Widget HTML #1

Cara Mudah Mendapatkan Passive Income Sepanjang Masa

Cara Mendapatkan Passive Income
Cara Mendapatkan Passive Income

Cara mendapatkan passive income. Saat ini mungkin anda sedang berencana untuk mulai menambah penghasilan. Salah satu opsi yang patut Anda coba lakukan adalah dengan membangun penghasilan pasif (passive income).

Dengan anda memiliki passive income, Anda juga tidak akan lagi bergantung pada satu sumber penghasilan yang itu-itu saja. Masih ada sumber penghasilan yang lainnya yang bisa diandalkan setiap bulannya. Hal ini tentu sangat penting, khususnya ketika Anda sedang melewati masa-masa yang krisis.

Anda tidak perlu khawatir, ada banyak cara untuk mendapatkan passive income yang bisa Anda coba lakukan. Di artikel ini kami akan menjelaskan sebagian yaitu di antaranya seperti:

  • Menjual stock photo
  • Mengikuti program afiliasi
  • Membuat eBook
  • Memasang iklan di blog
  • Berinvestasi
  • Menjual karya digital

Dan masih banyak lagi yang lainnya, disini Kami akan membahasnya secara satu per satu di bawah. Sebelum itu, ketahui terlebih dulu apa itu yang dinamakan passive income!

Baca juga: Peluang Usaha untuk Mahasiswa

Apa itu Passive Income?

Passive income merupakan jenis penghasilan yang tidak dapat dihasilkan secara langsung. Dengan kata lain Anda juga bisa memperoleh pendapatan bahkan pada saat sedang tidak lagi aktif bekerja.

Lain halnya dengan active income seperti bekerja di kantoran yang membutuhkan waktu serta tenaga secara langsung untuk bisa mendapatkan penghasilan. Nah, apa berarti Anda tidak perlu lagi untuk mengeluarkan tenaga sama sekali guna mendapat passive income?

Tentu saja tidak. Justru ada hal-hal lain yang mesti Anda bangun terlebih dahulu sebelum dapat dengan mudahnya menikmati passive income. Ini juga membutuhkan waktu dan juga tenaga.

Jenis-jenis pekerjaan yang bisa mendapatkan passive income

Ada banyak passive income yang bisa Anda coba lakukan. Di bawah akan menjelaskan berbagai macam cara yang efektif untuk bisa membangun passive income di tahun ini.

1. Menjual Stock Photo

Apakah Anda termasuk ke dalam golongan sebagian orang yang mempunyai smartphone dengan kamera nya yang bagus? Atau bahkan mempunyai perlengkapan fotografi yang lengkap? Jika memang ia, maka Anda bisa coba menjual foto di internet.

Mungkin saja Anda pernah mengunduh foto dari platform seperti halnya Shutter stock, i Stock, ataupun 500px. Anda bisa menjual foto-foto yang anda miliki juga di sana.

Foto-foto yang Anda akan tawarkan di platform itu nantinya akan digunakan oleh orang-orang yang suka membuat konten yang membutuhkan elemen visual secara tambahan. Oleh karena itu untuk memastikan foto Anda memiliki topik yang sangat jelas.

2. Mengikuti Program Afiliasi

Afiliasi merupakan salah satu ide passive income yang paling populer. Alasannya simple saja yaitu cara mempraktikkan nya sangat sederhana.

Anda cukup hanya mengikuti suatu program afiliasi. Program ini mengharuskan Anda untuk bisa mempromosikan suatu produk ataupun layanan. Jika promosi Anda sudah berhasil hingga berujung kepada pembelian, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penjualannya.

Cukup mudah, Tapi perlu diingat, Anda tetap harus lebih bersabar lagi hingga promosi yang Anda lakukan berhasil menggaet para pembeli.

Cara promosi yang Anda lakukan bisa saja bermacam-macam. Mulai dari promosi melalui website, akun media sosial, hingga email. Pilihlah platform di mana Anda dapat mengakses basis konsumen potensial yang sangat luas.

Baca juga: Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

3. Membuat Ebook

Jika anda Hobi menulis ternyata bisa jadikan passive income juga, Anda dapat menulis tentang apa pun itu baik itu fiksi maupun non fiksi. Lalu bisa mengemas nya secara menarik dalam bentuk eBook.

Dan Sebelum membuat eBook, Anda harus tahu terlebih dulu apa saja yang ingin Anda capai. Apakah Anda ingin membahas suatu topik yang lebih secara mendalam lagi? Atau memang sekedar menghibur para pembaca?

Apa pun tujuannya, maka pastikan Anda menjawab ekspektasi para pembaca. Inilah mengapa Anda juga perlu untuk tahu siapa target pembaca Anda dan juga apa yang bisa Anda lakukan lagi untuk membuat mereka lebih tertarik pada eBook-nya.

4. Monetisasi YouTube

Mendapat passive income dari sebuah YouTube? Mungkin saat ini Anda berpikir itu hanya akan bisa diraih oleh channel yang jumlah subscriber Nya sudah lebih banyak. Tetapi Anda juga bisa mendapatkannya jika Anda mau memulai.

Passive income YouTube meme

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menentukan tema pada channel Anda. Kenali dulu siapa target penonton Anda, lalu buatlah video-video yang sesuai dengan minat mereka.

Untuk bisa mendapat penghasilan dari media YouTube, Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke YouTube AdSense. Untuk dapat bergabung, Anda perlu memenuhi beberapa dari persyaratan YouTube Partner Program yaitu diantaranya:

  • Mengikuti kebijakan monettisasi YouTube itu sendiri.
  • Tinggal di wilayah atau negara yang terhubung dengan YouTube Partner Program tersebut.
  • Memiliki akun Google AdSense.
  • mempunyai lebih dari 1000 subscriber.
  • Video-video Anda sudah ditonton selama lebih dari 4000 jam dalam 12 bulan terakhir ini.

Jika seluruh persyaratan nya sudah bisa dipenuhi, maka Anda bisa mulai untuk mengumpulkan pundi penghasilan dari YouTube.

Memasang Iklan di Blog

Tahukah Anda, bahwa Anda bisa mendapatkan penghasilan dari setiap postingan blog yang telah Anda buat?

Mungkin Anda sudah tahu atau sudah pernah mendengar tentang cara ini. Anda hanya tinggal menampilkan beberapa iklan pada setiap posting annya. Hal ini tentu saja bisa Anda lakukan dengan cara menghubungkan blog yang Anda miliki dengan Google AdSense.

halaman utama Google AdSense, Anda akan mendapat keuntungan setiap kali ada pengunjung mengklik iklan yang ada di posting an Anda.

Setelah akun Google AdSense Anda sudah aktif, ada dua cara yang dapat Anda pilih dalam menampilkan iklan untuk di dalam posting an yang anda miliki yaitu Auto Ads dan juga Ad units.

Walaupun terdengar sederhana, untuk mendapat passive income dari blog ini membutuhkan kesabaran. Anda perlu menghasilkan suatu konten yang berkualitas secara konsisten untuk dapat menarik para pembaca yang loyal.

5. Online Course

Apakah Anda mempunyai keahlian khusus? Jika ia tentunya Anda bisa coba membuka kursus yang dilakukan secara online. Dengan begitu, Anda juga dapat membagikan ilmu sembari mendapatkan penghasilan.

Akan Tetapi, bukankah sudah banyak yang sudah membagikan ilmunya secara gratis dari YouTube? di sinilah Anda harus bisa mencari beberapa celah untuk membuat kursus secara online Anda lebih menarik lagi.

Salah satu caranya adalah yaitu dengan membahas topiknya yang secara lebih mendalam, memberi kan trik khusus yang tidak diajarkan oleh kursus online lain, ataupun menjanjikan output yang jelas.

6. Berinvestasi

Di Saat mendengar kata investasi, mungkin Anda sudah langsung membayangkan para investor terkenal seperti Warren Buffet. Atau mungkin saja Anda langsung terbayang dengan istilah investasi yang terdengar seperti cut loss, capital gain, ataupun saham blue chip.

Walau terdengar sangat ribet, akan tetapi investasi ini merupakan salah satu pilihan populer untuk bisa mendulang passive income. Terlebih lagi, untuk saat ini berinvestasi bukan lagi hal yang terbilang sulit.

Sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi, maka pastikan Anda sudah mempertimbangkannya dengan matang. Siapkan dana darurat tersebut dan jangan hanya mengandalkan satu jenis platform saja. Sehingga Anda akan dapat meminimalisir potensi kerugian yang mungkin akan datang.

7. Menjual Karya Seni Digital

Apakah Anda punya hobi membuat karya seni digital contohnya seperti logo, banner, ataupun undangan? Anda juga dapat menjualnya di beberapa forum internet. Anda hanya Cukup simpan karya Anda di platform penjualan bidang karya seni kemudian biarkan passive income Nya mengalir.

Sebelum anda menentukan karya apa yang ingin dijual, pastikan Anda sudah tahu siapa saja target pasar Anda. Contohnya seperti, Anda bisa saja menargetkan kepada perusahaan baru untuk logo yang akan Anda buat.

Jika Anda sudah tahu karya seni apa saja yang ingin Anda pasarkan, kemudian jual lah di platform seperti creative market atau juga Etsy. Anda juga dapat menjualnya lewat platform milik Anda sendiri seperti di website atau bisa juga menggunakan akun media sosial.

8. Menyewakan Properti

Apakah Anda sudah memiliki rumah, apartemen, ataupun bangunan yang mungkin sudah tak terpakai lagi? Jika ada maka Anda bisa mulai untuk memanfaatkannya sebagai sumber passive income.

Contohnya seperti Anda bisa membayangkan jika pendapatan pasif saja yang akan didapatkan oleh pemilik kost. Jika ada kos-kosan yang hanya berisi 10 kamar, dan di setiap kamarnya di bandrol dengan harga Rp750.000 per bulannya, maka pemilik kost bisa menikmati penghasilan kotor yang mencapai Rp7.500.000 per bulan!

Sama seperti tips-tips yang sebelumnya, Anda juga harus mempertimbangkan target pasar. Contohnya seperti kontrakan Anda menargetkan pasangan yang sudah suami istri yang bekerja di pinggiran kota. Ataupun bisa kos-kosan Anda hanya menargetkan mahasiswa dan pekerja kantoran.

Untuk memastikan juga properti yang akan Anda tawarkan aman dan layak untuk ditempati.

Baca juga: Cara Membuka Usaha Warung Kopi Biar Rame

9. Membuat Website Membership

Cara ini merupakan jalan alternatif lain untuk bisa mendapat passive income dari sebuah website. Anda bisa saja menawarkan beberapa konten premium kepada para pengunjung. Dan untuk dapat mengakses nya, mereka harus selalu berlangganan.

Konten premium yang Anda tawarkan bisa berbagai macam. Mulai dari artikel hingga sampai karya digital. Jika Anda ingin memberikan beberapa fitur premium membership yang ada di website WordPress Anda, gunakan plugin seperti Member premium ataupun bisa Ultimate Member.

10. Memulai Bisnis Dropshipping

Dropshipping adalah salah satu cara untuk mencari uang melalui media internet yang cukup populer. Karena untuk metode ini memungkinkan Anda bisa berjualan tanpa memiliki produk.

Cara kerjanya sederhana yaitu Anda cukup mencari supplier dari suatu produk yang ada di internet. Lalu pasarkan produk tersebut melalui website Anda atau bisa juga di online marketplace. Setelah itu jika ada yang berminat untuk membeli, Anda hanya tinggal order produk tersebut untuk bisa dikirimkan ke si pembeli.

Dengan begitu Anda tidak perlu untuk mengeluarkan biaya untuk inventory nya sama sekali. Bahkan Anda bisa memulai bisnis ini tanpa mengeluarkan modal sepeserpun! Anda hanya perlu men supplier dan platform untuk bisa memasarkan produknya.

Jika Anda sedang mencari sumber penghasilan tambahan yang lain, maka passive income lah jawabannya. Ada begitu banyak ide yang sapat Anda coba lakukan. Mulai dari menjual stock photo hingga sampai dropshipping.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda menambah beberapa penghasilan. Selamat mencoba semoga sukses! Untuk mengetahui strategi memulai bisnis lainnya bisa kunjungi https://www.mastagul.com/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Ide Jualan Depan Rumah

Cara Memulai Usaha Franchise atau Waralaba yang Benar untuk Pemula

Peluang Usaha Mebel dan Cara Memulai Usahanya

Peluang Usaha Sosis Bakar dan Cara Memulai Usaha Sosis Bakar

Peluang Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue Usaha Masa Depan