Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Tanaman Hias Paku Tanduk Rusa

Cara Menanam Tanaman Hias Paku Tanduk Rusa
Tidak sedikit dari kita yang sudah tau jenis tanaman hias seperti tanduk rusa, cara penanaman-nya pun banyak yang sudah mengerti.

Tanaman hias tanduk rusa berbeda dengan yang lain cara pertumbuhannya, tanaman ini tumbuh menempel pada inang atau induk nya.

Tidak sedikit orang yang menyukai jenis tanaman hias paku tanduk rusa karena keunikan dalam masa pertumbuhan-nya yang biasanya berada di halaman rumah.

Jika anda ingin memiliki jenis tanaman hias paku tanduk rusa maka anda tidak perlu menyediakan pot cukup sediakan tanaman induk untuk jadi penopang-nya.

Karena tanaman hias paku tanduk rusa ini tumbuh dengan cara menempel pada tumbuhan atau tanaman lainnya tidak hanya pada satu bagian saja.

Ulasan mengenai tanaman hias tanduk rusa beserta dengan cara menanamnya.

Cara Menanam Tanaman Hias Paku Tanduk Rusa

Cara penanaman tanaman hias paku tanduk rusa sangat mudah untuk di lakukan, maka dari itu banyak yang memiliki jenis tanaman hias paku tanduk rusa di rumah. 

Jika anda ingin memilikinya berikut ini cara menanam tanaman hias paku tanduk rusa yang baik dan benar.

1. Lakukan Proses Pembibitan Terlebih Dahulu

Proses penanaman tanaman hias paku tanduk rusa memang sangat mudah akan tetapi perlu anda ketahui jika dalam melakukan proses membuat bibit terbilang cukup sulit.

Harus di butuhkan kesabaran, keterampilan dan ketelitian dalam pembibitan untuk membuat tanaman hias paku tanduk rusa bisa tumbuh dengan baik.

Bagi sebagian orang yang masih awam dalam proses pembibitan tanaman hias paku tanduk rusa perlu dilakukan dengan cara proses merampal.

Yang di maksud proses merampal yaitu suatu proses pemisahan dari suatu induk bibit yang bergerombol menjadi satu bagian dengan induk atau inang.

Gunakan pemisahan secara perlahan agar tanaman hias tanduk rusa ini tidak mengalami kerusakan, sehingga nantinya bibit tanaman hias paku tanduk rusa dapat tumbuh dengan baik.

Gunakan alat yang tajam untuk pemisahan kemudian tanaman hias paku tanduk rusa yang sudah terpisah tadi rendam akarnya dengan menggunakan zat atau pupuk penguat akar.

2. Persiapan Media Tanam Tanaman Hias Paku Tanduk Rusa

Perlunya kesiapan sejak awal agar nantinya dalam proses pemindahan tidak terlalu repot dalam segala hal. Proses ini tidak boleh disepelekan begitu saja.

Ada yang menggunakan media tanam seperti akar pakis, tanaman akar pakis sangat cocok sekali jika di gunakan sebagai media tanam tanaman hias jenis paku tanduk rusa.

Sebab akar yang terdapat pada tanaman pakis  dapat menahan kadar air yang ada untuk membuat tanaman hias paku tanduk rusa lebih kuat dan tidak akan cepat lepas dari inang.

Ketika anda sudah melakukan proses pencangkokan bibit yang ada pada akar pakis maka letakkan tanaman tersebut di tempat yang memiliki suhu ruang normal.

Tidak di anjurkan meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Lakukan proses penyiraman secara rutin untuk membuat tanaman hias paku tanduk rusa dapat tumbuh dengan baik.

3. Penanaman Ulang Bibit Tanaman Hias Paku Tanduk Rusa

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lakukan penanaman secara ulang bibit tanaman hias tanduk rusa yang sebelum ya.

Hal awal yang perlu di lakukan yakni membersihkan inang atau induk dengan cara proses penyemprotan.

Gunakan pupuk cair yang mengandung konsentrasi tingkat rendah kemudian lakukan proses penyemprotan secara keseluruhan, kalau sudah bersih baru bisa di tanam kembali.

Perlu anda ketahui bahwa cara pengikatan tanaman hias paku tanduk rusa harus di ikat dengan sangat kencang agar tanaman hias paku tanduk rusa tidak mudah lepas atau jatuh.

Jika tanaman hias paku tanduk rusa sudah tumbuh dengan baik jangan lupa untuk membuka ikatan yang sebelumnya untuk membuat tanaman paku tanduk rusa ini menjadi lebih bergerak bebas.

4. Proses Pemupukan Tanaman Hias Paku Tanduk Rusa

Setiap tanaman perlu adanya bahan-bahan tambahan untuk menopang pertumbuhannya secara alami.

Lakukan proses penambahan pupuk secara rutin agar tanaman hias paku tanduk rusa tumbuh dengan sehat, pupuk yang baik digunakan untuk tanaman jenis ini yakni pupuk kandang.

Pupuk kandang sangat baik untuk segala jenis tanaman hias, tetapi terkadang ada seseorang yang jarang memakainya karena tidak suka dengan baunya.

Pupuk kandang sangat bagus di gunakan dan tidak akan membuat tanaman menjadi rusak, justru sebaliknya akan membuat tanaman menjadi semakin menjadi tumbuh subur.

5. Mencari Tempat Tanaman Yang Cocok / Modifikasi 

Sekarang para pecinta tanaman hias memiliki inspirasi yang bagus cara untuk menanam tanaman hias tanduk rusa tanpa harus berada di inang atau induknya.

Perkembangan yang sudah modern membuat tanaman tanduk rusa bisa di tanam di setiap sudut rumah, contohnya bisa di tempatkan di dinding rumah, pagar depan rumah bahkan mungkin nanti ada yang di gantung.

Siapkan media tanam dengan menggunakan penyangga untuk tempat menempelkan tanaman hias paku tanduk rusa.

Tanaman hias paku tanduk rusa akan tumbuh hidup jika akar nya sudah di berikan nutrisi yang cukup.

Sebenarnya tanaman hias paku tanduk rusa ini bisa di tanam dimana saja asalkan akar yang ada sudah ditanam di media akar pakis.

Contoh jika anda hendak menanam tanaman hias paku tanduk rusa di pagar depan rumah maka anda harus selalu memperhatikan cuaca yang ada serta kebutuhan nutrisi-nya tercukupi.

Jika memasuki musim hujan jangan lupa untuk selalu memperhatikan media tanam yang di gunakan apakah terlalu basah, hal tersebut akan membuat tanaman menjadi busuk.

Pindahkan tanaman hias paku tanduk rusa ke tempat yang tidak terkena hujan saat musim hujan datang.

Namun jika dalam kondisi cuaca yang panas maka harus selalu memperhatikan lagi media tanam yang digunakan terlalu kering lakukan penyiraman secara rutin.

Cara Perawatan Tanaman Hias Paku Tanduk Rusa

Jika anda sudah faham dan mengerti bagaimana cara proses penanaman tanaman hias paku tanduk rusa ini maka untuk proses selanjutnya yaitu memahami proses perawatan-nya.

Step yang pertama yang mudah sekali yakni proses penyiraman, jika musim panas lakukan penyiraman secara rutin, jika musim hujan tidak peru namun pindahkan tanaman ke tempat yang teduh.

Cek selalu suhu kadar kelembapan-nya, yang perlu di ingat bahwa tanaman hias paku tanduk rusa sulit dilakukan sewaktu proses pembibitan dan juga penanam ulang.

Jika sejak awal tanaman hias paku tanduk rusa mendapatkan perhatian ekstra maka untuk ke depannya anda tidak perlu melakukan proses perawatan yang rumit.

Hanya tinggal menunggu keindahan pemandangan mata yang di hasilkan dari tanaman hias paku tanduk rusa ini.

Lakukan perawatan secara baik dan benar untuk membuat tanaman hias paku tanduk rusa tumbuh dengan sempurna, jika ada tanaman hias paku tanduk rusa di depan rumah anda maka akan membuat rumah menjadi lebih indah.

Itulah panjelasan mengenai cara menanam tanaman hias paku tanduk rusa. Anda bisa mulai mencobanya di rumah.

Recommended By The Author

> Cara Merawat dan Menanam Tanaman Hias Suplir

> Kerja Sampingan, Situs Gratis Penghasil Uang yang Wajib Anda Coba. Siap-Siap Jadi Jutawan!

> Ciri-Ciri Bunga Anggrek Sebagai Tanaman Hias yang terlihat Eksotis

> 7 Jenis Investasi Online yang Terpercaya dan Aman Bagi Pemula

> HP Terbaik Dan Murah Tahun Ini