Ciri-Ciri Bunga Mawar serta Cara Merawat dan Menanamnya

mastagul.com - Ciri-ciri bunga mawar serta cara merawat dan menanamnya. Setiap jenis spesies bunga mawar tentunya memiliki ciri khas tersendiri, seperti halnya berwarna, corak, dan juga memiliki pola yang tampak di kelopak bunganya. Akan tetapi, sebagian ada beberapa ciri umum yang yang ada dan sudah didapat pada semua jenis tanaman bunga mawar, yakni berikut ini.


Akar (Radix)

Bentuk akar dari bunga mawar yaitu bulat yang memanjang ke arah bawah dan juga berwarna coklat muda serta coklat tua. Adapun Fungsi akar dari bunga ini yaitu untuk menyokong tanaman agar dapat bisa berdiri tegak dan dapat menyerap unsur-unsur hara dari dalam tanah.

Batang (Caulis)

Batang pada bunga mawar ini memiliki bentuk yang bulat memanjang dengan cabangnya yang sangat tidak beraturan. Memiliki diameter yang sangat kecil sehingga akan mudah rentan terhadap predator-predator besar. Karena itu, sepanjang batangnya yang sudah ditumbuhi dengan duri-duri kecil yang sangat tajam sebagai alat untuk pertahanan diri.
Mengenal Berbagai Macam Jenis Bunga Mawar, Julukan Ratu Bunga yang Cantik dan Juga Semerbak
Dengan adanya lapisan pada kulit halus di permukaannya, akan terlihat batang bunga mawar berwarna kecokelatan, hijau lumut dan abu-abu. Bunga mawar ini bisa dikembangbiakkan melalui media stek batang dan pada masing-masing dapat menghasilkan buah secara tunggal.

Daun (Folium)

Tanaman bunga mawar ini memiliki daunnya yang majemuk, dalam satu batangnya ada terdapat 5 sampai 9 anak dari daunnya. Daun bunga mawar yang berwarna hijau muda dan juga tua, yang berbentuk bulat sangat kecil serta memanjang dengan ukurannya bisa mecapai 2 sampai 3 cm, serta ujungnya yang meruncing serta bergerigi.

Bunga

Jenis tanaman Bunga mawar masuk kedalam golongan bunga majemuk yakni terdiri dari atas benang sari dan juga putiknya yang sudah tersusun pada dasar bunganya berbentuk guci. Beraneka ragam Bentuknya ada berupa bunga secara tunggal maupun ada juga yang menyerupai seperti payung.

Bentuk dari bunga mawar ini relatif bulat, tersusun dari berbagai lapisan kelopak bunga. Jumlah pada kelopak yaitu ada sekitar 20 sampai 26 helai, tergantung pada besarnya bunga tersebut. Warnanya yang sangat bervariasi, seperti warna putih, biru, merah, kuning, dan lain-lain.

Biji dan Buah (Fuctus)

Biji bunga dari mawar ini dapat terlihat dengan sangat jelas karena terdapat pada setiap bagian-bagian bunganya. Memiliki Ukuran yang sangat kecil dan dengan bentuknya yang oval memanjang dan juga dilindungi oleh buah. Warna dari bijinya yakni kecokelatan hingga sampai kehitaman dan ada bagian dalamnya yang juga berwarna keputihan serta kecokelatan.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar

Meskipun saat ini sudah lebih banyak mulai dikembangkan di daerah yang dingin, namun bunga mawar ini juga akan mudah untuk bisa tumbuh di mana saja, baik ditempat wilayah yang beriklim tropis maupun iklim subtropis. Di wilayah Asia Tenggara juga termasuk Indonesia ini beberapa spesies untuk bunga mawar akan berdaun hijau sepanjang tahunnya.
Jenis-Jenis Bunga Anggrek yang Cocok untuk Para Pecinta Tanaman Hias
Sebagian besar dari tanaman mawar ini sangat mudah untuk dapat dibudidayakan. Jenis Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan sangat baik di manapun, baik yang ada didalam pot ataupun di lahan yang terbuka. Akan tetapi, diperlukan juga perawatan intensif agar tanaman bunga mawar ini tidakmudah terserang penyakit juga hama.

Jika sudah tertarik untuk berkeinginan membudidayakan tanaman bunga mawar, berikut ini merupakan beberapa tahapan secara lengkap bagaimana caranya menanam bunga mawar didalam pot, mulai dari tahapan persiapannya hingga mulai dari perawatan.

1. Tahap Persiapan

Perlu diingat da diketauhui bawha jika ditanam dalam pot, maka pertumbuhan akarnya akan sangat terbatas. Oleh karenanya, pada tahap persiapan, langkah yang pertama yang anda lakukan yakni menyiapkan beberapa pot dan media tanam yang sangat tepat.

Kemudian Gunakan pot yang berukuran besar yang terbuat dari bahan tanah liat karena bahan ini memiliki pori-pori sehingga sirkulasi dalam air dan bahan makanannya akan berjalan dengan baik. lalu letakkan beberapa potongan pecahan genting ataubisa juga menggunakan arang yang memiliki ketebalan hingga 1 cm di dasar pot sepertig pot terisi.

Andapun harus memilih media tanam sesuai dengan pertumbuhan mawar dalam pot. Media paling baik yaitu beberapa campuran seperti pasir tanah, dan juga kompos pupuk kandang perbandingan 1:1:1.

Setelah semua siap, lalu sekarang waktunya menanam bibit dari bunga mawar. cukup keluarkan bibit mawar yang ada di polybag, lalu kemudian tanam dalam pot. Letakkan pot pada tempat yang sekiranya cukup untuk mendapatkan sinar matahari. tanaman harus disiram secara rutin.

2. Tahap Perawatan

Perawatan untuk bunga mawar merupakan tahap sangat penting. Meskipun bisa menanamnya dengan mudah namun untuk merawatnya dibutuhkan suatu ketelatenan. Perawatannya bukan hanya berupa penyiraman aja, akan tetapi juga menjaga supaya selalu berada di kondisi baik.
5 Tanaman Hias yang Bisa Digunakan untuk Murnikan Udara Segar di Rumah
Dalam perawatanya bunga mawar memang gampang-gampang susah. Bagi para suhu yang memang sudah mengeluti tanaman hias sejak lama pastinya tidak akan kesulitan untuk hal perawatan, akan tetapi bagi para pemula yang ingin memelihara tanaman bunga mawar ini mungkin sedikit kesulitan. Tapi tenang saja, disini mas tagul akan memberikan beberapa informasi mengenai perawatan dalam penanaman bunga mawar ini.

Adapun Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan bunga mawar yakni:


1. Sinar Matahari Yang Cukup

agar tumbuh dengan sangat baik, tanaman mawar harus mendapatka sinar matahari. Oleh karena nya, tanaman harus diletakkan pada tempat-tempat yang mendapatkan cahaya dari matahari sepanjang harinya. paparan matahari dibutuhkan guna untuk proses fotosintesis makanannya.

2. Pemberian Pupuk

Seperti tanaman pada umumnya, bunga mawar membutuhkan zat hara untuk setiap pertumbuhannya. Pupuk yang baik yakni pupuk kandang berasal dari kotoran hewan. Untuk mendapatkannya bisa membeli kompos sudah jadi atau bisa juga membuatnya sendiri.

Jika sulit didapat, bisa mengganti pupuk kandang dengan NPK. Pupuk NPK mengandung tiga unsur yang sangat dibutuhkan tanaman, yakni fosfor, nitrogen, dan ada juga kalium. tidak perlu terlalu sering diberikan karena membuat tanaman akan menjadi kering dan mati.

Waktu terbaik memberikan pupuk yakni sebelum tanaman nya berbunga dan sedang berbunga, serta ketika kuntum bunga terlihat mulai layu. Pemberian pupuk yang pertama dilakukan 1 hingga 2 minggu setelah mulainya penanaman kemudian berikan secara rutin 3 hingga 4 kali dalam sebulan.

3. Penyiraman

Selain mendapatkan pencahayaan cukup, tanaman mawar membutuhkan asupan air yang sukup. Anda juga harus meLakukan penyiraman secara rutin dan teratur. Saat cuaca sedang panas, maka siram 2 kali sehari di waktu pagi dan sore hari. Pada saat cuaca sedang dingin atau saat musim hujan, siram 1 kali saja di pagi hari.

Jangan biarkan bunga mawar terkena hujan langsung karena air hujan mengandung sedikit keras.  Lakukan beberapa kali penyemprotan dengan menggunakan pestisida agar mawar dapat tahan terhadap air hujan serta dapat terhindar kutu tanaman.

Ada juga cara lain yakni menyiram tanaman dengan menggunakan air dingin AC atau bisa juga air kulkas. Berdasarkan eksperimen yang pernah dapat dilakukan, cara ini akan membuat tanaman menjadi rajin untuk berbunga, meskipun cuacanya sedang panas.

4. Pengendalian Hama dan Penyakit

Tentu saja jika ingin agar tanaman yang ditanam dapat tumbuh sehat dan indah. Maka anda harus menjaganya dari serangan hama dan juga penyakit yang bisa membuat bunga akan terganggu pada saat masa pertumbuhannya, bahkan bisa juga mati.

Lakukan seserring mungkin penyemprotan dengan menggunakan insektisida dan fungisida rutin sedikitnya sebulan sekali. Anda juga bisa menyemprotkan Kelthane 200 EC atau omite 570 EC guna mengusir tungau. Kemudian bersihkan tanaman liar yang tumbuh sekitar tanamannya.

5. Pemangkasan

Pemangkasan diperlukan guna tanaman mawar bisa dengan optimal. Lakukan pemangkasan jika tanaman sudah dalam ketinggian 7,5 cm dari permukaan yang ditanam atau bisa juga yang sudah mempunyai 5 mata tunas lalu Biarkan selama 3 sampai 4 cabang primer tumbuh.

Jika sudah mulai ditemukan tangkai yang mengering, segera mungki untuk melakukan pemotongan Tujuannya agar tumbuh tunas baru lebih baik dari sebelumnya. Serta Untuk Gunakan gunting stek batang bersih.

Ternyata tidak sulit untuk bisa menanam serta merawat bunga mawar.  Tidak hanya akan mempercantik taman rumah, keindahan ratu bunga mawar juga dijadikan sebagai ladang bisnis yang menarik. Untuk lebih mengenal bunga mawar bisa baca disini.

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Bunga Mawar serta Cara Merawat dan Menanamnya"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel