Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Download Aplikasi di Laptop Gratis

Cara Download Aplikasi di Laptop Gratis
Cara Download Aplikasi di Laptop Gratis

Cara download aplikasi di laptop gratis mungkin sebagian orang memang sudah banyak yang mengetahuinya.

Akan tetapi bisa berakibat fatal pada saat melakukan penginstalan softwarejika sobat tidak berhati-hati dalam download aplikasi gratis atau softwaregratis  untuk laptop sobat.

Hal itu disebabkan pada saat sobat download aplikasi di laptop gratis yang terdownload bukanlah aplikasi yang diinginkan melainkan sebuah firus malwar atau virus lain.

Untuk menjaga laptop sobat agar tetap sehat dan terhindar dari firus malwar atau virus lain, sobat harus bijak menentukan dalam download aplikasi di laptop gratis.

Bagi sebagian orang yang masih awam tentang laptop pastinya akan sangat kesulitan untuk download aplikasi di laptop, untuk mencari caranya seakan-akan membuat kepala menjadi pusing.


Sekarang sudah banyak sekali aplikasi atau software keren yang bisa di instal pada laptop atau komputer yang sobat miliki melalui google play store.

Google play store setelah sukses menyediakan aplikasi-aplikasi keren untuk smartphone sekarang juga sudah menyediakan aplikasi di laptop.

Tentunya aplikasi tersebut ada yang bisa di download secara gratis juga ada yang berbayar, tergantung dari developer penyedia aplikasi atau software tersebut.

Dengan adanya google play store di laptop tentunya memudahkan sobat untuk mendownload aplikasi atau software yang di butuhkan sehingga bisa memperlancar pekerjaan sobat di laptop.

Beberapa partanyaan yang sering ditanyakan tentang google play store di laptop bagi orang yang masih awam.


Apakah Bisa Play Store di Laptop?

Pertanyaan seperti ini dulu juga pernah ada di benak saya.

Apakah bisa google play store digunakan untuk laptop atau komputer,,??

Bukanya google play store hanya bisa digunakan untuk smartphone berbasis android….!!!!!

Nah, kira-kira pertanyaan seperti itu yang ada di benak saya, sampai akhirnya saya mencari tau melalui browsing kesana kemari dan akhirnya menemukan jawabanya yaitu bisa.

Karena menemukan jawaban bahwa google play store bisa digunakan di laptop tentunya perasaan hati sangat senang.

Kenapa sangat senang,,,? Tentunya karena di dalam google play store terdapat aplikasi-aplikasi yang sangat keren dan menyedikan banyak sekali pilihan.

Setelah mengetahui bahwa google play store bisa digunakan di laptop tentunya akan menimbulkan pertanyaan baru yaitu bagaimana cara mendownloadnya,,?


Bagaimana Cara Download Play Store di Laptop?

Bisa dikatakan cara download play store di laptop sebenarnya cukap mudah dilakukan bila mengetahui caranya. Akan tetapi jika belum mengetahui caranya bisa dibilang sangat sulit.

Cara unduh aplikasi di google play store ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan, yang pertama menggunakan Microsoft Store dan yang kedua menggunakan Google Playstore Web.

Cara tersebut bisa sobat terapkan pada laptop atau pc yang menggunakan sestem operasi windows 7, 8, 10 atau versi yang lainya.

Kasus yang sering terjadi pada google play store yang terdapat pada smartphone / hp terkadang sering mengalami eror, terhapus dengan sendirinya, hilang dan parahnya lagi tidak bisa dibuka walaupun aplikasi masih terinstal.

Untuk lebih jelasnya berikut cara download play store di laptop atau PC


Cara Download Play Store Di Laptop Tanpa Emulator

Untuk bisa mendowload aplikasi play store di laptop sobat bisa berkunjung ke situs yang menyediakan unduh apk android seperti  ApkPure.com.

Tidak usah diragukan lagi ApkPure merupakan situs yang menyediakan berbagai macam aplikasi android dari versi yang lama sampai versi yang terbaru.

Di situs ini sobat juga sangat mudah untuk menemukan aplikasi google ply store yang nantinya bisa sobat download di laptop atau pc.

Berikut cara download play store di laptop tanpa emulator:

1. Silahkan berkunjung ke situs ApkPure.com  kemudian cari dengan kata google play store kemudian klik, maka akan muncul seperti gambar dibawah.

Cara Download Aplikasi di Laptop Gratis
Cara Download Aplikasi di Laptop Gratis

2. Kemudian klik pada tulisan "Unduh Apk", tunggu hingga proses download selesai. Kecepatan download aplikasi di ApkPure tergantung dari jaringan yang sobat gunakan.

3. Setelah proses download selesai sobat buka drive laptop atau komputer yang sobat gunakan, kemudian cari aplikasi Google Play Store yang formatnya berbentuk Apk .

4. Setelah di temukan kemudian pindahklan aplikasi google play store yang berbentuk Apk ke smarthone sobat.

5. Selesai.

Itulah cara download play store di laptop tanpa emulator yang bisa sobat gunakan. Dengan mengetahui cara di atas mastagul harap sobat sudah tidak merasa kesulitan untuk mendownload aplikasi google play store di laptop tanpa emulator.


Cara Download Aplikasi di Laptop Gratis

Cara lain untuk download aplikasi di laptop gratis yaitu menggunakan bantuan situs APK-downloader.

Dengan menggunakan APK-downloader sobat bisa mendownload aplikasi yang natinya akan berformat APK.

Untuk lebih jelasnya mastagul akan memberikan caranya supaya sobat tidak kebinggungan.

1. Silahkan sobat berkunjung ke situs Google Play Store.

Cara Download Aplikasi di Laptop Gratis
Cara Download Aplikasi di Laptop Gratis

2. Setelah masuk ke tampilan menu google play silahkan sobat klik pada kolom pencarian untuk mencari aplikasi apa yang mau sobat download.

3. Kemudian copy link yang ada di bagian atas.

3. Setelah itu kunjungi situs APK-Downloader.

Cara Download Aplikasi di Laptop Gratis
Cara Download Aplikasi di Laptop Gratis

4. Setelah di tapilan situs APK-Downloader paste link yang tadi sudah sobat copy sebelumnya. kemudian klik pada tulisan "Buat Link Download"

5. Yang terahir klik pada tulisan "Klik di sini untuk mengunduh"

6. Selesai


Bagaimana Cara Menginstal Aplikasi di Laptop?

Pada umumnya sebagian pengembang software atau aplikasi laptop atu komputer sudang memberikan kemudahan dalam proses instalasi.

Sudah bisa dipastikan jika sobat semua pastinya sudah dapat melakukan pengistalan dengan mudah tanpa ada halangan yang serius.

Yang menjadi masalah terkadang ada beberapa aplikasi yang mungkin tidak dapat di instal karena karena mungkin terjadi error atau bermasalah pada saat proses download aplikasi tersebut.

Akan tetapi tenang saja, semua masalah tersebut pastinya ada penyebabnya mengapa aplikasi atau software yang sobst download tidak bisa di instal di laptop ataukomputer kesayangan sobat.

Kenapa tidak bisa menginstal aplikasi di laptop, jika di jabarka tentunya banyak sekali penyebanya aplikasi yang sudah sobat download tidak bisa di instal.

Setelah menunggu proses download aplikasi yang lama, ketika mau di instal ternyata tidak bisa tentunya membuat hati tidak merasa enak.

Supaya tidak terjadi hal-hal yang demikian mastagul akan memberikan sedikit penyebabnya.

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Diinstall

Berikut beberapa penjelasan mengapa aplikasi yang sobat ddownload tidakbisa di install.

Download Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Kompabilitas merupakan hal yang penting di perhatikan pada saat amu menginstal aplikasi di laptop atau komputer milik sobat.

Sebab jika aplikasi yang sobat download tidak kompatibel dengan perangkat laptop atau komputer yang sobat miliki bisa menyebabkan kegagalan pada saat proses penginstalan.

Ketika laptop atau komputer sobat menggunakan OS Windows 7, sobat dengan mudahnya meenginstal berbagai aplikasi tanpa ada kendala sedikitpun akan tetapi ketika laptop atau komputer sobat diganti dengan os windows yang di atasnya sobat menemukan beberapa aplikasi yang tidak bisa di instal atau ketika di instal mengalami error.

Hal semacam itu bisa terjadi karena aplikasi yang sobat download tidak kompatibel dengan windows terbaru.

Download Aplikasi yang Tidak Cocok

Kesalahan yang seperti ini yang sering terjadi ketika mendownload aplikasi tidak melihat spesifikasi terlebih dahulu.

Dalam laptop atau komputer, ketika sobat mau dowload aplikasi harus di perhatikan terlebih dahulu laptop yang sobat gunakan menggunakan arsistektur 32 bit atau 64 bit.

Biasanya ketika mendownload aplikasi sobat akan di beri spesifikasi bahwa aplikasi tersebut hanya suport terhadap laptop yang memiliki sistem 32 bit atau 64 bit.

Ketika laptop atau komputer sobat menggunakan sistem 32 bit dan sobat salah download aplikasi yang hanya suport dengan 64 bit tentunya tid-ak aplikasitersebut tidak akan bisa di instal pada laptop sobat.

Alangkah baiknya jika sobat mau download aplikasi di laptop sewajarnya harus mengetahui terlebih dahulu aplikasi yang mana yang suport dengan laptop atau komputer sobat.

Download Aplikasi yang Belum Update

Biasanya pengembang sebuah aplikasi akan selalu melakukan pembaharuan sistem supaya aplikasi tersebut tidak ketinggalan seiring berkembangnya teknologi.

Untuk jangka waktu pembaharuan berbeda-beda tergantung dari pengembang aplikasi tersebut.

Biasanya aplikasi yang sering melakukan update itu terdapat pada aplikasi yang berbasis permainan atau sering disebut game.

Aplikasi game akansering melakukan update pembaharuan ke versi terbaru supaya pemainya tidak akan cepat bosan.

Contoh lain yaitu aplikasi atau software yang digunakan untuk pekerjaan editing seperti CorelDraw x4 masih suport jika di laptop yang menggunakan windows 7, akan tetapi sudah tidak suport lagi jika laptop sobat menggunakan windows 10 bahkan bisa dibilang sudah tidak bisa di install.

NET Framework Lawas

Seiring dengan perkembangan teknologi beberapa aplikasi pada saat ini hanya bisa di instal pada net framework yang memilki versi terbaru.

Sangat besar kemungkinan jika aplikasi yang sobat download memiliki versi NET Framework yang terbaru sedangkan versi NET Framework pada laptop yang sobat gunakan masih yang lawas itu bisa menjadi masalah bahkan parahnya lagi mungkin tidak bisa di install.

Itulah alasanya mengapa pada saat mau download aplikasi di laptop harus benar-benar jeli dalam memilih, sehingga tidak kecewa pada saat penginstalan nantinya.

Solusi Laptop Tidak Bisa Instal Aplikasi

Setelah mengetahui penyebab aplikasi tidak bisa diinstall di laptop kesayangan sobat berikut mastagul berikan beberapa poin penting untuk solusi laptop tidak bisa instal aplikasi.

Aktifkan Compability Mode

Terkadang ada beberapa aplikasi yang sudah sobat download di laptop ketika mau melakukan penginstalan terjadi masalah bahwa aplikasi yang sobat instal tidak Kompatibel di laptop sobat.

Jika hal seperti itu yang terjadi, yang perlu sobat lakukan adalah dengan cara aktifkan compability mode yang ada pada aplikasi yang mau sobat instal.

Untuk aktifkan compability mode pada aplikasi yang mau sobat instal tidak terlalu sulit, berikut mastagul berikan beberapa cara untuk aktifkan compability mode pada aplikasi sebelum sobat instal.

  1. Cari aplikasi yang mau sobat instal kemudian klik kanan, pilih pada properties.
  2. Setelah pilih properties, akan muncul tampilan menu properties kemudian klik pada Compability
  3. Kemudian centang pada pilihan "Run this program in compatibility mode for".
  4. Setelah itu klik pada tombol "Apply" kemudian "OK"
  5. Selesai,

Setalah sobat melakukan pengaturan aplikasi seperti di atas sekaran coba untuk melakukan penginstalan aplikasi.

Download Aplikasi Terbaru

Dalam aplikasi sering terjadi pembaharuan sistem yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja aplikasi tersebut.

Terkadang aplikasi belum tentu bisa di instal pada beberapa perangkat laptopyang sesuai dengan versinya.

Ketika laptop yang sobat gunakan menggunakan sistem versi terbaru tidak akan bisa untuk menginstal aplikasi yang menggunakan versi lawas.

Oleh sebab itu ketika laptop sobat menggunakan sistem operasi yang baru alangkah baiknya jika download aplikasi terbaru juga supaya tidak terjadi masalah dalam proses instal.

Jika laptop sobat menggunakan sistem oprasi 32bit sobat juga harus download aplikasi yang suport dengan sistem operasi 32 bit, dan jika menggunakan laptop yang beroperasi 64 bit alangkah baiknya jika download aplikasi yang menggunakan sistem operasi 64 bit.

Hal itu untuk mengurangi error atau kegagalan pada saat proses penginstalan aplikasi yang sobat dambakan.

Install NET Framework Terbaru

Jika terjadi error pada saat proses instalasi aplikasi bisa dikarenakan NET Framework yang sobat miliki masih menggunakan versi yang lawas.

Untuk mendapatkan NET Framework terbaru sobat bisa download di situs NET Framework kemudian instal di laptop kesayangan sobat.

Bagi sobat yang belum mengetahui caranya berikut mastagul berikan sedikit gambaran.

  1. Silahkan sobat berkunjung ke situs NET Framework, kemudian download yang versi terbarunya.
  2. Setelah di download silahkan instal aplikasi dengan cara klik dua kali.
  3. Setelah muncul jendela Microsoft .NET Framework lalu centang pada bagian I have read an accept the license terms, kemudian klik Instal.
  4. Kemudian tunggu proses instal hingga selesai.
  5. Setelah selesai dalam proses instalsi sobat diminta untuk Restart Now.
  6. Selesai.

Mudah bukan, mastagul rasa sobat bisa untuk melakukan Install NET Framework Terbaru sendiri tanpa harus kebinggungan lagi.

Install Komponen Pendukung Lainya

Dalam proses instalasi aplikasi biasanya membutuhkan komponen pendukung sehingga tidak mengganggu proses penginstalan.

Sobat bisa download terlebih dahulu komponen-komponen pendukung seperti Driver, DirectX, serta NET Framework yang barusan mastagul bahas di atas.

Setelah komponen-komponen pendukung di atas sobat download kemudin instal di laptop sobat.

Kenapa Tidak Bisa Download Aplikasi di Laptop?

Sering terjadi pertanyaan kenapa tidak bisa download aplikasi di laptop?.

Untuk download aplikasi di laptop banyak sekali caranya, salah satunya menggunakan bantuan Microsoft Store.

Microsoft Store sendiri adalah tempat atau wadah berbagai aplikasi atau game yang yang di sediakan oleh windows 10 yang nantinya bisa sobat download untuk di install di laptop kesayangan dobat.

Aplikasi yang di sediakan Microsoft Store sangat banyak sekali ragamnya, aplikasi yang disediakan oleh Microsoft Store ada yang bersifat gratis dan juga ada yang berbayar.

Yang menimbulkan masalah terkadang Microsoft Store tidak bisa download aplikasi, padahal sebelumya dapat digunakan untuk download aplikasi secara normal.

Jika terjadi hal seperti itu mastagul akan memberikan beberapa penyebabnya terlebih dahulu kemudian di jelaskan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Tidak Bisa Download Aplikasi di Laptop

Berikut mastagul berikan beberapa penyebab kenapa Microsoft Store tidak bisa download bahkan untuk Update sekalipun.

Koneksi Internet Bermasalah

Kemungkinan yang pertama terjadi pada jaringan internet yang sobat gunakan, coba periksa jaringan internet apakah normal atau terjadi gangguan (down).

Jika internet yang sobat gunakan terjadi gangguan itu menyebabkan Microsoft Store tidak bisa mengakses serfer penyedia layanan.

Jika sedang terjadi gangguan terkadang server yang berada di Asia bisa saja dapat di akses akan tetapi belum tentu server USA atau Europa bisa di akses.

Bad Cache

Jika sobat mendapatkan peringatan yang berbunyi “Windows Store cache may be damaged” pada saat mau melakukan download aplikasi menggunakan Microsoft Store itu berarti memiliki masalah pada cache aplikasi Microsoft Store yang mengalami kerusakan.

Bila Cache Microsoft Store rusak mengakibatkan list aplikasi yang terdapat di Microsoft Store tida bisa untuk di update, dan parahnya lagi sobat tidak akan mendapat feed aplikasi yang terbarunya.

Bad Registry Entry

Bila terjadi korup pada registry entry bisa menyebabkan  Microsoft Store tidak bisa melakukan update bahkan download aplikasi.

Karena sistem registry yang tidak sehat dapat mempengaruhi aplikasi yang terdapat pada Windows 10.

Settingan Region

Aplikasi Microsoft Store yang mau di instal di pengaruhi oleh setingan region yang terdapat pada Microsoft Store itu sendiri.

Penyebabnya karena aplikasi yang terdapat pada Microsoft Store hanya dapat di akses oleh negara di US.

Windows Original

Pastikan Windows yang terdapat di laptop sobat menggunakan Windows original bikan yang bajakan.

Jika laptop sobat mengunakan Windows bajakan bisa dipastikan tidak dapat mengakses di microsoft Store, hal itu disebabkan karena koneksi ke server Microsoft akan di blokir supaya tidak ketahuan bahwa windows yang digunakan adalah bajakan.

Dengan akses ke server Microsoft yang di blokir sangat mempengaruhi kerja Microsoft Store.