Peluang Usaha Bisnis Jajanan Anak sekolah dan Tips Mencari Lokasi Setrategis

mastagul.com - Peluang usaha bisnis jajanan anak sekolah dan tips mencari lokasi setrategis. Bisnis jajanan anak sekolah merupakan bisnis yang disukai oleh semua kalangan. Alasanya, bisnis jajanan anak sekolah tidak memerlukan modal yang besar. Jika perlu Anda wajib mencoba bisnis yang satu ini.

Namanya juga anak-anak. Anak mana sih? Yang tidak menyukai jajanan…! Semua orangpun tau bahwa kegemaran anak-anak suka jajan.

Tentu Anda pernah liat, jika ada abang-abang jualan makanandan jajanan di sekolahan maupun dirumah, kebanyakan akan dikerumunin oleh anak-anak.

Bagi anak sekolah waktu yang dinanti-nanti adalah ketika waktu istirahat dan pulang sekolah. Sehingga ketika akan tiba waktu istirahat atau waktu pulang sekolah seorang anak (siswa) biasanya didalam pikiranya sudah memikirkan jajanan apa yang akan dibeli.

www.mastagul.com

Kenapa saya (penulis) bisa menyimpulkan seperti itu..?

Kesimpulan diatas saya (penulis) ambil dari pengalaman pribadi saya (penulis) sendiri (waktu jaman SD dulu). Saya (penulis) juga yakin Anda pasti mengalami hal yang sama, seperti yang saya (penulis) alami waktu masih menginjak Sekolah Dasar (SD) dulu. Hehehe,,,

Memilih lokasi untuk membuka lapak jajanan anak Sekolah juga bisa mempengaruhi kesuksesan bisni Anda.  Bisnis jajanan anak sekolah ini sangat menjajikan, jika Anda mampu memilih lokasi yang strategis untuk memulai bisnis dibidang jajanan anak sekolah. Seperti memilih lokasi disekolah-sekolah ‘Elit’.

Sekolah ‘Elit’,,,,?

Ya, sekolah ‘Elit’..! sekolahan bonafit, sekolahan yang para siswanya termasuk dari keluarga yang berada atau dari kalangan menengah keatas dalam segi perekonomiannya. Biasanya pedagang kaki lima menyebutnya sebagai sekolahan ‘Elit’.


Baca Juga : 15 Bisnis Mainan Anak SD yang Untung Besar Sepanjang Masa

Kenapa membuka lapak (berdagang) disekolah ‘Elit’ itu lebih menguntungkan,,,,?

Secara logika sudah bisa dilihat, jika anak-anak (siswa) dari sekolah ‘Elit’ biasaya mendapat uang saku yang lebih dibanding dengan anak-anak (siswa) dari sekolah biasa.

Pebedaan yang sangat mencolok:
Ketika Anda berjualan jajanan (makanan anak sekolah) disekolah biasa, kebanyakan pedagang akan menjual barang daganganya dengan sesui setandar rata-rata pada umumnya. Saya (penulis) ambil contoh rata-rata nominal harga jajanan disekolah biasa berkisar 1.000 Rupiah per jenis jajanan.

Kemudian Anda berjualan jajanan (makanan anak sekolah) disekolah ‘Elit’, yang kebanyakan anak-anak siswanya dari keluarga berada atau dari kalangan menengah keatas.

Pasti akan kaget melihat apa yang terjadi..!

Ketika jajanan (makanan anak sekolah) Anda dijual diseolah ‘Elit’ dengan harga yang sama dengan sekolah biasa, tadi saya ambil contoh 1.000 rupiah. Maka yang terjadi, anak-anak (siswa) sekolah ‘Elit’ akan kaget dengan harga dagangan Anda, pasti banyak yang bilang “ko murah banget ya,,,?”. Jika Anda tau alasanya pasti kaget (berdiam diri sambil melongo, hehehe)…! Ternyata harga jual jajanan (makanan anak sekolah) disekolah ‘Elit’ jauh lebih mahal, mungkin bisa 2x lipat lebih mahal.

Jika disekolah biasa harga jajanan (makanan anak sekolah) tadi saya (penulis) ambil contoh harganya 1.000 rupiah, maka disekolah ‘Elit’ harganya bisa mencapai 2.000 rupiah bahkan sampai 3.000 rupiah dengan produk dan jenis jajanan yang sama.

Cukup jauh bukan pebedaan harganya,,,?

Faktor apa yang bisa mempengaruhi perbedaan harga tersebut,,,?

Tentu faktornya dari daya beli siswanya yang tinggi, karena didukung dari perekonomian keluarga yang berada (keluarga kaya).

Sehingga para pedagang jadi berani menetapkan harga yang jauh lebih mahal ketimbang harga yang dijual untuk nanak-anak (siswa) sekolah yang bukan sekolah ‘Elit’.

Apakah sulit mendapatkan lapak (tempat untuk bejualan) atau lokasi dagang yang strategis,,? dan Tips mencarinya

Kemungkinan akan ada pertanyaan yang mucul (timbul) dipikaran Anda (para pembaca):

Kenapa lapak yang berada disekolah ‘Elit’, biasanya akan sering penuh (tidak kebagian) dan solusi untuk mengatasinya bagaimana,,,?

Baca Juga : Peluang Usaha di Desa: Bisnis Sembako Modal 7 Jutaan

Sudah pasti..! jika disekolah-sekolah ‘Elit’ untuk mendapat lapak biasanya sudah tidak kebagian (sudah penuh). Sudah menjadi hukum alam jika ada sesuatu yang mempunyai nilai berharga, pasti tidak akan mudah untuk mendapatkanya. Termasuk dalam hal mencari lokasi yang strategis.

Nah, disini saya (penulis) akan memberikan rahasia (trik dan tips supaya mendapat lapak) pada Anda semua. Cara yang paling jitu supaya mendapat lapak (tempat untuk jualan) dengan cara mendekati penjaga atau pengurus yang mengelola lapak disebuah sekolahan.

Biasanya pihak sekolahan mempercayakan pengurusan lapak kepada pedagang yang sudah senior (pedagang yang mungkin sudah paling lama berjualan).

Jadi, yang perlu Anda lakukan supaya mendapatkan lapak disekolahan tersebut, Anda sebisa mungkin untuk pandai mengambil hati Si penjaga/pengurus lapak tersebut. Temui dan dekati, supaya terjalin keakraban diantara Anda dengan pengurus lapak.

Jika keakraban sudah terjalin diantara Anda dan pengurus lapak. Dan Anda telah yakin, tinggal menunggu waktu yang tepat untuk mengobrol lebih serius dengan pengurus lapak.

Memohon kepada pengurus lapak supaya dicarikan lapak untuk dagangan Anda. Untuk memperlancar permohonan Anda, tidak ada salahnya jika Anda sedikit berkorban untuk memberikan ‘uang tips’ kepada pengurus lapak.

Dikalangan pembisnis atau pelaku usaha trik diatas bisa dikatakan lumrah terjadi. Apalagi seperti dikota besar (Jakarta contohnya). Sebelum pernah pergi kejakarta, dipikiran saya (penulis) masih ingat dulu ada yang berkata begini: “ tinggal dijakarta tidak ada yang free (gratis), hanya kencing aja berbayar, yang gratis Cuma ‘KENTUT’ hehehe,, ”.

Demikian tips jitu yang bisa saya berikan (sekedar informasi untuk pengalaman pembaca semua) untuk mencari lokasi dagang yang setrategis.

Sekarang ketopik inti, membahas resep jajanan anak sekolah yang mungkin bisa Anda pili salah satun untuk Anda coba,,,,

Jenis dan resep jajanan anak sekolah:

Martabak Mini

Sebenarnya martabak pada umumya berukuran besar, lebarnya hampir menyerupai piring makan. Jajanan martabak sebenarnya tidak hanya disukai oleh kalangan anak-anak, sebenarnya orang dewasa juga menyukai jajanan ini. Ditempat saya (penulis) tinggal penjual martabak sudah hampir menjamur. Dan rata-rata pembelinya adalah orang dewasa.

Harganya pun berfariasi tergantung dari rasa (ada rasa cokelat, keju, pisang, kacang, wujen, dll) yang diminta pembeli. Rata-rata harga martabak didaerah saya (penulis) berkisar 20.000 rupiah.

Waw, fantastis,,,!

Disitulah penyebab martabak dibuat menjadi mini, supaya harga jualnya menyesuaikan dengan anak-anak sekolah. Saya yakin jika dijual dengan harga diatas tidak akan ada yang membeli.

Kemudian jadilah martabak mini yang harga jualnya sesuai dengan uang saku anak-anak sekolah.

Berikut resep (bahan) dan cara membuatnya.

Bahan-bahanya:
  • 12 sendok tepung terigu
  • 2 sendok teh gula pasir
  • ¼ sendok teh baking soda
  • ¼ sendok teh ragi instan
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ baking soda
  • ½ telur
  • ½ saset susu creamer
  • Cairkan 25gr mentega
  • 150ml air
  • Bahan tambahan: Keju, Pisang, Kacang, Meises.

Tahap-tahap membuat adonan:
  1. Campurkan bahan-bahan seperti (tepung terigu, susu creamer, gula, baking powder, dan garam), kemudian diaduk sampai adonan benar-benar merata.
  2. Lalu tambahkan air (secukupnya) dan aduk kembali.
  3. Kemudian masukan ragi dan diaduk kembali sampai merata.
  4. Setelah ragi di campur dan sudah di aduk sampai rata kemudian diamkan selama 30 menit.
  5. Kocoklah telur menggunakan wadah yang lain.
  6. Adonan yang sudah didiamkan selama 30 menit tadi campurkan dengan kocokan telur ditambah mentega cair, lalu tambahkan baking soda dan aduk sampai benar-benar merata. Baca Juga : 10 Ide Peluang Usaha Bisnis untuk Mahasiswa dan Anak Muda

Tahap-tahap memasak:
  1. Nyalakan kompor menggunakan api sedang untuk memanaskan alat pencetak martabak mini, sebelum adonan dituangkan olesi dulu alat pencetak dengan mentega (tipis-tipis).
  2. Tuang adonan kecetakan, setengah cetakan aja. Kemudian tekan adonan yang berada dicetakan supaya adonan meratakepinggir cetakan.
  3. Tunggu beberapa menit supaya permukaan adonan martabak terlihat berlubang kecil-kecil, kemudian tambahkan gula pasir.
  4. Tutup adonan martabak (diamkan beberapa saat)
  5. Setelah martabak mini dirasa matang, angkat kemudian olesi permukaan martabak mini tersebut menggunakan mentega.
  6. Taburi keju, kacang, meises atau wijen diatasnya sesuai selera, bisa juga ditambah dengan susu kental manis.


Telur Gulung

Untuk membuat jajanan ini ternyata sangat mudah, bisa dikatakan semua orang bisa membuatnya. Dan tenyata anak-anak juga sangat menyukai jajanan ini

Berikut resep (bahan) dan cara membuatnya.

Bahan-bahanya :
  • Telur ayam.
  • Bumbu Merica.
  • Garam Dapur.
  • Tusuk sate.

Tahap-tahap membuat adonan:
  1. Masukan telur kedalam mangkuk.
  2. Tambahkan garam dapur dan bubuk merica kedalam mangkuk.
  3. Kemudian kocok adonan telur menggunakan kocokan telur atau menggunakan garpu/sendok, sampai telurnya bebusa.
  4. Siapkan tusuk sate, nantinya untuk menggulung telurnya.

Tahap-tahap memasak:
  1. Siapkan alat penggorengan untuk memanaskan minyak.
  2. Gunakan api sedang supaya minyak tidak terlalu panas, supaya telur tidak cepat mateng dan mengering. Jika telur telur cepat matang (mengering) akan susah untuk digulung menggunakan tusuk sate.
  3. Taburkan telur kurang lebih 2 atau 3 sendok makan. Setelah telur dimasukan segera buru-buru digulung (intinya telur jangan sampai mengering) menggunakan tusuk sate. Setelah mateng lalu di angkat.
  4. Sate telur gulung siap untuk dijual.


Kue Cubit

Modal yang minim untuk membuat koe ini, pembuatanya yang mudah dan koe ini termasuk menjadi jajanan pavorit bagi naka-anak sekolah.  Membuat koe ini untuk dijual juga termasuk kesuaan para pedagang.

Berikut resep (bahan) dan cara membuatnya.

Bahan-bahanya :
  • 250 gr tepung terigu
  • 4 biji telur
  • 200 gr Gula pasir
  • 250 gr margarin (dicairkan)
  • ½ sendok teh Soda kue
  • 1 sendok tet Baking powder 
  • ½ sendok teh, Teh vanili bubuk
  • 200 gr Meises

Tahap-tahap membuat adonan:
  1. Campurkan gula pasir sama telur, kemudian campuran bahan tersebut kocok sampai halus (jika perlu gunakan mixer untuk mengocoknya)
  2. Tambahkan tepung terigu beserta margarin (yang sudah dipanaskan) kemudian diaduk sampai benar benar merata.
  3. jika adonan diatas sudah merata, tambahkan soda kue, bubuk vanili dan baking powder. Lalu aduk lagi sampai benar-benar tercampur rata.

Tahap-tahap memasak:
  1. Nyalakan kompor menggunakan api sedang, Olesi cetakan menggunakan margarin terlebih dahulu sebelum dipanaskan menggunakan kompor.
  2. Tuangkan adonan kedalam alat cetakan, tuangkan adonan setengah cetakan saja.
  3. Tunggu sampi adonan matang sempurna.
  4. Koe siap dihidangkan. Mudah bukan,,,,,


Sosis Bakar

Sosis bakar merupakan jajanan yang populer dikalangan anak-anak sekolah. Jajanan ini memang banyak yang menyukainya. Selain itu makanan ini juga sangat gampang cara membuatnya. Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Mainan yang Sangat Menguntungkan

Berikut resep (bahan) dan cara membuatnya

Bahan-bahanya :
  • Sosis (rasa tergantung selera)
  • Saos tomat
  • Mayonice
  • Kecap manis
  • Tusuk sate

Tahap-tahap membuat adonan:
  1. Buka bungkus sosis, kemudian tusuk menggunakan tusuk sate.
  2. Sosis yang sudah ditusuk menggunakan tusuk sate, kemudian disayat tipis-tipis menggunakan pisau.
  3. Lalu olesi sosis dengan kecap manis sebelum di bakar.

Tahap-tahap memasak:
  1. Nyalakan kompor dengan api sedang,  Siapkan alat panggang.
  2. Panggang sosis sambil sesekali diolesi dengan kecap.
  3. Taraaa,,,, sosis bakar telah siap dehh..
  4. Untuk tambahan sebagai penyedap rasa, bisa ditambah saos dan mayonice.
  5. Sosis bakar siap di jual.


Es Mambo

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan ini. Ya, Es Mambo,,, Bisa dibilang jajanan sepanjang masa. Dari jaman saya masih kecil jajanan ini sudah ada. bahkan dari jaman orang tua saya sudah ada.

Jajanan ini ternyata mudah untuk dibuat.

Berikut resep (bahan) dan cara membuatnya

Bahan-bahanya :
  • 10 sendok susu cair
  • 3 sencok cokelat bubuk
  • 4 sendok tepung maizena
  • Gula pasir secukupnya
  • Air matang 1 liter

Tahap-tahap membuat adonan:
  1. Tepung maizena dan bubuk coklat tuang pada satu tempat (gunakan baskom/mangkok) campur  sampai merata.
  2. Tambahkan air satu gelas (sedikit demi sedikit) aduk lagi adonanya.
  3. Kemudian tuangkan gula dan susu cair dan tuangkan sisa air tadi.

Tahap-tahap memasak:
  1. Masaklah adonan tadi menggunakan api sedang sambil di aduk-aduk sampai mendidih.
  2. Setelah matang, angkat dan diamkan supaya suhunya menjadi hangat.
  3. Kemudian masukan adonan ke plastik (bisa juga gunakan cetakan lain), dan masukan ke frezer supaya membeku.
  4. Jadi dehhh,, Es Mambonya….

Alhamdulillah ahirnya selesai juga dalam saya membuat artikel tentang bisnis jajanan anak sekolah dan tips mencari lokasi strategis. Saya berharap artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca.
Jika artikel ini menurut anda beranfaat silahkan bagikan ulang (share) supaya bisa bermanfaat bagi orang lainjuga.

Terimaksaih, sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Peluang Usaha Bisnis Jajanan Anak sekolah dan Tips Mencari Lokasi Setrategis"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel