tempat yang Kurang Strategis

Pemilihan tempat untuk usaha berjualan juga sama pentingnya serta sering jadi kendala. Pemilihan tempat yang terbilang tidak strategis akan bisa mengakibatkan usaha Anda tidak bisa lagi berjalan maksimal dan tidak laris manis.

Untuk jenis usaha semacam ini, akan lebih baik lagi jika Anda memilih tempat untuk keramaian ataupun tempat yang sering dilewati oleh banyak orang.

3. Server yang Sering Trouble

Untuk Kendala yang lain sering banyak dihadapi adalah kesalahan atau bisa juga trouble dari server yang anda digunakan. Akibatnya para pelanggan akan lebih lama dalam menerima pulsa yang telah mereka dibeli.

Jika sering terjadi tentu saja tidak akan membuat para pelanggan anda lari dan mencari tempat yang lain yang lebih cepat pelayanan terhadap server-nya.

Modal Usaha Jual Pulsa

Salah satu jenis usaha rumahan yang tidak membutuhkan modal besar salah satunya yaitu usaha berjualan pulsa. Bahkan dengan mengisi saldo sebanyak Rp. 100.000 saja sudah bisa untuk berjualan.

Analisa Keuntungan Usaha Jual Pulsa

Untuk bisa menganalisa jenis usaha jualan pulsa ini, yang di ibaratkan dalam satu harinya saja Anda bisa mengisi saldo sebanyak Rp. 100.000. Maka dalam sebulan nya Anda akan menghabiskan dana yaitu sebanyak Rp. 3.000.000.

Adapun dalam setiap pengisiannya Anda bisa mendapatkan keuntungan Rp.1000, dan dalam sehari berhasil sampai menjual 10 pengisian, maka keuntungan Anda dalam seharinya adalah Rp. 10.000

Dan Dalam sebulan keuntungan yang akan Anda dapat menjadi Rp. 300.000.

Itu pun jika untuk satu kartu saja, jika banyak kartu yang bisa di isi maka keuntungan yang akan didapat semakin besar.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Passive Income Sepanjang Masa

Target Pasar Usaha Jual Pulsa

Target pangsa pasar bisnis jual pulsa ini lumayan cukup luas karena setiap orang pastinya akan membutuhkan pengisian pulsa. Namun, yang paling sering sekali memanfaatkan jasa jualan pulsa ini adalah:

1. Mahasiswa

Target pangsa pasar terbesar dari bisnis ini yaitu para mahasiswa. Mereka banyak sekali membutuhkan pulsa untuk bisa komunikasi. Termasuk juga pulsa internet untuk bisa menjangkau informasi.

2. Pegawai kantoran

Seperti halnya dengan para mahasiswa, para pekerja kantoran pun banyak yang membutuhkan pulsa untuk dapat melakukan komunikasi.

Dengan para pegawai kantor yang biasanya jarak yang ditempuh untuk bisa ke tempat kerjanya jauh, bisa melakukan pembelian pulsa yang dilakukan secara online. Dengan syarat ada beberapa komitmen dan juga tanggungjawab.

3. Pasangan suami istri

Pasangan suami istri pun sangat membutuhkan pulsa untuk bisa melakukan komunikasi. Diiringi dengan perkembangan digital saat ini kebutuhan pulsa internet juga sangat dibutuhkan banyak.

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Jual Pulsa

Untuk membuka bisnis usaha jualan pulsa peralatan yang paling utama yang harus ada tentu saja adalah handphone (HP). Dan jika anda ingin membuka konter pulsa, maka Anda harus mencari tempat yang lebih strategis serta tidak lupa untuk menyiapkan beberapa etalase.

Untuk mendukung kelancaran usaha yang anda miliki, maka Anda juga bisa menjual berbagai aksesoris HP.

Cara Promosi Bisnis Jual Pulsa

Untuk mudah mempromosikan usaha jualan pulsa yang sekiranya baru di rintis, Anda juga dapat melakukannya melalui:

  • Media Sosial (Facebook, Instagram, What Sapp)
  • Market Place
  • Pasang Banner dan Spanduk yang Menarik
  • Follow Up melalui SMS

Tips Sukses Bisnis Jual Pulsa

Kesuksesan dalam berbisnis apa pun merupakan impian banyak orang. Begitu juga dengan jenis usaha jualan pulsa. Agar sukses dan selalu laris manis maka lakukan tips berikut ini:

1. Pilih Server Pulsa Terpercaya dan Respon Pelayanan yang Cepat

Penggunaan server pulsa untuk usaha berjualan pulsa sebisa mungkin harus menggunakan yang server nya cepat dan terpercaya. Jika Memilih server yang cepat, maka transaksinya lancar membuat setiap pelanggan yang datang ke toko Anda akan merasakan kepuasan.

Jika sudah demikian dilakukan maka setiap pelanggan tersebut akan mulai merekomendasikan kecepatan pelayanan Anda kepada orang yang lainnya. Akan lebih baik lagi jika Anda juga bisa menggunakan lebih dari satu jenis server. Untuk bisa menghindari apabila terjadi trouble bisa saja menggunakan server yang lain.

2. Menyediakan Berbagai Layanan Pulsa

Tips sukses yang selanjutnya untuk bisa menjalankan usaha jualan pulsa selanjutnya adalah dengan cara menyediakan berbagai paket pulsa elektrik dari berbagai jenis operator. Jaman yang saat ini semakin maju dengan adanya internet, juga harus menuntut Anda untuk lebih bisa menyediakan pulsa paket internet.

Saat ini para pengguna smartphone yang aktif melakukan beberapa kegiatan internet semakin banyak sehingga akan kebutuhan paket internet lebih penting dari pada pulsa telepon yang biasanya.

Akan lebih baik lagi jika Anda sudah menyediakan pulsa internet yang bisa langsung digunakan tanpa adanya harus mendaftar lagi.

Baca juga: Peluang Usaha yang Cocok untuk Seorang Mahasiswa

3. Melakukan Promosi Offline dan Online

Keberlangsungan suatu jenis usaha apapun tidak akan berarti tanpa adanya sebuah promosi yang dilakukan. Untuk bisnis berjualan pulsa, maka saat ini promosi ini tidak hanya bisa dilakukan lewat offline saja.

Pelayanan pulsa online saat ini semakin mudah untuk ditemui. Promosi secara online bisa saja dilakukan melalui facebook, twitter dan lain-lain. Cara membelinya pun terbilang cukup mudah. Cukup dengan cara memesan secara online. Sesudah harga yang tertera tersebut ditransfer oleh pembeli, maka Anda bisa langsung mengirimnya.

Jadi saat ini pelanggan Anda bukan hanya teman, tetangga ataupun keluarga saja. maka Orang yang berasal dari jauh pun kini bisa menjadi pelanggan Anda.

4. Bersaing Dalam Hal Pelayanan

Bisa Anda amati dengan lebih seksama, tempat jual pulsa yang banyak menjual dengan harga yang relatif cukup tinggi biasanya ini tidak akan bertahan lama. Sebab kebanyakan dari sebagian orang cenderung lebih memilih paket pulsa dengan harga yang lebih miring.

Usaha jual pulsa merupakan jenis usaha menarik yang bisa anda lakukan. Untuk dapat menjalankan usaha ini dibutuhkan nya semangat tinggi serta kerja keras. Apalagi untuk saat ini sudah banyak pa-kompetitor usaha ini ditemukan.

Utamakan kepada pelayanan yang sering memuaskan sehingga para pelanggan akan tetap setia meskipun di sebelah mereka jenis usaha Anda sudah sejenis yang memiliki harga lebih murah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Ide tempat jualan di depan rumah

Strategi Promosi Pemasaran yang Terbukti Ampuh untuk Mendongkrak Omset

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menjalankan Bisnis Online

Faktor-Faktor Penghambat Kesuksesan Seseorang

Es Krim Jepang: Nikmati Kelezatan Es Krim Khas Jepang dengan Sensasi Berbeda