Widget HTML #1

Peluang Usaha Kerajinan Tangan dan Strategi Pemasaranya

Usaha Kerajinan Tangan
Usaha Kerajinan Tangan

Usaha kerajinan tangan. Ada banyak sekali jenis usaha kerajinan tangan yang bisa dilakukan. Apalagi jika usaha kerajinan tangan berasal dari hobi yang sudah lama ditekuni tentu saja akan lebih menyenangkan lagi.

Hobi yang bisa dijadikan lahan bisnis contohnya adalah seperti usaha kerajinan tangan. Jenis usaha Kerajinan tangan yang terlihat unik dan cantik biasanya akan banyak dicari untuk dijadikan oleh-oleh atau souvenir.

Baca juga: Makanan kekinian cocok untuk usaha

Kelebihan Usaha Kerajinan Tangan

Ada banyak cara kreatif untuk bisa menghasilkan uang, bahkan hanya dilakukan dari rumah. Tentunya cara yang bisa dilakukan misalnya dengan membuat beberapa kerajinan tangan yang bisa dijual pada orang lain.

Sebagai bisnis yang kreatif, kerajinan tangan ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bisnis Kerajinan Tangan tidak ada Matinya

Jika ingin Menekuni bisnis kerajinan tangan merupakan keuntungan tersendiri bagi Anda. Sebab dari sekian banyak analisa usahanya, maka usaha ini termasuk jenis yang tidak ada matinya.

Kerajinan tangan ini bisa berbentuk banyak hal dan selalu banyak orang yang mencari. Oleh sebab itu jenis usaha ini juga termasuk usaha yang tidak akan mati asalkan tetap kreatif.

2. Kecepatan Inovasi

Layaknya bisnis rumahan seperti yang lainnya, bisnis ini juga nyatanya membutuhkan banyak inovasi untuk bisa menarik pelanggan. ‘

Kelebihan dalam bisnis yang satu ini yaitu dalam kecepatan inovasi nya bisa menjadikan output produknya semakin beraneka ragam dengan pilihan warna dan bentuk yang sesuai pilihan.

3. Menciptakan Lapangan Kerja

Untuk Membuka jenis usaha dalam bidang kerajinan tangan ini, secara otomatis bisa membuat Anda membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Bagaimana tidak di dalam pembuatannya pasti akan banyak sekali melibatkan orang.

4. Dapat dilakukan Siapapun

Menjalankan usaha bisnis kerajinan tangan umumnya dilakukan oleh beberapa orang yang mempunyai hobi dan juga mempunyai keahlian dalam bidang ini. akan tetapi jika hal itu tidak menjamin bahwa hanya akan ada mereka saja yang dapat menikmati kesuksesan ini.

Anda yang tidak punya keahlian dibidang apapun dapat melakukan hal yang serupa apabila mempunyai keinginan dan juga minat yang cukup besar. Bahkan bisa jadi nanti hasilnya akan lebih baik dari pada yang lama menekuni hobi cara membuat kerajinan tangan.

5. Biaya Operasional yang Rendah

Sebagai jenis usaha yang berskala kecil karena memang masih berproses untuk menjadi lebih besar, bisnis kerajinan tangan ini yang biasanya akan membutuhkan banyak biaya yang sangat minim pula

Kelemahan Usaha Kerajinan Tangan

Dari Mempunyai kelebihan pastinya jenis usaha ini mempunyai beberapa kekurangan yang juga harus anda diperhatikan diantaranya yakni:

1. Kurangnya Tenaga Ahli

Karena untuk usaha ini masih dalam berskala bisnis di rumahan dan biasanya jenis usaha dalam bidang kerajinan ini tidak membutuhkan banyak karyawan.

Berbeda dengan yang lainnya apabila bisnis rumahan sudah mulai ramai dan banyak yang memesan, maka untuk membutuhkan ahli sangatlah penting.

2. Manajemen Karyawan

Karena bisnis ii mempunyai ruang lingkup yang lebih kecil yang akibatnya akan membuat banyak manajemen karyawan mengalami kesulitan.

Kecilnya usaha ini membuat sebagian karyawan yang ada juga masih terlalu kecil jumlahnya. Namun dari sekian banyak kurangnya jumlah karyawan akan sangat menyulitkan apabila satu pekerjaan membutuhkan banyak orang.

Akibatnya satu karyawan saja bisa meng- handle beberapa pekerjaannya sekaligus.

3. Tekanan dari Luar

Di dalam Tekanan suatu jenis usaha tidak harus berasal dari dalam usaha itu sendiri. Bahwa Tekanan juga bisa berasal dari luar.

Contohnya seperti, apabila Anda tertekan dengan beberapa tampilan dan hasil produk dari para kompetitor Anda yang sebelumnya hanya mempunyai usaha yang terbilang lebih kecil.

Yang mengakibatkan Anda tidak akan semaksimal mungkin dalam mengerjakan kerajinan tangan Anda sendiri. Akan lebih baik lagi jika tekanan tersebut dijadikan pelecut untuk bisa lebih baik lagi.

4. Sedikitnya Anggaran

Di Dalam sebuah usaha dengan jenis apa pun anggaran dana adalah hal yang paling urgent dan tidak boleh ditunda. Demikian juga dengan beberapa jasa kerajinan tangan ini.

Akan tetapi jika saja masih berskala bisnis yang dilakukan di rumahan, maka untuk anggaran biaya nya yang akan dibutuhkan tidak membutuhkan terlalu banyak.

4. Waktu yang Singkat Untuk Melengkapi Kebutuhan

Kebutuhan di dalam berbisnis kerajinan tangan sangatlah banyak. Tetapi semua itu perlengkapan yang sangat dibutuhkan biasanya akan dituntut untuk menjadi lengkap dalam waktu yang relatif sangat singkat.

Hal ini yang dimaksudkan agar terjadinya efisiensi waktu dari adanya tekanan dari pihak luar.

Baca juga: Peluang Usaha Jual Pulsa dan Strategi Pemasaranya

Modal Usaha Kerajinan Tangan

Untuk Modal awal memulai bisnis usaha tidak sama dengan jenis usaha rumahan yang lainnya, seperti usaha pada souvenir ataupun jenis usaha jual pulsa yang pada umumnya membutuhkan modal yang lumayan besar.

Dengan modal yang masih terbatas dan kecil pun Anda bisa saja memulai usaha ini. Sesuai dengan kerajinan tangan yang akan anda tekuni. Secara Umumnya modal yang dibutuhkan berkisar antara 4 sampai dengan 5 juta rupiah.

Analisa Keuntungan Usaha Kerajinan Tangan

Secara analisa nya keuntungan bisnis pada kerajinan tangan ini begitu lumayan. Contohnya untuk souvenir yang per item Anda bandrol dengan harga Rp. 10.000. maka jika dalam sehari sudah laku sebanyak 50 buah item maka dalam satu hari nya saja Anda akan mendapatkan Rp.500.000.

Coba dihitung kembali dalam sebulan, maka Anda bisa mendapatkan Rp. 15.000.000. dengan Total keuntungan bersihnya yang bisa Anda dapatkan adalah senilai 10 juta rupiah.

Target Pasar Bisnis Kerajinan Tangan

Dalam Target pasar bisnis ini sangat luas sekali cakupan nya antara lain yaitu:

1. Mahasiswa

Seorang Mahasiswa akan menjadi target pasar pertama di usia muda yang sekian lebih suka dengan berbagai jenis barang unik dan suka sekali traveling. Oleh-oleh dari traveling selain makanan biasanya berupa sebuah kerajinan tangan.

2. Pekerja Kantoran

Selanjutnya adalah para pekerja kantoran, dimana dalam usia di masa ini menjelang pernikahan. Sebuah pernikahan yang biasanya pasti akan membutuhkan souvenir untuk kenangan. Dimana Momen seperti ini dapat Anda manfaatkan.

3. Turis atau wisatawan

Yang paling sering sekali mencari dan membeli kerajinan tangan ini biasanya adalah para turis atau juga wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh yang menarik. Mereka juga kerap berburu berbagai jenis kerajinan tangan khas suatu daerah yang dikunjungi.

Jenis Kerajinan Tangan untuk Usaha

Untuk Jenis kerajinan tangan apa sajakah yang bisa dijadikan sebagai berbagai jenis usaha yang bisa dijalankan? Berikut ini rangkuman nya:

  • Aksesoris dan Perhiasan,
  • Lilin Aroma terapi,
  • Bantal Karakter,
  • Kerajinan Tangan Tradisional,
  • Sablon Kaos.

Cara Promosi Bisnis Kerajinan Tangan

Untuk bisa mempromosikan berbagai jenis usaha dari kerajinan tangan ini akan lebih mudah dan terbantu dengan adanya beberapa kemajuan digital utamanya media sosial, seperti:

  • Facebook,
  • Instagram,
  • Market Place,
  • Whattsup, dll.

Di daerah pariwisata untuk promosi kerajinan tangan ini dilakukan dengan cara membuka banyak kios kerajinan tangan.

Baca juga: Cara Memulai Usaha Waralaba atau Franchise Hotel

Tips Sukses Bisnis Kerajinan Tangan

Jika Ingin sukses saat menjalani usaha ini? siapa pun juga pastinya menginginkannya. Namun untuk bisa meraihnya terdapat beberapa drai tips yang harus dilakukan yakni:

  • Melakukan banyak inovasi,
  • Berkomitmen dan juga konsisten di dalam menekuni dunia kerajinan tangan,
  • Jangan malu untuk terus belajar dari orang lain yang lebih dulu sukses,
  • Membuat kerajinan yang lebih unik, berbeda dan juga belum ditemukan orang lain,
  • Menekuni berbagai jenis usaha kerajinan tangan adalah sesuatu hal yang menyenangkan dan menguntungkan.

Usaha kerajinan tangan dari tahun ke tahun selalu ramai dibanjiri para peminat. Sama halnya dengan jenis usaha berjualan pulsa.

Dan akibatnya lonjakan dalam permintaan usaha kerajinan tangan kini semakin besar. Apakah Anda sudah siap untuk ikut andil dan terjun ke dalam bisnis kerajinan tangan. Selamat mencoba, semoga sukses?.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Ide jualan depan rumah

Peluang Usaha Mainan Anak yang Tidak Ada Matinya

Peluang Usaha Bidang Jasa yang Sangat Menghasilkan

Cara Memancing Ide Bisnis Usaha Paling Ampuh dan Sangat Brilian

Apa yang Dimaksud Warna Primer