Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menjalankan Bisnis Online

mastagul.com - Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menjalankan Bisnis Online. Memiliki Kesalahan Umum pada saat Memasarkan Produk Secara Online di Sosial Media sosial internet.

www.mastagul.com

Dalam Strategi pemasarkan produk yang dilakukan secara online merupakan jalan alternatifbagi para pebisnis tanpa memerllukan modal yang sangat mudah dilakukan. Melalui Media sosial yaitu platform dengan jumlah penggunanya yang sangat besar akan sangat cocok untuk bisa memasarkan produk bisnis.

Media sosial yang lainnya tak hanya merupakan platform yang bisa digunakan untuk curhat ataupun sekedar pasang status saja.

Untuk Saat ini sosial media bahkan telah menjadi ajang media promosi yang sangat efektif untuk dapat melakukan penetrasi dan memperluas pangsa pasar.

Dari media sosial yang saat ini ada, hanya ada beberapa platform yang lebih layak untuk bisa memasarkan produk mereka secara online. Dan Masing-masingnya adalah facebook, whatsapp, Instagram, dan juga Twitter. Khusus untuk Twitter mungkin agak sulit untuk mulai berjualan karena berbagai keterbatasan.
Baca juga
Peluang Usaha Rental Mobil dan Memulai Usahanya
Sedangkan Facebook dan juga Instagram merupakan media sosial yang sangat harus dimanfaatkan. Selain jumlah penggunanya yang semakin besar, kedua platform ini juga sudah menyediakan banyak fitur yang lebih mendukung promosi bisnis.

Kesalahan-Kesalahan yang Sering Terjadi Jika Memasarkan Produk Secara Online di Medsos

Meskipun media sosial sudah menyediakan berbagai macam fitur yang mendukung orang untuk berjalan namun tidak sedikit orang yang banyak gagal dalam mempromosikan produk mereka secara online. Selain jualannya yang tidak ada yang membeli, namun respon yang masuk pun juga terbilang sangat sedikit.

Selain fitur gratis yang sudah disediakan, melalui sosial media juga menyediakan beberapa layanan iklan yang dapat dimanfaatkan. Akan tetapi sebaiknya kenali dulu sejumlah kesalahan umum yang dilakukan pada saat memasarkan produk secara online yakni sebagai berikut ini.

Kesalahan Menentukan Target Pasar

Sebelum bear-benar menjalankan pemasaran secara online melalui sosial media internet maupun yang lainnya akan sangat penting jika Anda melakukan riset terlebih dahulu. Untuk Pemasaran secara online tentu saja akan sangat berbeda dengan jenis pemasaran yang dilakukan secara offline.

Tak sedikit jika para pelaku bisnis yang terlalu yakin dengan kualitas produk yang dimiliki nya. Maka Hal ini sering banyak memunculkan anggapan bahwa para konsumen akan datang sendiri jika produk berkualitas.

Karena itulah sangat penting untuk melakukan riset dengan cara menyasar segmen yang spesifik. Dan Jika Anda menggunakan iklan malalui media sosial biasanya ini akan tersedia beberapa data konsumen yang bisa dimanfaatkan.

Bahasa Iklan yang Tidak Efektif

Kesalahan lain yang juga sering juga ditemukan pada saat memasarkan prodak di sosial media yaitu pada penggunaan bahasa iklan dan juga deskripsi produk yang tidak efektif. Bahkan ada juga yanga banyak yang menggunakan bahasa yang terlalu memuji diri sendiri.

Padahal, untuk media online sangat berbeda dengan koran, brosur, ataupun media iklan cetak. Dalam Mempromosikan barang di internet justru harus dengan beberapa kalimat yang singkat, padat, serta mudah untuk dicerna. Bai Pengguna internet akan cepat bosan dengan kalimat yang terlalu panjang.
Baca juga
8 Ide Bisnis Peluang Usaha Jajanan Sehat Moderen yang Sangat Laris

Mudah Merasa Puas

Strategi promosi dengan cara memasarkan produk secara online melalui beberapa sosial media tentunya untuk tujuan dengan jangka panjang. Tetapi tidak sedikit para pelaku bisnis, khususnya para pemula yang mudah merasa puas dengan penjualan yang ada.

Ini akan mengAkibatkan, mereka tidak melakukan inovasi serta lebih memiliki sifat menunggu. Hasilnya bisa sangat ditebak, jika penjualan akan mudah menurun seiring berjalannya waktu. Padahal inovasi ini harus selalu dilakukan guna produknya selalu siap laku dan banyak dibutuhkan konsumen.

Mudah Menyerah

Begitu juga sebaliknya pada saat barang jualannya kurang laku, maka banyak para pemula yang gampang dengan mudah untuk enyerah. Padahal dalam memasarkan produk secara online tidak selalu langsung bisa memberikan hasil yang secara nyata. Terlebih lagi jika menggunakan sosial media.

Sebagai pemula, cara melakukan promosi online perlu dengan berbagai langkah. Selain hanya menggunakan fitur yang ada, maka Anda juga perlu untuk memanfaatkan bebrapa fasilitas marketplace yang ada di Facebook. Anda juga perlu masuk ke berbagai macam grup jualan yang ada.

Penjelasan diatas adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam menjalankan bisnis secara onlilne. Sukses berbisnis online tak bisa dilakukan hanya dengan sekali jalan. Maka Tak sedikit yang harus merasakan jatuh bangun terlebih dahulu sebelum sukses.

Beberapa Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Membuat Rencana Bisnis

Pembuatan Rencana Bisnis

Penyusunan dan juga pembuatan rencana bisnis merupakan salah satu bagian yang sangat penting guna mengembangkan bisnis. Rencana bisnis selain menjadi desain bagaimana caranya untuk memulai bisnis yang akan dijalankan, juga penting untuk mendapatkan dana investasi tambahan.

Selama ini tak sedikit bagi para pelaku usaha kecil yang sangat kesulitan mengakses permodalan dari perbankan. Selain karena masalah kredibilitas, usaha kecil yang lemah juga menyangkut aspek perencanaan serta pembukuan keuangannya.

Rencana bisnis ataupun bisnis plan dibutuhkan apabila bisnis Anda berhubungan dengan pihak lain.
Karena itu penting sekali untuk membuat anggaran rencana bisnis yang baik. Namun sayangnya tidakk sedikit kesalahan yang sering kali ditemukan dalam pembuatan anggaran rencana bisnis ini. Akibatnya banyak mitra bisnis menjadi ragu ataupun bahkan mundur dari kesepakatan.

4 Kesalahan Pembuatan Bisnis Rencana

Salah satu tujuan dalam penyusunan bisnis plan adalah untuk mencari serta memperoleh dana tambahan. Yang nantinya Dana ini dibutuhkan untuk modal pengembangan bisnis. Sumber dana ini bisa dari bank ataupun dari investor yang ingin menanamkan dananya.

Sayangnya, untuk sekarang ini masih banyak para pelaku usaha yang melakukan kesalahan pada saat menyusun bisnis plan. Berikut ini berbagai contoh kesalahan pembuatan rencana bisnis yang harus anda diketahui dan juga harus segera dibenahi agar dana pinjaman akan lebih mudah diperoleh.

Proyeksi Keuangan Tidak Jelas

Dalam Rencana dan juga proyeksi keuangan ini merupakan bagian penting yang akan dilihat paling pertama oleh calon investor. Karena itu sangatlah penting untuk membuat perencanaan keuangan yang jelas, potensial, dan juga secara transparan.

Sayangnya, tidak sedikit para pelaku usaha yang lemah dalam memberikan berbagai analisa menyangkut proyeksi dalam hal keuangan ini. Bahkan tak jarang jika perkiraan keuntungan yang akan diperoleh oleh calon investor begitu menjanjikan tanpa adanya diikuti detail proyeksinya.
Baca juga
Cara Memancing Ide Bisnis Usaha Paling Ampuh dan Sangat Brilian

Kelemahan dalam Analisa Persaingan

Analisa SWOT atau Strengths atau juga kekuatan, Weaknesses ataupun kelemahan, Opportunities atau disebut peluang, serta Threats atau ancaman ini merupakan bagian yang paling penting dalam pembuatan rencana bisnis.

Data tentang para pesaing bisnis ini biasanya akan menjadi kajian bagi calon investor. Jika Anda tidak memiliki data yang lebih dari cukup, maka analisa persaingan dan juga strategi untuk memenangkan persaingan akan sangat diragukan calon investor.

Karena itu sangat penting untuk melakukan riset pesaing Anda secara lebih baik. Termasuk juga menyangkut tentang keunggulan dan juga kelemahan para pesaing, keunggulan produk, hingga juga strategi yang perlu untuk bisa menghadapinya.

Tidak Transparan

Tak sedikit juga pembuatan rencana bisnis ini dilakukan dengan cara menyembunyikan kelemahan yang ada. Mungkin saja hal ini dapat dilakukan karena akan bisa diatasi nantinya ataupun bisa dianggap tidak penting. Padahal kesalahan ini pun bisa membuat calon investor merasa kecewa.

Mungkin Anda mengira jika saja menutupi kelemahan yang ada tidak akan dengan mudahnya diketahui oleh calon investor. Padahal jika seseorang berani menanamkan dananya karena secara umumnya mereka telah berpengalaman dalam bisnis.

Justru Anda perlu berterus terang tentang beberapa kelemahan yang ada dan juga alternatif ataupun solusi yang akan Anda lakukan. Dengan mengungkapkan beberapa hal ini maka calon investor juga bisa melihat kredibilitas yang Anda miliki.

Terlalu Banyak Informasi

Dalam pembuatan anggaran rencana bisnis kita sering seperti ingin mencoba mengungkapkan semua hal ke dalam sebuah proposal.

Mitra ataupun calon investor ini pada umumnya adalah orang yang sangat sibuk. Mereka pun biasanya adalah orang-orang yang telah memiliki jam terbang lebih tinggi dalam berbisnis. Untuk Membuat proposal bisnis plan yang bertele-tele justru akan lebih membuat mereka cepat bosan.

Hal ini Memang tak ada batasan jika jumlah halaman standar untuk mengisis proposal bisnis plan. Namun agar lebih efektif, hal-hal yang perlu untuk di ikut sertakan dalam proposal bisa saja dimasukkan kedalam lampiran.

Itulah berbagai kesalahan yang secara umum terjadi didalam pembuatan rencana untuk berbisnis. Menyadari akan kesalahan yang ada dan juga bisa membenahinya caranya membuat proposal yang akan dibuat dengan lebih berkualitas. Sehingga untuk para calon investor pun semakin yakin dengan anggaran rencana bisnis yang Anda lakukan. Jika anda ingin mengetahuai produka online apa saja yang paling laku dan banya peminatnya bisa cek disini.

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menjalankan Bisnis Online"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel