Pengertian Komputer dan Jenis-Jenisnya

mastagul.com - Pengertian Komputer dan Jenis-Jenisnya. Komputer adalah suatu alat canggih yang mampu untuk di gunakan mengolah atau memanipulasai sebuah data untuk bisa diproses dengan cepat, dan dapata mengeluarkan data sesuai interaksi yang di perintahkan.

Pengertian Komputer dan Jenis-Jenisnya

Komputer untuk saat ini memang perannya sangat penting untuk membantu pekerjaan seperti mengetik, mengedit, mengolah data, dan desain untuk disimpan di memori. Sehingga ketika sewaktu-waktu kita membutuhksn tingal membukanya. Yang perlu anda ketahui pada saat ini komputer sudah menginjak generasi kelima.

Sebenarnya komputer memiliki beberapa jenis (jenisnya sangat banyak), namun untuk mempermudah jenis-jenis tersebut akan saya klarifikasikan sebagai berikut:

  • Berdasarkan prinsip operasional
  • Berdasarkan daya pengelola
  • Berdasarkan pengguna pribadi

Baca Juga5 Antivirus Terbaik Windows 7 64 Bit

Yang akan saya bahas disini adalah yang ke tiga, klarifikasi berdasarkan penggunaan pribadi. Menurut penggunaan pribadi komputer ada banyak jenis yaitu:

Server

Komputer jenis server biasanya spek nya sangat tinggi dan untuk harganyapun mahal. Untuk segi memori dan prosesor komputer ini tidak diragukan lagi, sudah pasti memori kapasitasnya sangat besar. Komputer jenis ini biasanya sebagai pengendali dari komputer-kompter lain (client) yang terhubung ke komputer ini. Komputer ini berfungsi untuk memberikan informasi atau data kepada komputer client yang terhubung ke komputer ini. Banyaknya hardwer yang di pakai tentunya komputer ini di rancang sangat besar.

Dekstop

Komputer jenis dekstop biasanya  komputer yang dipakai  orang pada umumnya, yang memerlukan aliran listrik yang sedang digunakan. Biasanya komputer ini sering di jumpai di rumah-rumah pribadi atau perkantoran. Yang memerlukan perlengkapan seperti keyboard, mouse, speaker, dan earphone. Pada saat sekarang komputer dekstop sudah banyak yang menggunakan LCD dan LED.

Laptop

Komputer jenis leptop adalah  komputer yang disukai banyak orang (termasuk saya) karena bentuknya yang portable mudah untuk dibawa kemana-mana. Untuk segi pemakaian daya komputer jenis laptop ini tergolong sangat irit. Dalam komputer jenis laptop ini paketnya sudah lengkap tidak perlu monitor   (sudah ada layarnya) tidak perlu mouse (sudah ada mouse control), tidak perlu keyboard (keyboard sudah menempel pada case) dan yang paling enak tidak harus disalurkan ke listrik terus-menerus (sudah memiliki baterai untuk menyimpan daya).

Netbook

Komputer jenis ini bisa dikatakan sama dengan laptop , bedanya terletak pada bentuk dan speknya. Jika komputer jenis laptop ukurannya dan speknya besar dan tinggi, jika komputer jenis netbook memiliki ukuran yang lebih kecil dan spesifikasinya lebih rendah. Jika hanya untuk menonton film dan pekerjaan yang ringan komputer jenis netbook masih sanggup dalam pengoperasiannya. Tetapi jika untuk bermain game dan software tinggi itu terlalu berat untuk sekelas netbook.
Baca jugaLaptop ASUS untuk Desain Grafis dan Multimedia

Komputer tablet

Komputer jenis ini merupakan komputer yang memiliki layar sentuh, jadi pengguna akan dimudahkan (tidak perlu repot-repot) hanya mengunsksn jari atau pena yang di berikan, sudah bisa di operasikan. Sebenarnya komputer jenis ini hampir sama dengan smartphone, hanya saja layarnya lebih lebar. 

Dari jenis komputer diatas anda juga perlu mengetahui mengenai alat untuk input, memori, proses dan oautput. Jika anda belum paham alat-alat tersebut akan saya jabarkan.

Alat input

Suatu alat elektronik yang digunakan untuk memasukan data atau pengi mputan data ke komputer. Sebagain contoh : keyboard, scaner, trarK ball, mouse, microfon, joyshck, touch pad, barcode, dll.

Alat proses

Suatu alat elektronik yang berfungsi untuk memproses data, sebuah data yang masuk untuk bisa dikeluarkan. Sebagai contoh : CPU (central procesing unit), otak dari komputer yang mengatur semua data yang ada di komputer.

Alat output

Suatu alat elektronik yang digunakan untuk mengeluarkan data supaya berubah bentuk menjadi lebih nyata (Real). Sebagai contoh : printer, proyektor, monitor, speaker, dll.

Memori

Untuk memori pasti sudah banyak yang tau kegunaanya, fungsi utama dari memori yaitu untuk menyimpan data yang sudah diproses sebelumnya. Memori dibagi menjadi dua , yang pertama RAM dan yang kedua ROM.

Demikian penjabaran tentang komputer  lengkap dengan jenis-jenisnya, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua.

Trimakasih.

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Komputer dan Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel