Widget HTML #1

Tips Usaha Jual Buah agar Mendapatkan Untung Maksimal

Usaha Jual Buah
Usaha Jual Buah

Tips usaha jual buah agar mendapatkan untung maksimal. Kesadaran masyarakat akan hidup lebih sehat membuat mereka semakin banyak untuk konsumsi buah-buahan. Maka sudah tidak heran jika para pedagang buah pun kini semakin banyak ditemui di berbagai tempat.

Apalagi di pusat perkotaan yang lahannya hanya terbatas. Tidak semua orang bisa dengan leluasa menanam pohon, bahkan hampir sebagian besar mungkin tidak memiliki lahan sama sekali. Inilah justru yang akan menjadi peluang yang bisa dilirik untuk bisa membuka usaha jual buah.

Dalam menjalankan bisnis usaha jual buah, seseorang bisa saja lebih memilih tiga peran di antaranya yaitu sebagai pemilik sari toko buah segar, distributor ke berbagai kios yang ada atau menjadi supplier buah beku. Paling mudah yaitu membuka toko milik sendiri.

Tinggal mencari supplier yang bisa menyediakan buah, baik buah lokal ataupun impor, kemudian mulai menentukan lokasi. Jika toko buah ini sudah laris di pasaran, justru para supplier buah yang akan terus berdatangan untuk menawarkan diri.

Baca juga: Peluang Usaha Jus Buah dan Tips Cara Memulai Usahanya

Di awal sudah disinggung sekilas tentang peluang membuka usaha jual buah di area perkotaan. Usaha ini bisa memenuhi kebutuhan setiap masyarakat kota yang ingin mengonsumsi berbagai macam buah-buahan.

Apalagi tren gaya hidup mereka yang kian semakin bermacam-macam, yakni ada yang mencari buah-buahan impor, bisa langsung dari petani lokal dan lain sebagainya. Berbagai macam jenis selera inilah yang bisa dengan mudah dimanfaatkan untuk bisa menjalankan bisnis dengan berjualan buah-buahan.

Di Indonesia sendiri negara yang sangat kaya akan tumbuh-tumbuhannya. Buah-buahan pun yang dihasilkan beraneka ragam, sehingga peluang keuntungannya pun lebih semakin besar karena toko tidak hanya menjual satu atau dua jenis buah saja.

Namun yang perlu diingat, jangan sampai salah untuk memilih supplier karena kualitas tetap harus dijaga selain untuk menawarkan berbagai varian buah. Kombinasi antara promosi kualitas akan buah itu sendiri serta berbagai macam jenis yang akan ditawarkan jadi lebih sempurna jika si penjual bisa mencantumkan harganya.

Saat membicarakan peluang pastinya sudah membayangkan seberapa besar keuntungan yang akan didapat. Penjual buah akan mendapatkan keuntungan dengan harga dari supplier, yang akan ditawarkan kepada calon pembeli.

Walau pun begitu seorang penjual harus tau berapa standar harga pasaran buah untuk jenis tertentu. Karena harga buah satu dengan buah yang lainnya pasti nya akan berbeda-beda. Supaya lebih mudah untuk bisa menentukan target pasar yang akan dituju. Misalnya seperti hanya dengan menjual buah-buah impor atau berfokus yang hanya untuk memberdayakan petani lokal.

Sebab saat ini banyak pelanggan tidak hanya membeli dan melihat produk dari kualitasnya saja, tetapi juga dari value apa yang diperoleh dari konsumsi tersebut.

Baca juga: Model Gerobak Jus Buah Minimalis Versi Terbaru

Tips Jualan Buah Agar Jualan Untung

Tips Usaha Jual Buah
Tips Usaha Jual Buah

Membangun bisnis yang sukses membutuhkan proses yang tidaklah singkat. Ada banyak hal yang perlu dilakukan, hingga pada akhirnya toko buah menjadi terkenal dan semakin banyak pembeli.

Jika sudah begini, tinggal menikmati hasil dan tidak lagi bingung untuk mencari supplier serta pelanggan. Untuk yang baru akan terjun ke dunia usaha menjual buah-buahan, berikut ini tipsnya yaitu:

1. Lokasi Toko Strategis

Bisnis apa pun yang akan dijalankan melalui kios, maka harus lebih memperhatikan unsur strategis. Lokasi kios harus mudah untuk dijangkau, misalnya saja seperti di pinggir jalan. Kalau pun mau berjualan di pertokoan ataupun mall besar, pastikan tempatnya tidak berada di pojok.

Pilihlah tempat yang mudah untuk dilihat orang atau bisa berdampingan dengan toko yang sudah terkenal sebelumnya. Posisi ini lebih menguntungkan karena orang dapat dengan mudah untuk menemukannya.

Baca juga: Peluang Usaha Seblak Jajanan Kekinian yang Sangat Menjanjikan

2. Tentukan Konsep Bisnis

Meskipun hanya usaha jual buah bukan berarti tidak membutuhkan konsep berbisnis. Konsep ini harus tetap dibuat agar kegiatan bisnis serta pengembangannya bisa lebih fokus.

Mungkin sebagai awalan tidak jadi masalah jika menawarkan berbagai macam buah layaknya toko buah pada umumnya. Sebab potensi untuk rugi akan lebih besar jika tidak cermat promosi ke berbagai segmentasi pasar yang lebih spesifik.

3. Mencari Supplier yang Tepat

Salah satu penentu bisa mencapai kesuksesan dengan membuka usaha jual buah adalah bekerjasama dengan para supplier buah yang lebih tepat. Tepat di sini bukan hanya mampu untuk bisa menyediakan berbagai macam buah-buahan sesuai dengan permintaan, tetapi juga kualitasnya yang baik.

Buah-buahan yang dikirimkan tidak busuk masih terlihat segar, kondisinya masih layak serta pengiriman yang tidak telat, dan harganya pun sudah sesuai. Dalam pemilihan supplier mungkin saja akan berganti beberapa kali. Karena untuk bisa mendapatkan partner yang tepat butuh beberapa kali percobaan.

4. Penataan Buah yang Menarik

Toko buah tidak harus terlihat besar dan mewah. Selama penataan buahnya cukup menarik, maka akan menarik banyak minat orang untuk berdatangan. Susunlah buah-buahan bisa berdasarkan ukuran, jenis dan warna.

Jika ingin lebih menarik lagi, maka kios bisa didesain dengan memakai konsep tertentu. Semakin unik tampilan yang dibuat maka akan semakin mengundang rasa penasaran para peminat. Kebersihan toko harus tetap diutamakan.

5. Promosi

Setiap bisnis membutuhkan aktivitas promosi guna diketahui oleh banyak orang, termasuk juga toko buah. Meskipun hanya dengan menjual buah bukan berarti tidak membutuhkan sebuah promosi.

Cara paling sederhana yaitu dengan cara mencantumkan harga di depan toko agar dengan mudah dilihat oleh calon pembeli. Namun jika ingin memanfaatkan sosial media, juga bisa karena saat ini sudah menjadi tren populer untuk melakukan berpromosi.

6. Up to Date dengan Kondisi

Sebagai pelaku usaha menjual buah juga harus update informasi dan kondisi yang ada di sekitar. Ini juga penting apalagi untuk menentukan harga buah yang akan ditawarkannya.

Paling tidak harus tahu tren pasar yang seperti apa serta mengetahui gaya hidup masyarakat. Selain itu dengan meng-update informasi maka akan lebih mudah juga untuk bisa melakukan pengembangan bisnis dan inovasi produk.

Baca juga: Peluang Usaha Seafood Online Kekinian, Omsetnya Menggila

Modal Usaha Toko Buah

Setelah mengetahui peluang serta dapat memahami apa saja yang harus dilakukan, maka saatnya membicarakan modal usaha toko buah. Besar modal usaha toko buah ini sangat bervariasi. Pertama tergantung kepada seberapa banyak jenis buah yang akan di jual.

Semakin banyak juga jenis buahnya, maka modal usaha toko buah akan semakin besar. Ini bukan hanya karena harga buah yang berbeda-beda, tetapi setiap supplier akan menawarkan harga buah yang berbeda-beda.

Modal usaha toko buah ditentukan dengan bagaimana jenis konsep bisnis toko buah yang akan dijalankan. Jika hanya menjual buah saja mungkin tidak akan membutuhkan modal besar. Namun, jika toko buah mempunyai konsep tertentu seperti menggunakan konsep toko buah kekinian tentu modal usaha toko buah akan terlihat sangat besar.

1. Modal Awal yang Dibutuhkan Bisnis Toko Buah

Modal awal bisnis toko buah tergantung ingin membeli stok berapa banyak buah yang akan di pajang pada toko buah. Semakin banyak jenis buah atau jumlah buah yang di pajang pada toko buah makan modal awal yang dibutuhkan bisnis toko buah akan semakin banyak.

Alangkah baiknya jika membeli buah untuk di jadikan stok di toko buah tidak terlalu banyak terlebih dahulu. Sesuaikan stok buah dengan luas area toko buah dan lakukan riset terlebih dahulu, buah apa yang sekiranya banyak peminatnya di area sekitar tempat membuka bisnis toko buah.

Bagi yang ingin membuka usaha jual buah berikut perkiraan modal awal yang dibutuhkan untuk mengisi toko buah.

  • Sewa lokasi Rp5 juta (ini berlaku ketika tidak memiliki toko sendiri)
  • Etalase Rp3 juta
  • Rak buah Rp2 juta
  • Timbangan buah Rp300 ribu
  • Kursi dan Meja Rp2,5 juta
  • Pisau Rp50 ribu
  • Mesin pendingin Rp1,5 juta
  • Banner Ro350 ribu
  • Alat pembersih Rp100 ribu
  • Lainnya Rp300 ribu

Total modal awal yang dibutuhkan bisnis toko buah Sebesar Rp15,4 juta.

Perkiraan modal awal bisnis toko buah di atas hanya perhitungan kasar, besarnya modal bisnis toko buah di sesuaikan dengan seberapa besar bisnis toko buah akan di dirikan. Semakin besar toko buah maka semakin besar juga modal bisnis toko buah yang di butuhkan.

Baca juga: Peluang Usaha Minuman Unik yang Kekinian

2. Biaya Operasional Bisnis Toko Buah

Biaya operasional bisnis toko buah juga perlu di perhitungkan supaya usaha jual buah bisa mendapatkan untung maksimal. Pilih buah yang tidak cepat busuk untuk stok di toko buah. Perbanyak jumlah stok buah yang banyak di cari pelanggan supaya modal usaha bisa di putar kembali untuk membeli stok buah.

Berikut biaya operasional bisnis toko buah untuk membeli beberapa jenis buah yang laku di pasaran.

  • Buah melon Rp1 juta/dus
  • Buah semangka Rp1 juta/dus
  • Buah mangga Rp700.000/dus
  • Buah nanas Rp350.000/dus
  • Buah anggur Rp1 juta/dus
  • Buah naga Rp200.000/dus
  • Buah pisang Rp285.000/dus
  • Buah jeruk Rp350.000/dus
  • Buah salak Rp180.000/dus
  • Buah pepaya Rp720.000/dus
  • Buah kelengkeng Rp520.000/dus
  • Air dan listrik Rp100.000
  • Kantong plastik belanja Rp25.000

Harga jenis-jenis buah di atas tidak bisa dijadikan patokan, karena setiap saat harga buah bisa naik dan turun.

Itulah serba-serbi tentang tips usaha jual buah agar mendapatkan untung maksimal yang perlu diketahui. Tidak ada salahnya jika mencoba bisnis usaha jual buah karena untung bisnis jual buah sangat menggiurkan.

Bahkan Potensi dari bisnis jualan buah masih sangat berpeluang luas untuk bisa dikembangkan. Melihat gaya hidup sehat yang semakin gempar dikampanyekan, ternyata buah menjadi kebutuhan primer bagi hidup masyarakat untuk memenuhi hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Penyebab Mengapa Bisnis Online Sering Gagal

Cara Menyusun Warung Sembako

Ide jualan jajanan depan rumah

Peluang Usaha Toko Plastik

Peluang Usaha Mainan Anak yang Tidak Ada Matinya