Widget HTML #1

Penyebab Hp Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis Serta Cara Mengatasinya

Penyebab Hp Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis
Penyebab Hp Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Penyebab HP cepat panas

Penyebab HP cepat panas dan baterai cepat habis serta cara mengatasiny. Bagi pengguna smartphone pasti sudah atau pernah merasakan jika daya tahan baterai cepat berkurang, atau yang biasa di sebut boros atau cepat lowbat. Pastinya sobat akan merasa kesal jika harus mengisi baterai smartphone terus-menerus.

Smartphone pada kehidupan sekarang ini sudah hampir menyamai kebutuhan pokok, pasalnya sobat akan merasa kehilangan jika smartphone lupa dibawa, atau ketinggalan di rumah, rasa bosan pasti akan dirasakan, hehehe hayo ngaku? Ia, g????.

Selain baterai smartphone cepat habis ada permasalahan satu lagi yaitu suhu baterai cepat sekali naik, kebanyakan orang bilang HP nya cepat panas. Ternyata suhu smartphone yang cepat panas ada hubungannya dengan baterai yang cepat habis. Kenyataannya begitu, jika sobat tidak percaya silahkan lakukan uji coba pake smartphone sobat. Hati-hati tar meledak, heheheh.

Dari kedua permasalahan diatas, banyak orang yang mencari solusi untuk permasalahan baterai smartphone yang cepat habis dan suhu yang cepat naik. Cara penggunaan dan perawatan smartphone sangat memengaruhi ketahanan baterai.

Tidak menutup kemungkinan walaupun smartphone keluaran terbaru tidak memiliki permasalahan daya tahan baterai dan panas suhu orang sering bilang overheat. Sebenarnya jika itu sampai terjadi berarti ada masalah dalam pemakaiannya.

Baca juga: Cara Cek Processor 32-bit atau 64-bit di Windows 7 Laptop dan PC

Penyebab smartphone overheat dan cepat lowbat:

1. Banyaknya aplikasi yang terbuka

Smartphone yang terlalu banyak membuka aplikasi bisa dipastikan daya tahan baterai akan sedikit lebih cepat habis, dibanding dengan smartphone yang membuka aplikasi sewajarnya.

Hal itu karena smartphone yang membuka aplikasi terlalu banyak akan membuat smartphone bekerja lebih ekstra. Hindari menekan tombol home ketika mau keluar dari aplikasi, karena aplikasi tersebut hanya di sembunyikan buka menutupnya, sehingga aplikasi akan tetap terus berjalan.

Untuk smartphone yang mengalami overheat yang perlu dilakukan keluarkan semua aplikasi yang masih berjalan. Jika menggunakan smartphone android bisa dengan cara menekan tombol kotak untuk melihat aplikasi yang masih berjalan lalu tutup semua, bagi pengguna smartphone ios dengan cara menekan pada tombol home dua kali lalu tutup semua aplikasi yang masih berjalan dengan cara menggeser ke atas.

2. Pemakaian smartphone saat sedang di charger

Bukan menjadi rahasia umum, yang sering terjadi pada kenyataannya banyak yang masih mengabaikan hal tersebut. Kebiasaan main game dengan kondisi smartphone sedang di charger, menerima atau menelepon. Sebenarnya hal tersebut tidak boleh dilakukan, karena saat kondisi smartphone dalam keadaan di charger suhu baterai akan berada di atas normal.

Jika panas baterai mencapai maksimal memungkinkan akan terjadi ledakan. Jangan biasakan menggunakan smartphone pada saat di charger, karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang di sekitar.

3. Digunakan pada suhu udara yang panas

Selain dengan cara penggunaan, cuaca dan suhu udara juga dapat memengaruhi terjadinya smartphone menjadi panas. Terkadang jika di siang hari yang kondisi ya panas, ketika smartphone dimainkan akan terasa cepat sekali panas.

Sebagai saran alangkah baiknya jika menggunakan smartphone ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Cari tempat yang teduh dan sebagainya.

4. Terjadi bug pada aplikasi

Tentunya pernah merasakan jika di smartphone sering ada pemberitahuan untuk update aplikasi atau software, hal itu antara lain bertujuan untuk memperbaiki supaya tidak terjadi bug pada aplikasi tersebut.

Ketika sebuah aplikasi terjadi bug maka akan berpengaruh langsung ke kinerja prosesor ya, ketika prosesor tidak bekerja secara optimal terus menerus akan membuat baterai banyak terkuras, yang bisa menimbulkan baterai cepat habis.

Baca juga: Cara Download Software di GETINTOPC

5. Jaringan kurang stabil

Jika sedang ada gangguan pada sinyal nya, yang membuat sinyal jadi kurang. Itu bisa menyebabkan baterai smartphone bisa cepat habis, ketika sinyal kurang stabil smartphone akan terus menerus mencari sinyal sehingga baterai bekerja sangat extra.

Jika terjadi hal demikian jalan satu-satunya menggunakan jaringan wi-fi untuk menghindari pemborosan pada baterai. Selain itu juga bisa gunakan mode pesawat saat terjadi masalah pada sinyal jaringan.

Cara mengatasi smartphone overheat dan cepat lowbat

1. Matikan smartphone ketika tidak digunakan

Untuk menghemat daya tahan baterai smartphone dan supaya suhunya tidak terlalu panas bisa dengan me non aktifkan smartphone ketika tidak digunakan. Hal ini bertujuan supaya mesin dan sistem yang terdapat pada smartphone bisa melakukan pendinginan dengan maksimal. Dua komponen utama yang tersemat di smartphone seperti prosesor dan ram akan lebih maksimal saat dihidupkan kembali.

2. Lakukan update OS

Operating system pada smartphone atau yang sering disebut os biasanya melakukan pemberitahuan update secara berkala. Jika terdapat pemberitahuan untuk update os alangkah baiknya langsung di update, supaya sistem yang terdapat di smartphone bisa bekerja dengan lebih baik.

Dengan kinerja os yang lancar dan tanpa hambatan karena memakai versi terbaru akan membuat baterai tidak mudah panas dan tentunya tidak mudah lowbat juga pastinya.

3. Melakukan back up data

Untuk berjaga jaga lakukanlah backup data, hal ini bertujuan supaya jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada smartphone sudah tidak bingung lagi. Untuk backup data lakukanlah secara berkala.

Data merupakan hal yang sangat penting bagi sebagian orang, dengan hilangnya data sangat berpengaruh baginya. Tidak hanya di smartphone saja backup data bisa dilakukan terhadap perangkat lain juga seperti pc, flash disk, hardisk, dll.

Baca juga: Modal Angkringan Sederhana untuk Pemula

4. Membersihkan data penyimpanan

Bagi yang menggunakan smartphone android dengan memori penyimpanan yang kecil cara ini sangat efektif dilakukan untuk mengatasi smartphone yang cepat panas dan baterai cepat habis. Dengan sering membersihkan data yang tersimpan di dalam smartphone akan membuat smartphone bekerja dengan optimal, karena mempunyai ruang kosong. Jika memori di smartphone penuh hal itu akan mempengaruhi kinerja yang bisa berpengaruh pada kinerja baterai.

5. Menginstall aplikasi sesuai kebutuhan

Cara yang terakhir ini yang perlu di perhatikan, ketika smartphone yang digunakan mempunyai penyimpanan yang kecil alangkah baiknya jangan terlalu banyak menginstal aplikasi.

Hal ini bertujuan supaya penyimpanan smartphone tidak penuh. Instal aplikasi sesuai kebutuhan yang diperlukan. Hindari peninggalan aplikasi yang mempunyai kapasitas besar.

Itulah beberapa tips untuk menjaga smartphone tidak mudah panas dan baterai tidak mudah habis. Dengan mengikuti tips di atas semoga smartphone akan tetap awet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Manfaat Kurma Muda Kuning Bagi Kesehatan Juga Untuk Kehamilan

Tidak Percaya Diri Punya Bekas Jerawat di Wajah, Tips Cara Menghaluskannya

Ide Jualan Depan Rumah Paling Laris

Tidak Bisa Menambah Paragraf di WhatsApp, Ini Solusinya

Cara Kompres Foto Online Gratis Menjadi 200kb