Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Laptop Jadul Cepat Panas dengan Mudah

Solusi Laptop Jadul Cepat Panas dengan Mudah. Cara mengatasi laptop cepat panas dengan mudah dan cepat. Jika anda sering menggunakan Laptop dalam waktu yang lama, pasti Anda akan paham perubahan suhu pada Laptop yang semakin lama akan semakin panas. Jika panas Laptop semakin over itu akan berpengaruh pada kinerja Laptop tersebut.

Mengatasi Laptop Cepat Panas

Solusi Laptop Jadul Cepat Panas dengan Mudah

Terkadang yang lebih parah Laptop akan lama (lemot) menerima perintah, bahkan Not Responding jika panasnya sampai berlebihan (Over Heat). Yang saya alami dulu karena Laptop sering di gunakan bahkan terkadang panasnya sampai Over Heat, Laptop terkadang bisa mati sendiri.

Yang lebih parah Laptop saya sampai Hardist-nya kena (mati). Data yang didalamnya pun ikut hilang (ini nyata terjadi pada Laptop saya sendiri).

Setelah kejadian itu Laptop saya selalu rajin saya bersihkan. Sesekali saya harus membongkar Laptop saya untuk membersihkan pendingin-nya (tidak disarankan untuk membongkar Laptop jika belum ahli).

Didalam Laptop ternyata merupakan rangkaian yang padat dan juga sangat sempit, sehingga sirkulasi udara tidak berjalan lancar, itu salah satu penyebab Laptop cepat panas. Berbeda dengan PC yang memiliki ruang yang lebih (longgar/gede) dan banyak fentilasi untuk sirkulasi udara.

Jika menggunakan PC walaupun Anda menyalakan seharian tidak akan bermasalah, karena PC memiliki kipas yang digunakan untuk mendinginkan komponen dalam PC. Pada Laptop sendiri selain kipas yang tertanam (masih kurang untuk mendinginkan jika pemakaian lama) ada juga alat pendingin yang menancapkan USB ke Laptop. Menurut saya cara ini cukup menguras energi baterai Laptop sehingga baterainya cepat habis.

Disini saya akan memberikan tips muda yang dapat membantu mengurangi panas pada Laptop kesayangan Anda.

Cara mengatasi panas pada Laptop dengan mudah:

1. Jangan Menggunakan Laptop diatas Kasur

Alat atau media yang menyebabkan panas pada Laptop yang sebaiknya Anda hindari sebenarnya bukan hanya kasur. Yang perlu Anda tau bahwa sifat dari kasur adalah menyerap panas dari Laptop yang Anda gunakan.

Hawa panas yang keluar dari Laptop sebenarnya tidak bisa pergi, panas akan berada disekitar kasur yang panasnya akan selalu bertambah selama pemakaian Laptop seperti: meja kayu, kaca, atau meja plastik yang tidak akan menghambat hawa panas pada Laptop untuk berpindah.

2 Penggunaan Laptop Jangka Panjang Gunakan jeda

Jika Anda menggunakan Laptop sampai berjam-jam, bahkan terkadang sampai sehari penuh maka akan membuat Laptop menjadi panas. Itu hal yang wajar karena mesin Laptop akan bekerja ekstra untuk menyelesaikan perintah yang diberikan.

Mesin juga akan bertambah panas karena tidak ada waktu istirahat untuk mendinginkan mesinnya. Untuk Anda yang sering menggunakan Laptop sehari penuh alangkah baiknya beristirahat sebentar dan matikan Laptop, baru kemudian nyalakan kembali untuk melanjutkan aktifitas.

3 Jangan Gunakan Kecerahan Maksimal

Untuk mengurangi panas pada laptop salah satunya dengan mengurangi kecerahan pada layar Laptop. Bagi Anda yang sering menggunakan kecerahan maksimal coba mulai saat ini untuk mengurangi kecerahan layar Laptop-nya. Tetapi jangan juga terlalu rendah, sesuaikan kecerahan menurut ‘Mata Anda’. Jika layar Laptop terlalu terang maka akan menyebabkan ‘mata anda’ menjadi sakit.

4. Jaga Kebersihan Laptop

Jika Anda memiliki Laptop, jangan pernah sekali-kali malas untuk mdi bersihkan  (bersihkan secara teratur). Karena keseringan dipakai pastinya banyak juga debu yang bersikulasi keluar masuk. Pasti ada aja debu yang menempel (tertinggal) di lubang fentilasi Laptop. Jika debu tersebut tidak dibersihkan akan menghalangi udara untuk masuk , sehingga Laptop akan terasa cepat panas.

5. Cek apakah Mesin Laptop Bekerja Normal

Jika Anda tau sebenarnya didalam sebuah laptop ada kipas kecil yang digunakan untuk mendinginkan mesin Laptop. Waktu pertama kali anda menghidupkan Laptop pasti akan terdengar suara kipas yang berbunyi.

Nah, jika Anda menemukan keanehan pada bunyi kipas tersebut berarti kipas Laptop ada masalah, dan jika pertama kali menghidupkan Laptop tidak ada bunyi kipas, berarti kipas Laptop Anda mati atau rusak. Untuk yang terahir ini jika Anda tidak paham komponen-komponen Laptop, alangkah baiknya Anda menyuruh jasa servis Laptop supaya rusaknya tidak lebih parah. Saya sarankan jangan dibongkar sendiri.

Nah, penjabaran di atas adalah hal-hal yang bisa mengatasi supaya Laptop Anda tidak cepat panas. Anda bisa mengindetifikasi sendiri hal-hal apa yang harus anda lakukan supaya Laptop kesayangan Anda tidak cepat panas. Dengan begitu anda bisa menghindari hal-hal tersebut. Yang perlu diperhatikan jangan gunakan Laptop secara berlebihan, karena Laptop memiliki batas maksimal penggunaan.