Peluang Usaha di Desa: Bisnis Sembako Modal 7 Jutaan

Untuk memulai subuah bisnis memanglah bukan hal yang mudah, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Fktor utama yang biasanya menjadi pertimbangan adalah tempat dan modal. Jika kita membahas peluang bisnis didaerah Desa tentunya untuk tempat sudah tidak menjadi faktor penghalang lagi. Sepengetahuan saya orang-orang didesa biasanya sudah memiliki lahan kosong yang bisa digunakan untuk tempat memulai bisnis. jika anda tidak memiliki tempat untuk dijadikan lapak Anda bisa menggunakan teras atau ruangan kosong dirumah untuk dijadikan tempat usaha.
mastagul.com

Bicara soal membuka (memulai) sebuah usaha mungkin anda akan berfikir ribiuan kali sebelum membuka usaha, apalagi yang berhubungan dengan modal. Banyak orang berfikir modal merupakan penentu jika mau memulai usaha, Benar tidak,,,,,? Baca Juga : Peluang Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue Usaha Masa Depan

Memang benar……!

Saya sendiri akan berfikir berulang-ulang sebelum menentukan usaha apa yang cocok. Itu disebabkan untuk memulai (membuka) sebuah usaha membutuhkan bodal yang tidak sedikit, jika Anda belum mempunyai lapak “tempat” untuk memulai usaha.

Kabar gembira untuk Anda yang sudah memiliki sebuah lapak (tempat) yang bisa digunakan untuk tempat usaha. Dan Berbahagialah bagi Anda yang hidup diDesa dan mempunyai ruangan kosong yang bisa untuk dijadikan tempat usaha. Selain itu juga hidup diDesa suasananya terasa damai (udara sejuk, masyarakatnya ramah-ramah).

sebenarnya ada bisnis yang bisa dijalankan dikampung hanya dengan modal 7 juta, tetapi jika anda sudah memiliki tempat untuk jual ya,,,,! Karena yang kita bicarakan dengan asumsi anda sudah memiliki tempat jualan.

Ya,,! Bisnis yang akan saya bahas kali ini adalah bisnis yang menjual kebutuhan sehari-hari yaitu bisnis sembako (warung kebutuhan pokok). Kebanyakan orang jika mendengar bisnis ini akan berfikir berulang kali, bahkan sampai mengurungkan niatnya karena terkendala modal yang dirasa cukup memberatkan.

Baca Juga : Bisnis Online Tanpa Modal 2019 yang Wajib Anda Coba

Ternyata,! siapa sangka,,,?

Untuk membuka bisnis sembako moda awalnya ternyata bisa disiasati lohh,,,,! Apalagi anda bisa membukanya dirumah jadi anda tidak harus menggeluarkan modal untuk membuat bangunan toko.

Untuk membuka usaha sembako, mari kita rinci modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini, tentunya seminimal mungkin. Dan akan saya asumsikan tidak ada sewa lapak dan membuat bangunan untuk lapak, karena tempat yang akan digunakan adalah rumah sendiri.

RINCIAN MODAL PERAWATAN

  • Etalase Kaca yang sederhana : Rp. 400.000,-
  • Etalase Rak Toko : Rp. 700.000.-
  • Alat Timbang : Rp. 150.000,-
  • Lemari Pendingin : Rp. 2.500.000,-
Total untuk biaya peralatan : Rp. 3.750.000,-

Jika Anda ingin berhemat dan ingin memperbesar modal yang digunakan untuk mengisi toko, bisa dengan mengesampingkan pembelian lemari pendingin. Menurut saya pribadi lemari pendingin bisa dibeli ketika usaha Anda sudah berjalan (berkembang). Jika lemari pendingin tidak jadi anda beli, maka untuk modal peralatan hanya Rp. 1.250.000,- Baca Juga : 15 Bisnis Mainan Anak SD yang Untung Besar Sepanjang Masa

Untuk barang-barang yang akan dibeli untuk mengisi toko tidak akan saya jabarkan satu-persatu, karena banya sekali. Disini saya kan mengelompokan menjadi beberapa jenis.

Jenis-jenis barang yang nantinya akan dijual di toko anda:

  • Dapur (sayuran, bahan pokok, bumbu dapur, dll)
  • Kebersihan (perlengkapan mandi, pelengkapan cuci piring, dll)
  • Kebutuhan sekolah (alat tulis, perlengkapan pramuka, dll)

Dan masih banyak lagi diatas hanya sebagian contohnya. Kerena konsumen toko Anda adalah tetangga sekitar, usahakan apa yang di jual di toko anda adalah barang yang benar-benar dibutuhkan oleh para tetangga. Perkiraan untuk membeli barang-barang diatas membutuhkan dana sekitar 5 jutaan. Jadi modal yang dikeluarkan sekitar 6,5 juta. Tanpa harus membeli lemari pendingin terlebih dahulu.

Nah itulah beberapa gambaran modal yang dikeluarkan jika anda ingin membuka toko sembako. Biaya diatas tidak termasuk sewa tempat, karena yang saya anggap sudah memiliki tempat.

Terimakasih.

Penulis by: Mas Tagul


Peluang Usaha


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Peluang Usaha di Desa: Bisnis Sembako Modal 7 Jutaan"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel