Widget HTML #1

Peluang Usaha Souvenir dan Cara Memulai Usahanya

Peluang Usaha Souvenir
Peluang Usaha Souvenir

Cara memulai usaha souvenir

Peluang usaha souvenir dan cara memulai usahanya. Usaha souvenir merupakan salah satu jenis usaha yang memerlukan keterampilan dan juga keahlian.

Jika anda sudah mahir untuk membuatnya, maka tidak ada salahnya lagi jika mencoba terjun langsung di dalam usaha souvenir.

Tanpa memiliki keterampilan khusus sebenarnya juga bisa menjalankan bisnis souvenir. Anda bisa mengambil membeli souvenir dengan harga yang lebih murah kemudian dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi.

Sebenarnya banyak sekali jenis usaha yang tanpa harus menguasai keterampilan khusus diantaranya peluang usaha warung kopi, membuka toko sembako, toko plastik dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga: Peluang Usaha Warnet dan cara Membuka Usahanya

Kelebihan dan kekurangan usaha souvenir

Souvenir adalah jenis usaha yang terbilang cukup menjanjikan. Perlu diketahui bahwa usaha ini memiliki beberapa kelebihan yaitu sebagai berikut:

  1. Bisnis souvenir bisa dimulai dengan anggaran modal yang kecil.
  2. Bisnis usaha ini bisa dijalankan di rumah.
  3. Banyak ide souvenir yang bisa dipilih tentu saja yang sesuai dengan kebutuhan pasar maupun keahlian anda dalam pembuatannya.
  4. Tingkat persaingan bisnis yang relatif sangat rendah.

setiap jenis usahanya, pasti memiliki beberapa kekurangan. Berikut kekurangan dari bisnis souvenir ini yakni:

  1. memerlukan keterampilan untuk bisa membuat souvenir yang banyak disukai orang.
  2. Sulit menemukan SDM yang sudah ahli dalam bidang ini yang nantinya dapat dijadikan sebagai karyawan.

Peluang usaha souvenir

Ada beberapa peluang usaha bisnis souvenir dengan kemungkinannya bisa mendapatkan potensi untung yang besar. Adapun beberapa peluang potensial tersebut yaitu:

1. Membuat souvenir sendiri

Peluang usaha ini akan sangat cocok untuk anda yang jika saja memiliki keahlian dan juga kreativitas dalam membuat berbagai jenis souvenir. Anda pun bisa membuat produk-produk sendiri dengan cara menyesuaikan tema yang diinginkan oleh customer.

2. Semi produksi

Adapun semi produksi yang dimaksud di sini ialah souvenir-nya yang tidak benar-benar murni buatan anda sendiri. Yang artinya, anda harus membeli souvenir di luaran yang sudah jadi dan yang selanjutnya harus anda lakukan kemudian diubah sesuai dengan tema yang sudah dipesan.

3. Melalui distributor

Bisnis souvenir ini juga merupakan salah satu jenis usaha yang bisa dimulai tanpa mengeluarkan modal. Anda cukup mencari distributor souvenir di daerah dekat rumah anda.

Setelah menerima uang dari si pembeli, maka kemudian sebagian anda bayarkan untuk membelinya lagi di distributor. Lalu barang anda jual kembali ke customer.

Cara memulai bisnis souvenir

Bisnis ini merupakan salah satu jenis usaha yang bisa dilakukan di rumah dan cukup populer serta berpotensial. Sebagai bisnis rumahan maka persiapan yang akan diperlukan pun tidak terlalu ribet.

Adapun persiapan nya adalah sebagai berikut ini:

1. Menentukan produk yang akan dijual

Ada cukup banyak jenis souvenir yang dapat anda kreasi kan. Tentukanlah jenis produk apa saja yang akan anda produksi dan dipasarkan. Carilah beberapa produk yang bisa anda kreasi kan dan yang sesuai dengan kemampuan.

Jangan lupa juga untuk memilih beberapa souvenir yang banyak dicari agar dapat dengan mudah dalam proses pemasaran.

2. Persiapan modal

Bisnis ini juga bisa dibangun dengan hanya bermodalkan awal yang tidak besar. Selain dalam bentuk uang, modal dalam usaha souvenir ialah keahlian dalam menciptakan produk-produk yang unik dan juga menarik.

Untuk modalnya, anda bisa saja menyesuaikan nya dengan beberapa kemampuan di setiap masing-masing.

3. Membuat bisnis plan

Apapun bisnisnya, memiliki bisnis plan adalah suatu keharusan yang mutlak untuk dilakukan. Baik dari segi usaha online tanpa modal, maupun yang offline, bisnis plan ini sangat penting untuk diperhatikan.

Karena bertujuan agar bisnis yang anda kelola dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Peluang Usaha Kos Kosan dan Cara Memulai Usahanya

Modal usaha souvenir

Souvenir adalah jenis usaha yang tergolong sangat luas. Artinya ada banyak bahkan puluhan serta ratusan jenis souvenir yang dapat dipasarkan.

Pada pembahasan modal kali ini, mastagul.com akan membahasnya secara umum dan rinci, ini juga berlaku untuk setiap jenis usaha berbagai jenis macam souvenir.

Untuk modal yang akan dipaparkan berikut ini adalah modal untuk berukuran skala kecil dan juga menengah. Cocok untuk modal souvenir seperti pernikahan dan lain sebagainya. Berikut ulasannya:

  • Bahan-bahan untuk souvenir : Rp5.000.000
  • Alat-alat : Rp1.500.000
  • Pegawai : Rp1.500.000

Total : Rp8.000.000

peralatan tersebut termasuk ke dalam modal opsional. Jika sudah memiliki peralatan yang sudah lengkap, maka anda bisa untuk melewatinya.

Analisa keuntungan bisnis souvenir

Untuk menganalisa keuntungannya, kita harus tahu terlebih dahulu jenis souvenir apa saja yang antinya akan dibuat.

Misalnya seperti modal di atas, jika dialokasikan untuk membuat souvenir seperti gantungan kunci dan dengan ukiran nama kedua mempelai.

Maka modal di atas cukup untuk membuat sekitar 1.000 buah souvenir gantungan kunci pernikahan.

Sementara untuk harga satuannya, gantungan ukiran nama bisa di bandrol dengan harga Rp.10.000.

Penghitungan nya yaitu 1.000 x 10.000 = Rp10.000.000. Dan kemudian, Rp10.000.000 – Rp.8.000.000 = Rp2.000.000 untuk keuntungan bersihnya.

Jenis-jenis souvenir yang banyak diburu

Agar produk souvenir anda lebih mudah untuk dipasarkan, maka pastikan anda untuk memilih produk yang banyak dicari orang. Ada cukup banyak jenis souvenir yang kini sedang tren dan populer. Berikut ini akan kami paparkan apa saja jenis-jenisnya yaitu:

  • Gantungan kunci dengan karakter khusus
  • Frame foto
  • Pot bunga
  • Tas jinjing
  • Frame cermin
  • Boneka

Tips mengelola sdm untuk bisnis souvenir

Sebuah karya seni usaha yang bergerak dibidang produksi, mulai dari jenis usaha kue hingga sampai souvenir, untuk pengelolaan sdm nya wajib diperhatikan. Terlebih lagi jika anda sudah memiliki banyak pegawai yang cukup.

Adapun cara-caranya akan kami ulas sebagai berikut:

1. Karyawan anda adalah investasi

Dalam menjalankan bisnis usaha, untuk mendapatkan banyak karyawan yang sesuai dengan keinginan tergolong cukup sulit. Akan tetapi jika sudah mendapatkannya, buatlah agar mereka bisa merasa nyaman dengan bekerja di perusahaan anda.

2. Tetap jaga kepercayaan

Jagalah kepercayaan anda kepada setiap karyawan. Sebagai pemilik dari perusahaan, anda dituntut untuk lebih lagi memberikan rasa nyaman kepada mereka. Melalui cara inilah anda bisa menjaga kepercayaan yang anda berikan kepada mereka.

Untuk menjaga kepercayaan sangat penting sekali. Cara ini bertujuan agar setiap karyawan yakin jika mereka sudah berada di tempat yang tepat.

3. Selalu menjaga hubungan baik

Menjaga hubungan baik dengan karyawan anda bisa dilakukan melalui cara memberikan sikap ramah kepada mereka. Terkait denga hal ini, sebuah survei sudah membuktikan bahwa karyawan yang merasa senang maka akan memberi distribusi yang besar bagi perusahaan.

4. Meningkatkan keahlian dan keterampilan karyawan

Mengenal bisnis souvenir ini merupakan salah satu bisnis yang sangat mengandalkan keterampilan dan juga keahlian. Terutama jika karyawan tersebut baru saja bergabung di perusahaan anda.

Anda harus ajari mereka bagaimana cara membuat produk souvenir yang sesuai dengan ketentuan kriteria perusahaan anda.

5. Buat program yang menyejahterakan

Selain memberikan perhatian, berilah mereka sebuah regulasi yang cukup meringankan. Karyawan anda pasti akan membutuhkan banyak hal, mulai dari jaminan untuk kesehatan, tunjangan saat hari raya, dan lainnya.

6. Turut andil dalam lingkup usaha anda

Jangan memberikan ruang sempit bagi karyawan anda. Libatkan lah mereka dalam membuat suatu keputusan yang bisa menyangkut perusahaan.

Misalnya saja seperti, anda akan merencanakan untuk membuat produk souvenir terbaru, mintalah saran kepada mereka, seperti desain ataupun warna apa yang akan cocok.

Cara promosi bisnis souvenir

Untuk dapat mempromosikan bisnis yang satu ini memang terbilang susah-susah gampang. Susahnya ialah kita harus mengetahui berbagai cara promosi yang tepat.

Karena akan ada banyak kompetitor yang sudah pandai dibidang berpromosi secara digital. Mudahnya lagi promosi bisa saja dilakukan secara online ataupun offline. Berikut ini cara-cara untuk mempromosikan nya.

Promosikan bisnis melalui media sosial apapun yang sekiranya bisa dilakukan. Gunakan akun khusus sebagai fans page atau bisa akun bisnis khusus.

Agar dapat menjangkau customer yang lebih luas lagi, maka gunakan layanan digital advertising.

Buatlah logo untuk branding anda sendiri. Branding produk anda pada setiap jenis souvenir dengan logo perusahaan anda.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Warna Primer, Sekunder, Tersier, dan Netral?

Tips sukses bisnis souvenir

Agar usaha anda berjalan sesuai dengan rencana, maka berikut sudah kami rangkum beberapa tips yang bisa anda implementasi kan diantaranya yaitu:

1. Pelayanan tepat waktu

Untuk pembuatan souvenir harus segara selesai sesuai deadline. Misalnya seperti, pemesanan untuk souvenir pernikahan. Beberapa hari sebelum acara prosesi pernikahan, customer yang akan segera menggelar acara harus sudah bisa menerimanya.

2. Menjaga hubungan baik dengan konsumen

Satu konsumen saja yang puas dengan produk dan juga pelayanan anda akan sangat berarti sekali. Karena, mereka bisa saja mengenalkan brand anda kepada teman-teman ataupun keluarganya, yang berlandaskan kepuasan nya. Hal ini tentu saja menjadi promosi gratis untuk anda sendiri.

3. Minimalisir kecacatan produk

Untuk pembuatan jenis souvenir pernikahan bisa saja mencapai ribuan. Diperlukan suatu ketelitian agar souvenir yang sudah dibuat tidak ada yang rusak ataupun cacat. Untuk bisa memastikan nya, cek terlebih dahulu sebelum dikirim kepada si pembeli.

Untuk menjalankan bisnis souvenir ini, anda pun harus wajib untuk benar-benar memperhatikan pengelolaan terhadap sdm. Yang bertujuan agar usaha jenis souvenir anda dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik lagi. Bagi anda yang tertarik dengan usaha warnet bisa baca artikel peluang usaha warnet dan cara membuka usahanya. Semoga bermanfaat, semoga sukses!.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Peluang Usaha Mebel dan Cara Memulai Usahanya

Situs Jual Beli Rumah Gratis di Indonesia

Ide Jualan Depan Rumah Paling Laris

Membedakan Lebih Baik Sekolah Umum Atau Homeschooling

Kelebihan Dan Kekurangan Kubah Masjid Galvalum