Widget HTML #1

Peluang Usaha Cetak Foto Dan Tips Cara Memulainya

Usaha Cetak Foto
Usaha Cetak Foto

Cara memulai usaha cetak foto

Peluang usaha cetak foto dan tips cara memulainya. Perkembangan Zaman yang semakin pesat dan kecanggihan alat-alat teknologi fotografi yang terus diperbarui membuat gaya hidup berfoto kini semakin diminati banyak oleh orang.

Tentu saja hal ini banyak membuka peluang besar bagi beberapa pelaku usaha, seperti misalnya saja usaha cetak foto.

Baca juga: Peralatan Jualan Sosis Bakar untuk Membuka Bisnis Jajanan

Bisnis plan usaha cetak foto

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui serta rencanakan sebelum anda benar-benar memulai bisnis usaha cetak foto ini, yaitu:

1. Membuat konsep usaha yang menarik

Semakin banyaknya para pesaing yang bermunculan akan membuat anda menjadi kewalahan di usaha ini, maka perlu adanya suatu konsep yang lebih berbeda agar menjadi unggulan untuk usaha anda, seperti misalnya cetak custom, paket harga yang lebih menarik, kemudahan dalam mencetak, dan lain sebagainya.

2. Menyiapkan nama yang menarik

Membuka bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang berkaitan dengan berbagai kebutuhan gaya hidup masa kini, maka anda perlu untuk membuat nama brand yang lebih menarik dan mudah untuk diingat serta menjual.

3. Bekerjasama dengan fotografer

Mencari relasi dari berbagai fotografer akan membuat bisnis usaha anda lebih banyak dikenal, atau paling tidak anda sudah memiliki beberapa pelanggan tetap, yaitu fotografer itu sendiri.

Dan setelah itu, anda juga bisa melanjutkan untuk merencanakan hal-hal yang lainnya, contoh lokasi, karyawan, model usaha, keuangan, bangunan, karyawan, peralatan, dan lain sebagainya.

Printer untuk usaha cetak foto

Ada banyak model printer foto bagus di pasaran dalam berbagai ukuran. Beberapa sangat portabel karena ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa-bawa, dan ada juga gambar besar untuk mencetak lebih banyak foto dalam kualitas profesional.

Jika anda mencari printer foto yang bagus untuk memenuhi kebutuhan anda, anda dapat memilih beberapa rekomendasi dari cari signal di bawah ini. Harga yang ditunjukkan untuk printer foto di bawah ini sangat beragam, dan untuk printer profesional dan pemula perbedaannya sangat tinggi.

  1. Canon inspic p
  2. Printer thermal mini portable 304
  3. Canon photo printer selphy cp 1300
  4. Hp sprocket photo printer
  5. Xiaomi mijia smart portable
  6. Paperang p2
  7. Canon selphy compact photo printer cp1000
  8. Fujifilm instax sp-3
  9. Canon selphy cp1200
  10. Paperang p1

Speck komputer untuk usaha cetak foto

Komputer adalah komponen penting yang harus dimiliki ketika ingin memulai usaha bisnis cetak foto. Untuk memperlancar pekerjaan anda, alangkah baiknya menggunakan komputer yang memiliki speck yang bagus. Akan tetapi jika tidak memiliki komputer yang bagus bisa menggunakan komputer seadanya. Yang terpenting sudah suport untuk mengoperasikan editing.

Baca juga: Peluang Usaha Toko Bangunan dan Tips Cara Membuka Usahanya

Kelebihan dan kekurangan usaha cetak foto

Sebelum anda mulai terjun dalam bisnis usaha cetak foto ini, maka ada baiknya anda perlu mengetahui terlebih dahulu caranya tentang kelebihan serta kekurangannya.

Berikut ini ada beberapa poin penting tentang kelebihan dan kekurangan bisnis cetak foto yaitu:

Kelebihannya:

  • Anggaran modal yang sangat minim, dan hanya bermodalkan satu unit komputer dan printer yang sesuai maka anda sudah bisa untuk memulai bisnis ini.
  • Target pasar yang sangat luas berbagai kalangan pasti ingin mengabadikan setiap momennya yang terekam di kamera untuk bisa di cetak.
  • Mendapatkan keuntungan yang menggiurkan, tentunya keuntungan ini bisa didapatkan dari bahan-bahan yang minim, tetapi jika dicetak dalam jumlah yang banyak dan berkali-kali maka akan mendatangkan keuntungan yang banyak.

Kekurangan:

  • Jika tidak mendapatkan customer yang kian banyak, maka keuntungan yang akan didapat akan lebih sedikit, untuk membutuhkan skill serta pengetahuan yang mumpuni guna mendapatkan kualitas yang cukup baik serta banyaknya para pesaing.

Kendala dan solusi bisnis cetak foto

Kerusakan mesin cetak

Biasanya kerusakan yang akan terjadi karena salah dalam pemakaiannya atau memang mesin rusak disebabkan karena faktor umur.

Maka untuk solusinya, yaitu anda harus rajin-rajin dalam mengecek dan membersihkan mesin cetak foto yang anda miliki. Dan pakailah mesin sesuai petunjuk yang sudah tertulis.

Masalah karyawan

Untuk saat ini masih belum banyak orang yang bisa untuk mengedit foto. Solusi yang tepat, anda harus mencari karyawan mumpuni yang memang sudah mempunyai kemampuan mengedit.

Atau jika tidak ada maka anda dapat memberikan training terlebih dahulu, sebelum benar-benar anda mempekerjakan mereka.

Masalah listrik

Daya listrik yang dibutuhkan sangatlah banyak, dan belum lagi jika ada kendala pemadaman listrik, maka usaha anda ini bisa terhambat. Solusinya, anda harus bisa menggunakan ups ataupun genset.

Manajemen keuangan bisnis cetak foto

Untuk manajemen keuangan dari bisnis cetak foto ini bisa anda hitung sejak awal.

Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam me manajemen keuangan adalah sebagai berikut ini:

anda harus benar-benar memperkirakan dalam membeli peralatan serta bahan-bahan yang akan diperlukan. Belilah yang sesuai dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih dari cukup. Sebab pertumbuhan usaha ini tergantung pada perkembangan zaman.

Lakukan pencatatan di setiap penjualan dan lakukan rekap setiap bulannya. Jangan lupa juga untuk menghitung keuntungan dengan cara mengurangi dari jumlah keperluan per bulannya dan penyusutan barang modal di setiap bulan.

Modal yang diperlukan cetak foto

Modal yang akan diperlukan dapat dihitung dengan cara memakai peralatan yang hanya dibutuhkan di dalam percetakan, yaitu sebagai berikut:

  • Komputer Rp4.000.000 x 2 = Rp8.000.000
  • Printer (dengan tipe sesuai kebutuhan) Rp800.0000 x 2 = Rp1.600.0000
  • Perabotan (meja, kursi) = Rp1.000.000
  • Xbanner , brosur (promosi kit) = Rp500.000
  • Alat pelengkap (pemotong) = Rp500.000
  • Peralatan lainnya = Rp1.000.000

Total : Rp12.600.000

kemudian modal ini dapat dihitung per bulannya dengan cara metode penyusutan per 4 tahun yakni nilai residu nya kurang lebih 1.200.

Jadi untuk biaya penyusutan per tahunnya sebesar = (rp.12.600.000 -1.200)/4 = Rp3.149.700 atau Rp262.475 per bulan

Baca juga: Peluang Usaha Percetakan dan Cara Memulai Usahanya

Analisa keuangan bisnis cetak foto

Keuntungan yang akan didapatkan dari membuka usaha ini dapat dilihat dari asumsi dengan nilai rata-rata penjualan per hari nya yaitu.

Biaya operasional bulanan

Biaya –biaya per bulan yang harus dibayar

  • Penyusutan barang peralatan = Rp262.475
  • Perlengkapan (kertas, tinta) = Rp2.500.000
  • Sewa tempat = Rp500.000
  • Listrik = Rp500.000
  • Lain-lain = Rp500.000

Toral : Rp4.262.475

Estimasi omzet per bulan

Misalnya saja setiap harinya mendapatkan orderan sebanyak 30. Maka rata-rata biaya order berkisar rp.15.000 x20x30 hari = Rp13.500.000.

Laba bersih

Laba bersih = pendapatan penjualan – biaya perbulan = Rp13.500.000 – Rp4.262.475 = Rp9.237.525

maka perkiraan modal kembali yang bisa dilihat hanya sekitar 1,5 bulan saja.

Target pasar usaha cetak foto

Seperti usaha bisnis frozen food maupun usaha kuliner yang lainnya, untuk target pasar percetakan foto ini bisa dibilang sangat luas, akan tetapi ada beberapa target yang bisa meraup banyak keuntungan, diantaranya yaitu:

  • Masyarakat umum
  • Pelajar
  • Mahasiswa
  • Jasa fotografer
  • Pegawai atau karyawan
  • Calon pegawai
  • Instansi tertentu

Cara manajemen SDM cetak foto

Memanajemen sumber daya manusia ini dalam segala macam jenis usaha memang banyak sekali kemiripan, akan tetapi juga tergantung kepada kebutuhan dari setiap usaha nya.

Untuk bisnis cetak foto ini pun biasanya tidak membutuhkan banyak karyawan, apalagi jika masih pemula.

Biasanya hanya dibutuhkan 2 orang resepsionis yang hanya menerima file serta pembayarannya, 2 orang editor apabila dibutuhkan untuk proses mengedit foto, 2 orang pekerja percetakan.

Akan tetapi anda juga dapat meminimalisir jumlah pegawai dengan 1 orang resepsionis, 3 orang editor sekaligus untuk pekerja percetakan.

Sehingga hanya ada 4 orang karyawan saja. Bisa jadi juga ini termasuk anda asalkan para customer dapat menikmati pelayanan yang cepat serta dengan kualitas yang bagus.

Hal ini yang perlu anda perhatikan kepada setiap karyawan anda adalah sebagai berikut:

  • Memberikan kepercayaan kepada mereka
  • Membekali dengan skill yang mumpuni
  • Membekali dengan standard operasional yang paten sehingga setiap pekerjaan yang akan dikerjakan akan lebih efektif dan cepat
  • Terus lakukan upgrade kemampuan serta skill bagi para pegawai
  • Menjaga kedisiplinan dan penjaminan mutu

Strategi meningkatkan profit bisnis cetak foto

Dengan memiliki strategi yang tepat, maka keuntungan yang akan mengikuti anda. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk bisa meningkatkan profit:

  • Melakukan upgrade kualitas cetak foto anda
  • Memberikan suatu paket cetak foto album dengan harga yang khusus, album dengan bertemakan tertentu juga dapat meningkatkan penjualan anda dan tentunya dengan target pasar para millennial.
  • Membuka jasa cetak foto secara polaroid. Foto polaroid kini sedang banyak-banyaknya digandrungi oleh banyak orang karena sangat estetik dan khas.

Strategi pemasaran usaha cetak foto

Untuk strategi promosi ini merupakan hal yang sangat krusial dalam suatu bisnis, karena hal ini dapat menentukan sukses tidaknya bisnis anda.

Jika anda masih bingung dalam menentukan strategi apa saja untuk bisa mempromosikan usaha anda maka lakukan beberapa strategi promosi berikut ini:

  • Promosi di media sosial internet, dengan menggunakan ads dan endorse untuk bisa mempromosikan produk anda
  • Memilih tanggal-tanggal menarik untuk bisa memberikan diskon ataupun paket secara khusus
  • Melakukan dengan pendekatan kepada para millennial
  • Mempromosikan dengan pemberian voucher
  • Datang secara door to door ke sekolah ataupun ke instansi yang memiliki agenda cetak foto dalam jumlah yang lebih besar
  • Sebarkan brosur ke kampus ataupun bisa ke sekolah-sekolah
  • Memasang banner dekat lokasi usaha anda

itulah tadi beberapa informasi terkait membuka usaha cetak foto sebagai usaha yang sangat menjanjikan dengan keuntungan yang akan didapatkan sangat menggiurkan.

Siapkan beberapa strategi yang tepat guna mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Ide Jualan Depan Rumah Paling Laris

Tertarik untuk Membuka Usaha Kue Basah? Begini Cara Memulainya

Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadhan

Cara Kompres Foto Online Gratis Menjadi 200kb

Cara Menyimpan Video dan Foto di Instagram untuk Koleksi