Widget HTML #1

Peluang Usaha Minuman Unik yang Kekinian

Usaha Minuman Unik
Usaha Minuman Unik

Peluang usaha minuman unik kekinian. Bisnis minuman tidak pernah sepi akan hal yang baru. Tampaknya, untuk sampai sekarang ini ada beberapa tahun ke depan bisnis ini masih saja memiliki prospek yang bagus. Baru-baru ini jenis minuman unik tampaknya sedang banyak mendominasi pasar bisnis minuman. Peluang usaha untuk minuman unik ini patut dicoba oleh para pelaku bisnis kuliner.

Dengan berbekal skill dan kreatifitas anda bisa mendapatkan peluang usaha membuka minuman yang unik dan bisa menghasilkan uang yang tidak. Perkembangan bisnis ini sangat pesat dengan pangsa pasarnya yang sangat luas. Hampir di semua pusat perbelanjaan dan juga tempat-tempat jajanan sudah ditemukan minuman unik ini. Kali ini akan dibahas bagaimana untuk membuka peluang usaha ini, dan tips memulainya.

Baca juga: Modal Membuka Toko Bangunan

Peluang Usaha Minuman Unik

Sejatinya bisnis ini sangatlah dinamis. Dinamis di sini dalam artian sangat cepat perubahannya serta dibutuhkannya kreatifitas untuk tetap bisa bertahan. Seperti contoh kasus minuman dengan pelengkap seperti boba yang sedang hits saat ini. Sebenarnya jenis minuman seperti ini sudah ada sejak tahun 90an. Di Indonesia sendiri untuk minuman boba ini dipelopori oleh Quicly dan juga Hop Hop pada tahun 2000 an.

Sudah Terbukti Quickly ini tetap bertahan sampai sekarang, yang artinya sudah hampir ada selama 20 tahun mereka beroperasi. Hal ini membuktikan jika peluang usaha untuk minuman unik ini sangat bagus. Namun untuk bisa tetap bisa bertahan hingga puluhan tahun memang diperlukannya konsistensi rasa dan juga kemampuan untuk bisa dengan mudahnya membaca perubahan permintaan pasar. Saat ini Quickly juga sudah banyak menambah varian dari gula aren yang mana sedang tren saat ini.

Selain jenis boba, ada juga jenis Avocado Lovers yang dapat memberikan sensasi berbeda disaat meminum jus alpukat. Selalu saja ada banyak antrian di kedai-kedai mereka.

Orang-orang saat ini lebih cenderung suka mencoba hal sesuatu yang baru, walaupun sebenarnya kenyatannya tidak benar-benar baru. Pembeli sekarang lebih kritis terhadap berbagai jenis minuman atau makanan yang mereka beli. Semakin unik maka semakin menarik minat orang untuk ingin mencoba dan membeli. Hal ini terkadang mengesampingkan rasa dari berbagai jenis minuman itu sendiri. Peluang usaha minuman unik ini memang dititik beratkan yaitu ada pada tampilan untuk bisa mendulang kesuksesan.

Di kota-kota besar, usaha ini lebih cepat berkembang pesat karena banyaknya jumlah penduduk dan jug daya beli masyarakat yang sangat besar. Di kota kecil mungkin bisa dicoba untuk usaha ini namun dengan merek sendiri. Karena jika membeli franchise hal ini biasanya harga minuman menjadi lebih mahal dan belum tentu sesuai dengan keinginan daya beli masyarakat setempat.

Tantangan Usaha Minuman Unik

Selain peluangnya usahanya yang besar usaha ini juga memiliki tantangan yang lebih besar juga. Bisnis minuman unik ini biasanya memerlukan packaging yang unik juga. Sebagian besar untuk kemasan dari minuman unik ini hadir dalam berbagai jenis bentuk plastic cup. Industri packaging dari bahan plastik terutama plastic cup sedang menemui hambatan besar yakni persoalan terhadap lingkungan.

Limbah sampah plastik ini sudah sangat mengkhawatirkan dan banyak berbagai organisasi lingkungan hidup yang berusaha memeranginya. Kampanye untuk tidak boleh menggunakan bahan plastic cup sekali pakai ini sedang gencar disuarakan belakangan ini.

Oleh karena itu, peluang usaha untuk minuman unik yang sangat cerah dan bisa terhambat karena adanya hal ini. Sebagaimana sudah disinggung di atas jika minuman ini biasanya dikemas dalam plastic cup yang di seal menggunakan bahan plastik juga.

Selain itu sedotan plastik juga menjadi masalah terkait sampah bahan plastik. Penggunaan sedotan berbahan plastik sekali pakai ini telah menimbulkan jutaan ton sampah yang ada di laut. Tentu saja ini membahayakan kelangsungan hidup hewan biota yang ada di laut dan makhluk bumi lainnya.

Pelaku bisnis minuman unik ini harus lebih memikirkan cara yang lebih ramah lagi untuk lingkungan dalam mengemas produknya. Tentu saja untuk menggunakan bahan plastic cup dan sedotan berbahan ramah lingkungan dari singkong ataupun dari tepung beras ini tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun tantangan inilah yang harus nya dihadapi para pengusaha minuman.

Perlu dipertimbangkan lagi apakah perusahaan akan hanya akan mengejar keuntungan semata. Jika saja benar begitu, maka masyarakat juga mungkin akan lebih lagi mempertimbangkan untuk tidak membeli minuman yang dikemas dalam plastic cup. Sebaliknya, jika jenis usaha ini juga diiringi dengan semangat kepedulian terhadap lingkungan, justru akan menjadi nilai yang lebih. Diharapkan, nilai lebih ini juga akan mampu mendongkrak penjualan.

Baca juga: Peluang Usaha Seblak Jajanan Kekinian

Tips Usaha Minuman Unik Kekinian

Terlepas dari semua tantangan yang sudah ada, seorang pebisnis harus siap untuk menghadapinya dan tidak mudah gentar. Untuk bisa memulai usaha minuman unik, ada beberapa tips cara memulai usaha yang bisa dicoba.

Peluang usaha minuman unik akan semakin luas dengan cara mengaplikasikan tips-tips di bawah ini yaitu:

1. Menentukan Tema

Tema di sini yaitu bahan ataupun hal yang akan ditonjolkan untuk minuman unik yang akan dijual. Keunikan dari tema inilah yang sesungguhnya akan dijual oleh pelaku bisnis lain nantinya. Contohnya adalah yaitu King Mango mereka menjual desert berbahan dasar mangga yang sebenarnya jika dipikir-pikir lagi lebih lanjut tidak ada yang istimewa ataupun baru.

Temukan tema apa yang nantinya akan anda ditonjolkan. Misalnya saja dari segi kemasan, warna, ataupun bahan yang akan digunakan. Perbanyak referensi dari berbagai jenis jajanan unik di seluruh dunia.

2. Cari Lokasi yang Tepat dan Strategis

Seperti sudah disinggung di atas jika lokasi yang tepat untuk usaha ini yaitu dipusat perbelanjaan. Pusat perbelanjaan akan lebih memungkinkan adanya pengunjung yang banyak. Usaha ini membutuhkan keramaian untuk dapat mampu untuk bertahan. Selain itu peluang minuman untuk bisa terjual lebih besar. Di pusat perbelanjaan carilah spot yang sekiranya dekat dengan escalator. Tempat ini lebih banyak dipilih pengusaha minuman karena mudah untuk dijangkau pembeli.

3. Rajin Ikut Bazaar Makanan

Jika belum menemukan lokasi yang tepat untuk bisa membuka kios, tidak ada salahnya jika berjualan di bazaar makanan. Perbanyak kenalan dari beberapa event organizer yang sering mengadakan event food festival. Jangan salah jika bazaar merupakan sebuah event yang tepat untuk mempromosikan dan juga memasarkan produk. Sehingga ketika nantinya akan membuka official store, orang-orang sudah lebih familier dengan produk tersebut.

Baca juga: Peluang Usaha Seafood Online Kekinian

4. Pilih-Pilih Franchise

Sah-sah saja jika memulai usaha ini dengan cara membeli merek yang sudah terkenal. Keuntungannya yaitu tidak perlu lagi repot dalam hal men supply bahan baku sampai kepada pembukaan toko. Namun bagi pengusaha waralaba, performa untuk penjualan toko sangatlah penting. Jika tidak memenuhi target maka bukan tidak mungkin jika kemitraan akan dengan mudah dihentikan. Maka pastikan lokasi dan promosi nya lebih tepat agar kerjasama bisa berjalan dengan lancar.

5. Promosi di Media Sosial

Usaha ini sangat memerlukan promosi yang lebih gencar. Manfaatkan lewat media sosial dengan cara membuat akun Instagram ataupun Twitter. Bisa juga dengan cara membuat program giveaway kepada para pelanggan yang mengunggah foto unik bersama dengan produk minuman. Hal yang seperti ini akan membuat pelanggan selalu ingat akan produk dan juga termotivasi untuk membeli.

Peluang usaha minuman unik ini selalu saja ada selama orang-orang masih menyukai gaya hidup yang masa kini. Usaha ini juga bisa terus bertahan jika iklim usaha kondusif dan pendapatan masyarakat yang meningkat. Maka tidak perlu ragu untuk memulainya. Usaha ini sangat potensial untuk anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Menata Warung Sembako Kecil

Jualan Depan Rumah

Modal Usaha Es Krim

Peluang Usaha Bisnis Online Modal Kecil untuk Masa Depan

Usaha Toko Plastik