Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mudah Dan Menguntungkan Menjalankan Bisnis Tanah Bagi Pemula

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

    mastagul.com - 6 Cara Mudah Dan Menguntungkan Menjalankan Bisnis Tanah Bagi Pemula. Jika anda Tertarik untuk bisa mencoba menjalankan bisnis dibidang tanah, jika anda masih ragu-ragu? Tidak perlu khawatir. Anda hanya harus mencoba mencari tahu cara melakukan bisnis di bidang tanah ini dengan baik!

    Cara Mudah Dan Menguntungkan Menjalankan Bisnis Tanah Bagi Pemula

    Menjalankan bisnis properti merupakan bisnis yang cukup menggiurkan. Selain Harga properti dan harga tanah juga akan selalu naik setiap tahunnya. Dalam menjalankan bisnis properti atau juga  bisnis tanah merupakan salah satu jenis bisnis yang pastinya akan sangat memberikan keuntungan dan juga dengan nilai yang mungkin nantinya bisa berkali-kali lipat.

    Akan tetapi, jika anda penasaran bagaimana cara agar bisa menjalankan bisnis yang satu ini? Dan apa saja yang akan menjadi risiko yang harus dihadapi jika menjalakan bisnis dibidang tanah. Simak cara dan juga risiko untuk bisa menjalankan bisnis tanah.

    Cara Menjalankan Bisnis Tanah yang Sukses

    1. Mempunyai Tekad yang Kuat dan juga berani

    Untuk anda yang masih pemula perlu diinggat bahwa menjalankan bisnis dibidang tanah ini memerlukan wwaktu yang cukup lama untuk bisa suskses.

    Bagi seorang pemula, anda tentu bisa memulai berbisnis dengan cara membeli saham properti dan juga menjadi seorang makelar (broker properti) sama dengan jenis agen properti yang lainnya. Hal ini tentunya akan bermanfaat untuk anda belajar bagaimana seluk beluk tentang dunia bisnis ini.
    Jangan takut dan harus Berani untuk terjun dan bulatkan tekad adalah kunci untuk bisa menjalani bisnis dibidang  tanah.

    2. Menganalisa Lokasi Tanah yang Potensial

    Hal yang paling menakutkan bagi seorang investor tanah yaitu memulainya  pembelian tanah. Pilihlah  lokasi yang benar-benar strategis sehingga nantinya proses jual beli tanah bisa berjalan dengan lancar. Anda harus mempelajari daerah tanah yang akan anda jual ataupun anda beli untuk bisa memperkirakan prospek tanah kedepan nantinya.

    Agar anda bisa memahami dan mengerti harga pasaran tanah, anda bisa menggunakan cara dengan mamekai jasa Kantor Jasa Penilaian Publik (KJPP) yang sudah mendapatkan izin secara resmi dari pemerintah.

    3. Meneliti Kelengkapan Dokumen Tanah

    Jika anda sudah mendapatkan sebidang tanah yang potensial, maka kini waktunya untuk anda mulai mencari kelengkapan dokumen-dokumen yang akan anda jual atau beli.  Memanfaatkan teman ataupun kerabat anda untuk membantu pengecekan agar suatu saat nanti tanah yang akan anda jual atau beli tidak sengketa ataupun bermasalah.

    Carilah kantor-kantor  notaris yang sudah resmi memiliki izin untuk mempermudah proses jual beli tanah.

    4. Mempromosikan Secara Offline dan Online

    Dengan cara Melakukan promosi yang berkaitan dengan bagaimana caranya untuk bisa  menarik minat para pelanggan agar membeli tanah yang akan anda jual belikan. Anda harus membuat brosur atau pamflet untuk dibagikan kepada calon pembeli agar tanah yang akan anda jual belikan semakin cepat terjual dan berbalik modal.

    Anda juga bisa mencoba mempromosikan secara online seperti membuat sebuah akun di media sosial dan menjualnya secara daring.

    5. Mengikuti Pelatihan

    Mengikuti Pelatihan yang  dibutuhkan untuk bisa mendapatkan materi yang akan anda dapatkan demi menunjang lancarnya proses jual beli.

    Dari Beberapa situs pelatihan bisnis properti sendiri bisa dengan mudahnya anda  cari melalui aitus mesin pencarian di media soial internet.

    6. Tidak Mudah Menyerah

    Untuk bisa melakukan transaksi Jual beli tanah cukup menyita banyak waktu, sehingga dibutuhkannya sebuah  kesabaran agar bisnis properti yang anda jalankan dapat memberikan hasil yang diharapkan.
    Tips Sukses Pada Usia Muda 20-an
    Kuncinya adalah jangan mudah untuk menyerah dikarenakan untuk menjalankan bisnis properti ini tidak akan langsung laku terjual.

    Risiko Jika Menjalankan Bisnis Properti Dibidang Tanah

    1. Berpotensi Disalahgunakan Orang Lain

    Saat tanah tang anda miliki  tidak terawasi, ada kemungkinan jika nantinta seseorang akan mulai menyalahgunakan kepemilikan tanah ini. Seperti dijadikannya sebagai lahan parkir, lahan untuk bercocok tanam, atau mungkin bisa juga dijadikan tempat untuk melakukan aktivitas-aktifitas lainnya selagi semua itu bisa untuk dimanfaatkan.

    Untuk kondisi-kondisi tertentu, bukan tidak mungkin jika nanti orang lain akan mulai untuk mendirikan bangunan di atas tanah milik anda.

    2. Bukan Aset yang Produktif

    Menjalankan bisnis dibidang tanah sungguh berbeda dengan menjalankan bisnis properti. Sebuah bangunan Ruko atau rumah bisa saja anda sewakan terlebih dahulu sebelum mulai untuk dijual, sehingga aset yang anda miliki tersebut bisa menjadikan sebagai aset produktif.

    Sebaliknya dalam bisnis dibidang tanah, keuntungan yang akan didapatkan hanya bisa didapatkan setelah anda sudah selesai menjualnya saja.

    3. Bukan Investasi Jangka Pendek

    Memulai bisnis dibidang Tanah merupakan investasi jangka panjang dan hanya saja akan mulai menghasilkan ketika anda sudah selesai menjualnya. Ada kemungkinan jika anda akan mudah mengalami kerugian suatau saat nanti ketika menjual tanah anda dalam kondisi yang terburu-buru.
    Sebab itu, anda tidak boleh untuk mudah menyerah dan harus ekstra sabar saat mulai melakukan bisnis jual beli tanah.

    Terimakasih.
    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.