Widget HTML #1

Pengertian Komputer dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Komputer
Pengertian Komputer

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer dan Jenis-Jenisnya. Komputer adalah suatu alat elektronik canggih yang mampu di gunakan untuk mengolah atau memanipulasi sebuah data untuk bisa diproses dengan cepat, dan dapat mengeluarkan data sesuai instruksi yang di perintahkan.

Komputer untuk saat ini memang perannya sangat penting untuk membantu pekerjaan seperti mengetik, mengedit, mengolah data, dan desain untuk disimpan di memori.

Sehingga ketika sewaktu-waktu kita membutuhkan tinggal membukanya. Yang perlu anda ketahui pada saat ini komputer sudah menginjak generasi kelima.

Jenis-Jenis Komputer

Sebenarnya komputer memiliki beberapa jenis (jenisnya sangat banyak), namun untuk mempermudah jenis-jenis tersebut akan saya klarifikasikan sebagai berikut:

  • Berdasarkan prinsip operasional
  • Berdasarkan daya pengelola
  • Berdasarkan pengguna pribadi

Baca juga : Cara Cek Processor 32-bit atau 64-bit di Windows 7 Laptop dan PC

Yang akan saya bahas disini adalah yang ke tiga, klarifikasi berdasarkan penggunaan pribadi. Menurut penggunaan pribadi komputer ada banyak jenis yaitu:

1. Server

Komputer jenis server biasanya spec nya sangat tinggi dan untuk harganya pun mahal. Untuk segi memori dan prosesor komputer ini tidak diragukan lagi, sudah pasti memori kapasitasnya sangat besar.

Komputer jenis ini biasanya sebagai pengendali dari komputer-komputer lain (client) yang terhubung ke komputer ini.

Komputer ini berfungsi untuk memberikan informasi atau data kepada komputer client yang terhubung ke komputer ini. Banyaknya hardware yang di pakai tentunya komputer ini di rancang sangat besar.

2. Dekstop

Komputer jenis desktop biasanya  komputer yang dipakai  orang pada umumnya, yang memerlukan aliran listrik yang sedang digunakan. Biasanya komputer ini sering di jumpai di rumah-rumah pribadi atau perkantoran.

Yang memerlukan perlengkapan seperti keyboard, mouse, speaker, dan earphone. Pada saat sekarang komputer dekstop sudah banyak yang menggunakan LCD dan LED.

3. Laptop

Komputer jenis laptop adalah  komputer yang disukai banyak orang (termasuk saya) karena bentuknya yang portable mudah untuk dibawa kemana-mana.

Untuk segi pemakaian daya komputer jenis laptop ini tergolong sangat irit. Dalam komputer jenis laptop ini paket nya sudah lengkap tidak perlu monitor (sudah ada layarnya) tidak perlu mouse (sudah ada mouse control), tidak perlu keyboard (keyboard sudah menempel pada case) dan yang paling enak tidak harus disalurkan ke listrik terus-menerus (sudah memiliki baterai untuk menyimpan daya).

4. Netbook

Komputer jenis ini bisa dikatakan sama dengan laptop , bedanya terletak pada bentuk dan speknya. Jika komputer jenis laptop ukurannya dan speknya besar dan tinggi, jika komputer jenis netbook memiliki ukuran yang lebih kecil dan spesifikasi nya lebih rendah.

Jika hanya untuk menonton film dan pekerjaan yang ringan komputer jenis netbook masih sanggup dalam pengoperasian nya. Tetapi jika untuk bermain game dan software tinggi itu terlalu berat untuk sekelas netbook.

5. Komputer tablet

Komputer jenis ini merupakan komputer yang memiliki layar sentuh, jadi pengguna akan di mudah kan (tidak perlu repot-repot) hanya menggunakan jari atau pena yang di berikan, sudah bisa di operasikan. Sebenarnya komputer jenis ini hampir sama dengan smartphone, hanya saja layarnya lebih lebar.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian Komputer dan Jenis-Jenisnya
Pengertian Komputer dan Jenis-Jenisnya

Menurut para ahli computer memiliki definisi yang berbeda-beda, berikut beberapa pengertian komputer jika di ambil dari beberapa ahli:

1. Pengertian Komputer Menurut  V. C. Hamacher

Pengertian komputer menurut V.C. Hamacher adalah sebuah alat elektronik atau mesin yang mempunyai kemampuan untuk menerima informasi dalam bentuk digital, kemudian di proses sesuai dengan program yang sudah ada di dalam memori komputer sehingga bisa menghasilkan sebuah output yang berbentuk informasi dengan cepat.

2. Pengertian Komputer Menurut Robert H. Blissmer

Pengertian computer menurut Robert H. Blissmer adalah sebuah alat elektronik yang mempunyai kemampuan untuk melakukan berbagai tugas seperti menerima, memproses dan menyimpan input sebuah data untuk di proses kemudian menyediakan output sesuai dengan instruksi untuk di jadikan sebuah informasi yang di inginkan.

3. Pengertian Komputer Menurut William M. Fuori

Pengertian komputer menurut William M. Fuori adalah sebuah alat elektronik yang mampu melakukan perhitungan aritmetika dan operasi logika dengan sekala besar yang bisa mendapatkan hasil dengan cepat dalam sekala besar tanpa ada campur tangan oleh manusia.

4. Pengertian Komputer Menurut Donald H. Sanderes

Pengertian komputer menurut Donald H. Sanderes adalah sebuah system elektronik yang digunakan untuk memanipulasi suatu data yang bisa mendapat hasil yang tepat dengan cepat dan di rancang dengan kemampuan bisa menerima dan menyimpan kemudian menghasilkan output sesuai dengan system operasi yang tersimpan secara otomatis.

5. Pengertian Komputer Menurut Williams dan Sawyer

Pengertian Komputer menurut Williams dan Sawyer adalah sebuah mesin elektronik multifungsi yang bisa di program untuk menerima data seperti gambar untuk di proses menjadi sebuah informasi yang dapat di gunakan.

6. Pengertian Komputer Menurut Jhon J. Longkutoy

Pengertian Komputer menurut Jhon J. Longkutoy komputer adalah sebuah alat elektronik yang mampu untuk memecahkan persoalan atau mesin pengolah data yang di gunakan untuk menghasilkan informasi sehingga informasi yang di hasilkan dapat berguna oleh user.

7. Pengertian Komputer Menurut Larry Long dan Nancy Long

Pengertian Komputer menurut Larry Long dan Nancy Long adalah sebuah alat elektronik yang bisa di sebut sebagai alat hitung rumus yang dapat di perintah untuk input data, mengeluarkan data, menghitung data, dan memproses data operasi-operasi logika lainnya.

8. Pengertian Komputer Menurut Elias M.Awad

Pengertian Komputer menurut Elias M.Awad adalah sebuah alat elektronik yang memiliki fungsi bisa di gunakan untuk memproses sebuah data yang kemudian dapat menghasilkan  data dalam bentuk digital maupun analog.

9. Pengertian Komputer Menurut Gordon B. Davis

Pengertian Komputer menurut Gordon B. Davis dalam bukunya yang berjudul Introduction to The Computer di sebutkan bahwa computer merupakan tipe khusus dari alat penghitung uang yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Baca juga : Situs Download Software PC Full Version Terbaik Gratis

Fungsi Komputer

Fungsi komputer sebarannya sangat beragam tergantung bagaiman cara mau mempergunakannya. Berikut beberapa fungsi umum dari computer:

1. Alat input

Suatu alat elektronik yang digunakan untuk memasukan data atau input data ke komputer. Sebagian contoh : keyboard, scanner, trarK ball, mouse, mikrofon, joyshck, touch pad, barcode, dll.

2. Alat Processing

Fungsi utama Komputer adalah Suatu alat elektronik yang berfungsi untuk memproses data, sebuah data yang masuk untuk bisa dikeluarkan. Sebagai contoh : CPU (central processing unit), otak dari komputer yang mengatur semua data yang ada di komputer.

3. Alat output

Suatu alat elektronik yang digunakan untuk mengeluarkan data supaya berubah bentuk menjadi lebih nyata (Real). Sebagai contoh : printer, proyektor, monitor, speaker, dll.

4. Memori

Untuk memori pasti sudah banyak yang tau kegunaannya, fungsi utama dari memori yaitu untuk menyimpan data yang sudah diproses sebelumnya, kemudian memunculkan kembali ketika data yang tersebut di inginkan.

Memori dapat menyimpan data dalam bentuk file yang di inginkan dan dapa menyimpan data secara internal maupun external.

Memori yang di gunakan dalam sebuah computer sering di sebut dengan Hardisk, akan tetapi baru-baru ini computer sudah banyak yang menggunakan memori SSD.

Di dalam memori computer biasanya terbagi menjadi partisi-partisi sesuai dengan user yang menggunakannya.

Yang paling umum partisi tersebut di beri nama data C, data D, atau Data E dan seterusnya.

Penggunaan nama partisi seperti C,D dan D bisa di ganti sesuai keinginan user, yang bisa di pastikan partisi C biasanya berfungsi untuk menginstal software yang di butuhkan.

5. Data Movement

Computer juga bisa memindahkan data yang berada di computer satu ke computer lainnya, atau alat lainnya sehingga data dapat di akses sesuai dengan fungsinya.

6. Komponen Computer

Dengan adanya komponen-komponen yang di gabungkan menjadi satu di dalam sebuah computer sehingga computer dapat di operasikan menjadi alat elektronik yang dapat berkerja sesuai dengan perintah.

Jika ada salah satu komponen yang tidak terpasang bisa menyebabkan kinerja computer tidak maksimal, jika komponen yang tidak di pasang merupakan komponen vital tentunya computer tidak akan bisa di operasikan.

Apa itu Komponen Komputer?

Komponen computer adalah alat-alat elektronik yang saling terhubung satu dengan yang lainnya di dalam computer berkerja sesuai dengan fungsi masing-masing, sehingga computer dapat di operasikan.

Komponen komputer biasanya di kelompokkan menjadi dua bagian yang masing-masing bagian memiliki fungsinya masing-masing yaitu komponen utama dan komponen pendukung.

Komponen utama tentunya komponen computer yang berada di dalam perangkat computer untuk mendukung kinerja computer itu sendiri sehingga computer bisa berjalan sesuai dengan fungsinya.

Komponen pendukung terdapat di luar komputer yang bertujuan untuk mendukung kinerja computer lebih maksimal contohnya seperti Keyboard, Mouse, Microphone dan Headphone, Touchpad, Joystick, Light Pen dan masih banyak lagi komponen pendukung lainnya.

Komponen computer jika di lihat dari bentuk terbagi menjadi dua yaitu perangkat keras yang sering di sebut dengan hardware dan perangkat lunak yang di sebut dengan software.

Ternyata untuk membuat computer bisa berkerja dengan kinerja yang maksimal dan dapat di fungsikan untuk mengerjakan pekerjaan sesuai dengan keinginan kita memiliki komponen yang tidak terhitung jumlahnya.

Berikut penjelasan mengenai beberapa komponen umum yang sering di temui pada perangkat computer.

Baca juga : Manfaat Air Lemon Hangat untuk Kesahatan

Perangkat Keras (Hardware)

Komponen keras dalam computer biasanya memiliki bentuk fisik yang nyata dan komponen tersebut dapat di lihat dan di sentuh.

Fungsi perangkat keras adalah untuk memaksimalkan computer supaya dapat menerima data input atau data output untuk di proses sesuai dengan ke inginan penggunanya.

Berikut beberapa penjelasan mengenai komponen keras ( Hardware ) yang terdapat pada sebuah computer.

1. Input Device

Input device pada computer memiliki fungsi untuk memasukan data ke dalam computer yang berasal dari luar computer sehingga data tersebut dapat di proses atau di oleh computer.

Berikut beberapa contoh perangkat input device yang sering di gunakan pada perangkat komputer

a. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat yang wajib ada ketika ingin menggunakan perangkat computer.

Menurut mastagul.com jenis keyboard terbagi menjadi dua, keyboard yang tertanam pada perangkat computer terdapat pada laptop dan keyboard yang terpisah yang jika ingin menggunakan harus menghubungkan terlebih dahulu ke perangkat komputer

Peranan keyboard di perangkat computer bisa di bilang sangat penting karena keyboard memiliki fungsi untuk memunculkan angka, huruf, atau symbol-simbol lain yang di butuhkan untuk mengerjakan data atau program di computer.

b. Mouse

Beberapa bagian mouse yang memiliki fungsi masing-masing, mouse bagian kiri memiliki fungsi untuk menu OK, sedangkan bagian kanan berfungsi untuk menentukan beberapa pilihan di pop up menu, untuk bagian tengah yang di sebut dengan tombol scroll berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan layar dengan cara memutar ke depan dan ke belakang.

c. Microphone dan Headphone

Microphone adalah sebuah alat yang bias di sebut sebagai komponen computer karena dapat di padukan dengan computer dalam kegunaannya.

Suara yang di keluarkan oleh perangkat computer bias di keluarkan oleh perangkat microphone ketika di hubungkan.

Microphone biasanya di gunakan ketika orang menggunakan computer untuk bermain game yang bertujuan agar suara yang di hasilkan lebih jelas terdengar.

Selain untuk mendengarkan suara pada saat bermain game di computer ternyata microphone juga dapat di gunakan untuk mendengarkan music dan sebagainya.

d. Touchpad

Touchpad biasanya terdapat pada setiap perangkat computer laptop.

Touchpad berfungsi sebagai pengganti mouse pada perangkat computer sehingga kursor dapat di gerakkan dengan mengusap pada bagian atas touchpad.

Touchpad juga memiliki bagian klik kanan dan kiri, yang biasanya terdapat pada bagian bawah atau bagian atas.

e. Joystick

Joystick merupakan komponen computer yang banyak di gunakan pada saat bermain game di perangkat computer.

f. Light Pen

light pen biasanya di gunakan oleh seorang pembuat grafis untuk membantu mempermudah proses pengerjaan suatu desain di computer.

2. Output Device (Unit Keluaran)

Output device adalah alat pendukung computer yang digunakan untuk mengeluarkan data yang telah di proses oleh computer menjadi data fisik maupun digital.

a. Monitor

Monitor merupakan komponen wajib yang harus ada ketika menggunakan computer PC.

Monitor berfungsi untuk menampilkan segala sesuatu yang di proses oleh computer sehingga proses computer dapat terlihat dengan jelas.

b. Printer

Printer adalah alat yang berfungsi untuk mengolah data digital dari computer untuk di jadikan bentuk fisik seperti file, foto atau grafis.

c. Speaker

Pada dasarnya speaker memiliki fungsi yang hampir sama dengan microphone, hanya saja speaker berfungsi untuk mengeluarkan suara yang keras sehingga dapat terdengar dengan jelas.

d. Scanner

Scanner merupakan alat pendukung computer yang memiliki fungsi untuk merubah data fisik menjadi data digital sehingga computer dapat memproses data yang telah di proses oleh scanner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Recommended By The Author

Mengatasi Luka Lambung Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Kangker Jantung di Obati dengan Daun Sukun

Cara Memutihkan Kulit Tangan Dan Kaki Secara Alami