Widget HTML #1

Peluang Usaha di Desa: Bisnis Sembako Modal 7 Jutaan

Peluang Usaha di Desa
Peluang Usaha di Desa

Bisnis sembako modal 7 jutaan.Untuk memulai subuah bisnis memanglah bukan hal yang mudah, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Fktor utama yang biasanya menjadi pertimbangan adalah tempat dan modal. Jika kita membahas peluang bisnis didaerah Desa tentunya untuk tempat sudah tidak menjadi faktor penghalang lagi.

Sepengetahuan saya orang-orang didesa biasanya sudah memiliki lahan kosong yang bisa digunakan untuk tempat memulai bisnis. jika anda tidak memiliki tempat untuk dijadikan lapak Anda bisa menggunakan teras atau ruangan kosong dirumah untuk dijadikan tempat usaha.

Bicara soal membuka (memulai) sebuah usaha mungkin anda akan berfikir ribiuan kali sebelum membuka usaha, apalagi yang berhubungan dengan modal. Banyak orang berfikir modal merupakan penentu jika mau memulai usaha, Benar tidak,,,,,?

Baca Juga: Peluang Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue Usaha Masa Depan

Memang benar……!

Saya sendiri akan berfikir berulang-ulang sebelum menentukan usaha apa yang cocok. Itu disebabkan untuk memulai (membuka) sebuah usaha membutuhkan bodal yang tidak sedikit, jika Anda belum mempunyai lapak “tempat” untuk memulai usaha.

Kabar gembira untuk Anda yang sudah memiliki sebuah lapak (tempat) yang bisa digunakan untuk tempat usaha. Dan Berbahagialah bagi Anda yang hidup diDesa dan mempunyai ruangan kosong yang bisa untuk dijadikan tempat usaha. Selain itu juga hidup diDesa suasananya terasa damai (udara sejuk, masyarakatnya ramah-ramah).

sebenarnya ada bisnis yang bisa dijalankan dikampung hanya dengan modal 7 juta, tetapi jika anda sudah memiliki tempat untuk jual ya,,,,! Karena yang kita bicarakan dengan asumsi anda sudah memiliki tempat jualan.

Ya,,! Bisnis yang akan saya bahas kali ini adalah bisnis yang menjual kebutuhan sehari-hari yaitu bisnis sembako (warung kebutuhan pokok). Kebanyakan orang jika mendengar bisnis ini akan berfikir berulang kali, bahkan sampai mengurungkan niatnya karena terkendala modal yang dirasa cukup memberatkan.

Baca juga: Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya

Menciptakan Peluang Usaha di Desa

Hidup di desa biasanya bingung untuk memulai sebuah usaha. Banyak pemikiran tentang mau membuka usaha apa yang cocok untuk di jalanka. Tidak heran jika masih sedikit orang yang mau membuka usaha ketika hidup di desa. Kebanyakan mereka berpikiran akan sangat menguntungkan jika hidup di kota kemudian membuka usaha.

Tenyata mempunyai pemikiran seperti itu tidaklah 100% benar. Kembali lagi usaha apa yang akan di jalankan. Pintar-pintarlah memilih ide usaha. mendirikan usaha yang berhasil dan suksen berawal dai ide yang cemerlang.

1. Peluang Usaha di Desa

Mendirikan usaha di desa apa masih menghasilkan? mungkin ituyang menjadi pertanyaan sobat di dalam hati.

Eitt,,, tunggu dulu!!!. Usaha apa dulu yang akan sobat dirikan jika tinggal di desa? itu pertanyaanya,,,

Jika sobat mendirikan usaha toko emas, toko elektronik, toko pakaian, toko kecantikan seperti di kota kota besar pastinya kurang begitu menguntungkan karena peminatnya tidak banyak dan bukan merupakan kebutuhan pokok.

Alangkah baiknya jika sobat tinggal di desa dan ingin membuah usaha pilihlah usaha yang menyediakan kebutuhan hahan pokok seperti toko sayuran, toko sembako, toko alat pertanian dll. semua itu merupakan bahan pokok yang dibutuhkan setiap hari oleh masyarakat di desa.

2. Inovasi Usaha di Desa

Menjalankan usaha di desa biasanya dilakukan untuk kegiatan sampingan, karena daya beli masyarakat yang masih kurang, sehingga

penghasilan yang di dapat kurang maksimal. Tetapi bagaimana jika mempunyai usaha didesa dijadikan sebagai penghasilan utaman. Untuk mengembangkan sebuah usaha di daerah pedesaan memerlukan inovasi yang bagus.

Tidak hanya membuka usaha di desa saja, di daerah mana saja jika inginin menjalankan usaha supaya sukses dibutuhkan sebuah inovasi.

Berinovasi dalam menjalankan usaha itu sangat penting. Dengan berinovasi sobat bisa mengikuti trend.

Lakukanlan inovasi untuk menarik para pelanggan datang ke usaha sobat. Dengan melakukan inovasi pelanggan sobat tidak akan cepat bosan berada di usaha yang sobat dirikan.

3. Usaha Mandiri di Desa

Dalam menjalankan usaha di kampung alangkah baiknya jika dijalankan secara mandiri. Membuka usaha sesuaikan dengan dana yang

dimiliki. Sebisa mungkin hindari join dalam menjalankan usaha. Dengan mendirikan usaha sendiri sobat lebih leluasa untuk mengatur menegemen keuangan.

Jika usaha yang sobat jalankan masih pemula alangkah baiknya jika di jalankan sendiri tanpa merekrut karyawan. Mungkin nanti jika

Baca juga: Ide Bisnis Kecil-Kecilan untuk Ibu Rumah Tangga dan Wanita Rumahan, Cari Uang Lebih Santai

usahanya sudah besar dan keteter jika di jalankan sendiri baru sobat bisa merekrut karyawan untuk membantu manjalankan usaha.

4. Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan

Menjalankan uasah di desa  sobat juga harus memperhatikan tempat untuk membuka usaha. Jika desa yang sobat tinggali padat penduduk

itu sangat menguntungkan, akantetapi bagi sobat yang bertempat tinggal di desa yang masih memiliki penduduk yang jarang sobat harus meprhitungkan dalam pemilimilihan tempat dalam membuka usaha.

Untuk mensiasati bagi sobat yang tinggal di desa yang masih memiliki penduduk yang jarang, alangkah baikanya dalam memilih tempat

usaha sobat menyasar pingiran jalan yang banyak orang lewat. Dengan begitu usaha atau toko yang sobat dirikan banyak di ketahui oleh

masyarakat sekitar. Semakin banyak masyarakat yang mengetahui bahwa sobat membuka usaha akan menambah presentasi orang untuk membeli barang di tempat sobat.

5. Usaha di Daerah Sepi

Bagi sobat yang bertempat tinggal di daera yang masih sepi itu merumakan sebuah tantangan. Bagi daerah yang masih terbilang jarang

penduduknya terkadang masih minim pesaing. Jika sudah ada pesaing, pesaingnya juga belum terlalu ketat seperti persaingan di kota-kota besar.

Untuk memenangkan persaingan dalam usaha yang masih jarang penduduk sobat bisa mengutamakan beberapa faktor seperti pelayanan

yang memuaskan pada konsumen, sering berinovasi terhadap usaha yang sobat dirikan, perlengkap isi usaha yang didirikan di banding pesaing, berikan promo kepada pelanggan jika diperlukan.

Baca juga: Ide Peluang Usaha Bisnis untuk Mahasiswa dan Anak Muda

6. Usaha Menjanjikan di Desa untuk Pemula

Desa yang masih terpencil jauh dari keramaian jika masyarakat ingin membeli kebutuhan pokok pastinya akan sedikit kesulitan. Terlebih

lagi bagi yang tdak memiliki kendaraan sendiri. Atau mungkin bagi orang-orang yang sudah tua yang tinggal sendiriian karena ditinggal anaknya merantau.

Nah, disitulah sobat hadir dengan menyediakan kebutuhan pokok. Dengan adanya kebutuhan bahan pokok yang sudah tersedia di tempat

usaha sobat mereka akan membelih barang yang mereka butuhkan di tempat sobat. Dengan menyediakan kebutuhan bahan pokok yang lengkap pastinya toko sobat tidak akan sepi pengunjung.

Cara Memulai Bisnis Sembako

Ternyata,! siapa sangka,,,?

Untuk membuka bisnis sembako moda awalnya ternyata bisa disiasati lohh,,,,! Apalagi anda bisa membukanya dirumah jadi anda tidak harus menggeluarkan modal untuk membuat bangunan toko.

Untuk membuka usaha sembako, mari kita rinci modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini, tentunya seminimal mungkin. Dan akan saya asumsikan tidak ada sewa lapak dan membuat bangunan untuk lapak, karena tempat yang akan digunakan adalah rumah sendiri.

1. Rincian Modal Membuka Toko Sembako

  • Etalase Kaca yang sederhana : Rp. 400.000,-
  • Etalase Rak Toko : Rp. 700.000.-
  • Alat Timbang : Rp. 150.000,-
  • Lemari Pendingin : Rp. 2.500.000,-

Total untuk biaya peralatan : Rp. 3.750.000,-

Jika Anda ingin berhemat dan ingin memperbesar modal yang digunakan untuk mengisi toko, bisa dengan mengesampingkan pembelian lemari pendingin. Menurut saya pribadi lemari pendingin bisa dibeli ketika usaha Anda sudah berjalan (berkembang). Jika lemari pendingin tidak jadi anda beli, maka untuk modal peralatan hanya Rp. 1.250.000,-

Baca Juga: 15 Bisnis Mainan Anak SD yang Untung Besar Sepanjang Masa

2. Isi Warung Sembako

Untuk barang-barang yang akan dibeli untuk mengisi toko tidak akan saya jabarkan satu-persatu, karena banya sekali. Disini saya kan mengelompokan menjadi beberapa jenis.

Jenis-jenis barang yang nantinya akan dijual di toko anda:

  • Dapur (sayuran, bahan pokok, bumbu dapur, dll)
  • Kebersihan (perlengkapan mandi, pelengkapan cuci piring, dll)
  • Kebutuhan sekolah (alat tulis, perlengkapan pramuka, dll)

3. Toko Sembako Modern

Dengan mengikuti trend jaman sekarang sobat bisa membuka toko sembako dengan desain yang modern. Masih sangat jarang sekali pelaku usaha toko sembako yang menerapkan tema desain yang kekinian. Disitulah sobat hadir untuk menarik para konsumen. Biasanya masyarakat di desa akan lebih tertarik dengan toko yang berala-ala swalayan.

4. Bisnis Sembako Online

Untuk meningkatkan penjualan sobat bisa menerapkan sistem online. Sobat bisa menyiapkan 1 karyawan kusus untuk antar barang yang dibeli ddi toko sobat. Jadi konsumen jika ingin membeli barang di toko sobat tidak perlu harus datang ke toko. Kunsumen cukup cat lewat sms atau whatshapp maka barang bisa di antar oleh karyaman sobat. Untuk menghindari kerugian sobat bisa mengenakan tarif jasa antar yang sesuai jarak jauh dekatnya.

Baca juga: Peluang Usaha Bisnis Mainan yang Sangat Menguntungkan

Cara Jualan Sembako Biar Laris

Untuk menyiasati yang satu ini memang gampang-gampang susah. Terkadang hal ini di pengaruhi oleh tempat yang strategis. Para konsumen biasanya akan datang kepada toko yang menyediakan item yang lengkap, karena mereka merasa kesal jika datang ketoko kemudian barang yang mereka cari tidak tersedia. Hal ini bisa jadi patokan buat sobat untuk menyediakan barang apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat sekita.

Dan masih banyak lagi diatas hanya sebagian contohnya. Kerena konsumen toko Anda adalah tetangga sekitar, usahakan apa yang di jual di toko anda adalah barang yang benar-benar dibutuhkan oleh para tetangga. Perkiraan untuk membeli barang-barang diatas membutuhkan dana sekitar 5 jutaan. Jadi modal yang dikeluarkan sekitar 6,5 juta. Tanpa harus membeli lemari pendingin terlebih dahulu.

Nah itulah beberapa gambaran modal yang dikeluarkan jika anda ingin membuka toko sembako. Biaya diatas tidak termasuk sewa tempat, karena yang saya anggap sudah memiliki tempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Recommended By The Author

Peluang Usaha Bisnis Jajanan Anak sekolah dan Tips Mencari Lokasi Setrategis

Ide Peluang Usaha Bisnis untuk Mahasiswa dan Anak Muda

Peluang Usaha Bisnis Mainan yang Sangat Menguntungkan

Peluang Usaha Toko sembako yang Sangat Menguntungkan

Nama Usaha Yang Bagus Dan Artinya