Widget HTML #1

7 Usaha Kecil yang Menjanjikan Ketika Hidup di Kampung Halaman

Usaha Kecil Ketika Hidup di Kampung
Usaha Kecil Ketika Hidup di Kampung

Usaha kecil ketika hidup di kampung. Membuka usaha kecil yang menjanjikan tidak harus berada di kota besar. Anda juga dapat mulai merintis usaha, dan bahkan bisa meraih kesuksesan di kampung halaman. Selain itu di masa krisis seperti pada saat pandemic seperti ini, gelombang PHK di kota-kota besar sudah banyak terjadi. Dan Akibatnya, banyak orang yang mulai memutuskan untuk pulang ke kampung halaman mereka masing-masing, demi untuk membuka usaha kecil mandiri.

Usaha kecil yang menjanjikan biasanya bertumpu kepada beberapa potensi ekonomi daerah setempat. Maka, jika sudah memutuskan untuk membuka usaha di kampung, ada beberapa hal yang perlu untuk diketahui dan juga dipertimbangkan terlebih dahulu. Artikel kali ini akan membahas tentang usaha apa saja yang lebih cocok jika dibuka di kampung halaman beserta dengan beberapa tantangannya.

Apakah Anda termasuk orang yang Kena PHK Karena dari Perusahaannya Krisis Akibat pandemic Corona? Dan Pada Akhirnya Memutuskan untuk Pulang Kampung Membuka Usaha sendiri. Nah Berikut Ini merupakan Tantangan dan juga Keuntungannya

Dimanapun dan kapanpun, sebuah usaha pastinya memiliki tantangan tersendiri. Sama halnya dengan membuka usaha di kampung halaman tempat tinggal sewaktu kecil, tantangannya yaitu berbeda dengan di kota-kota besar. Misalnya saja, jika di kota besar persaingan nya sangat ketat namun daya beli masyarakat nya terbilang cukup tinggi. Sedangkan di kota kecil minim sekali pesaing namun daya beli masyarakat tidak terlalu besar.

Baca juga: Modal Usaha Membuka Toko Alat Tulis untuk Pemula

Tantangan yang lain datang dari stigma masyarakat setempat. Yang Mayoritas orang di daerah tersebut sangat sulit sekali percaya kepada produk-produk yang baru. Oleh karenanya, promosi dan pengenalan produk ke masyarakat setempat harusnya dilakukan dengan sangat gencar. Promosi dari mulut ke mulut masih menjadi bagian dari strategi yang lebih efektif di daerah.

Selain itu juga faktor daya beli masyarakat juga harus segera dipertimbangkan. Pengusaha harus menyediakan beberapa produk yang harganya sesuai dengan pendapatan masyarakat yang ada di wilayah setempat. Lalu jangan lupakan juga karakteristik dari masyarakat setempat. Sesuaikan dengan produk yang memiliki kultur serta kondisi sosial ekonomi di kampung halaman.

Namun, bukan berarti jika di kampung halaman tidak ada peluang usaha kecil yang cukup menjanjikan. Justru mungkin saja keuntungan membuka usaha di kampung halaman ini lah yang salah satunya adalah mudah mencari tenaga kerja. Biasanya di awal usaha para pengusaha akan mempekerjakan kerabat dan juga sanak saudaranya. Setelah usahanya mulai berjalan, maka barulah bisa merekrut karyawan baru lagi.

Contoh Usaha Ketika Hidup di Kampung Halaman

1. Warung Makan Sederhana

Bisnis ini termasuk yang bisa dibuka dimana saja dan tahan terhadap segala kondisi apapun. Jenis warung makan yang mulai dibuka bisa menjual makanan khas kampung halaman. Tetapi, bisa juga dengan menjual makanan yang belum ada sebelumnya. Misalnya saja dengan membuka warung masakan khas Betawi, Sunda dan juga Jawa.

Bisa juga dengan beberapa cara lain yaitu menjual makanan jenis lauk pauk untuk sehari-harinya yang dilengkapi dengan berupa jajanan kecil dan juga gorengan. Biasanya, warung jenis ini akan laris manis di pagi hari karena orang banyak yang mencari sarapan dan juga bekal untuk anak sekolah. Usaha ini bisa saja dibuka dengan modal kecil dan memanfaatkan lahan pribadi sebagai tempat untuk berjualan.

2. Warung Kopi, Gorengan dan Makanan Ringan

Di era gelombang ketiga industri kopi, warung kopi saat ini sudah semakin menjamur. Namun begitu warung kopi juga tidak pernah sepi dari pembeli atau kehilangan pelanggan nya. Usaha ini juga akan sangat cocok jika dibuka di kota kecil dan juga di desa. Tentu saja menu nya harus disesuaikan dengan kondisi dan keadaan serta kultur masyarakat setempat.

Biasanya, untuk warung kopi yang laris di kota-kota kecil dan desa yaitu dengan konsep lesehan atau menyediakan tempat nongkrong santai. Kopi ini bisa dibuat dengan metode manual brew ataupun juga bisa dengan mesin espresso.

Baca juga: Perhitungan Modal Usaha Martabak Kekinian dan Tips Suksesnya

3. Toko Sembako

Jenis Usaha kecil yang menjanjikan lainnya yaitu toko sembako. Jika untuk di daerah sekitar perumahan ataupun di dalam kawasan belum ada toko yang menjual bahan-bahan sembako, maka tidak ada salahnya jika anda menjajal usaha ini. Apalagi jika jarak ke pasar kota terbilang cukup jauh, maka usaha ini akan sangat cocok dijalankan.

Toko sembako ini bisa saja berkonsep grosir atau eceran. Jika berkonsep grosir maka tentu saja akan membutuhkan lahan yang cukup besar dan juga modal yang besar. Namun jika berkonsep yang eceran, maka carilah tempat kulakan yang lebih murah sehingga keuntungan bisa didapat secara maksimal.

4. Agen LPG

Jika kawasan tempat tinggal yang jauh dengan agen ataupun pangkalan Gas LPG, maka tidak ada salahnya jika membuka usaha ini. Selain mendapatkan keuntungannya besar, jenis usaha ini juga sangat membantu masyarakat akan kebutuhan Gas LPG. Untuk Agen Gas LPG bisa memenuhi kebutuhan para pengecer dan juga ibu rumah tangga.

Kebutuhan akan Gas LPG untuk di daerah juga cukup besar. Terkadang pasokan untuk setiap pengecer sering kali tersendat karena minimnya jumlah agen. Walaupun ada, lokasinya pun cukup jauh. Maka, ini akan menjadi sebuah peluang yang bisa ditangkap. Menjadi agen Gas LPG merupakan contoh usaha kecil yang sangat menjanjikan untuk di kampung halaman.

5. Beternak Bebek dan Ayam Kampung

Untuk Lahan di kampung halaman ini biasanya lebih luas lagi daripada di kota-kota besar. Lahan yang luas ini bisa saja dimanfaatkan untuk tempat beternak bebek dan juga ayam kampung. Selain dagingnya telur dari bebek dan ayam kampung juga lebih banyak dicari orang.

Modal untuk beternak bebek dan juga ayam kampung ini tidak terlalu besar. Yang diperlukan utamanya hanyalah modal untuk membeli anak bebek atau ayam kampung, pakan, dan vitamin serta pembuatan kandangnya. Jaga setiap kebersihan dan kesehatan para bebek dan ayam yang di ternak agar konsumen merasa puas, dan akhirnya melakukan pembelian kembali untuk ke depannya.

6. Minuman Kekinian

Bisnis minuman ini juga termasuk ke dalam bisnis yang lebih cocok jika dijalankan dimana saja. Pasalnya untuk modal yang mungkin dibutuhkan relatif sangat kecil namun untuk harga jualnya bisa lebih tinggi. Keuntungan yang akan didapat bisa lebih maksimal. Jenis Usaha minuman yang cocok dibuka di kampung halaman yaitu minuman jenis ice blend.

Ada banyak sekali franchise untuk jenis usaha ini atau bisa juga dengan memakai merek sendiri. Bahan baku untuk bisnis ini juga banyak tersedia dimana-mana baik secara online ataupun di toko bahan makanan. Carilah lokasi yang dekat dengan area sekolah atau ditempat keramaian seperti alun-alun.

Baca juga: Analisa Modal Usaha Toko Listrik dan Ulasan Bisnisnya

7. Barbershop

Usaha ini tidak pernah sepi dari pelanggan dan akan lebih cocok lagi jika dibuka di kampung halaman. Biasanya di kota-kota kecil masih jarang sekali tempat potong rambut pria yang memakai konsep barber. Maka, karena konsep barbershop ini masih tergolong sangat baru, usaha ini layak untuk dicoba.

Agar usaha Anda di desa bisa langgeng bertahan lama, maka jangan pernah untuk mematok harga sama dengan yang ada di kota-kota besar. Sesuaikan dengan tingkat perekonomian di tempat dan daya beli masyarakat setempat.

Jangan lupa untuk mengusahakan mencari sewa tempat yang lebih murah. Atau anda juga sudah dapat memanfaatkan lahan milik sendiri, teman ataupun kerabat dengan cara memakai sistem yang bagi hasil atau sewa dengan harga yang lebih miring.

Ternyata peluang usaha yang menjanjikan untuk di kampung halaman sangat banyak. Maka dari itu jika kebetulan memang ada diantara Anda yang sedang terkena PHK akibat dari krisis corona, maka jangan pernah untuk berputus asa. Anda masih bisa mencari penghasilan lainnya di kampung halaman dengan cara membuka usaha yang secara mandiri. Manfaatkan sebaik-baiknya pesangon yang telah diberikan oleh pihak perusahaan untuk melakukan hal-hal produktif seperti ini. Ingin mengetahui informasi lain seputar dunia usaha kunjungi https://www.mastagul.com/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Ide usaha jualan depan rumah

Cara Menata Warung Sembako

Ide Bisnis Es Krim Unik yang Bisa di Coba

Bolu Kukus Mini Cantik! Modal Murah Untung Melimpah

Faktor-Faktor Penghambat Kesuksesan Seseorang