Widget HTML #1

Cara Membuka Usaha Warung Kopi Biar Rame Lengkap dengan Perhitungan Modal Usahanya

Usaha Warung Kopi
Usaha Warung Kopi

Cara membuka usaha warung kopi biar rame lengkap dengan perhitungan modal usahanya. Jika diamati dengan seksama maka bisa dilihat untuk jenis usaha warung kopi ini akan semakin mudah ditemukan.

Pada Saat melakukan perjalanan, pastinya Anda akan menemukan banyak sekali warung-warung kopi yang sudah berdiri di pinggir jalan.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan banyaknya inovasi yang sudah dilakukan, untuk minum kopi kini telah naik kelas.

Untuk bisa menikmati sajian dari berbagai kopi hangat dan eksklusif, Anda juga harus mendatangi kedai-kedai kopi terdekat dan sudah modern yang banyak bertebaran yang utamanya di mall besar.

Di tempat ini lah Anda akan dilayani oleh seorang Barista yang sudah piawai dalam meracik dan menghias kopi dengan indah.

Tidak hanya itu beraneka raga rasa kopi nusantara yang terkenal juga sudah dapat Anda cicipi. Tentang harganya tentu saja sangat berbeda jauh dengan kopi yang hanya bisa dibeli warung kopi yang ada di pinggir jalan.

Untuk Minum kopi saat ini seakan-akan telah menjadi bagian dari gaya hidup semua kalangan masyarakat, jadi bagi beberapa orang mungkin sudah tidak masalah untuk mengeluarkan banyak uang hanya untuk sekedar menikmati secangkir kopi panas.

Baca juga: Usaha Barbershop

Peluang Usaha Warung Kopi yang Menggiurkan

Sebagai jenis usaha sampingan yang saat ini sudah mulai banyak dilirik oleh sekian banyak kalangan millennial karena beberapa prospek ke depannya yang sangat cerah.

Peluang usaha bisnis ini pun sebenarnya terbilang cukup terbuka dan juga dapat mendatangkan berbagai profit yang lebih maksimal.

Dan Biasanya untuk warung-warung kopi yang sebelumnya sudah didirikan akan semakin ramai didatangi oleh semua kalangan masyarakat jika dilengkapi dengan alat pendukung seperti jaringan Wi-Fi serta memiliki tempat yang lebih nyaman dan terbuka.

Mungkin tidak ada yang menyangka jika membuka dari usaha yang tidak terlalu besar ini akan mendatangkan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Terlebih lagi untuk di daerah seperti perkotaan, dimana saat ini para millennial dan para pekerja menjadikan minum kopi sebagai gaya hidup populer yang sulit untuk ditinggalkan.

Bahkan untuk bisa melakukan pekerjaan ini lebih nyaman nya jika dikerjakan di area seperti kedai kopi. Di kedai kopi yang modern biasanya akan lebih mudah untuk menemukan jenis kopi yang terkenal seperti:

  • Kopi Sumatera
  • Kopi Jawa
  • Kopi luwak
  • Kopi Robusta
  • Kopi Gayo

Kelebihan Bisnis Warung Kopi

Sebelum annda membaca artikel tentang bisnis kopi hingga sampai selesai, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan untuk membuka bisnis usaha ini yaitu:

  1. Salah satu bisnis yang bisa dimulai dengan hanya bermodalkan yang kecil
  2. Target pangsa pasarnya jelas dan luas
  3. Mudah untuk kita menjalankannya
  4. Cara pemasaran nya sangat mudah
  5. Bisnis yang tidak akan pernah ada mati nya sebab semakin banyak orang yang gemar untuk minum kopi sambil berselancar di media sosial
  6. Risiko akan kegagalan nya yang minim

Kendala Membuka Usaha Warung Kopi

Semua bisnis yang sudah dilakukan pastinya akan mengalami beberapa kendala. Akan tetapi bukan berarti setiap kendala tersebut dapat dengan mudahnya mematahkan semangat Anda, dan sebaliknya adalah untuk dengan mudah bagaimana mencari solusi yang tepat.

1. Banyaknya kompetitor

Untuk dapat mengatasi hal ini, Anda juga harus pandai-pandai dalam membuat langkah strategi serta inovasi terbaru yang belum sama sekali digunakan oleh para kompetitor Anda.

2. Bahan baku yang berkualitas harus di dapat dengan harga yang cukup mahal

Solusinya yaitu Anda juga harus pandai dalam mencari para supplier yang cocok menurut anda. Anda juga bisa mencarinya melalui media internet ataupun bisa bertanya kepada teman serta keluarga Anda.

3. Harus memiliki seseorang yang sudah pandai meracik kopi

Sebelum anda membuka usaha ini, maka Anda bisa belajar dulu dari seseorang yang sudah pandai dan ahli dalam meracik kopi.

Tetapi jika Anda termasuk orang yang sibuk, Anda juga bisa mempekerjakan seorang Barista yang sudah berpengalaman, sebab tidak semua tangan ini dapat meracik kopi dengan enak.

Baca juga: Tren Bisnis Es Krim di Indonesia

Cara Memulai Usaha Warung Kopi

Usaha ini merupakan salah satu jenis usaha yang termasuk mudah untuk melakukan serta memulainya.

Terkait dari beberapa keahlian di dalam meracik kopi, anda juga bisa mempelajari dari orang yang telah ahli. Untuk bisa mengetahui cara untuk memulai usaha ini, berikut ini rangkuman nya:

1. Buat Plan dan Matangkan Persiapan

Membuka dan memulai menjalankan sebuah bisnis usaha apa pun itu jenisnya yang diperlukan hanyalah sebuah rencana serta konsep usaha apa yang akan ada buat tersebut.

Tanpa adanya perencanaan jenis usaha apapun yang akan dijalankan akan sangat kesulitan untuk bisa menemukan jalannya. Setelah rencana dan juga konsep telah siap dan dibuat, maka tugas Anda selanjutnya adalah lebih mematangkan konsep tersebut.

2. Modal yang Cukup

Untuk bisa memulai sebuah usaha kecil misalnya seperti usaha air isi ulang pastilah akan sangat membutuhkan modal.

Demikian juga dengan jenis usaha kopi, modal merupakan pemegang peranan yang sangat penting. tetapi Anda tidak perlu merasa khawatir lagi karena untuk bisa memulai usaha ini anda bisa mengeluarkan modal yang tidak terlalu besar.

3. Memilih Lokasi

Tujuan untuk mendirikan sebuah usaha yaitu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Untuk dapat mencapai hal yang demikian maka dibutuhkan berbagai cara.

Salah satunya yakni dengan cara memilih lokasi untuk usaha yang tepat dan strategis. Untuk Pemilihan tempat yang sudah sesuai akan jadi suatu penentu ramai tidaknya usaha kopi yang anda jalankan.

4. Menyiapkan Peralatan

Dalam proses dan kegiatannya cara meracik minuman kopi yang terbilang enak tentulah sangat dibutuhkannya berbagai jenis peralatan. Tidak hanya ada bubuk kopi semata.

Apalagi jika warung kopi yang sudah anda buka mempunyai konsep modern dan eksklusif, maka untuk peralatan yang akan dibutuhkan akan semakin banyak.

5. Tentukan Target Pasar

Untuk Target pangsa pasar warung kopi ini sebenarnya cukup luas. Tidak hanya untuk kalangan orang dewasa saja, saat ini anak muda pun sudah semakin banyak yang mulai menggemari minum kopi.

Jika saja yang menjadi sasaran Anda yaitu anak muda millennial maka untuk warung kopi harusdilengkapi juga dengan fitur tambahan seperti jaringan Wi-Fi berkecepatan tinggi agar mereka merasa semakin betah.

6. Menentukan Menu Andalan

Meskipun hanya untuk minum kopi saja, tetapi juga harus ada menu-menu andalan yang bisa menarik perhatian setiap pelanggan yang datang.

Misalnya saja untuk membuat menu yang tidak bisa ditemui di berbagai warung kopi lain ataupun bisa juga dengan membuat menu yang lebih unik sebagai ciri khas.

7. Pilih Supplier Kopi Pilihan

Untuk dapat menghasilkan berbagai jenis minuman kopi yang enak, jika ingin rasa kopi yang lebih nikmat lagi maka gunakan kopi yang berkualitas baik.

Caranya untuk memilih supplier bahan kopi yang secara khusus sudah menyediakan biji atau bubuk kopi pilihan.

Modal Bisnis Warung Kopi

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya jika untuk membuka sebuah kedai warung kopi tidak harus menyediakan anggaran modal yang besar.

Sama halnya dengan jenis usaha barbershop yang hanya dengan modal 5 juta saja sudah bisa memulai usaha.

Rincian nya adalah sebagai berikut ini:

  • Meja kursi berkisar antara Rp. 2.000.000,
  • Terpal Rp. 500.000,
  • Kompor dan tabung gas Rp. 500.000,
  • Bahan (kopi, susu dll) Rp. 1.000.000,
  • Peralatan Rp. 1.000.000,

Total Rp. 5.000.000,

Analisa Keuntungan Bisnis Warung Kopi

Dari modal tersebut maka Anda sudah bisa memperhitungkan keuntungan dengan cara memperhitungkan misalnya saja harga satu cangkir kopi di bandrol seharga Rp. 5.000,

maka dalam semalam saja sudah mendapatkan 30 cangkir kopi yang sudah dipesan, dalam semalam Anda bisa mendapatkan pendapatan Rp. 150.000, jika dalam sebulan maka pendapatannya yakni Rp. 4.500.00.

Itu hanya dari kopi saja Karena biasanya banyak makanan pendamping yang lainnya seperti mie instan ataupun makanan lain yang bisa dipesan.

Untuk Total pendapatan dalam satu bulannya bisa mencapai Rp. 6.000.000

Baca juga: Usaha Bengkel Motor

Strategi Penjualan Warung Kopi

Agar warung kopi yang Anda jalankan laris manis dan juga semakin banyak yang mengenalnya, maka dibutuhkan langkah-lankah dan strategi tertentu yaitu:

  • Memberikan promosi untuk pelanggan yang masih setia
  • Menyediakan beberapa aneka jenis kopi pilihan
  • Memberikan pelayanan yang sangat memuaskan

Cara Promosi Agar Bisnis Semakin Dikenal

Tidak hanya langkah strategi saja, usaha warung kopi yang laris manis juga tentunya membutuhkan promosi agar penjualan terus semakin meningkat.

Untuk mengetahui Cara promosi yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Melalui media sosial yang saat ini sedang banyak diperbincangkan
  2. Promosi melalui teman ke teman
  3. Berikan harga spesial pada hari-hari tertentu
  4. Pakai Pamflet atau brosur

Tips Sukses Menjalankan Usaha Warung Kopi

Untuk bisa Sukses menjalankan suatu bisnis ataupun usaha adalah impian banyak semua orang. Demikian juga dengan usaha warung kopi ini.

Berikut ini adalah tips sukses untuk menjalankannya:

  • Pilihlah Lokasi yang strategis
  • Perhatikan desain eksterior dan juga interior
  • Perhatikan keamanan dan kenyamanan pelanggan
  • Perhatikan kualitas kopi yang akan digunakan
  • Manfaatkan peran media sosial untuk bisa memperkenalkan warung kopi

Membuka usaha warung kopi merupakan pilihan yang lebih tepat bagi Anda yang ingin segera memulai usaha ini, akan tetapi memiliki modal yang kecil.

Asalkan anda rajin dan terus mau untuk belajar, bukan tidak mungkin jika usaha tersebut dapat mendulang kesuksesan dan menjadi sangat besar. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Peluang Usaha Mainan Anak yang Tidak Ada Matinya

Aplikasi Perekam Layar Monitor PC dan Laptop Gratis di Gunakan

Ide Jualan Depan Rumah Paling Laris

Bolu Kukus Mini Cantik! Modal Murah Untung Melimpah, Cocok Jadi Ide Jualan

Tips dan Cara Memulai Usaha Bisnis Kuliner Bagi Pemula