Widget HTML #1

Bebas Riba dan Pasti Halal, 5 Jenis Investasi Syariah Bagi Seorang Pemula Dan Keuntungannya

Jenis Investasi Syariah
Jenis Investasi Syariah

Investasi Syariah Bagi Seorang Pemula

Bebas riba dan pasti halal, jenis investasi syariah bagi seorang pemula dan keuntungannya. Sobat ingin mencoba berinvestasi yang menguntungkan juga halal? Sobat bisa mencoba investasi secara syariah, inilah beberapa jenis investasi yang dapat menguntungkan untuk sobat bagi seorang pemula. Berinvestasi merupakan sebuah solusi untuk menambah biaya pemasukan sobat secara pasif.

Akan tetapi, dari sebagian umat muslim yang ada di dunia tentu akan ragu apakah bisa berinvestasi secara halal ataupun tidak.

Sobat tidak perlu khawatir, untuk saat ini sudah banyak sekali investasi syariah yang sudah menggunakan hadits dan al-qur’an dalam pembuatan aturan beserta keputusannya.

Baca juga: Kerja Sampingan, Situs Gratis Penghasil Uang yang Wajib Anda Coba. Siap-Siap Jadi Jutawan!

Jenis-jenis investasi secara syariah

1. Deposito syariah

Pada umumnya, ada beberapa jenis investasi ini sama prinsipnya dengan sobat membuka tabungan dalam waktu yang berjangka.

Sobat bisa menyimpan dana atau uang sobat yang nantinya bisa dikelola oleh bank sampai batas waktu yang telah disepakati kedua belah pihak. Kemudian sobat akan memperoleh return dengan jumlah yang sudah sesuai dengan kesepakatan tersebut.

Deposito syariah ini sudah memakai akad mudharabah dan juga menawarkan nisbah ataupun bagi hasil dari sebuah investasi ke produk usaha yang tentunya halal. Ketentuan nisbah ini akan disepakati melalui awal mulanya sobat membuka rekening tabungan deposito. Deposito yang bisa sobat dapatkan melalui bank-bank syariah dan perlu sobat ketahui risikonya cukup kecil karena sebelumnya return yang telah disepakati tentunya akan sobat dapatkan.

2. Sukuk tabungan.

Obligasi atau sukuk tabungan merupakan salah satu investasi yang sangat aman dari resiko kerugian yang sobat khawatirkan. Pasalnya, sukuk syariah ini sudah memiliki jaminan keuntungan dari negara dan juga memiliki tawaran yang cukup menarik.

Sobat sudah mulai bisa mendapatkan suatu imbalan dari investasi setiap bulannya.

3. Reksa dana syariah

Sebuah bentuk pernyataan modal yang sudah dikelola manajer investasi yang nantinya akan disalurkan kepada perusahan-perusahaan syariah ini yaitu reksa dana syariah. Jika sobat melakukan investasi yang satu ini akan sangat mudah dan juga cocok untuk digunakan oleh seorang pemula. Sobat juga tidak akan membutuhkan biaya modal yang besar untuk sobat keluarkan. Sobat hanya cukup mengeluarkan modal sebesar rp 100 ribu saja, sudah dapat bisa melakukan investasi secara reksa dana syariah.

Jika melakukan investasi di reksa dana syariah ini risiko yang didapat pun akan dapat dibuat secara minimal, karena adanya seorang manajer investasi yang membantu sobat untuk bisa mengelola keuangan yang akan sobat investasikan.

4. Saham syariah

Suatu efek atau surat-surat berharga yang berkonsep tentang pernyataan modal dengan hak-hak yang membagi hasil usaha dari produk yang pengelolaannya memakai prinsip syariah.

Sama halnya dengan sebuah saham konvensional, jika semakin besar risiko yang didapat maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan sobat dapatkan.

5. Emas

Emas sangat berbeda dengan jenis investasi syariah yang lainnya, salah satu investasi ini memakai benda nyata yakni logam mulia yang berbentuk emas.

Investasi emas mulai banyak peminatnya dari berbagai macam kalangan masyarakat yang ada di indonesia.

Caranya pun sangatlah cukup mudah, kamu hanya cukup membeli emas ke sebuah butik atau toko emas manapun yang ada di dekat rumah sobat, kemudian sobat bisa menjual kembali emas sebelumnya ketika harga emas di pasaran sudah mulai naik.

Investasi ini juga merupakan beberapa jenis investasi yang dihalalkan karena di indonesia sendiri emas bukanlah sebuah alat tukar untuk bisa bertransaksi sehingga emas halal untuk di per jual belikan.

Baca juga: Situs Lowongan Kerja Yang Sudah Terpercaya di Indonesia

Keuntungan melakukan investasi syariah

Jenis Investasi Syariah Bagi Seorang Pemula
Jenis Investasi Syariah Bagi Seorang Pemula

1. Sesuai dengan syarat islam

Investasi syariah ini mengacu pada hukum agama islam yakni al-qur’an dan juga hadis.

Sebab itu, jika sobat sudah mulai melakukan investasi ini dapat dikerjakan dengan cara halal dan bisa digunakan dengan cara yang sudah halal juga.

2. Bebas riba

Salah satu keuntungan lainnya dari investasi ini yaitu bebas dari riba. Investasi ini merupakan salah satu cara solusi yang sangat baik bagi umat islam untuk dapat bisa melakukan investasi yang bebas dari riba karena riba itu dosa dalam ajaran agama islam.

3. Lebih aman

Setiap jenis-jenis investasi ini harus bisa dapat memberikan sebuah informasi yang cukup lengkap sebelum memulai untuk dibuka. Sebab itu, para investor yang masih pemula sobat tentunya tidak perlu takut untuk memulai berinvestasi karena investasi syariah ini akan jauh lebih aman.

4. Memiliki aturan perundangan

Investasi ini juga memiliki dasar hukum yang sudah sangat jelas yang tercantum dalam uu nomer 21 tahun 2008. Investasi ini juga sudah diawasi langsung oleh badan nasional bernama dewan syariah nasional mui.

Baca juga: Aplikasi Perekam Layar Monitor PC dan Laptop Gratis di Gunakan

5. Memiliki manfaat sosial

Jika melakukan investasi syariah ini dapat membantu para pengusaha untuk bisa memperluas bisnis usahanya.

Selain dari pada itu, investasi ini juga sudah memiliki perannya dalam mengurangi tingkat pengangguran masyarakat yang ada di indonesia.

Mulailah berinvestasi sejak dini untuk menyiapkan masa depan bahagia di kemudian hari. Itulah beberapa jenis investasi yang bebas riba dan halal menurut agama islam. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi sobat yang akan melakukan investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Cara Menemukan Ide Bisnis yang Berbeda

Tempat Wisata yang Indah di Solo Jawa Tengah

Bolu Kukus Mini Cantik! Modal Murah Untung Melimpah, Cocok Jadi Ide Jualan

Proses Detoks Tubuh Secara Alami Saat Puasa Selama 30 Hari

Ide Bisnis Kecil-Kecilan untuk Ibu Rumah Tangga dan Wanita Rumahan, Cari Uang Lebih Santai