Peluang Usaha Percetakan dan Cara Memulai Usahanya

mastagul.com - Peluang Usaha Percetakan dan Cara Memulai Usahanya. Setiap orang pasti ingin memiliki usahanya sendiri. Akan tetapi, masih banyak yang bingung untuk menentukan jenis usaha apa yang sebaiknya dilakukan.

Peluang Usaha Percetakan dan Cara Memulai Usahanya

Jika dalam membuka usaha konveksi dan usaha properti ini merupakan salah satu jenis usaha yang sudah banyak sekali dilakukan oleh sebagian masyarakat, mengapa Anda tidak mulai untuk mencoba membuka usaha dalam bidang percetakan ini?

Di masyarakat untuk usaha ini masih terbilang sangat minim pelaku usahanya. Sehingga peluangnya masih lebih besar.

Bisnis Plan Percetakan

Jika Tertarik untuk membuka usaha ini, adapun bisnis plan yang harusnya Anda siapkan dan ketahui, guna pada saat proses berjalannya usaha ini tidak akan mengalami kendala yang semakin berarti.

Berikut ini adalah plan-nya:
  1. Mencari Informasi sebanyak-banyaknya tentang dunia percetakan
  2. Menyiapkan besaran anggaran modal, sebab untuk usaha percetakan ini adalah jenis usaha yang sangat membutuhkan dana besar
  3. Tulis segala sesuatunya tenyang biaya untuk keperluan belanja
  4. Besarnya keuntungan yang akan didapat
  5. Strategi yang akan dijalankan

Jenis Usaha Percetakan

Berikut adalah beberapa jenis usaha percetakan yang bisa anda pilih untuk memulai sebuah bisnis.

Percetakan undangan pernikahan atau khitan
Untuk menjalankan bisnis percetakan undangan pernikahan untuk saat ini sangatlah menjajikan. Terlebih lagi sekarang mencetak undangan pernikahan bisa dipasarkan melalui online.

Formulir di kantor yang khusus
Seperti di kantontor pajak tentunya banyak sekali berkas yang harus di cetak. Jika bisa bekerja sama dengan kantor pajak tentunya akan sering kebanjiran order.

Buku ujian masuk sekolah
Biasanya sekolaham yang mengadakan ujian sering kali mencetak soal-soal ujian dengan begitu banyak. Pelaku usaha bisa menawarkan kepada sekolah-sekolah untuk mencetak soal-soal ujian dengan harga yang sedikit miring.
Peluang Usaha Mebel dan Cara Memulai Usahanya
Amplop, Stofmap, dan Kalender Kantor
Seringkali sebuah perusahaan supaya terlihat bunafit selealu menggunakan aplop atau stofmap yang bertuliskan nama perusahan berserta dengan logonya. Hal ini menjadi peluang bagus bagi pelaku usaha percetakan.

Poster dan brosur kegiatan
Pada awal pendaftaran masuk sekolah pastinya sering menemukan brosur yang menerangkan fasilitas yang terdapat pada sekolah tertentu. Masih banyak sekolah atau perguruan tinggi yang membuat brosur untuk menarik calon mahasiswa baru. Tentuna hal ini menjadi pekerjaan para percetakan untuk membuatnya.

Sablon
Tidak hanya melayani penyamblonan pada kaos saja. Cetak sablon juga bisa digunakan untuk membuat poster-poster yang tertempel dipinggir jalan.

Percetakan di mug
Untuk jenis percetakan ini orderan akan banjir jika musim pernikahan. Biasanya orang akan memesan sovenir berupa mug yang nantinya akan dicetak foto mereka untuk dijadikan sovenir.

Pemilu dan Pilkada
Pada musin pemilihan umum merupakan berkah bagi pelaku usaha dalam bidang percetakan. Karena pada musim pelilihan umum banyak sekali pemesanan yang berupa poster atau kalender.

Bisnis Percetakan Online

Untuk sekarang usaha dibidang percetakan pasarnya tidak hanya offline saja, akan tetapi sudah bisa dipasarkan melalui online. Sekarang sudah banyak di media sosial yang menawarkan jasa percetakan seperti mencetak undangan pernikahan, poster, banner dll.

Alat Untuk Usaha Percetakan

Beberapa alat yang sering digunakan untuk memulai usaha percetakanadalah sebagai berikut:

Mesin printing
Mesin yang digunakan untuk mencetak desain ke dalam media cetak. Mesin ini merupakan komponen yang harus dimiliki ketika mau membuka bisnis percetakan.

Mesin seaming
Mesin ini biasa digunakan untuk menyambung banner atau poster yang memiliki ukuran besar. 

Bahan
Bahan atau yang sering disebut sebagai media cetak merupakan hal wajib dimiliki ketika mau membuka usaha percetakan. Alangkah baiknya jika menyediakan bahan dengan berbagai macam model dan ukuran.

Komputer
Tanpa adanya alat ini membuka usaha percetakan akan sulit sekali untuk berkembang. Pasalnya komputer merupakan alat penting yang digunakan untuk mendesain serta untuk mengoprasikan mesin cetak. Alangkah baiknya jika menggunakan komputer yang sudah memiliki spek yang tinggi untuk mepermudah pekerjaan.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Percetakan

Sebagai bisnis usaha sampingan yang saat ini sudah mulai banyak dilirik karena bisnis ini berpeluang usaha yang sangat luas, usaha ini tentunya mempunyai beberapa kelebihan serta kekurangan yaitu diantaranya adalah:
5 Hal Yang Harus Dihindari Jika Ingin Sukses Mengatur Keuangan di Usia 20-an

Kelebihan bisnis percetakan

Jenis Usaha yang Punya Banyak Pilihan
Jika anda Memiliki keinginan untuk dapat membuka usaha dibidang percetakan? Maka Banyak pilihan tentang dunia percetakan yang tentunya bisa dipilih.

Seperti pembuatan brosur, poster, undangan, kalender, banner, spanduk, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda juga tinggal menentukan, bagian mana saja yang cocok dengan kemampuan yang dimiliki.

Modal yang Tidak Terlalu Besar
Untuk bisa memulai usaha ini, hanya dengan bermodalka tidak lebih dari 100 juta, maka Anda sudah bisa untuk memulai usaha ini.

Tentu Modal tersebut yang nantinya akan dapat digunakan untuk membeli peralatan yang dibituhkan, bahan dan perlengkapan yang lainnya.

Mudah untuk Dijalankan
Tidak mempunyai skill dan juga kemahiran dalam bisnis percetakan?

Anda Jangan terlalu putus asa. Sebab untuk usaha sampingan ini, masih bisa anda pelajari dan pahami mulai dari dasar-dasarnya. sehingga siapa pun sebenarnya bisa saja memulai usaha ini.

Tidak Mengenal Musim
Tidak seperti jenis uusaha yang lain seperti fashion yang biasanya hanya mengenal musiman saja, untuk jenis usaha bidang percetakan ini bukanlah usaha yang hanya akan tergantung pada saat musiman.

Namun Selalu saja ada yang membutuhkan percetakan. Dan untuk pada momen-momen tertentu, usaha ini akan semakin menjadi ramai.

Pangsa Pasar Luas
Anda tidak perlu lagi cemas untuk mencari pangsa pasar dalam usaha ini, sebab pangsa pasarnya kini semakin luas.

Dijaman sekarang ini suudah Banyak yang membutuhkan jasa percetakan, segala jenis percetakan spanduk hingga sampai cetak poster untuk keperluan promosi.

Kekurangan bisnis percetakan
  • Butuh tempat yang sangat luas
  • Peralatan yang digunakan sangatlah banyak dan besar
  • Harus mempunyai skill dan kemampuan self editing

Kendala dan Solusi Bisnis Percetakan

Meskipun demikian untuk bisnis ini sangat masuk dalam skala bisnis rumahan, adapun yang dapat menjadi kendala yang biasanya akan banyak dihadapi di lapangan yaitu:
  1. Harga bahan baku yang terkadang tidak stabil serta tingkat ketersediaan yang kadang masih minim.
  2. Untuk dapat mengatasi kendala tersebut, saat ini membuka usaha bidang percetakan Anda harus ikut serta mempunyai supplier yang tetap agar stok untuk bahan baku tetap aman dan pilihlah yang dapat memberikan harga yang lebih terjangkau lagi.
  3. Persaingan semakin ketat
  4. Cara Untuk mudah mengatasinya, maka Anda harus melakukan beberapa inovasi, hingga dengan membuka usaha tersebut di lokasi yang lebih strategis seperti misalnya area kampus atau bisa juga diarea perkantoran.
Bisnis Usaha Sampingan Karyawan Pabrik dan Kantoran yang Wajib di Coba

Modal Usaha Percetakan Digital Printing

Untuk Modal ini memegang peranan penting untuk bisa mengembangan setiap usaha yang anda jalankan. Maka Untuk bisnis percetakan ini perlu adanya modal modal awal yang harus segera dipersiapkan. Berikut ini rinciannya:
  • Mesin percetakan Rp. 10.000.000
  • Komputer Rp. 20.000.000
  • Mesin digital printing Rp. 30.000.000
  • Printer khusus Rp. 20.000.000
  • Tinta Rp.   3.000.000
  • Furniture Rp. 5.000.000
  • Lain-lain Rp. 5.000.000
Total modal Rp. 93.000.000

Analisa Keuntungan Usaha  Percetakan

Setelah modal yang akan digunakan untuk bisa memproses produksi telah tersedia dan dirasa cukup, maka selanjutnya yang harus dipersiapkan lagi yaitu tentang biaya apa saja yang perlu untuk dikeluarkan nantinya.

Rinciannya adalah sebagai berikut ini:
  • Biaya perlengkapan Rp. 1.000.000
  • Bahan baku Rp. 20.000.000
  • Listrik Rp. 500.000
  • Biaya promosi Rp. 3.000.000
  • Gaji karyawan Rp. 2.000.000
  • Biaya lain-lain Rp. 1.000.000
Total biaya operasional Rp. 27.500.000

Dengan asumsi yang dapat dilakukan dalam satu bulannya Anda dapat mencapai target dengan menghasilkan 4.000 m2 hasil dari percetakan, sedangkan untuk harga per meternya yaitu Rp. 15.000

Maka untuk jumlah omzet Anda diperkirakan ada sebesar Rp. 60.000.000 per bulan.

Sedangkan untuk pendapatan bersihnya yaitu berkisar Rp.60.000.000 – 27.500.000 = 32.500.000

Jika ingin pendapatan semakin besar lagi, maka tentunya anda harus diikuti dengan melakukan promosi yang lebih gencar dan membuka usaha di tempat-tempat yang lebih strategis sehingga usaha anda akan selalu ramai.

Cara Mengelola Keuangan Bisnis Percetakan

Untuk dapat menjalankan bisnis usaha ini dengan baik maka harus diimbangi dengan pengelolaan dari segi sektor keuangannya yang baik juga.

Sebab kelemahan yang sering kali terjadi sehingga akan membuat bisnis ini tidak berjalan yakni tentang hal ini.

Bagaimana Cara pengelolaan keuangan yang baik yaitu:
  1. Membuat buku rekening berbeda antara pribadi dengan bisnis sehingga tidak ikut tercampur
  2. Membuat alur kas dengan rapi, rinci, teratur dan teliti
  3. Evaluasi yang dilakukan setiap minggunya
  4. Memebuat buku agenda stok barang
  5. Membayar tagihan tepat waktu
  6. Kontrol pengeluaran dengan lebih baik

Target Pasar Usaha Percetakan

Anda Tidak perlu mencemaskan tentang target pangsa pasar untuk jenis usaha ini, sebab yang perlu anda butuhkan banyak sekali, yaitu:
  • Perkantoran atau instansi
  • Mahasiswa atau siswa sekolah
  • Pemilik usaha yang membutuhkan pamflet untuk promosi
  • Masyarakat luas yang butuh jasa cetak spanduk atau banner

Cara Mengelola SDM Usaha Percetakan

Sumber Daya Manusia (SDM) usaha bidang percetakan ini merupakan sesuatu yang sangat vital yang harus ada, sebab jika tanpa adanya SDM maka usaha ini tidak akan dapat berjalan dengan baik.

Agar usaha ini semakin berkembang maka harus segera diimbangi dengan pengelolaan SDM yang lebih maksimal. Cara pengelolaan SDM yang tepat yakni:
  • Jaga hubungan baik
  • Turut serta dalam lingkup usaha
  • Membuat program yang menyejahterakan
  • Karyawan adalah investasi, maka memperhatikan kondisi psikis dan skill merupakan hal yang paling utama agar bisnis selalu dapat berjalan dengan baik
  • Ciptakan loyalitas.
Strategi Promosi Pemasaran yang Terbukti Ampuh untuk Mendongkrak Omset

Strategi Meningkatkan Profit Usaha Percetakan

Setiap usaha apapun yang dilakukan mendapatkan keuntungan besar adalah bidikan yang paling utama. Demikian juga halnya dengan bisnis udah di bidang percetakan.

Agar mendapatkan keuntungan atau jumlah profit semakin besar yang harusnya dilakukan adalah:
  • Buat produk serta layanan yang berkualitas sehingga para pelanggan selalu merasa puas
  • Jenis percetakan yang banyak sekali, Anda bisa mencoba membuka lebih dari satu jenis agar mendapatkan profit semakin maksimal
  • Mencari supplier bahan baku yang bisa memberikan harga yang lebih terjangkau lagi sehingga biaya anggaran pengeluaran dapat ditekan

Strategi Marketing atau Pemasaran

Promosi ataupun pemasaran merupakan bagian penting dalam perkembangan usaha yang tidak boleh untuk diabaikan.

Untuk dapat membesarkan usaha hingga banyak dikenal semua orang, maka promosi yang dilakukan harus secara lebih maksimal lagi.

Berikut ini adalah beberapa strategi dari marketing yang bisa dicoba:
  • Membuat kartu nama dengan desain yangmenarik
  • Manfaatkan kenalan Anda untuk dijadikan calon pelanggan
  • Buat website usaha yang di dalamnya mencakup banyak informasi tentang jenis produk beserta kelebihan
  • Buat brosur ataupun pamflet sederhana
  • Memanfaatkan jaringan media sosial
  • Membuat merek atau nama yang menarik dan mudah diingat
  • Usaha percetakan juga tak kalah menggiurkan serta menjadikan salah satu usaha yang sangat menjanjikan dibandingkan dengan usaha yang lainnya.

Disamping usaha ini mudah untuk dijalankan, namun kebutuhan akan percetakan di kalangan masyarakat masih sangat tinggi. Sehingga peluang usaha akan selalu saja ada menghampiri. Semoga bermanfaat dan selamat menoba!

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Peluang Usaha Percetakan dan Cara Memulai Usahanya"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel