Widget HTML #1

Peluang Usaha Seblak Jajanan Kekinian yang Sangat Menjanjikan

usaha seblak rumahan
usaha seblak rumahan

Peluang usaha seblak jajanan kekinian yang sangat menjanjikan. Seblak merupakan salah satu makanan tradisional yang dapat bertransformasi menjadi kudapan kekinian.

Bahkan saking ppulernya nya, banyak orang yang mulai membuka usaha kedai seblak ini. Peluang usaha seblak juga dinilai sangat bagus karena banyaknya peminat akan kudapan ini. Oleh karena itu tidak heran jika akan semakin banyak bermunculan kedai dan gerobak penjual seblak.

Seblak ini sebenarnya ada dua jenis yakni seblak kering dan basah. Seblak kering sudah lama jadi panganan ringan di kalangan masyarakat. Sedangkan yang sekarang sedang naik daun yaitu seblak basah. Umumnya seblak basah ini memiliki rasa yang gurih dan juga pedas.

Baca juga: Usaha Rumahan yang Tahan Segala Kondisi

Fenomena Seblak Basah, Pedas Kenyal Kekinian

Seblak basah menjadi makanan kudapan yang banyak diminati masyarakat beberapa waktu terakhir ini. Biasanya penjual seblak basah menggunakan gerobak dan juga booth. Seblak bisa dijual dengan cara berkeliling ataupun mangkal. Seblak juga dibuat dari kerupuk seblak yang direndam atau bisa juga direbus dengan air. Dulu makanan seblak ini hanya dikenal dalam bentuk dengan maenggunakan bahan kerupuk, tapi kini seblak hadir dalam tampilan menu baru.

Seblak basah biasanya diberi beberapa bumbu dan tambahan bahan lainnya se hingga berasa pedas dan gurih.

Di musim penghujan, makanan ini sangat laris dan banyak diburu masyarakat. Inilah mengapa banyak orang yang mulai tergiur ingin menjajal peluang usaha seblak. Pada dasarnya jenis usaha ini mudah dijalankan asalkan pelaku usahanya memiliki kreativitas dalam memasak.

Kreatifitas menjadi penting dalam usaha seblak ini karena sudah banyak beberapa varian dari seblak basah ini. Ada yang ditambahkan dengan ceker, ayam, daging, telur dan juga bahan lainnya seperti sosis dan bakso dan masih banyak lagi. Walaupun rata-rata untuk tampilan seblak itu mirip, akan tetapi tetap saja harus ada sesuatu yang ditonjolkan jika ingin mendulang sukses. Sesuatu itu bisa dari rasa, kemasan, dan pelayanan serta harga.

Rasa seblak yang sudah ada di benak masyarakat yaitu gurih dan pedas. 

Peminat makanan ini mayoritas datang dari kalagan anak muda usia SMA sampai dengan bangku kuliah. Merekalah konsumen utama untuk makanan bernama seblak ini. Memang, seblak pedas ini sangat cocok jika dimakan bersama dengan teman sekat apalagi jika harganya bersahabat.

Dengan mengetahui konsumen utama dari makanan seblak ini, calon pelaku usaha diharapkan lebih bisa menyusun beberapa strategi promosi yang tepat. Ditambah lagi dengan munculnya fenomena seblak ini memang sedang ramai. Hampir di setiap sudut kota ataupun perbelanjaan ada saja penjual seblak. Rata-rata dari mereka memiliki pelanggan yang sudah menetap. Oleh karena itu peluang usaha untuk makanan seblak ini sangat luas.

Baca juga: Peluang Usaha Service Mobil Aki Anak

Tips Memulai Usaha Seblak

Sebelum memutuskan untuk membuka kedai seblak basah, maka ada baiknya jika mengetahui tips untuk bagaimana untuk bisa memulainya. Tips ini gunanya agar para pengusaha tidak kebingungan dalam mengambil keputusan.

Ada Beberapa tips di bawah ini yang bisa diaplikasikan agar bisa dengan mudah untuk membuka usaha seblak dengan lancar:

1. Mencari Lokasi Usaha yang Potensial, Strategis

Memilih Lokasi yang strategis saja terkadang tidaklah cukup. Lokasinya haruslah potensial dan lebih strategis. Strategis dalam artian mudah untuk ditemukan atau dilihat orang. Akses untuk menuju ke lokasi mudah dan biasanya berada di pinggir jalan besar. Ketersediaan lahan parkir juga menjadi salah satu faktor tempat strategis. Jika lokasi yang sulit diakses biasanya membuat para konsumen urung untuk berbelanja.

Sedangkan untuk lokasi yang potensial yaitu bisa dekat dengan target konsumen. Misalnya saja seperti, lokasi dekat dengan sekolahan, kampus, kos-kosan mahasiswa, dan juga perkantoran. Untuk Lingkungan perumahan bisa saja dijadikan sebagai lokasi usaha asalkan karakteristik dari penghuni perumahan lebih cocok dengan target seblak tadi. Jika di lingkungan perumahan maka pastikan berjualan di ruko-ruko yang biasanya berada bagian paling depan ketika masuk komplek perumahan.

2. Rancang Penataan Kios atau Lapak Yang Lebih Baik

Jika kebetulan anda mendapatkan kios untuk berdagang, usahakan area untuk konsumen terbilang cukup luas. Akan Lebih baik jika menggunakan bangku-bangku yang sederhana agar kios terkesan luas. Bangku panjang mungkin akan sah-sah saja jika dipakai asalkan bersih dan diatur dengan rapi. Untuk dindingnya bisa menggunakan wallpaper dengan gambar yang terlihat unik. Pemasangan Wallpapernya cocok untuk usaha pemula karena harganya yang murah.

Namun, jika kebetulan harus berjualan dengan cara menggunakan gerobak dan di luar ruangan, maka pastikan untuk menata area yang nyaman. Memakai Meja panjang dan bangku panjang bisa dijadikan pilihan. Perhatikan untuk kebersihan area berjualan agar calon pembeli merasa nyaman. Ataupun jika kebetulan area berdagang luas bisa diterapkannya sistem lesehan dengan menggunkan meja pendek panjang. Sediakan bantal-bantal lucu yang besar agar tetap memiliki kesan kekinian.

3. Siapkan Tukang Masak yang Bisa Diandalkan

Usaha ini lebih identik dengan kemampuan memasaknya. Jika kebetulan tidak memiliki kemampuan demikian maka harus mempekerjakan tukang masak, maka carilah seorang pekerja yang bisa diandalkan. Siapkan juga beberapa paket gaji yang menarik agar ia tetap loyal. Mencari tukang masak ini memang tidak semudah yang kita dibayangkan. Banyak-banyaklah untuk bergaul dengan sesama pengusaha seblak untuk bisa mengetahui informasi akan hal ini.

Namun, jika kebetulan sudah memiliki keahlian memasak, maka proses untuk penyajiannya bisa dilakukan sendiri. Tentu saja ini semua harus ada yang membantu untuk bisa mengurusi orderan dari konsumen yang datang. Hal ini tujuannya agar tidak kerepotan nantinya. Biasanya calon pembeli seblak akan ramai ketika sore hari menjelang malam. Jika ditangani sendiri tentu saja akan kerepotan.

4. Siapkan Segudang Kreasi Menu

Peluang usaha seblak yang luas bukan berarti tidak memiliki titik rasa jenuh. Dengan banyaknya varian seblak yang sekarang sudah banyak menjamur, maka perlu dipikirkan lagi sebuah menu seblak yang baru. Tujuannya yaitu agar usaha seblak yang nantinya dirintis bisa langsung dikenal oleh banyak orang. 

Seblak ini bisa digabungkan dengan bakso aci, somay kering dan lain-lain. Saat ini juga bahkan sudah ramai menu seblak kuah dicampur dengan mi instan. Untuk hal-hal baru seperti inilah yang harus terus menerus dikembangkan oleh pelaku usaha seblak. Tujuannya yaitu agar konsumen lebih tertarik untuk membelinya. Tidak ada salahnya untuk mulai mencoba terlebih dahulu berbagai macam resep seblak sebelum membuka kedai.

5. Membeli Waralaba

Jika dirasa kesulitan untuk bisa menemukan merek yang tepat untuk makanan seblak ini, maka tidak ada salahnya jika membeli waralaba saja. Peluang usaha seblak dalam bentuk waralaba tentu saja lebih besar. Hal ini karena masyarakat sudah mulai mengenal merek dan rasa seblak dari berbagai jenis merek waralaba. Ada sejumlah merek waralaba seblak yang saat ini sudah terkenal dan bisa dicoba untuk mulai bergabung.

Walaupun membeli waralaba itupun terkesan praktis, namun tetap saja perlu adanya manajemen yang baik. Nama besar saja tidak akan cukup tanpa adanya pelayanan dan juga konsistensi rasa. Selain itu biaya yang akan dikeluarkan untuk bisa membeli merek waralaba biasanya sangat besar. Jadi perlu dikalkulasika dengan tepat agar tidak salah dalam perhitungannya.

Baca juga: Modal Usaha Toko Bangunan

Promosi Yang Unik

1. Contoh Promosi Seblak Yang Unik.

Promosi unik ini bisa saja dilakukan dengan segala macam cara tergantung kreatifitas dan juga ide. Misalnya seperti, sebelum toko atau kedai mullai dibuka, gembar-gemborkan terlebih dahulu melalui di media sosial. Buatlah calon pelanggan menunggu atau penasaran akan kedai seblak yang baru akan muncul ini. Namun strategi ini bisa berhasil dan bisa membuat orang akan kembali lagi jika rasanya memang sesuai dengan lidah mereka. Dengan melakukan promosi yang cocok, antrian ketika pembukaan dapat mengular.

Peluang usaha seblak ini memang cukup baik. Oleh karena itu untuk beberapa waktu ke depan pun usaha ini masih layak untuk bisa dijalankan. Rasa merupakan hal paling utama yang harus ditonjolkan dari usaha ini. Dan yang Kedua penampilan makanan dan juga kemasan. Pastikan semuanya terlihat unik agar terkesan kekinian tetap melekat dan banyak disukai pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Menata Warung Sembako

Ide jualan es depan rumah

Usaha Makanan Ringan Modal Kecil

Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadhan

Cara Membuat Kemasan Bisnis Sosis Bakar yang Menarik dan Menjual