Widget HTML #1

Jenis-Jenis Bunga Anggrek yang Cocok untuk Para Pecinta Tanaman Hias

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Macam macam bunga anggrek

Jenis bunga anggrek yang cocok untuk para pecinta tanaman hias. Semua kalangan saat ini sudah banyak yang menyukai tanaman bunga anggrek, melihat keindahan dari bunga anggrek ini memang sudah mendunia. Bunga anggrek bisa sampai dijadikan untuk judul sebuah lagu jadul. Meski demikian banyak jenis bunga anggrek yang sudah tenar ketika itu yaitu anggrek bulan.

Jenis bunga anggrek termasuk juga menjadi tanaman langka, oleh sebab itu pemerintah sudah membuat undang-undang khusus bunga ini untuk melindungi anggrek.

Kita mesti bangga karena indonesia menjadi pemilik dari bunga anggrek dengan tingkatan keanekaragaman yang terbesar kedua setelah negara brazil. Ada sekitar 5.000-6.000 spesies anggrek yang ada di indonesia dari total sebanyak 26.000 spesies.

Untuk program budidaya nya, ada sekitar 18 jenis macam bunga anggrek yang dapat dibudidayakan. Meski bisa dibudidayakan, akan tapi tanaman anggrek ini tetap akan dikategorikan menjadi tanaman langka.

Baca juga: Tanaman hias untuk membersihkan udara

Jenis - jenis bunga anggrek

1. Anggrek bulan

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Inilah dari beberapa jenis bunga anggrek yang banyak digunakan lirik lagu. Nama lain dari tanaman ini yakni paraphalaenopsis serpentilingua. Daerah kalimantan barat merupakan salah satu daerah yang menguasai kecantikan bunga anggrek ini.

Bunga ini memiliki ciri khas anggrek bulan yaitu yang berwarna putih dengan coraknya yang berwarna kuning dan juga merah. Mengapa tanaman ini dinamakan anggrek bulan? Karena bentuk dan juga warnanya hampir mirip dengan rembulan pada malam hari.

Memiliki bunga putih dan daunnya yang hijau memanjang. Serta akarnya terasa berdaging. Jenis anggrek ini juga membutuhkan sedikit sinar cahya matahari guna untuk penunjang hidupnya. Nama latin dari anggrek yaitu phalaenopsis amabilis.

2. Anggrek kasut kumis

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Tanaman selanjutnya yaitu bunga anggrek kasut kumis dapat dikatakan kembaran dengan kantung semar. Memiliki bentuknya yang berkantung dan juga berbulu. Maka sebab itu tanaman ini dinamakan kasut kumis karena bulunya yang terlihat.

Jenis unga anggrek kasut kumis ini memiliki perpaduan warna yakni ungu dan juga hijau. Kedua warna ini akan membuat anggrek kasut kumis menjadi semakin indah dan serasi jika dipandang. Memiliki nama ilmiahn yaitu paraphalaenopsis chamberlainianum.

3. Anggrek kebutan

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Namanya sudah mulai dikenal mengingatkan istilah yang menggambarkan sebuah kebiasaan yang gemar naik kendaraan yang kecepatannya di atas batas normal alias kebut-kebutan. Akan tapi bukan berarti jika jenis anggrek ini dapat melaju selayaknya sepeda motor.

Nama kebutan karena warnanya yang oranye memoles bunga anggrek ini terlihat sangat indah dan cantik. Warna yang beraneka tersebut berkerumun menjadi satu tangkai. Anggrek kebutan ini masuk ke dalam anggrek langka dilindungi negara. Anda pun harus tetap menjaga kelestariannya.

4. Anggrek sendok

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Dari namanya saja sudah dapat dibayangkan jika bunga ini sangat mirip dengan alat makan anda sehari-hari berupa sendok. Jelas bentuknya akan jauh lebih indah dari sendok biasanya. Memiliki nama latin yaitu spathoglottis zurea. Dan dengan warna bunganya yang kuning cerah dan sedikit polesan dengan putih dan juga merah di tengahnya, bunga anggrek sendok ini akan semakin menawan saja jika di pandang.

5. Anggrek bulan bintang

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Jika tadi kita membahas ada anggrek bulan. Sekarang ini muncul anggrek bulan bintang. Tentu saja tanaman ini memiliki alasan mengapa jenis tanaman anggrek ini memiliki mama bulan bintang yang melekat padanya.

Ternyata anggrek ini mempunyai lima buah kelopak berbentuk mirip sekali dengan bintang. Kemudian pada bagian tengahnya mirip seperti bulan. Warnanya yang terlihat sangat indah dan menawan banyak yang mulai menyukai jenis anggrek bulan bintang ini.

6. Anggrek kelip

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Berikutnya anggrek kelip masih satu spesies dengan jenis anggrek bulan. Memiliki aroma yang sangat harum dan juga bentuk yang sangat memikat hati. Pemilik lain nama latin dari tanaman ini yaitu phalaenopsis violacea merupakan bunga anggrek yang sudah banyak dibudidayakan karena keindahan serta tampilan nya.

7. Anggrek jamrud

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Jika kita ingat dengan salah satu band yang terkenal di indonesia pada saat era 90-an? Mereka yaitu band jamrud. Sampai saat ini nama itu juga sudah disandang salah satu jenis anggrek ini, yakni anggrek jamrud.

Memiliki nama latin dari anggrek jamrud ini yaitu dendrobium macrophyllum. Dan juga mempunyai ciri-cirinya dari anggrek jamrud ini antara lain yaitu terdapat bulu pada bagian bunganya seperti buah rambutan. Dan sementara pada bagian luarnya juga sangat menyerupai kulit dari buah rambutan dan membentuk jadi kelopak.

8. Anggrek hartinah

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Nama hartinah yang diambil dari seorang ibu negara, tidak lain dari nama mendiang ibu tien soeharto. Beliau merupakan seorang yang sangat berjasa besar yang mengembangkan tanaman bunga anggrek hartinah ini. Anggrek hartinah ini ditemukan oleh seseorang yang bernama rusdi e.nasution ditahun 1976.

Nama ilmiahnya yaitu chimbidium hatinahianum. Jenis bunga anggrek ini didominasi dengan warna ungu dan dengan gradasi krem. Bentuk dan ukurannya juga sama dengan bunga anggrek pada umumnya.

9. Anggrek jingga

Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Sama dengan seperti warnanya, bunga anggrek ini juga dinamakan dengan anggrek jingga. Memiliki nama latin yaitu renanthera matutina. Bunganya yang berwarna jingga dan dengan motif seperti warna pada kulit binatang yaitu macan tutul.

Di florist mungkin sebagian orang sudah sering bertemu dengan anggrek jingga jenis kedua. Bunganya yang cantik ini berasal dari negara filipina, memiliki nama latin renanthera monachica.

10. Anggrek ki aksara

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Jenis bunga anggrek selanjutnya yaitu ki aksara memiliki warna yang hijau dengan corak yang menyerupai kilatan petir. Bunga anggrek ini nama latin nya macodes petoal, bunga ini berukuran terbilang sangat mungil. Akan tetapi tetap indah untuk dipandang mata.

11. Anggrek larat

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Warnanya yang ungu tua menjadikan salah satu ciri khasdari bunga anggrek larat. Nama latin yaitu dendrobium phalaenopsis. Untuk jenis anggrek larat ini dapat anda temui dengan sangat mudah di hunian rumah yang membudidayakan tanaman bunga anggrek ini.

12. Anggrek hitam

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Kebayang tidak jika tanaman bunga ini memilki warna hitam? Mungkin keindahannya akan hilang sekejap. Dan bisa akan terlihat seram.

Akan tapi, jenis bunga anggrek hitam ini ternyata tidak demikian. Hanya saja pada bagian tengah saja yang berwarna hitam. Dan sementara bunganya berwarna berwarna hijau.

13. Anggrek stuberi

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Memiliki perpaduan dengan warna ungu, putih, dan juga kuning tentu mendominasi bahwa jenis bunga anggrek stuberi. Memiliki nama latin yaitu dendrobium lasianthera. Bentuk dari anggrek stuberi ini terbilang sangat unik karena menyerupai spiral.

14. Anggrek callus vanda


Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Untuk selanjutnya jenis bunga anggrek callus vanda ini merupakan tanaman bunga anggrek yang memiliki banyak spesies. Kurang lebihnya ada 40 jenis spesies dengan warna dan juga bentuknya yang beraneka ragam. Jika dilihat bentuk dari kelopak bunga ini sangat cantik dan indah.

Bunga anggrek ini sudah tersebar diberbagai belahan negara yang ada di dunia termasuk juga di indonesia. Sebagian sudah banyak orang telah mengagumi jenis bentuk kelopak bunga anggrek callus vanda memang sangat unik sekali.

Baca juga: Jenis-Jenis Bunga Anggrek

15. Anggrek serat

Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Yang berikutnya, bunga anggrek serat. Jenis bunga anggrek serat ini masuk ke dalam suku orchidaceae, satu keluarga dengan bunga anggrek larat.

Tanaman ini juga sudah banyak tumbuh di daerah-daerah sulawesi tenggara. Pada akhirnya bunga serat dijadikan sebagai identitas sulawesi tenggara.

Bunga anggrek serat ini ternyata mengandung banyak serat alami sehingga tanaman anggrek ini dinamakan anggrek serat. Memiliki kandungan seratnya juga dapat dimanfaatkan sebagai untuk anyaman. Hal ini yang menyebabkan populasi bunga anggrek serat sudah semakin langka saja. Tugas anda mungkin sebagai warga negara yang baik yakni untuk tetap melestarikan dengan cara membudidayakan nya.

16. Anggrek kantung kolopaking

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Bunga anggrek yang ini hanya akan tumbuh di daerah kalimantan tengah saja (endemik). Mempunyai warna daun yang hijau tua dan juga menyerupai seperti pita. Ujung dari daun ini membulat sehingga jika dilihat sangat unik. Jenis anggrek kantung ini memiliki nama latin yaitu paphiopedim kolopakingii.

17. Anggrek pensil

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Jenis anggrek pensil tidak hanya bisa dijadikan dengan nama salah satu alat tulis saja. Ternyata bunga anggrek ini pun sudah menyandang nama karena memiliki bentuknya yang khas. Nama lain dari anggrek pensil yaitu vanda hookeriana.

Anggrek pensil menjadi tanaman yang hidupnya saat ini menumpang pada bunga lain yakni bakung. Tetapi, karena keindahan yang sangat khas, bunga anggrek ini mempunyai gelar yaitu sebagai ratu anggrek pada tahun 1882.

18. Anggrek pandan

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Tanaman anggrek yang lain dari pada yang lainnya yakni mempunyai dua nama untuk daerah yang berbeda. Jika di kalimantan barat anggrek ini di beri nama sakat lidah ulang tedung.

Lain ketika bunga anggrek yang tumbuh di sumatera memiliki nama yang berbeda lagi menjadi anggrek pandan. Tentu jenis bunga ini memilki alasan tersendiri yaitu karena bentuknya yang sangat mirip dengan tanaman pandan. Jenis anggrek pandan tidak hidup secara mandiri, melainkan menumpang pada pohon-pohon yang sangat besar.

19. Anggrek tebu

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Tanaman anggrek yang terbesar dan juga terberat disandang anggrek tebu. Dan beratnya bisa sampai satu ton dan juga tingginya sampai tiga meter. Nah, itulah sebabnya jika anggrek tebu ini dijuluki dengan anggrek raksasa.

Apalagi melihat diameternya saja yang bisa mencapai sampai 1 hingga 2 meter, sangat besar untuk ukuran tanaman anggrek pada umumnya. Akan tetapi, ukuran demikian besarnya tidak akan mampu mengurangi bunga anggrek tebu ini.

20. Anggrek hibrida

Jenis-Jenis Bunga Anggrek
Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Jenis bunga anggrek hibrida ini merupakan hasil dari persilangan / perkawinan antara dua macam jenis anggrek yang berbeda. Jenis bunga ini tentu sangat berbeda dengan yang lainnya ya.

Tentang bunga anggrek

Nama latin bunga anggrek adalah orchidaceae. Nama tersebut merupakan suku tumbuhan berbunga yang punya jenis terbanyak. Ragam jenis anggrek tersebar di seluruh dunia yang termasuk kawasan tropis, tropika basah sampai sirkumpolar. Sebagian besar anggrek ada di negara brasil dan indonesia.

Cara hidup anggrek

Rata-rata hidup secara epifit (menumpang pada tanaman lain, tetapi tidak merugikan)

anggrek yang hidup di kawasan beriklim sedang, biasanya hidup di dalam tanah sebagai umbi. Hal itu dilakukannya untuk menyesuaikan diri pada musim dingin.

Tipe pertumbuhan anggrek

Berdasarkan tipe pertumbuhannya, anggrek dibedakan menjadi dua macam, yaitu monopodial dan simpodial.

Anggrek monopodial memiliki ciri-ciri, punya satu batang atau satu titik tumbuh. Pertumbuhan bunga mulai dari ujung batang. Contoh anggrek monopodial antara lain, vanda sp, phalaenopsis sp, dan masih banyak lagi. Anggrek bulan juga termasuk dalam kategori ini.

Sementara anggrek jenis simpodial memiliki lebih dari satu titik tumbuh. Bunga akan terlihat di pucuk atau segi batang. Beberapa diantaranya terlihat dari akar tinggal. Kelebihan anggrek jenis ini yakni mampu menyimpan air dan cadangan makanan di dalam batan atau dikenal sebagai semi umbi. Contoh anggrek simpodial, yaitu dendrobium sp dan cattleya sp.

Baca juga: Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah

Lokasi pertumbuhan bunga anggrek

Ditinjau dari lokasi tumbuhnya, anggrek dibedakan menjadi empat macam, yaitu anggrek epifit, terestrial, saprofit dan litofit.

1. Anggrek epifit

Anggrek ini hidup menumpang di pohon atau tumbuhan lain, namun tidak merugikan inangnya tersebut. Makanan anggrek epifit berasal dari udara, kabut dan air hujan yang ada di sekitarnya. Jenis anggrek ini membutuhkan naungan dari paparan sinar matahari langsung. Contoh anggrek epifit diantaranya, cattleya sp, dendrobium sp, vanda sp dan masih banyak lagi.

2. Anggrek terestrial

Ini adalah anggrek yang bisa tumbuh di atas tanah. Berbeda dengan anggrek epifit yang menghindari sinar matahari, justru anggrek ini membutuhkan sinarnya secara langsung. Anggrek tersebut mengambil makanan dari dalam tanah menggunakan akarnya. Contohnya, phaius sp.

3. Anggrek saprofit

Jenis ini dapat tumbuh pada media tanam yang mempunyai kandungan humus. Ia lebih sedikit membutuhkan cahaya matahari. Hal ini disebabkan anggrek saprofit tidak punya daun dan klorofil. Contoh jenis anggrek saprofit, yakni goodyera sp.

4. Anggrek litofit

Jenis terakhir berdasarkan lokasi tumbuh adalah anggrek litofit. Anggrek ini tumbuh pada bebatuan dan tanah berbatu. Hebatnya, jenis anggrek saprofit tahan terhadap sinar matahari. Makanannya berasal dari humus, hujan dan udara. Salah satu contoh anggrek saprofit adalah paphiopedilum sp. Untuk mengetahui cara menanam dan merawat bunga anggrek bisa cek disini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Jenis Tanaman yang Cocok untuk Hiasan Teras Rumah

Cara Menemukan Ide Bisnis yang Berbeda

Hal Yang Harus Dihindari Jika Ingin Sukses Mengatur Keuangan di Usia 20-an

Tips Memulai Usaha Travel yang Menguntungkan

Ide Bisnis Peluang Usaha Jajanan Sehat Moderen yang Sangat Laris