Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bebas Riba dan Pasti Halal, 5 Jenis Investasi Syariah Bagi Seorang Pemula Dan Keuntungannya

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    mastagul.com | Bebas Riba dan Pasti Halal, 5 Jenis Investasi Syariah Bagi Seorang Pemula Dan Keuntungannya  - Anda ingin mencoba berinvestasi yang menguntungkan juga halal? Anda bisa mencoba investasi secara syariah, inilah beberapa jenis investasi yang dapat menguntungkan untuk anda bagi seorang pemula. Berinvestasi merupakan sebuah solusi untuk menambah biaya pemasukan anda secara pasif.

    Jenis Investasi Syariah Bagi seorang Pemula Dan Keuntungannya
    Invest Bebas Riba Dan Halal
    Akan tetapi, dari sebagian umat muslim yang ada didunia tentu akan ragu apakah bisa berinvestasi secara halal ataupun tidak.

    Anda tidak perlu khawatir, untuk saat ini sudah banyak sekali investasi syariah yang sudah menggunakan hadist dan al-Qur’an dalam pembuatan aturan beserta keputusannya.

    Berikut beberapa jenis-jenis keuntungan dari investasi syariah.

    Jenis-Jenis Investasi Secara Syariah

    1. Deposito Syariah

    Pada umumnya,  ada bebrapa jenis investasi ini sama prinsipnya dengan anda membuka tabungan dalam waktu yang berjangka.

    Anda bisa menyimpan dana atau uang anda yang nantinya bisa dikelola oleh bank sampai batas waktu yang telah disepakati kedua belah pihak. Kemudian anda akan memperoleh return dengan jumlah yang sudah sesuai dengan kesepakatan tersebut.

    Deposito syariah ini sudah memakai akad mudharabah dan juga menawarkan nisbah ataupun bagi hasil dari sebuah investasi ke produk usaha yang tentunya halal. Ketentuan nisbah ini akan disepakati melalui awal mulanya anda membuka rekening tabungan deposito. Deposito yang bisa anda dapatkan melalui bank-bank syariah dan perlu anda ketahui risikonya cukup kecil karena sebelumnya return yang telah disepakati tentunya akan anda dapatkan.

    2. Sukuk Tabungan.

    Obligasi atau sukuk tabungan merupakan salah satu investasi yang sangat aman dari resisko kerugian yang anda khawatirkan. Pasalnya, sukuk syariah ini sudah memiliki jaminan keuntungan dari negara dan juga memiliki tawaran yang cukup manarik.

    Anda sudah mulai bisa mendapatkan suatu imbalan dari investasi setiap bulannya.
    Cek Harga Emas Antam Yang Tepat, dan Perhitungan Investasinya

    3. Reksa Dana Syariah

    Sebuah bentuk pernyataan modal yang sudah dikelola manajer investasi yang nantinya akan disalurkan kepasa perusahan-perusahaan syarian ini yaitu reksa dana syariah. Jika anda melakukan investasi yang satu ini akan sangat mudah dan juga cocok untuk digunakan oleh seorang pemula.  Anda juga tidak akan membutuhkan biaya modal yang besar untuk anda keluarkan. Anda hanya cukup mengeluarkan modal sebesar Rp 100 ribu saja, sudah dapat bisa melakukan investasi secara reksa dana syariah.

    Jika melakukan investasi di reksa dana syariah ini risiko yang didapatpun akan dapat dibuat secara minimal, karena adanya seorang manajer investasi yang membantu anda untuk bisa mengelola keuangan yang akan anda investasikan.

    4. Saham Syariah

    Suatu efek atau surat-surat berharga yang berkonsep tentang pernyataan modal dengan hak-hak yang membagi hasil usaha dari produk yang pengelolaannya memakai prinsip syariah.

    Sama halnya dengan sebuah saham konvensional, jika semakin besar risiko yang didapat maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan anda dapatkan.

    5. Emas

    Emas sangat berbeda dengan jenis investasi syariah yang lainnya, salah satu investasi ini mamakai benda nyata yakni logam mulia yang berbentuk emas.

    Investasi emas mulai banyak peminatnya dari berbagai macam kalangan masyarakat yang ada di insonesia.

    Caranyapun Sangatlah cukup mudah, Kamu hanya cukup membeli emas ke sebuah butik atau toko emas manapun yang ada didekat rumah anda, kemudian anda bisa menjual kembali emas sebelumnya ketika harga emas dipasaran sudah mulai naik.
    5 Produk Keuangan Yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Masa Depan Bahagia
    Investasi ini juga merupakan bebrapa jenis investasi yang dihalalkan karena di indonesia sendiri emas bukanlah sebuah alat tukar untuk bisa bertransaksi sehingga emas halal untuk diperjual belikan.

    Keuntungan melakukan investasi syariah

    1. Sesuai Dengan Syarat Islam

    Investasi syariah ini mengacu pada hukum agama islam yakni Al-Qur’an dan juga hadis.

    Sebab itu, jika anda sudah mulai melakukan investasi ini dapat dikerjakan dengan cara halal dan bisa digunakan dengan cara yang sudah halal juga.

    2. Bebas Riba

    Salah satu keuntungan lainnya dari investasi ini yaitu bebas dari riba. Investasi ini merupakan salah satu cara solusi yang sangat baik  bagi umat islam untuk dapat bisa melakukan investasi yang bebas dari riba karena riba itu  dosa dalam ajaran agama islam.

    3. Lebih Aman

    Setiap jenis-jenis investasi ini harus bisa dapat memberikan sebuah informasi yang cukup lengkap sebelum memulai  untuk dibuka. Sebab itu, para investor yang masih pemula anda tentunya tidak perlu takut untuk memulai berinvestasi karena investasi syariah ini akan jauh lebih aman.

    4. Memiliki Aturan Perundangan

    Investasi ini juga memiliki dasar hukum yang sudah sangat  jelas yang tercantum dalam UU nomer 21 tahun 2008. Investasi ini juga sudah  diawasi langsung oleh badan naisonal bernama Dewan Syariah Nasional MUI.

    5. Memiliki Manfaat Sosial

    Jika melakukan Investasi syariah ini dapat membantu para pengusaha untuk bisa memperluas bisnis usahanya.
    6 Tips Keren Dengan Modal Gaji Kecil Bisa Menjadi Kaya
    Selain dari pada  itu, investasi ini juga sudah memiliki perannya dalam mengurangi tingkat pengangguran masyarakat yang ada diindonesia.

    Akhir kata

    Mulailah berinvestasi sejak dini untuk menyiapkan masa depan bahagia dikemudian hari. Itulah beberapa jenis investasi yang Bebas Riba Dan Halal menurut agama Islam. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang akan melakukan investasi.

    Terimakasih sudah berkunjung ke blog mastagul.com
    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.