Widget HTML #1

Peluang Usaha yang Cocok untuk Seorang Mahasiswa

Peluang usaha untuk mahasiswa
Peluang usaha untuk mahasiswa

Peluang usaha untuk mahasiswa. Sebagai seorang mahasiswa tentunya anda harus serta dituntut lebih kreatif lagi agar lebih mandiri serta tidak hanya mengandalkan kiriman orang tua.

Pastinya pernah terbesit dalam pikiran anda, bahwa bagaimana caranya untuk membuka usaha sampingan guna menambah uang jajan, disamping hal itu namun tentunya masih bisa tetap berkuliah.

Berbekal dengan kreativitas serta jeli dalam melihat peluang sebenarnya ada begitu banyak jenis usaha untuk mahasiswa yang sayang jika dilewatkan.

Masa kuliah memang waktu yang tepat memulai bisnis, namun sebenarnya, di masa kuliah menjadi waktu yang sangat tepat untuk memulai bisnis ini, karena setelah melewati masa-masa ini, mahasiswa akan menghadapi beberapa tantangan di dunia kerja sehingga akan lebih baik jika mempersiapkan diri dari awal.

Bisnis untuk mahasiswa sendiri tak hanya sebagai penambah uang saku saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagai pengalaman yang sangat berharga bahkan juga pilihan sesudah lulus kuliah.

Akan tetapi namun, bisnis usaha apa yang harus dijalankan?

Baca juga: Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang usaha untuk mahasiswa

Berikut ini ada beberapa pilihan usaha untuk mahasiswa yang sangat menjanjikan, antara lain:

1. Bisnis barbershop cocok untuk mahasiswa

Bagi anda yang mempunyai kemampuan memotong rambut, sepertinya tidak akan ada masalah jika ingin menjalankan bisnis dibidang barbershop.

Jenis usaha barbershop bisa saja mendatangkan keuntungan yang berlipat. Tidak hanya itu, sekarang ini belum banyak barbershop yang profesional dan kekinian untuk anak-anak muda.

2. Bisnis warung kopi / cafe cocok untuk mahasiswa

Bagi seorang mahasiswa, untuk mencari tempat warung kopi yang lebih asyik diajak untuk nongkrong dapat dikatakan cukup sulit.

Jadi kenapa anda tidak mencoba membuka bisnis ini? Untuk bisnis warung kopi dengan sajian kopi yang kekinian sesuai dengan minat para anak muda.

Usaha warung kopi ini bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar, apalagi jika anda dapat buka selama 24 jam penuh, dengan menawarkan harga yang terjangkau.

3. Bisnis pulsa elektrik cocok untuk mahasiswa

Jika anda ingin membuka bisnis ini dengan modal usaha yang tidak besar, maka bisnis pulsa elektrik dapat dijadikan sebagai pilihan.

Tidak hanya mudah untuk dilakukan, namun bisnis ini mampu untuk menghasilkan keuntungan yang besar jika bisa dikelola secara maksimal.

Dalam sekali penjualan, keuntungan yang akan anda dapatkan hingga rp 1500. Bayangkan saja jika dalam sehari ada 40 sampai 60 orang yang membutuhkan kiriman pulsa anda.

Akan tetapi, risiko dari bisnis ini yaitu anda harus siap jika ada orang yang ingin berhutang seperti kenalan teman, ataupun orang di kelas lain.

4. Bisnis makanan kecil cocok untuk mahasiswa

Jika kantin di kampus anda memiliki jarak yang jauh dari ruang kelas kuliah, salah satu bisnis yang menggiurkan untuk dijalani yaitu berjualan makanan kecil.

Tentu saja jika bisnis ini muncul ketika di saat pergantian mata kuliah atau pun pada waktu jeda yang singkat. Momen-momen ini bisa saja menjadi peluang yang menggiurkan.

Untuk pilihan makanannya, anda juga bisa menjual mie bungkus, nasi bungkus, gorengan, air mineral dan yang lainnya. Makanan ini karena diperuntukkan untuk mahasiswa, pastikan anda membanderolnya dengan harga yang terjangkau.

Selain itu per hitungkan anggaran modal yang akan dibutuhkan dengan baik. Anda juga bisa saja mengambil makanan dari orang lain kemudian menjualkan nya kembali, atau dengan cara membuat makanan tersebut dari rumah.

5. Jasa les private cocok untuk mahasiswa

Hingga saat ini ada saja mahasiswa yang sangat memerlukan bantuan orang lain yang sudah bisa menguasai mata kuliah tertentu untuk dapat menaikkan ip mereka.

Ini akan menjadi peluang yang dapat anda coba manfaatkan untuk bisa menciptakan sebuah peluang usaha. Bisnis ini juga bisa dilakukan bersama dengan orang lain atau bisa diri sendiri.

Di dalam menjalankan bisnis ini maka lebih baik jangan hanya terbatas di bidang akademis saja, akan tetapi bisa dikembangkan di bidang non akademis.

Pengembangan di bidang non akademis ini seperti misalnya les bermain gitar, mengemudikan mobil, renang dan yang lain-lain.

Hal ini yang paling penting adalah anda harus menguasai apa yang akan anda ajarkan kepada orang lain dengan baik, selain itu buatlah suasana yang nyaman dengan klien anda.

Baca juga: Cara Membuka Usaha Warung Kopi

6. Menjadi Blogger / online shop cocok untuk mahasiswa

Bagi anda yang sekarang ini yang berada di jurusan ti, usaha untuk seorang mahasiswa yang dapat dijadikan beberapa pilihan selanjutnya yaitu salah satunya ialah bisnis online programmer web dan blogger.

Usaha bisnis ini sangat cocok sekali dengan mata kuliah yang anda geluti. Anda juga bisa membuat situs blog atau website yang nantinya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Ada berbagai macam hal serta cara monetize blog contohnya seperti memasang iklan, pcc, menjual produk dari blog tersebut dan lain-lain.

Bila blog sudah banyak dikunjungi serta sudah memperoleh tempat di hati pembaca, anda juga bisa menawarkannya kepada perusahaan yang mempunyai relevansi dengan cara membuat konten yang berada di dalam blog anda untuk beriklan di halaman blog pertama.

Dengan demikian, maka perusahaan ini akan lebih dikenal oleh para pembaca. Jika tidak memiliki waktu yang lebih untuk bisa merawat blog anda, anda bisa membuka jasa pembuatan blog, atau website toko online saja.

Sekarang ini sudah banyak para mahasiswa yang ingin mencoba untuk berjualan secara online, mereka yang tidak memiliki modal lebih biasanya akan mencari jasa untuk pembuatan toko online.

7. Bisnis jual beli buku bekas cocok untuk mahasiswa

Mahasiswa sudah tentu memerlukan buku akademik untuk bisa menunjang kegiatan perkuliahan mereka. Hal ini tentu saja menjadi peluang bisnis yang bisa anda manfaatkan.

Anda juga bisa menyewakan buku-buku lama, ke adik tingkat dengan harga yang relatif murah. Dengan demikian anda akan tetap bisa memiliki buku tersebut tetap mendapatkan penghasilan.

Selain bisa menyewakan buku, anda juga bisa menjual buku-buku bekas. Jika dibandingkan dengan membeli buku yang baru, biasanya para mahasiswa akan lebih memilih untuk membeli buku bekas dengan kualitas yang masih bagus.

Buku bekas yang masih layak digunakan dapat anda beli dengan harga yang lebih murah, kemudian anda tawarkan kepada teman ataupun adik tingkat dengan harga yang lebih tinggi.

8. Bisnis jasa tour and travel cocok untuk mahasiswa

Biasanya, untuk mahasiswa yang gemar melakukan kegiatan wisata alam. Ketika akan merencanakan perjalanan wisata mereka, mereka akan gencar untuk mencari jasa tour and travel agar perjalanan menjadi semakin mudah dan juga praktis.

Tempat wisata yang akan dituju pun bisa jadi dalam dan luar negeri. Usaha bisnis travel ini akan memberikan keuntungan berlipat ganda, karena anda akan memperoleh banyak keuntungan berupa uang, tetapi anda juga akan bisa merasakan ikut berwisata ke luar negeri.

Anda dapat memulai bisnis ini dengan cara yaitu mengumpulkan mahasiswa yang ingin berlibur. Setelah cukup besar maka anda bisa mengembangkan bisnis ini untuk tour orang secara umum.

Anda juga bisa membuka bisnis penyewaan yang sudah lebih dulu berhubungan dengan tour and travel seperti menjadi makelar dari persewaan bus pariwisata, maupun tempat menyewakan alat-alat kemping.

9. Bisnis jasa penitipan hewan peliharaan cocok untuk mahasiswa

Bisnis berikutnya yaitu memiliki kaitan dengan hobi merawat hewan peliharaan. Saat ini sudah banyak orang yang mempunyai hewan peliharaan akan tetapi tidak memiliki waktu untuk sekedar merawatnya saja.

Bisnis ini sangat cocok dijalankan bagi anda yang memiliki area rumah yang luas, karena nantinya akan ada begitu banyak hewan yang akan ditangani.

Namun, perlu anda ketahui bahwa bisnis ini tidak bisa dijalankan sendirian, lebih baik jika berdayakan karyawan untuk bisa membangun bisnis yang semakin besar.

Selain sekedar melakukan perawatan, anda juga dapat membuka bisnis penitipan hewan. Namun bisnis ini biasanya akan laris manis saat lebaran atau musim liburan. Seperti ketika lebaran, si pemilik tidak akan bisa membawa hewan peliharaannya sehingga agar dapat dirawat dengan baik, maka hewan tersebut akan dititipkan ke penitipan hewan.

10. Bisnis jual beli barang elektronik bekas cocok untuk mahasiswa

Untuk usaha mahasiswa yang berikutnya yaitu berjualan barang-barang bekas. Bisnis ini biasanya banyak orang yang diremehkan, padahal bisa berubah menjadi hal yang lebih berarti bila dijual kepada orang-orang yang sangat memerlukannya.

Anda juga bisa menawarkan jasa jual beli barang bekas ini kepada teman anda. Bisnis ini akan semakin menggiurkan saja jika anda memiliki keahlian dibidang mereparasi elektronik.

Caranya mudah dengan membeli elektronik bekas yang sudah tidak terpakai atau rusak, kemudian anda memperbaikinya sendiri di rumah. Nantinya, laba yang akan bisa anda dapatkan mulai dari puluhan hingga sampai ratusan ribu.

Baca juga: Cara Membuka Usaha Barbershop

11. Bisnis kaos cocok untuk mahasiswa

Untuk bisa memulai bisnis berjualan kaos ini anda harus memiliki hubungan baik dengan tempat-tempat sablon ataupun tempat konveksi, yang kemudian buat desain kaos yang keren untuk dijual.

Gali seluruh kreativitas yang anda miliki, karena semakin keren kaos yang dibuat, maka nantinya akan semakin banyak orang yang tertarik untuk membelinya, jangan lupa buat desain yang lebih menarik dengan kata-kata lucu.

Selain anda membuat desain kaos sendiri, anda juga bisa sebagai perantara jasa sablon kaos. Biasanya, di kampus-kampus akan ada banyak yang membutuhkan jasa ini untuk berbagai macam kegiatan.

12. Penulis freelance cocok untuk mahasiswa

Memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide-ide dalam bentuk tulisan? Mengapa anda tidak membuka jasa penulis? Bisnis ini sangat mudah dikerjakan dan tanpa mengeluarkan modal apapun, karena anda hanya akan memerlukan kemampuan menulis, imajinasi serta kreativitas.

Selain itu bisnis ini juga dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun tanpa adanya terikat waktu. Bentuk tulisan yang bisa anda buat bervariasi, contohnya seperti artikel berbagai macam topik hingga sampai artikel seo.

Bisnis-bisnis di atas dapat saja berkembang apabila bisa dikelola dengan terkonsep, baik serta lebih maksimal. Pastikan akan sangat luar biasa jika saat ini anda belum lulus kuliah akan tetapi sudah memiliki bisnis. Jadi, selamat mencoba semoga sukses!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Ide Jualan Depan Rumah

Kelemahan Usaha Mie Ayam

Bisnis Properti untuk Bisnis Sampingan Mahasiswa

Desain Gerobak Jualan Kopi Keliling

Penyebab Kegagalan dalam Menjalankan Usaha Kedai Kopi