Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat dan Menanam Tanaman Hias Suplir

Cara Merawat dan Menanam Tanaman Hias Suplir
Tanaman hias suplir memiliki daun yang kecil-kecil namun rimbun, jika memiliki tanaman hias suplir di rumah maka rumah akan menjadi lebih sejuk.

Dalam merawat tanaman suplir anda harus selalu memperhatikan suhu ruangan serta kelembapan pada media tanam yang di pakai.

Tidak hanya jenis tanaman hias lainnya yang saat ini sedang tren dan populer seperti lidah buaya dan juga aglonema, namun ada tanaman yang juga patut untuk berada di rumah anda yakni tanaman hias suplir.

Tanaman berdaun kecil ini memiliki tangkai batang yang berwarna hitam dan sangat kecil seperi sapu lidi.

Banyak yang menanam tanaman hias suplir karena memiliki manfaat bagi tubuh kita yakni untuk mengurangi efek radiasi.

Apa media tanam untuk suplir?

Jika berbicara tanaman hias suplir tergolong tanaman yang bisa di bilang tanaman hias kuno.

Arti dari tanaman hias kuno yang di sebut di atas karena tanaman hias suplir populer atau berjaya pada tahun 80-an.

Tetapi kepopuleran tanaman suplir masih terasa sampai sekarang.

Bagi pecinta tanaman hias tentunya keberadaan tanaman suplir tidak akan luput dari kebunnya.

Berbicara mengenai kebun tanaman hias tentunya tidak akan luput dari pertanyaan apa media tanam untuk suplir?.

Ada kalangan pecinta tanaman hias yang mengatakan bahwa tanaman ini termasuk tanaman yang rewel untuk di kembangbiakkan.

Akan tetapi dengan perawatan yang maksimal akan membuahkan hasil yang memuaskan dengan melihat hijau-nya daun tanaman hias suplir yang sudah jadi.

Penyebab utama gagal dalam menanam tanaman hias suplir terletak pada salah dalam memilih media tanam untuk suplir.

Memilih media tanam untuk suplir yang tepat sangat berpengaruh untuk pertumbuhannya.

Selain menggunakan media yang tepat, perawatan juga berperan besar dalam pertumbuhan tanaman suplir.

Jika membahas tentang media tanam, terdapat dua jenis media tanam yang di gunakan untuk menanam tanaman hias suplir.

Berikut penjelasan dari dua jenis media yang di gunakan untuk menanam tanaman hias suplir.

Media yang baik

1. Teksturnya gembur

Media tanam yang baik untuk tanaman hias suplir adalah media tanam yang memiliki tekstur gembur atau tidak padat seperti tanah liat.

Sehingga akar tanaman suplir bisa berkembang dengan baik ke seluruh bagian media tanam.

Ketika akar tanaman berkembang leluasa di semua bagian media tanam diharapkan mampu untuk menyerap semua nutrisi yang terdapat di media tanam.

Ketika nutrisi yang terdapat di media tanam dapat di serap dengan sempurna oleh tanaman, akan membuat tanaman suplir tumbuh dengan baik.

2. PH yang sesuai

Alangkah baiknya sebelum menggunakan media tanam untuk menanam tanaman hias suplir terlebih dahulu dilakukan cek PH terlebih dahulu.

Dengan melakukan cek PH pada media tanam akan di ketahui nilai PH yang terkandung dalam media tanam tersebut.

Nilai PH yang bagus untuk menanam tanaman hias suplir PH yang terkandung sekitar 6-7.

3. Kembali ke bentuk semula

Media yang baik untuk menanam tanaman hias suplir seharusnya yang memiliki tesktur yang tidak lengket.

Untuk membedakan media lengket atau tidak bisa di tes menggunakan tangan dengan cara di genggam kemudian di lepaskan.

Jika media tanam mengembang kembali berarti media tanam tersebut bagus untuk menanam tanaman hias suplir.

4. Bahan baku berkualitas

Gunakan campuran media yang berkualitas untuk mendapatkan media tanam yang benar benar bagus seperti kompos dari daun bambu, potongan batang atau akar pakis yang sudah kering, kompos yang terbuat dari tanaman seperti kaliandra dll.

5. Terdapat unsur organik

Keberadaan unsur organik di dalam media tanam sangat berperan penting untuk membantu pertumbuhan sebuah tanaman.

Jika media tanam kekurangan unsur organik bisa mengakibatkan tanaman tidak bisa berkembang bahkan bisa menjadi layu dan parahnya lagi tanaman bisa saja mati.

Untuk mendapatkan unsur organik bisa mendapatkannya dengan cara menambahkan tanah di bagian pegunungan yang subur, kotoran hewan seperti kambing, sapi, ayam atau kelinci.

Kenapa daun suplir mengering?

Daun suplir mengering sering terjadi jika tanaman ini tidak di rawat dengan benar atau perawatanya tidak rutin.

Hal ini terjadi karena tanaman jarang di siram sehingga media tanam dalam keadaan kering dalam waktu yang lama.

Usahakan media tanam tanaman suplir di jaga kelembapanya, jangan terlalu kering juga jangan terlalu basah karena hal ini yang bisa menyebabkan tanaman suplir daunya mengering sehingga menyebabkan kematian.

siram secara teratur pagi atau sore setiap hari menggunakan air secukupnya supaya media tanam tidak kering dan mengeras yang mengakibatkan akar tidak bisa tumbuh dengan maksimal.

Biar tanaman subur pakai apa?


Berapa harga bunga suplir?


Cara Merawat dan Menanam Tanaman Hias Suplir

Jika anda ingin menanam dan merawat tanaman hias suplir di rumah anda harus selalu memperhatikan kelembapan suhu ruangan di dalamnya.

Serta selalu memperhatikan kelembapan pada media tanam yang dipakai, karena tanaman hias suplir tidak tahan terhadap suhu ruangan yang panas.

Tidak jauh berbeda dengan tanaman hias paku pada umumnya, jenis tanaman hias suplir ini akan tumbuh memutar ke bawah.

Kemudian tanaman hias suplir akan tumbuh menjulang ke bawah dan melebar setiap batangnya seperti bunga yang hendak mekar.

Kombinasi dari batang yang hampir keseluruhan berwarna hitam serta daun nya yang mungil kecil berwarna hijau membuat rumah terasa lebih nyaman.

Tanaman hias suplir terbagi menjadi dua bagian atau kelompok yaitu ada tanaman hias suplir yang tumbuh secara menjulag ke atas atau tegap dan ada juga tanaman hias suplir yang tumbuh menjuntai ke bawah.

Kedua jenis tanaman hias tersebut memiliki keunikan-nya masing-masing, tergantung dari anda hendak memiliki tanaman hias jenis yang mana yang akan di tanam di rumah.

Jika anda ingin memiliki tanaman hias suplir yang menjuntai ke bawah maka pot yang di gunakan yakni media tanam pot gantung begitupun sebaliknya.

Anda yang masih awam pengetahuannya tentang bagaimana cara merawat dan menanam tanaman hias suplir maka di bawah ini akan di bahas ulasannya secara rinci.

1. Mendapatkan Bibit Terbaik

Hal pertama yang harus di perhatikan dan di siapkan saat akan menanam tanaman hias suplir yaitu menentukan jenis bibit yang baik untuk memulai proses penumbuhannya.

Agar hasil yang akan di dapatkan nantinya dapat memuaskan hati anda, anda harus memastikan jika batang pada bibit tidak mengalamai kerusakan.

Anda harus berhati-hati dalam memulai penanaman-nya, karena batang pada tanaman hias suplir ini mudah sekali patah karena sangat kecil.

2. Proses Persiapan Menanam

Melihat kondisi jenis tanaman hias suplir sangat rentan dan peka terhadap suhu maka anda harus memperhatikan betul-betul proses penanaman-nya.

Tidak di sarankan jika tanah yang di gunakan terlalu basah atau terlalu kering. Gunakan media tanam yang baik untuk jenis tanaman hias suplir ini.

Gunakan media pot yang memiliki saluran air yang cukup sehingga jika anda melakukan proses penyiraman maka air akan mengalir dengan sendirinya.

Tidak di sarankan membuat air selalu menggenang di dalam pot karena kurangnya lubang air pada media pot yang akan membuat tanah selalu dalam keadaan basah.

Cara Menanam Tanaman Hias Suplir

Siapkan media tanam yang baik dan sudah di campur dengan kompos, lalu masukkan ke dalam pot kemudian mulailah menanam tanaman hias suplir ke dalam pot yang sudah di beri media kompos.

Pastikan dalam penanam-nya batang tanaman hias suplir tidak rusak atau patah karena akan menghambat proses pertumbuhan.

Tutupi akar secara keseluruhan dengan tanah kemudian siram secara perlahan jangan sampai terlalu basah, jika terlalu basah maka tanah akan menjadi lembek.

Letakkan tanaman hias suplir yang sudah di tanam tadi kemudian letakkan tanaman hias suplir di tempat yang tidak mendapatkan cahaya secara langsung (teduh).

Cara Perawatan Tanaman Hias Suplir

Siram tanaman hias suplir secara berkala jangan sampai tanah yang di gunakan pada tanaman hias suplir ini menjadi kering karena tanaman akan mati.

Pastikan tanah dalam keadaan suhu selalu lembab, akan tetapi tidak disarankan untuk selalu menyiram secara terus menerus.

Jika anda terlalu sering menyiram tanaman hias suplir ini maka akar dan batang akan membusuk dan tanaman hias suplir akan menjadi layu dan mati.

Recommended By The Author

> Tanaman Hias Gantung Media Air Mudah di Tanam

> Cara Download Aplikasi di Laptop Gratis

> Peluang Usaha Kuliner dan Cara Memulainya

> Tanaman Hias yang Sedang Tren Saat Ini

> HP Terbaik Dan Murah Tahun Ini