Widget HTML #1

Peluang Usaha Percetakan dan Cara Memulai Usahanya

Cara Memulai Usaha Percetakan
Cara Memulai Usaha Percetakan

Cara Memulai Usaha Percetakan

Peluang usaha percetakan dan cara memulai usahanya. Setiap orang pasti ingin memiliki usahanya sendiri. Akan tetapi, masih banyak yang bingung untuk menentukan jenis usaha apa yang sebaiknya dilakukan.

Jika dalam membuka usaha konveksi dan usaha properti ini merupakan salah satu jenis usaha yang sudah banyak sekali dilakukan oleh sebagian masyarakat, mengapa juragan tidak mulai untuk mencoba membuka usaha dalam bidang percetakan ini?

Di masyarakat untuk usaha ini masih terbilang sangat minim pelaku usahanya. Sehingga peluangnya masih lebih besar.

Baca juga: Cara memulai usaha mebel

Bisnis plan percetakan

Jika tertarik untuk membuka usaha ini, adapun bisnis plan yang harusnya juragan siapkan dan ketahui, guna pada saat proses berjalannya usaha ini tidak akan mengalami kendala yang semakin berarti.

Berikut ini adalah plan-nya:

  1. Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang dunia percetakan
  2. Menyiapkan besaran anggaran modal, sebab untuk usaha percetakan ini adalah jenis usaha yang sangat membutuhkan dana besar
  3. Tulis segala sesuatunya tentang biaya untuk keperluan belanja
  4. Besarnya keuntungan yang akan didapat
  5. Strategi yang akan dijalankan

Jenis usaha percetakan

Berikut adalah beberapa jenis usaha percetakan yang bisa juragan pilih untuk memulai sebuah bisnis.

1. Percetakan undangan pernikahan atau khitan

untuk menjalankan bisnis percetakan undangan pernikahan untuk saat ini sangatlah menjanjikan. Terlebih lagi sekarang mencetak undangan pernikahan bisa dipasarkan melalui online.

2. Percetakan formulir di kantor yang khusus

seperti di kantor pajak tentunya banyak sekali berkas yang harus di cetak. Jika bisa bekerja sama dengan kantor pajak tentunya akan sering kebanjiran order.

3. Percetakan buku ujian masuk sekolah

biasanya sekolahan yang mengadakan ujian sering kali mencetak soal-soal ujian dengan begitu banyak. Pelaku usaha bisa menawarkan kepada sekolah-sekolah untuk mencetak soal-soal ujian dengan harga yang sedikit miring.

4. Percetakan amplop, stofmap, dan kalender kantor

seringkali sebuah perusahaan supaya terlihat bunafit selalu menggunakan amplop atau stofmap yang bertuliskan nama perusahan beserta dengan logo nya. Hal ini menjadi peluang bagus bagi pelaku usaha percetakan.

5. Percetakan poster dan brosur kegiatan

pada awal pendaftaran masuk sekolah pastinya sering menemukan brosur yang menerangkan fasilitas yang terdapat pada sekolah tertentu. Masih banyak sekolah atau perguruan tinggi yang membuat brosur untuk menarik calon mahasiswa baru. Tentunya hal ini menjadi pekerjaan para percetakan untuk membuatnya.

6. Percetakan sablon

tidak hanya melayani sablon pada kaos saja. Cetak sablon juga bisa digunakan untuk membuat poster-poster yang tertempel di pinggir jalan.

7. Percetakan mug

untuk jenis percetakan ini orderan akan banjir jika musim pernikahan. Biasanya orang akan memesan souvenir berupa mug yang nantinya akan dicetak foto mereka untuk dijadikan souvenir.

8. Percetakan pemilu dan pilkada

pada musim pemilihan umum merupakan berkah bagi pelaku usaha dalam bidang percetakan. Karena pada musim pemilihan umum banyak sekali pemesanan yang berupa poster atau kalender.

9. Bisnis percetakan online

Untuk sekarang usaha dibidang percetakan pasarnya tidak hanya offline saja, akan tetapi sudah bisa dipasarkan melalui online. Sekarang sudah banyak di media sosial yang menawarkan jasa percetakan seperti mencetak undangan pernikahan, poster, banner dll.

Baca juga: Peluang Bisnis Usaha Ayam Geprek

Peralatan usaha percetakan

Beberapa alat yang sering digunakan untuk memulai usaha percetakan adalah sebagai berikut:

1. Mesin printing

Mesin yang digunakan untuk mencetak desain ke dalam media cetak. Mesin ini merupakan komponen yang harus dimiliki ketika mau membuka bisnis percetakan.

2. Mesin seaming

Mesin ini biasa digunakan untuk menyambung banner atau poster yang memiliki ukuran besar.

3. Bahan

Bahan atau yang sering disebut sebagai media cetak merupakan hal wajib dimiliki ketika mau membuka usaha percetakan. Alangkah baiknya jika menyediakan bahan dengan berbagai macam model dan ukuran.

4. Komputer

Tanpa adanya alat ini membuka usaha percetakan akan sulit sekali untuk berkembang. Pasalnya komputer merupakan alat penting yang digunakan untuk mendesain serta untuk mengoperasikan mesin cetak. Alangkah baiknya jika menggunakan komputer yang sudah memiliki sepek yang tinggi untuk mempermudah pekerjaan.

Kelebihan dan kekurangan usaha percetakan

Sebagai bisnis usaha sampingan yang saat ini sudah mulai banyak dilirik karena bisnis ini berpeluang usaha yang sangat luas, usaha ini tentunya mempunyai beberapa kelebihan serta kekurangan yaitu diantaranya adalah:

Kelebihan bisnis percetakan

1. Jenis usaha yang punya banyak pilihan

jika juragan memiliki keinginan untuk dapat membuka usaha dibidang percetakan? Maka banyak pilihan tentang dunia percetakan yang tentunya bisa dipilih.

Seperti pembuatan brosur, poster, undangan, kalender, banner, spanduk, dan masih banyak lagi yang lainnya. juragan juga tinggal menentukan, bagian mana saja yang cocok dengan kemampuan yang dimiliki.

2. Modal yang tidak terlalu besar

untuk bisa memulai usaha ini, hanya dengan bermodalkan tidak lebih dari 100 juta, maka juragan sudah bisa untuk memulai usaha ini.

Tentu modal tersebut yang nantinya akan dapat digunakan untuk membeli peralatan yang dibutuhkan, bahan dan perlengkapan yang lainnya.

3. Mudah untuk dijalankan

tidak mempunyai skill dan juga kemahiran dalam bisnis percetakan?

Juragan jangan terlalu putus asa. Sebab untuk usaha sampingan ini, masih bisa juragan pelajari dan pahami mulai dari dasar-dasarnya. Sehingga siapa pun sebenarnya bisa saja memulai usaha ini.

4. Tidak mengenal musim

tidak seperti jenis usaha yang lain seperti fashion yang biasanya hanya mengenal musiman saja, untuk jenis usaha bidang percetakan ini bukanlah usaha yang hanya akan tergantung pada saat musiman.

Namun selalu saja ada yang membutuhkan percetakan. Dan untuk pada momen-momen tertentu, usaha ini akan semakin menjadi ramai.

5. Pangsa pasar luas

Juragan tidak perlu lagi cemas untuk mencari pangsa pasar dalam usaha ini, sebab pangsa pasarnya kini semakin luas.

Di jaman sekarang ini sudah banyak yang membutuhkan jasa percetakan, segala jenis percetakan spanduk hingga sampai cetak poster untuk keperluan promosi.

Kekurangan bisnis percetakan

  • Butuh tempat yang sangat luas
  • Peralatan yang digunakan sangatlah banyak dan besar
  • Harus mempunyai skill dan kemampuan self editing

Kendala dan solusi bisnis percetakan

Meskipun demikian untuk bisnis ini sangat masuk dalam skala bisnis rumahan, adapun yang dapat menjadi kendala yang biasanya akan banyak dihadapi di lapangan yaitu:

  1. Harga bahan baku yang terkadang tidak stabil serta tingkat ketersediaan yang kadang masih minim.
  2. Untuk dapat mengatasi kendala tersebut, saat ini membuka usaha bidang percetakan juragan harus ikut serta mempunyai supplier yang tetap agar stok untuk bahan baku tetap aman dan pilihlah yang dapat memberikan harga yang lebih terjangkau lagi.
  3. Persaingan semakin ketat
  4. Cara untuk mudah mengatasinya, maka juragan harus melakukan beberapa inovasi, hingga dengan membuka usaha tersebut di lokasi yang lebih strategis seperti misalnya area kampus atau bisa juga di area perkantoran.

Modal usaha percetakan digital printing

Untuk modal ini memegang peranan penting untuk bisa mengembangkan setiap usaha yang juragan jalankan. Maka untuk bisnis percetakan ini perlu adanya modal awal yang harus segera dipersiapkan. Berikut ini rincian nya:

  • Mesin percetakan Rp10.000.000
  • Komputer Rp20.000.000
  • Mesin digital printing Rp30.000.000
  • Printer khusus Rp20.000.000
  • Tinta Rp3.000.000
  • Furniture Rp5.000.000
  • Lain-lain Rp5.000.000

Total modal Rp93.000.000

Analisa keuntungan usaha percetakan

Setelah modal yang akan digunakan untuk bisa memproses produksi telah tersedia dan dirasa cukup, maka selanjutnya yang harus dipersiapkan lagi yaitu tentang biaya apa saja yang perlu untuk dikeluarkan nantinya.

Rincian nya adalah sebagai berikut ini:

  • Biaya perlengkapan Rp1.000.000
  • Bahan baku Rp20.000.000
  • Listrik Rp500.000
  • Biaya promosi Rp3.000.000
  • Gaji karyawan Rp2.000.000
  • Biaya lain-lain Rp1.000.000

Total biaya operasional Rp27.500.000

dengan asumsi yang dapat dilakukan dalam satu bulannya juragan dapat mencapai target dengan menghasilkan 4.000 m2 hasil dari percetakan, sedangkan untuk harga per meter nya yaitu Rp15.000

maka untuk jumlah omzet juragan diperkirakan ada sebesar Rp60.000.000 per bulan.

Sedangkan untuk pendapatan bersihnya yaitu berkisar Rp60.000.000 – Rp27.500.000 = Rp32.500.000

jika ingin pendapatan semakin besar lagi, maka tentunya juragan harus diikuti dengan melakukan promosi yang lebih gencar dan membuka usaha di tempat-tempat yang lebih strategis sehingga usaha juragan akan selalu ramai.

Baca juga: Peluang Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue

Cara mengelola keuangan bisnis percetakan

Untuk dapat menjalankan bisnis usaha ini dengan baik maka harus diimbangi dengan pengelolaan dari segi sektor keuangannya yang baik juga.

Sebab kelemahan yang sering kali terjadi sehingga akan membuat bisnis ini tidak berjalan yakni tentang hal ini.

Bagaimana cara pengelolaan keuangan yang baik yaitu:

  1. Membuat buku rekening berbeda antara pribadi dengan bisnis sehingga tidak ikut tercampur
  2. Membuat alur kas dengan rapi, rinci, teratur dan teliti
  3. Evaluasi yang dilakukan setiap minggu nya
  4. Membuat buku agenda stok barang
  5. Membayar tagihan tepat waktu
  6. Kontrol pengeluaran dengan lebih baik

Target pasar usaha percetakan

Juragan tidak perlu mencemaskan tentang target pangsa pasar untuk jenis usaha ini, sebab yang perlu juragan butuhkan banyak sekali, yaitu:

  • Perkantoran atau instansi
  • Mahasiswa atau siswa sekolah
  • Pemilik usaha yang membutuhkan pamflet untuk promosi
  • Masyarakat luas yang butuh jasa cetak spanduk atau banner

Cara mengelola sdm usaha percetakan

Sumber daya manusia (sdm) usaha bidang percetakan ini merupakan sesuatu yang sangat vital yang harus ada, sebab jika tanpa adanya sdm maka usaha ini tidak akan dapat berjalan dengan baik.

Agar usaha ini semakin berkembang maka harus segera diimbangi dengan pengelolaan sdm yang lebih maksimal. Cara pengelolaan sdm yang tepat yakni:

  • Jaga hubungan baik
  • Turut serta dalam lingkup usaha
  • Membuat program yang menyejahterakan
  • Karyawan adalah investasi, maka memperhatikan kondisi psikis dan skill merupakan hal yang paling utama agar bisnis selalu dapat berjalan dengan baik
  • Ciptakan loyalitas.

Strategi meningkatkan profit usaha percetakan

Setiap usaha apapun yang dilakukan mendapatkan keuntungan besar adalah bidikan yang paling utama. Demikian juga halnya dengan bisnis udah di bidang percetakan.

Agar mendapatkan keuntungan atau jumlah profit semakin besar yang harusnya dilakukan adalah:

  • Buat produk serta layanan yang berkualitas sehingga para pelanggan selalu merasa puas
  • Jenis percetakan yang banyak sekali, juragan bisa mencoba membuka lebih dari satu jenis agar mendapatkan profit semakin maksimal
  • Mencari supplier bahan baku yang bisa memberikan harga yang lebih terjangkau lagi sehingga biaya anggaran pengeluaran dapat ditekan

Strategi marketing atau pemasaran

Promosi ataupun pemasaran merupakan bagian penting dalam perkembangan usaha yang tidak boleh untuk diabaikan.

Untuk dapat membesarkan usaha hingga banyak dikenal semua orang, maka promosi yang dilakukan harus secara lebih maksimal lagi.

Berikut ini adalah beberapa strategi dari marketing yang bisa dicoba:

  • Membuat kartu nama dengan desain yang menarik
  • Manfaatkan kenalan juragan untuk dijadikan calon pelanggan
  • Buat website usaha yang di dalamnya mencakup banyak informasi tentang jenis produk beserta kelebihan
  • Buat brosur ataupun pamflet sederhana
  • Memanfaatkan jaringan media sosial
  • Membuat merek atau nama yang menarik dan mudah diingat
  • Usaha percetakan juga tak kalah menggiurkan serta menjadikan salah satu usaha yang sangat menjanjikan dibandingkan dengan usaha yang lainnya.

disamping usaha ini mudah untuk dijalankan, namun kebutuhan akan percetakan di kalangan masyarakat masih sangat tinggi. Sehingga peluang usaha akan selalu saja ada menghampiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Ide Jualan Depan Rumah Paling Laris

Peluang Usaha Sosis Bakar dan Cara Memulai Usaha Sosis Bakar

Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Versi Orang Tionghoa

Jenis Tanaman Hias Yang Populer di Indonesia

Jenis Bunga Anthurium