Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Tanaman Hidroponik, Untungnya Menjanjikan

Bisnis tanaman hidroponik, untungnya menjanjikan. Sudah tidak asing lagi dengan tanaman Hidroponik dalam dunia tanaman, banyak yang sudah mengetahui cara bercocok tanam seperti ini. Apalagi mereka yang tidak memiliki lahan luas dengan cara ini mereka bisa memanfaat kan lahan-lahan sempit dengan cara penanaman hidroponik.

Jika di amati hingga saat ini untuk peminat tanaman hidroponik sungguh sangat signifikan peningkatannya. Banyak yang mulai menginginkan jenis tanaman hidroponik ini, di sisi lain karena jenis tanaman nya yang bersih serta cukup higienis. Setiap tahun nya 20-30% tanaman hidroponik mengalami banyak peningkatan dalam pemesan nya.

Sudah banyak survei yang membuktikan berbagai macam gerai penjualan pasar modern yang ada di indonesia seperti mall-mall tertentu yang menjual jenis tanaman hidroponik.

Mereka menginginkan pasokan tanaman sayuran hidroponik yang cukup untuk mengkafer setiap bulannya. Bahkan perbulan nya mereka memerlukan pasokan sayuran hidroponik hingga mencapai 3-4 ton.

Angka ini belum bisa di jadikan patokan untuk stok perbulannya karena para peminat yang masuk ke pasar-pasar yang sudah modern menginginkan lebih banyak lagi.

Para petani yang memiliki lahan seluas 1.000 m2 hampir setiap hari nya mampu menghasilkan 50-100 kilogram tanaman hidroponik yang keluar dari perkebunan nya, harga yang di tawarkan pun cukup beragam dari harga 30.000 sampai dengan 80.000 per kilogram nya tergantung jenis sayuran yang di sediakan. 

Jika anda tertarik dengan keuntungan yang di dapatkan dengan cara menanam tanaman hidroponik ini maka mulai lah untuk menjalankan bisnis ini, di samping cara penanaman nya yang mudah juga tidak memerlukan lahan yang seluas yang anda bayangkan.

Cara termudah dalam bercocok tanam hidroponik tidak memerlukan banyak tenaga ekstra yang anda keluarkan, anda hanya cukup untuk mengamati nutrisi yang ada dalam air dan juga pada jenis tanaman nya.

Namun sebaliknya jika anda menggunakan media tanah pada tanaman nya akan sulit untuk mendeteksi nutrisi yang ada pada bawah tanaman tersebut.

Disamping cara penanaman nya yang mudah dan tidak memerlukan banyak lahan yang luas, cara ini akan ampuh untuk menghemat biaya modal yang cukup rendah. 

Jika nanti ke depan nya sudah tidak ada lgi lahan luas di negara kita tentu nya kita bisa memanfaatkan lahan sempit untuk menanam hidroponik.

Untuk jaman yang saat ini sudah cukup modern tidak lagi kita harus memikirkan bagaimana cara menanam tanaman untuk menghasilkan tanaman yang banyak tanpa memiliki lahan luas yakni dengan lahan sempit / Hidroponik.

Cukup sederhana dan juga hamble tanpa memakan banyak waktu, tenaga, dan membuat fisik selalu bersih dari kotoran tanah.

Pada dasarnya tanaman hidroponik ini zat pengganti dari tanaman yang pada umumnya media yang di pakai hampir keseluruhan tanah, namun kali ini berbeda media yang di pakai bukan tanah lagi melainkan menggunakan media tanam air.

Berikut merupakan cara-cara jitu untuk bisa menghasilkan keuntungan besar yang sekarang sudah banyak yang menggeluti dalam menjalankan bisnis hidroponik ini yaitu:

Menargetkan Pasar Bisnis Hidroponik

Saat ini sudah banyak pasar-pasar modern yang tertarik untuk mulai memasukkan tanaman hidroponik ke dalam jualan nya, kerena banyak peminat yang kian tahun mulai beralih ke hodroponik.

Untuk para petani yang menggunakan cara ini bahkan sudah mulai kewalahan dalam menghadapi pesanan yang kian tahun kian meningkat.

Untuk pemesan nya bahkan mulai beranjak ke berbagai jenis industri lain nya seperti di perhotelan, pasar-pasar swalayan, perkantoran yang memiliki tempat makan, katering dan masih banyak lagi tempat-tempat yang mulai tertarik untuk mengkonsumsi hidroponik.

Keunggulan dari tanaman jenis hidroponik ini yaitu tidak mengandung Pestisida, biasanya tanaman yang menggunakan media tanah justru banyak sekali mengandung bahan pestisida.

Itulah mengapa tanaman dengan cara hidroponik ini lebih mahal di bandingkan tanaman yang menggunakan media tanam tanah karena tidak mengandung pestisida. Jenis tanaman yang bisa ditanam misalnya seperti bayam, kangkung, selada, sawi hijau, sawi putih dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada dua jenis cara penanaman hidroponik yaitu dengan cara sistem aeroponik serta teknik lapisan tipis pada nutrisi ( NFT ).

Penjelasan nya untuk sistem yang memakan aeroponik ini banyak yang menggunakannya untuk beberapa penelitian-penelitian tertentu. Sedangkan untuk sistem NFT cara penanaman nya yang terbilang cukup mudah dan berbanding terbalik dengan aeroponik.

Bagi yang masih awam mengenai tanaman hidroponik anda tidak perlu memulai bisnis ini dengan terburu-buru, cukup lakukan penelitian dan percobaan terlebih dahulu dengan mencoba menanam di area rumah anda saja.

Hal ini akan membuat anda lebih mengerti ke depan nya jika ingin membuka skala yang lebih besar lagi. Hasil dari bertanam di rumah bisa anda jual ke warung-warung terdekat.

Adapun Beberapa Cara Langkah Untuk Memulai Bisnis Hidroponik Ini Yakni Di Antaranya:

  • Mencari tau serta memahami terlebih dahulu beberapa konsep yang di perlukan dalam membudidayakan hidroponik.
  • Menentukan jenis tanaman apa yang nantinya akan anda geluti.
  • Mencari tahu kepada yang sudah ahli mengenai alat-alat apa saja yang di perlukan untuk bisa menanam hidroponik. Karena ini akan sangat penting sekali bagi anda yang masih awam.
  • Jika anda sudah mengetahui alat apa saja yang akan di butuhkan maka mulai lah untuk mengumpulkan apa yang akan di pakai. Kemudian carilah peralatan yang tidak menguras kantong namun berkualitas standar.
  • Mulailah untuk segera memproses pembibitan dan juga penyemaian dengan cara media Rockwool serta berikan nutrisi untuk tanaman nya jangan lupa untuk selalu mengamati setiap perkembangan nya.

Inilah Keuntungan Yang Di Dapat Dari Hidroponik 

Yang menjadi salah satu keunggulan dalam bercocok tanam hidroponik yaitu menghemat biaya waktu, tenaga, serta uang. Karena dengan hidroponik anda hanya cukup melarutkan nutrisi ke dalam air yang akan di gunakan untuk menanam nya.

Sayuran hidroponik ini banyak yang menyukai nya terutama untuk mereka kalangan menengah ke atas. Mereka mampu membeli jenis sayuran yang terbilang mahal ini karena menurut nya sangat menyehatkan bagi tubuh serta bebas dari pestisida.

Perbedaan sayuran yang di tanam dengan menggunakan media tanah sayuran hidroponik ini memiliki harga atau nilai jual nya yang sangat tinggi, untuk harga rata-rata sebagian sayuran ini berkisar 50.000 sampai dengan 70.000 perkilogram nya.

Apalagi konsumen seperti perhotelan dan restoran yang memesan tanaman ini tidak akan jadi masalah untuk harga jual yang di tetapkan jika sayuran yang di dapat memiliki kualitas yang sangat baik.

Mengetahui Hambatan Apa Saja Pada Hidroponik 

Sebenarnya jika kita ingin memulai bisnis baru dan masih awam tentu nya banyak biaya yang harus di keluarkan. Seperti halnya biaya listrik serta peralatan untuk menampung tanaman tersebut.

Hal ini tentunya masih jarang sekali yang ingin membudidayakan hidroponik di kalangan para petani lokal.

Akan tetapi tidak perlu khawatir karena pemikiran demikian itu sudah sangat lama dan kuno. Saat ini sudah banyak dari sebagian petani yang ingin mengeluti ini memakai bahan atau wadah dari barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi.

Serta untuk menghemat biaya listrik dan pompa yang sudah tidak di perlukan lagi oleh para petani yang ingin menanam secara hidroponik. Hanya memanfaatkan dari barang bekas saja. Dengan memakai cara ini justru kita bisa melestarikan lingkungan hidup yang ada di sekitar kita.

Menganalisa Strategi Pemasaran Hidroponik

Karena untuk berbagai jenis sayuran hidroponik ini terbilang harga nya di atas rata-rata sayuran pada umumnya, para petani kini sudah mulai menargetkan peluang pasar untuk kalangan menengah atas.

Mereka akan mensuplay tanaman hidroponik nya untuk pasar-pasar yang sudah modern dan tempat-tempat yang mewah.

Untuk bisa menjangkau pasar-pasar kalangan menengah ke atas anda harus menyediakan beberapa sample atau contoh sayuran hidroponik yang akan di jual kepada mereka.

Serta anda juga bisa sekaligus mengajak para pembeli ke tempat pertanian hidroponik yang anda miliki untuk mengetahui jika tempat yang anda gunakan bersih dan rapi, tak hanya dengan mengajak melihat tnaman hidroponik yang anda miliki namun mereka juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat wisata kebun sayuran.

Bagaimana Kunci Sukses Untuk Bisnis Hidroponik

Untuk bisa mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis ini yaitu anda harus benar-benar menekuni nya. Tidak hanya itu anda juga harus memperhatikan kadar air serta nutrisi yang ada dalam air.

Tidak hanya nutrisi pastikan kebutuhan air untuk hidroponik ini harus mencukupi karena tanaman hidroponik sangat membutuhkan air dan paparan sinar matahari cukup.

Sangat mudah membudidayakan tanaman ini, tidak hanya bisa di tanaman di luar ruangan yang ada matahari nya, namun tanaman hidroponik dapat di tanam di dalam ruangan dengan memakai bantuan seperti lampu. Selamat mencoba semoga sukses.

Recommended By The Author

> Peluang Usaha Cuci Sepatu dan Cara Memulainya

> Peluang Usaha yang Cocok untuk Modal 5 Juta

> Peluang Usaha Lapangan Badminton

> Cara Memancing Ide Bisnis Usaha Paling Ampuh dan Sangat Brilian

> Peluang Usaha Menjahit Rumahan dan Cara Memulai Bisnis Menjahit