Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Toko Roti dan Cara Memulainya

Peluang usaha toko roti dan cara memulainya. Mempunyai ide membuka usaha toko roti merupakan gagasan yang sangat cemerlang saat ini. Kenepa tidak,,? Membuka usaha toko roti masih memiliki prospek yang sangat menjajikan. Selain itu untuk mendapatkan bahan baku membuat roti juga tidak terlalu sulit.

Akhir-akhir ini minat masyarakat terhadap makanan roti dan sejenisnya semakin meningkat. Hal ini bisa dilihat semakin banyaknya toko roti yang menyediakan variasi roti yang selalu bermunculan. Itu merupakan peluang bisnis yang sangat menggiurkan.

Jika anda berminat terjun menekuni usaha usaha toko roti simak penjelasan berikut sebelum memulainya sebagai bahan referensi.

Peluang usaha toko roti

Membuka usaha toko roti merupakan salah satu ladang terbesar untuk bisnis kuliner yang terbilang cukup menjanjikan. Pasalnya selain dari bahan baku yang melimpah ruah, serta minat semua masyarakat akan makanan roti yang satu ini juga akan terus banyak mengalami peningkatan.

Hal itu karena sudah terlihat dari banyaknya variasi roti yang semakin terus menerus bermunculan dan sudah menjadi favorit banyak orang. Bagi juragan yang mulai tertarik membuka usaha toko roti, berikut ini simak terlebih dahulu beberapa peluang serta analisa usahanya sebagai berikut ini.

Baca juga : Beberapa Cara Membuat Hand Sanitizer Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Roti merupakan salah satu makanan pengganti dari nasi yang banyak disukai semua orang. Roti ini biasanya dimakan disaat sarapan, sebagai teman untuk minum kopi, atau juga bisa sebagai solusi untuk mengganjal perut yang tengah kelaparan sebelum makan siang datang. Sebagian dari mereka yang kurang suka untuk bisa mengonsumsi nasi pada saat malam hari, makanan roti juga sering kali dijadikan sebagai pilihan untuk ngemil.

Sebagai makanan ringan, roti menjadi salah satu makanan yang bisa dinikmati oleh semua usia mulai dari remaja, anak-anak, hingga orang dewasa maupun lansia, dan sebagian besar mereka pasti banyak yang sudah menyukai roti. Tidak hanya itu saja, jenis makanan berbahan dasar tepung juga banyak yang membutuhkan di berbagai acara. Dari mulai acara arisan, seminar, pengajian, hingga pernikahan dan lain lain, roti hampir setiap saat digunakan sebagai aneka jajanan serta suguhan.

Tingginya minat dan kebutuhan semua masyarakat terhadap makanan roti ini menunjukkan bahwa jika peluang bisnis toko roti ternyata masih bisa berkembang pesat menjadi lebih besar. Oleh karenanya, maka tidak heran jika banyak orang yang mencoba peruntungan dibidang bisnis toko roti.

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak dari kalangan artis tanah air yang mulai membuka bisnis toko roti di beberapa kota.

Alasan membuka usaha toko kue

Bagi juragan yang ingin membuat roti dan ingin mendapatkan penghasilan dari keahlian membuat roti, maka memulailah untuk membuka bisnis toko roti rumahan. Itu semua merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Tanpa perlu adanya modal besar juragan juga sudah bisa memulai bisnis usaha toko roti dari rumah. Apalagi di zaman era yang serba internet seperti sekarang ini, juragan juga sudah tidak harus menyewa tempat untuk membuka toko roti.

Berikut beberapa contoh analisa bisnis toko roti tanpa biaya sewa tempat.

Modal awal usaha toko roti

Rincian modal awal usaha toko roti

  • Mixer roti rp4.000.000
  • Kompor gas rp.400.000
  • Oven gas rp5.000.000
  • Timbangan kue rp100.000
  • Loyang persegi rp100.000
  • Loyang persegi panjang rp100.000
  • Loyang cetakan kecil rp100.000
  • Ayakan rp100.000
  • Whisk (pengocok adonan) rp70.000
  • Peralatan untuk memasak (spatula, panci, wajan, dll) rp500.000
  • Peralatan yang digunakan untuk penunjang lainnya (pisau cutter, pisau, gunting, kantong plastik, sarung tangan, lap, dll) rp300.000

Total rp10.770.000

Biaya operasional bulanan

  • Listrik dan pdam rp500.000
  • Gas 12 kg rp120.000
  • Bahan kue (tepung, mentega, dll) rp3.000.000
  • Kemasan rp300.000
  • Paket internet rp200.000

Total rp4.120.000

Total modal usaha toko roti

Dari perhitungan modal kasar di atas maka semua total modal awal yang anda hanya perlukan untuk bisa memulai bisnis toko kue yaitu:

total modal = peralatan + total biaya operasional

total modal = rp10.770.000 + rp4.920.000

total modal = rp15.690.000.

Perkiraan pendapatan usaha toko roti 

Apabila jika setiap harinya anda bisa dengan mudahnya menghasilkan 100 bungkus kue yang dihargai mulai dari harga rp5.000 per buah saja, maka peluang untuk penerimaan bisnis yang anda miliki selama satu bulan yaitu sebagai berikut ini:

total yang diterima = 150 bungkus x rp5.000 x 30 hari

total = rp22.500.000.

Keuntungan usaha toko roti

Keuntungan = total yang diterima – total biaya operasional

keuntungan = rp22.500.000 - rp4.120.000

keuntungan = rp18.380.000

yang perlu anda diingat, perhitungan modal di atas yaitu jika anda ingin membuat roti sendiri, tanpa bantuan adanya seorang karyawan. Dan jika anda memiliki karyawan, walaupun hanya satu orang, berarti keuntungan yang akan didapatkan tersebut masih harus dikurangi dengan gaji karyawannya selama per bulan. Seperti jika gaji karyawan seandainya rp2.000.000, maka keuntungan bersih yang anda dapatkan per bulan nya yaitu rp10.880.000 - rp2.000.000, yakni rp8.880.000.

Revenue cost ratio bisnis toko roti

Untuk revenue cost, anda juga dapat menghitungnya dengan cara membagi seluruh total penerimaan dengan total biaya dari operasional per bulan.

R/c = total yang diterima / total biaya operasional

r/c = rp22.500.000 / rp4.120.000

r/c = 5.5

Jangka waktu balik modal usaha roti

Dari sekian jumlah total yang sudah di rincikan beserta dengan keuntungan nya maka andapun akan lebih mudah lagi dalam memperhitungkan jumlah laba yang masuk dari bisnib yang anda jalankan, andapun aka dapat memperhitungkannya sebagai berikut ini.

Lama balik modal = (total modal awal / keuntungan) x 1 bulan

lama balik modal = (rp15.690.000 / rp18.380.000) x 1 bulan

lama balik modal = 0.9.

Tips sukses usaha toko roti

Peluang Usaha Toko Roti dan Cara Memulainya
Peluang Usaha Toko Roti dan Cara Memulainya

1. Tentukan produk usaha

Sebelum anda membuka usaha toko roti hal pertama yang harus juragan lakukan yaitu menentukan beberapa jenis produk roti apa yang ingin dijual?. Dalam hal ini anda pun juga bisa melakukan beberapa survei terlebih dahulu untuk roti jenis apa yang akan dijual di pasaran dan bagaimana selera masyarakat yang ada disekitar.

Baca juga : Tips Usaha Konter Bagi Pemula

Apabila anda tidak ingin sama dengan kompetitor, maka anda juga dapat memilih produk yang lebih niche dan harus lebih fokus pada bahan ataupun jenis roti tertentu yang sudah menjadi keahlian anda.

2. Manfaatkan perlengkapan yang sudah ada

Sebagai permulaan anda jangan dulu untuk terburu-buru menyewa tempat untuk membuka toko bakery. Maka manfaatkanlah dapur rumah sendiri untuk bisa memproduksi roti. Dengan demikian anda juga akan bisa menghemat biaya dari transportasi dan sewa untuk tempat. Akan tetapi pastikan dapur jika dapur anda selalu terjaga kebersihannya karena dapur merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan setiap menjalankan bisnis makanan.

3. Berikan sampel atau tester

Sebelum anda mulai memasarkan roti ke target yang lebih luas lagi, maka tidak ada salahnya jika anda memberikan sebuah sampel ataupun tester ke pada orang-orang terdekat diantanya teman, keluarga, ataupun kepada tetangga yang ada di sekitar rumah. Selain mendapatkan masukan terkait produk olahan roti yang anda buat, maka cara ini akan memungkinkan anda untuk mendapat pemasaran secara gratis dari mulut ke mulut. Apabila roti yang anda buat lezat, menarik, dan berkualitas sangat baik, orang yang sudah mencicipi roti yang anda berikan untuk sampel pasti akan dengan senang hati untuk mempromosikan produk anda kepada orang yang mereka kenal.

4. Strategi pemasaran

Strategi pemasaran juga sangat berperan penting bagi keberhasilan bisnis toko roti yang juragan miliki nantinya. Sebagai contoh permulaannya, juragan juga bisa melakukan beberapa strategi pemasaran yang dilakukan secara online dengan cara membuat di media sosial ataupun website untuk membantu meningkatkan penjualan bisnis toko roti yang juragan jalankanl.

Buatlah sebuah konsep yang menarik serta pajang beberapa foto roti yang terlihat cantik agar nanti calon pembeli akan lebih tertarik untuk membeli roti yang juragan jual.

5. Meakukan inovasi

Dalam menjalankan bisnis toko roti, kelezatan bukanlah satu-satunya hal yang terpenting. Di samping rasa yang nikmat, berinovasi juga menjadi hal yang amat penting lainnya yang dapat berpengaruh terhadap suatu perkembangan dan keberhasilan bisnis yang juragan miliki.

Dengan banyak melakukan inovasi, maka produk toko roti akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi, dan yang membedakannya dengan produk-produk toko roti yang lainnya. Cobalah untuk mulai membuat roti dengan inovasi baru dan belum pernah dibuat oleh kompetitor toko ratu yang lain.

Kelemahan usaha toko roti

Beberapa kelemahan usaha roti diantara nya yakni sebagai berikut:

1. Banyaknya pesaing 

semakin banyaknya pelaku usaha yang membuka toko roti merupakan salah satu kelemahan usaha roti. Semakin banyak pesaing dalam dunia usaha tentu akan berpengaruh buruk dalam segi penjualan. Penjualan roti tentu akan berkurang drastis karena pembeli di berikan banyak pilihan toko roti saat ingin membeli roti. Hal ini yang menjadi kelemahan usaha roti ketika juragan ingin membuka usaha toko roti.

2. Masa kadaluarsa roti terlalu singkat

Permasalahan kedua yang menjadi kelemahan usaha roti adalah masa kadaluarsa roti yang tidak bisa bertahan lama. Roti tidak bisa bertahan lama ketika di simpan, paling lama membutuhkan waktu 1 minggu harus sudah di konsumsi sampai habis.

  • Manajemen yang kurang profesional dan berorientasi ke depannya.
  • Perencanaan yang secara tertulis dan tidak ada ataupun jarang.
  • Struktur permodalan yang lemah dan memiliki beberapa keterbatasan dalam memperoleh tambahan modal.
  • Tidak adanya sebuah jaminan kepastian bagi pekerja.
  • Lemahnya peluang suatu pasar dan memperbesar pangsa pasar.
  • Lemahnya suatu pembukuan dan beberapa catatan usaha.
  • Rendahnya daya saing suatu usaha.
  • Cepat puas dan pembaharuan usaha (inovasi) jarang sekali dilakukan.
  • Pendidikan yang relatif rendah dan kurangnya rasa percaya diri pada ilmu teknologi modern.
  • Kurang pengetahuan tentang hukum beserta peraturannya.

demikianlah penjelasan mengenai beberapa analisa peluang usaha toko roti, serta tips bagaimana cara memulai usaha toko roti. Setelah membaca penjelasan di atas di harapkan bisa menambah semangat bagi juragan yang ingin membuka usaha toko roti.

Orang juga bertanya

Langkah awal membuka toko roti?

Langkah awal membuka toko roti sebenarnya tidak terlalu rumit. Bagi juragan yang sudah pernah me menjalankan usaha tentu sudah bisa memperkirakan kebutuhan apa saja yang perlu di persiapkan. Akan tetapi bagi juragan yang belum pernah menjalankan usaha tentu masih bingung.

Baca juga : Peluang Usaha Makanan Ringan Bisnis Piscok Modal Kecil Untung Besar untuk Ibu Rumah Tangga

Langkah awal membuka toko roti sudah di bahas di atas, silahkan juragan pahami sebagai bahan referensi sebelum membuka toko roti.

Berapa modal usaha bakery?

Bagi juragan yang sedang ingin memulai bisnis di bidang kuliner terutama kuliner roti tentu memiliki pertanyaan berapa modal usaha bakery?. Modal usaha toko roti tentu bisa di sesuaikan mau bagai mana juragan saat membukanya.

Bisa membutuhkan modal besar jika usaha toko roti mau di jalankan dengan konsep modern. Bisa juga di jalankan menggunakan modal kecil.

Apakah usaha roti menjanjikan?

Semakin banyaknya penikmat makanan roti tentu membuat usaha roti masih menjanjikan untuk di jalankan. Bahkan terjun di bisnis kuliner terutama membuka usaha toko roti juga bisa sukses loh,!.

Toko roti termasuk bidang usaha apa?

Usaha yang bersangkut-paut dengan makanan tentu termasuk usaha kuliner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.